Mata kuliah ini membicarakan tentang struktur makro global dan makro lokal, cara menjalankan makro, aturan syntak pada makro Minitab, control statement, membuat makro global dan makro lokal untuk menghitung nilai p, jumlah kuadrat, variansi, rata-rata bergerak, mencari estimasi persamaan regresi, menggambar grafik fungsi distribusi normal dan beberapa program makro sederhana, bekerja dengan R, simulasi Monte Carlo, manajemen data, membuat grafik fungsi probabilitas dan fungsi distribusi dengan R, statistika deskriptif, statistika inferensi, pengenalan program, penerapan R, dan modifikasi fungsi di R. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan Cased Method (CM) dan Project Based Learning (PjBL) dimana mahasiswa diharapkan terlibat aktif dan berkontribusi dalam berdiskusi, mengerjakan tugas individu, presentasi secara mandiri (CM) dan menyusun proyek dan presentasi secara berkelompok (PjBL). Pencapaian kompetensi diketahui
dengan menggunakan penilaian tes tulis, praktik dan non tes. Penilaian dilakukan secara berkesinambungan dari proses pembelajaran,
tugas terstruktur serta tes berupa pelaksanaan presentasi akhir. Adapun penilaian non tes berupa penugasan dalam bentuk penyusunan
laporan akhir penyelesaian masalah antrean di tempat yang telah ditetapkan dan presentasi kelompok pada akhir pertemuan. Mata
kuliah ini relevan dengan kebutuhan tenaga ahli di bidang pemahaman konsep statistik, pemrograman, pemahaman algoritma, data
management, komunikasi, keahlian dalam pengolahan data besar, machine learning, kemampuan analisis statistik multivariat, analisis survival , analisis berbasis model, khususnya kemampuan untuk memahami dan menyusun algoritma dasar dalam komputasi statistika,
pada statistik deskriptif, statistik inferensial, regresi linear, analisis variansi, analisis faktor, analisis multivariat, dan menganalisis serta
memberikan kesimpulan.


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhneka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.

PKn merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Dalam pasal 3 UU Sisdiknas: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa”.Oleh karena itu PKn dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air

 


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhneka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Matakuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada semester 2. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep aljabar linier untuk menyelesaikan masalah-masalah di bidang statistika maupun bidang lainnya, terutama masalah-masalah yang bisa dibuat model persamaan liniernya. Matakuliah ini membahas tentang sistem persamaan linear, matriks, determinan, ruang vektor, ruang hasil kali dalam, nilai eigen dan vektor eigen serta transformasi linear

Menguasai konsep teoretis pendidikan secara umum dan konsep teoretis kurikulum dan teknologi pendidikan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kurikulum dan teknologi Pendidikan

Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didik

Menguasai metodologi penelitian dalam bidang kurikulum dan teknologi pendidikan

Basis Data Kelas A, Prodi Statistik

Materi awal yang saya share ini dari tahun sebelumnya.

InsAllh akan diedit dan ditambahkan seiring jalannya kelas.


Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkankan konsep sistem persamaan linear dan solusinya, matriks, sifat operasi matriks, determinan dan invers matriks, vekto rpada Rn dan sifat-sifat operasinya, ruang vektor dan sub ruang, Kombinasi linear dan spanning, Kebebasan Linear, Basis dan dimensi, Ruangbaris, ruang kolom dan ruang null, Hasil kali dalam, Sudut dan Ortogonalitas, Proyeksi Ortogonal, Proses Ortogonalisasi Gram-Schmidt dan dekomposisi QR, Nilai eigen, vektor eigen dan sifat-sifatnya, Diagonalisasi, Diagonalisasi Ortogonal, Transformasi linear dan sifat-sifatnya, Kernel dan Range, Transformasi Linear Invers, Matriks Transformasi linear umum, keserupaan

Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkankan konsep sistem persamaan linear dan solusinya, matriks, sifat operasi matriks, determinan dan invers matriks, vekto rpada Rn dan sifat-sifat operasinya, ruang vektor dan sub ruang, Kombinasi linear dan spanning, Kebebasan Linear, Basis dan dimensi, Ruangbaris, ruang kolom dan ruang null, Hasil kali dalam, Sudut dan Ortogonalitas, Proyeksi Ortogonal, Proses Ortogonalisasi Gram-Schmidt dan dekomposisi QR, Nilai eigen, vektor eigen dan sifat-sifatnya, Diagonalisasi, Diagonalisasi Ortogonal, Transformasi linear dan sifat-sifatnya, Kernel dan Range, Transformasi Linear Invers, Matriks Transformasi linear umum, keserupaan

Mata Kuliah Metode Statistika mempelajari konsep, teori dan aplikasi metode-metode statistika. Materi Metode Statistika meliputi : Pengantar, Analisis uji goodness of fit, Analisis Data Kategorik, Analisis Variansi dan Pembandingan Ganda, Analisis Regresi Linear Sederhana, Analisis Regresi Multivariabel, Analisis Korelasi, dan Analisis Statistika Nonparametrik. Mata kuliah ini diberikan pada semester II dan bersifat wajib bagi mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNS. Mata kuliah prasyaratnya adalah pernah mengambil mata kuliah Statistika Dasar. Untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami mata kuliah ini diberikan kelas praktikum.

Mahasiswa dapat meringkas suatu angkatan dalam bentuk tally dan diagram batang dan daun, menghitung ringkasan numerik dari suatu angkatan dan menggunakannya untuk menggambar diagram kotak dan titik serta menghitung standardisasi, menentukan transformasi yang sesuai terhadap suatu angkatan, menghitung regresi estimasi dengan cara eksplorasi.


Mahasiswa mempelajari  fungsi transenden, teknik-teknik integral, integral tak wajar dan barisan dan deret bilangan real. Memahami konsep teknik-teknik integral , penggunaan integral tak tentu ,penggunaan Integral tentu. Memiliki pengalaman mengaplikasikan

kalkulus pada persoalan real