Mata kuliah ini membahas konsep dasar risiko dan manajemen risiko. Value at Risk (VaR) beserta penghitungan VaR dengan metode parametrik dan nonparametrik. Perluasan VaR yaitu IVaR dan CVaR. Penghitungan risiko minumum menggunakan simulasi Monte Carlo dan credit metric. Evaluasi VaR menggunakan backtesting dan stress testing. Aplikasi manajemen risiko di bidang keuangan.

Mata kuliah ini membicarakan  konsep dasar teori antrean, sistem antrean M/M/1, M/M/c, dan M/G/1 untuk asumsi waktu baik kontinyu maupun deskrit. Penyelesaian dengan pendekatan lattice path dan distribusi Coxian 2-fase.

Mata kuliah manajemen pemasaran mempelajari konsep, fungsi dan peranan manajemen pemasaran. Materi
manajemen pemasaran meliputi : Pengertian pasar, pemasaran, riset pemasaran dan manajemen pemasaran,
perilaku konsumen, menganalisis pasar untuk menarik pelanggan, membangun merk produk, menciptakan nilai
produk, mengkomunikasikan nilai produk dan manajemen pemasaran dalam era digital (Marketing 4.0). Mata kuliah
ini diberikan pada semester VII dan bersifat pilihan bagi mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNS.