Membuat pra proposal meliputi:
  1. Novelty
  2. Matrik
  3. Metode Penelitian
  4. Bagan alir
  5. Draft paper (optional)

Mata kuliah Sumber Daya Air Terpadu membahas:

  1. Konsep pengembangan sumberdaya air, air permukaan dan air tanah.
  2. Penerapan dalam water resources management for sustainability
  3. Climate change: effect on hydrologic cycle
  4. Water use management: Permen PUPR No. 01/2016
  1. Merancang dan melaksanakan eksperimen (laboatorium dan / atau lapangan) serta menganalisis dan menginterpretasi data berdasar kaidah lmiah yang benar
  2. Mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah rekayasa dalam batasan keselamatan publik, ekonomi, sosial,  etika, dan dampak lingkungan yang realistik.
  3. Berkomunikasi lisan maupun tulisan secaa efektif dengan menggunakan sarana gambar teknik dan audio visual lain yang tepat dengan memperhatikan fungsi dan sasaran komunikasi.
MK ini merupakan kelanjutan S1:
  1. Analisis Hidrologi (penelususran aliran dan statistik hidrologi)
    2. Desain Hidrologi (desain tinggi hujan dan desain banjir)
    3. Desain pengendali banjir
    4. Menggunakan HecHms dan Hecras

Matakuliah ini menjelaskan tentang analisis daya dukung pondasi tiang baik aksial, lateral, maupun tarik serta analisis penurunan pondasi tiang. Pada akhir pertemuan dijelaskan sekilas tentang pondasi untuk beban dinamis.


Mata kuliah ini berisikan tentang penyelidikan tanah saat sebelum, awal pekerjaan konstruksi dan saat pelaksanaan bangunan. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui secara pasti dan riil kondisi tanah baik sebagai perletakan pondasi maupun tanah dasar (subgrade) badan jalan, hal ini perlu dilakukan agar kondisi keamanan dalam merencankan, merancang bahkan saat membangun pekerjaan konstruksi menjadi aman, kokoh dan nyaman digunakan oleh masyarakat

Mata kuliah ini membahas tentang pengendalian simpang, simpang bersinyal tunggal dan terkoordinasi dengan teknologi fixed time, vehicle actuated dan demand responsive controller, fasilitas penyeberangan jalan, tingkat pelayanan jalan, gelombang kejut dan teori antrian lalu lintas.

F Pungky P

Dr. Florentina Pungky Pramesti ST., MT.

Matakuliah Statistik dan Probabilistik, S2 Geoteknik Teknik Sipil. Semester 1.

MK ini berisi teori rekayasa pondasi tingkat lanjut

Matakuliah ini menjelaskan tentang sejarah terjadinya tanah, system klasifikasi tanah, pemadatan tanah, air tanah, konsep tegangan, distribusi tegangan di dalam tanah akibat beban luar, penurunan tanah, stabilitas lereng

Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk dapat menerapkan matematika ekonomi dalam memecahkan permasalahan transportasi, yang meliputi kontribusi ekonomi transportasi pada:

  • Tata  ekonomi dan sosial,
  • Sifat  dan permintaan jasa transportasi,
  • Keadaan  dan perkembangan struktur ongkos dan tarif angkutan umum.
  • Kelayakan finansial dan ekonomi pada proyek transportasi

Mata Kuliah Metoda Penelitian untuk sesi kedua ini menyiapkan mahasiswa untuk membuat Proposal Thesis yang sesuai dengan peminatannya, Dengan tahapan mengenali latar belakang masalah, merumuskan masalah, membatasi masalah dan menentukan tujuan penelitian. Menulis Referensi yang sesuai dan mebuat metode Penelitian. Diharapkan Mahasiswa dapat meproduksi proposal yang siap untuk disemuinarkan pada Semester III

Mata Kuliah Manajemen Prasarana Transportasi memberikan pemahaman kepada mahasiswa peminatan transportasi terhadap pengelolaan prasarana transportasi pasca konstruksi, mulai dari assessment terhadap infrastruktur sampai pada upaya rehabilitasi dan pemeliharaannya sehingga mencapai umur layan yang diharapkan.

Karyasiswa dapat mengenali konsep dasar riset dan mengaplikasikannya dalam situasi baru.

Karyasiswa dapat menyusun rencana riset untuk berbagai problematik yang dihadapi, mengajukan alternatif teknik dan mengelaborasi metode

Karyasiswa mampu mendemonstrasikan teknik terbaik dalam analisis data dan teknik evaluasi hasil analisis tersebut

Karyasiswa mampu mendemonstrasikan teknik interpretasi hasil riset dalam laporan yang tepat

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa tentang sistem Rehabilitasi Jalan dan Jembatan berupa perlunya melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan, serta metoda pengukuran terhadap kinerja jalan dan jembatan.

Banyak aspek dalam teknik sipil, misalnya kkemunculan dan magnitude gempa atau banjir, secara alami bersifat acak sehingga harus dimodelkan dengan pendekatan probabilistic. Oleh karenanya, statistik, probabilitas dan reliabilitas adalah bidang kajian yang amat penting dalam mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah teknik sipil.

 Pada mata kuliah ini, mahasiswa diperkenalkan pada isu-isu analisis data, konsep dasar probabilitas and model dan sifat peubah acak (random variables), distribusi probabilistic. Lebih lanjut mahasiswa diantar untuk mampu menggunakan konsep dasar tersebut dalam model estimation dan testing, analisi frekuensi kejadian-kejadian ekstrim, mendesain simulasi dan menganalisis resiko dan keandalan.