Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang bangunan hemat energi dengan mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan secara bijaksana.


Muara mekanisme pembelajaran rancang bangun arsitektur dengan suatu Focus/tema/koridor perancangan yang dibangun, dipahami dan dirumuskan melalui eksplorasi berbasis referensi dan pengaalaman yang relevan dan proporsional.

Mengembangkan kemampuan kreatif disain bangunan yang berbasis pada arsitektur Jawa dalam konteks kekinian/ kontemporer melalui penggunaan konsep arsitekturalnya dan/atau penggunaan bahan lokal yang lazim digunakan pada arsitektur Jawa dalam konteks kekinian.


Muara mekanisme pembelajaran rancang bangun arsitektur dengan suatu Focus/tema/koridor perancangan yang dibangun, dipahami dan dirumuskan melalui eksplorasi berbasis referensi dan pengaalaman yang relevan dan proporsional.


 Penelitian dengan strategi riset arkitektur, dyngan kerangka dan prosedur kegiatan riset arsitektur adalah memilih topik penelitian, merumuskan masalah, merumuskan tujuan, domain dan substansi riset arsitektur (penelitian pemograman, desain, evaluasi pasca huni, pengembangan teori atau pengetahuan) dan manfaat dari penelitian, selanjutnya memilih metode penelitian yang digunakan, mengumpulkan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk penarikan kesimpulan temuan


Memberikan pengetahuan dasar psikologi dan perilaku manusia sebagai pelaku kegiatan dan pengguna bangunan sebagai suatu pertimbangan penting dalam upaya penyediaan wadah kegiatan melalui arsitektur.

Wahana pembelajaran pengaruh perilaku iklim tropis terhadap dinamika tumbuh kembang rancang bangun arsitektur. Produk-produk rancang bangun arsitektur sebagai salah satu solusi dalam merespon pengaruh iklim terhadap banyak aspek kehidupa manusia sedemikian sehingga mampu mempertahankan eksistensi secara individu maupun kolektif.


Mahasiswa diajarkan dan dilatih untuk mampu mengembangkan kemampuan kreatif disain bangunan yang berbasis pada arsitektur Jawa dalam konteks kekinian melalui penggunaan konsep arsitekturalnya dan/atau penggunaan bahan lokal yang lazim digunakan pada arsitektur Jawa dalam konteks kekinian.


Mekanisme pembelajaran rancang bangun arsitektur dengan suatu Focus/tema/koridor perancangan yang dibangun, dipahami dan dirumuskan melalui eksplorasi berbasis referensi dan pengaalaman yang relevan dan proporsional.

Mengembangkan kemampuan merancang bangunan fungsi jamak, bertingkat lebih dari 10 lantai sebagai wadah tatanan kehidupan yang kompleks, dengan mempertimbangkan karakter-kontur tanah, struktur-konstruksi, estetika, peraturan bangunan, teknologi bahan, fisika bangunan, kontekstualitas, dan pengolahan tapak lingkungan fisik, melalui penyusunan program dan teknik penggambaran dan presentasi secara komputer

Mahasiswa diajarkan untuk mampu mengembangkan kemampuan kreatif disain bangunan yang berbasis pada arsitektur Jawa dalam konteks kekinian melalui penggunaan konsep arsitekturalnya dan/atau penggunaan bahan lokal yang lazim digunakan pada arsitektur Jawa.


Mengembangkan kemampuan kreatif dan inovatif merancang bangunan  dan rancang desain kawasan. 

Muara mekanisme pembelajaran rancang bangun arsitektur dengan suatu Focus/tema/koridor perancangan yang dibangun, dipahami dan dirumuskan melalui eksplorasi berbasis referensi dan pengaalaman yang relevan dan proporsional.


Memberikan pengetahuan dasar psikologi dan perilaku manusia sebagai pelaku kegiatan dan pengguna bangunan sebagai suatu pertimbangan penting dalam upaya penyediaan wadah kegiatan melalui arsitektur


Mahasiswa dapat memahami dan menerapkan karakteristik wirausaha dalam kehidupannya serta memiliki kemampuan mengembangkan diri dengan baik sehingga mampu menangkap peluang usaha, mengembangkan ide serta merencanakan, merealisasikan, dan mengelola usaha dengan baik.

Muara mekanisme pembelajaran rancang bangun arsitektur dengan suatu Focus/tema/koridor perancangan yang dibangun, dipahami dan dirumuskan melalui eksplorasi berbasis referensi dan pengaalaman yang relevan dan proporsional.

Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang bangunan hemat energi dengan mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan secara bijaksana


Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa bekerja di dalam studio untuk membuat perencanaan dan perancangan arsitektur dengan objek dan tema tertentu berdasarkan ide yang dimunculkannya yang diwujudkan dalam sebuah disain dengan mengaplikasikan seluruh kompetensi dasar mata kuliah – mata kuliah teori dan keahlian yang mendukung kerja studio perancangan lanjut sebelum memasuki tahapan Studio Tugas Akhir.

Memberikan pengetahuan dasar psikologi dan perilaku manusia sebagai pelaku kegiatan dan pengguna bangunan sebagai suatu pertimbangan penting dalam upaya penyediaan wadah kegiatan melalui arsitektur.