Pembelajaran metode berpikir secara logis dan filosofis tentang keberadaan, dinamika, dan makna lingkungan hidup/ekosistem, baik lingkungan fisik yang berkaitan dengan segi arsitektur, maupun lingkungan non fisik sosial dan kebudayaan yang selanjutnya diekspresikan dalam cara mereka membangun ruang hidup materialnya dan berarsitektur, di lingkungan perdesaan dan perkotaan

1.       Menempatkan setiap karya dalam konteks kontribusinya untuk memahami masalah penelitian yang sedang dipelajari.

2.       Menjelaskan hubungan masing-masing pekerjaan dengan yang lain yang sedang dipertimbangkan.

3.       Identifikasi cara-cara baru untuk menginterpretasikan penelitian sebelumnya.

4.       Mengungkapkan setiap celah yang ada dalam literatur.

5.       Menyelesaikan konflik di antara studi-studi sebelumnya yang tampaknya kontradiktif.

6.       Identifikasi penelitian  sebelumnya untuk mencegah duplikasi

7.       Menempatkan posisi penelitian dalam konteks literatur yang ada sangat penting