Melalui mata kuliah Pemrograman Aplikasi Bergerak mahasiswa diajak untuk mendiskusikan topik-topik yang berkaitan dengan pembangunan mobile application mulai dari pengenalan jenis hardware mobile, konsep dasar mobile app beserta karakteristiknya yang membedakan dengan jenis aplikasi lain, teknis cara pemuatan mobile app, cara pendistribusian mobile app, hingga tantangan dan topik penelitian dalam pembangunan mobile application.


Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa mengenai berbagai macam Process Model dalam Software Engineering seperti Agile Model, Waterfall Model, Prototyping Model, RAD Model, dan Evolutionary Process Models (Incremental dan Spiral Model), Analysis Modeling, Design Model, Object Oriented Analysis and Design (OOAD), Testing Strategies, dan Software Testing Method.


Kelas Spada mata kuliah Jaringan Komputer S1 Informatika UNS semester 4

Kelas Spada mata kuliah Open Source


Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan diajarkan mengembangkan kompetensi berbahasa Inggris yakni menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara dalam konteks profesi Information Technology (IT) melalui kegiatan membangun relasi (establishing relationship), memberikan instruksi dan menjelaskan prosedur terkait IT, mampu menjelaskan noun, adjectives, verb, adverb, pronoun dan preposition, conjunction, interjection, comparative yang berkaitan dengan profesi IT. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi dan mengerjakan proyek dengan memanfaatkan SPADA.


Mata kuliah Pemrograman Web

Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode-metode kuantitatif dalam Riset Operasi sebagai alat untuk membantu mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang tersedia di dunia real dan mampu untuk mencapai tujuan yang diinginkan baik memaksimalkan atau meminimalkan Pengalaman Belajar : Mahasiswa diajarkan Tentang Riset Operasi, sebagai metode kuantitatif untuk pembuatan keputusan, meliputi : pendekatan pengambilan keputusan, Ruang lingkup Riset Operasional, linier programing dengan simplek, metode transportasi, metode assigment, jaringan PERT dan CPM, dan teori antrean

Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode-metode kuantitatif dalam Riset Operasi sebagai alat untuk membantu mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang tersedia di dunia real dan mampu untuk mencapai tujuan yang diinginkan baik memaksimalkan atau meminimalkan Pengalaman Belajar : Mahasiswa diajarkan Tentang Riset Operasi, sebagai metode kuantitatif untuk pembuatan keputusan, meliputi : pendekatan pengambilan keputusan, Ruang lingkup Riset Operasional, linier programing dengan simplek, metode transportasi, metode assigment, jaringan PERT dan CPM, dan teori antrean

Mahasiswa mampu memahami definisi, konsep dan ruang lingkup grafika komputer, komponen-komponen pembangun dan sistem strukturnya, serta hubungan dan relasinya dengan bidang informatika, komputer dan sistem komputer. Difokuskan pada graphical mathematic, matrix dan vektor, diemnsi dua dan dimensi tiga, dimentional-translation, information-hiding, time-domain, volume dan matriks, data kompresi dan animasi. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan perancangan, pemodelan dan pengembangan pada model-model matematik dalam bentuk tampilan grafika pada komputer.

Mahasiswa diajarkan penyelesaian Persamaan linear dan non linear, Persamaan differensial biasa, Pendekatan fungsi, Differensial dan integral dengan memanfaatkan eror dan pendekatan numerik.


Rekayasa Perangkat Lunak

Pada mata kuliah ini, Mahasiswa diajarkan berbagai konsep dasar pengembangan perangkat lunak serta diberikan mini proyek untuk dikerjakan sebagai bentuk penerapan teori tersebut. 


Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa mengetahui pentingnya rekayasa perangkat lunak dan mampu menerapkan bagaimana menerapkannya dengan tepat dan benar untuk pengembangan software.