CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) :


S 2 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
S9 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
KU 1 : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
P 3 : Mampu menganalisis dan mengembangkan bidang kajian yang mendukung pendidikan kewarganegaraan, yakni kajian bidang filsafat, hukum, politik, ekonomi dan sosial budaya
KK 1 : Mampu mengembangkan program pendidikan kewarganegaraan baik dimensi kurikuler dan atau dimensi kemasyarakatan secara ilmiah, psikologis dan pedagogis

Bahan Kajian : Filsafat ilmu, filsafat pendidikan
Kemampuan Akhir MK/ Capaian Pembelajaran MK :
1. Kemampuan memahami, mendekripsi dan mengkaji konsep filsafat ilmu dan filsafat pendidikan
2. Kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah-masalah mendasar dalam bidang pendidikan secara filosofis
3. Kemampuan memposisikan dan berfikir positif terhadap filsafat pendidikan Pancasila untuk kemajuan pendidikan di Indonesia


Deskripsi Matakuliah/ Pengalaman Belajar: mata kuliah ini meliputi kajian tentang pengertian filsafat ilmu, landasan penelaahan ilmu, berfikir ilmiah,
hubungan antara filsafat, manusia dan pendidikan, filsafat pendidikan, aliran dalam filsafat pendidikan, filsafat pendidikan untuk Indonesia (filsafat pendidikan Pancasila). Dilakukan melalui penelusuran sumber, diskusi, presentasi dan penugasan

Referensi
1. Ali Mudhofir & Heri Santoso. 2010. Asas Berfilsafat. Yogyakarta: Pustaka Ras Media
2. Heri Santoso, & Listiyono Santoso,. 2003. Filsafat Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gama Media
3. Jalaludin & Idi Abdullah. 2007. Filsafat Pendidikan. Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Yogyakarta : Ar-ruz Media Group
4. Jujun S Suriasumantri,. 2007. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
5. Mohammad Noer Syam. 1982. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya; Usaha Nasional
6. Sayidin H.W. et al, 2008. Filsafat Pendidikan. Bandung: UPI Press,
7. Sunarjo Wreksosuhardjo. 2002. Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan. Surakarta: UNS Press
8. Surajiyo. 2007. Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara,
9. Suryo Ediyono. 2012. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Kaliwangi
10. Theodore Brameld.1965. Education as Power. USA: Holt, Riverhart and Winston, Inc.
11. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
12. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
13. Uyoh Sadulloh. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta
14. Tim Dosen Filsafat Ilmu. 2012. Filsafat Ilmu sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Yogyakarta. Liberty
Separate groups: All participants
(No announcements have been posted yet.)