Pancasila Matematika

Mata kuliah ini merupaka mata kuliah wajib di semester III. Selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu menyelesaikan suatu masalah menggunakan algoritma dan dasar-dasar pemrograman dari suatu bahasa pemrograman untuk menyelesaikan masalah-masalah berdasarkan algoritma yang ada. Selama mengikuti perkuliahan ini, dibahas mengenai operasi file, pemrograman berorientasi obyek, Ekspresi regular, pengenalan database, machine learning, klustering.

Mata kuliah Himpunan dan logika fuzzy merupakan mata kuliah pilihan di semester III. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu menerapkan konsep himpunan dan logika fuzzy dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk klustering, inferensi, peramalan dan bidang industri.  Pada perkuliahan ini dipelajari dasar-dasar himpunan fuzzy, relasi himpunan fuzzy, operator-operator fuzzy dan aplikasi dari logika samar menggunakan metode-metode dalam fuzzy inference , fuzzy C mean clustering dan fuzzy control.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan persamaan diferensial biasa orde satu dan orde tinggi, sistem persamaan diferensial, transformasi Laplace, dan menerapkan transformasi laplace dalam menyelesaikan persamaan diferensial biasa. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) dalam bentuk ceramah,tanya-jawab dan diskusi baik secara daring maupun luring.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan kompetensi dasar mahasiswa hingga  mampu mendefinisikan peluang, sifat dan teknik menghitungnya ;  mampu membedakan variabel random diskrit dan kontinu; mampu  menentukan distribusi bersama dan ;  mampu menerapkan  fungsi pembangkit moment untuk menentukan distribusi peluang. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran proses dan pembelajaran kooperatif dengan strategi student centered learning (SCL).

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan fungsi peubah banyak, limit dan kekontinuan, turunan parsial, bidang singgung, Aturan Rantai, turunan berarah dan vektor gradien, nilai maksimum dan minimum, Pengali Lagrange, integral lipat dua pada persegi panjang, integral berulang, integral lipat dua pada daerah umum, integral berulang dalam koordinat kutub, penerapan integral lipat dua, luas permukaan, integral lipat tiga, integral lipat tiga dalam koordinat silinder dan bola, penggantian peubah dalam integral lipat, medan vektor, curl dan divergensi, integral garis, Teorema Dasar untuk integral garis, Teorema Green, integral permukaan, Teorema Stokes, dan Teorema Divergensi. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) dalam bentuk ceramah,tanya-jawab dan diskusi baik secara daring maupun luring.

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengenal dan memahami beberapa fungsi khusus, dan penggunaan fungsi-fungsi tersebut dalam beberapa persoalan matematika dan lainnya.  Dalam mata kuliah ini dibahas fungsi khas (fungsi Gamma, Beta, dan eror), fungsi khusus (fungsi Legengre, Bessel, Hermite, dll.). Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) dalam bentuk tanya-jawab dan diskusi. Apabila diskusi tidak dapat berlangsung dengan baik aktivitas tersebut digantikan dengan ujian kemampuan akhir. Penguasaan mahasiswa dievaluasi dengan UTS dan UAS, UKA mingguan, tugas dan keaktifan diskusi (+ konsultasi) mahasiswa. Buku referensi wajib adalah G. B. Arfken dan H. J. Weber (2005) dan B. L. Boas (2006)


Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang: konsep dasar teori graf, walk, path, circuit,cycle, karekateristik graf-graf khusus, konsep dasar dari pohon, cut vertex, bridge, sifat-sifat graf Euler dan Hamilton, konsep dasar isomorfis graf, keterhubungan (connected graph), pewarnaan, dan matching. Serta memahami terapan teori graf dalam masalah kehidupan nyata.

Mata kuliah Jaringan Syaraf Tiruan merupakan salah satu mata kuliah pilihan di semester 3 pada program Sarjana Matematika FMIPA

UNS. Mata kuliah ini berbobot 2 (1-1) SKS. Pada mata kuliah ini akan dikenalkan teori dan praktik tentang jaringan syaraf tiruan,

lebih spesifik: Prinsip dan struktur dasar JST, Adaptive Linear Neuron (Adaline), Many Adaline (Madaline), Back Propagation learning

procedure, serta simulasi untuk beberapa studi kasus tertentu.

Komunikasi dilihat dari struktur berpikir matematika adalah bertemuanya logika dan dialektika dalam ruang knowledge. Komunikasi yang baik akan sangat ditentukan pada logika yang tersusun dari proses cognitive yang benar dan kemampuan memilih narasi yang tepat yang mampu mewakili pesan yang ingin disampaikan. Dengan kata lain , ada proses berlogika berdasarkan proses cognitive dalam mencari dan menemukan kata atau kalimat yang mewakili atas kompleksitas permasalahan yang ingin dijelaskan. 

Komunikasi matematika adalah juga merupakan alat untuk transfer pengetahuan dalam knowledge dimension mulai dari factual, conceptual, procedural dan meta-cognitive.  Keberaturan dalam berkomunikasi ditentukan oleh design thinking yang meliputi kemampuan menyampaikan segala sesuatu secara : descriptive, predictive dan prescriptive (what should we do). 

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu
Menyelesaikan persamaan nonlinear, persamaan diferensial biasa, sitem persamaan linear, dan menentukan
pendekatan fungsi dengan interpolasi. Dalam mata kuliah ini dibahas eror dlm perhitungan numerik, penyelesaian
persamaan nonlinear dengan metode biseksi, terasi fixed point, metode Newton, metode sekan, penyelesaian
multiple; penyelesaian persamaan diferensial biasa (PDB) dengan metode Euler, metode Taylor, metode Runge-Kutta,
sistem PDB order 1, penyelesaian sistem persamaan linear dengan eliminasi Gauss, pivoting parsial, parsial terskala, faktorisasi LU, metode koreksi residual, metode Gauss-Siedel, dan interpolasi dengan bentuk Lagrange, formula
selisih terbagi Newton. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) dalam bentuk
tanya-jawab dan diskusi. Apabila diskusi tidak dapat berlangsung dengan baik aktivitas tersebut digantikan dengan
ujian kemampuan akhir. Penguasaan mahasiswa dievaluasi dengan UTS dan UAS, UKA mingguan, tugas dan
keaktifan diskusi (+ konsultasi) mahasiswa. Buku referensi wajib adalah Atkinson (1987), Plybon (1992), May (1993),
dan Blyth (1997)