Pertemuan 10: Diskusi Zat Gizi Mikro

Analisis Kandungan Gizi

Analisis Kandungan Gizi

by Nurul Shofiatin Zuhro -
Number of replies: 4

Pada makanan berikut, analisislah kandungan zat gizi makro dan mikronya secara berkelompok.

  • Nasi

Nasi

  • Sayur Lodeh, buat list macam2 sayur, bumbu dapur dan bahan-bahan lain yang dipakai, serta analisis kandungannya

sayur lodeh

  • Lauk: layur
layur

  • Buah
semangka

In reply to Nurul Shofiatin Zuhro

Re: Analisis Kandungan Gizi

by Putri Agustina -
KELOMPOK 3 :
1. Karennina Cahya
2. Lina Dani L
3. Putri Agustina
4. Raditya Dio C R
5. Sarah Puspandari
6. Suntianah

1. Nasi Putih
Kandungan gizi tiap 100 g nasi putih mengandung:
- 178 kkal
- 40,6 g karbohidrat
- 0,1 g lemak
- 2,1 g protein
Selain karbohidrat, nutirisi lain yang terkandung dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.
*Fungsi Penting Nasi Putih bagi Tubuh
Karbohidrat pada nasi putih memiliki peran penting dalam memberikan energi bagi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi nasi putih, karbohidrat di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian akan diserap dan masuk ke aliran darah. Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama bagi otak.
Selain sebagai sumber energi, manfaat nasi putih juga bisa didapatkan dari kandungan nutrisinya yang lain, yaitu:
- Vitamin B (tiamin) : untuk - membantu metabolisme karbohidrat.
- Magnesium : sebagai komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.
- Mangan : untuk membantu kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di dalam tubuh.

2. Sayur Lodeh
Sayur Lodeh adalah makanan berbentuk sayur berkuah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Sayur Lodeh mengandung energi sebesar 240 kilokalori, protein 9,08 gram, karbohidrat 30,65 gram, lemak 12,45 gram, kalsium 135 miligram, fosfor 184 miligram, dan zat besi 4,26 miligram.  Selain itu di dalam Sayur Lodeh juga terkandung
-vitamin A sebanyak 1465 IU, --vitamin B1 0,14 miligram dan -vitamin C 29 miligram. 
Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Sayur Lodeh, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100%.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Sayur Lodeh :
-Nama Bahan Makanan : Sayur Lodeh
-Banyaknya Sayur Lodeh yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
-Bagian Sayur Lodeh yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
-Jumlah Kandungan Energi Sayur Lodeh = 240 kkal
-Jumlah Kandungan Protein Sayur Lodeh = 9,08 gr
-Jumlah Kandungan Lemak Sayur Lodeh = 12,45 gr
-Jumlah Kandungan Karbohidrat Sayur Lodeh = 30,65 gr
-Jumlah Kandungan Kalsium Sayur Lodeh = 135 mg
-Jumlah Kandungan Fosfor Sayur Lodeh = 184 mg
-Jumlah Kandungan Zat Besi Sayur Lodeh = 4,26 mg
-Jumlah Kandungan Vitamin A Sayur Lodeh = 1465 IU
-Jumlah Kandungan Vitamin B1 Sayur Lodeh = 0,14 mg
-Jumlah Kandungan Vitamin C Sayur Lodeh = 29 mg

Resep sayur lodeh
Bahan :
-200 gram nangka muda, dipotong-potong
-300 gram labu siam, dipotong-potong
-8 buah kacang panjang, dipotong-potong
-1 buah terong, dibelah dua bagian, dipotong-potong
-100 gram daun melinjo muda
-3 buah cabai hijau besar, diiris bulat
-2 lembar daun salam
-3 cm lengkuas, dimemarkan
-2 sendok makan garam
-2 sendok teh gula merah sisir
-2.000 ml santan dari
-1 butir kelapa

Bumbu halus:
-8 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-3 butir kemiri, sangrai
-1/2 sendok teh terasi goreng
-2 cm kencur
-1/2 sendok teh ketumbar

3. Layur
Manfaat ikan bagi kesehatan sangatlah banyak terutama bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Ikan layur yang kaya nutrisi serta memiliki rasa yang enak pasti disukai oleh anak-anak.
Manfaat & Kandungan Gizi Ikan Layur :
1. Meningkatkan Hemoglobin (HB)
Kekurangan haemoglobin dapat berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi. Ikan layur dapat membantu meningkatkan haemoglobin atau HB.
2. Dapat Mencegah Penyakti Lupus
Penyakit lupus merupakan salah satu kondisi yang disebabkan karena penyakit auto imun. Mengkonsumsi ikan layur dipercaya dapat membantu memperbaiki auto imun.
3. Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh Baik Bagi Kesehatan
Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan layur sangat baik untuk kesehatan selain baik untuk jantung juga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis lainnya seperti aterosklerosis.
4. Mengoptimalkan Produksi Hormon Serotonin
Hormone serotonin memiliki fungsi yang penting bagi tubuh salah satunya berfungsi sebagai neurotransmitter yang dapat mengatur mood atau suasana hati.
5. Mengandung Anti Inflamasi
Ikan layur juga mengandung anti inflamasi yang artinya dapat mencegah terjadinya peradangan dan kondisi-kondisi yang muncul akibat adanya peradangan.
6. Mengatasi Hipotensi
Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi yang artinya darah rendah. Ikan layur mengandung zat besi dimana manfaat zat besi yang utama adalah dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah untuk mengatasi hipotensi.
7. Mencegah Anoreksia
Anoreksia merupakan penyakit fisik dan psikologi dimana penderitanya tidak pernah merasa lapar dan fobia dengan tubuh gemuk. Jika dibiarkan kondisi ini akan menyebabkan penderitanya menjadi kurus karena kekurangan gizi. Menurut penelitian mengkonsumsi ikan layur dapat membantu mengatasi gejala ini.
8. Baik untuk Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan mungkin sistem yang bekerja paling berat pada tubuh karena harus mengolah makanan, memilah nutrisi untuk diserap tubuh jadi fungsinya harus optimal dan ikan layur mengandung zat yang dapat mendetok usus sehingga dapat berfungsi dengan baik.
9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Nutrisi ikan layur yang lengkap ternyata juga sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
10. Mengandung Protein Tinggi
Manfaat protein sangat baik untuk meningkatkan massa otot dan ikan layur mengandung protein yang cukup tinggi.
11. Mengurangi Risiko Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan orang yang menderita diabetes harus melakukan diet yang sangat ketat. Ikan layur merupakan salah satu jenis ikan yang tergolong aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
12. Rendah Kolesterol
Banyak orang menghindari mengkonsumsi ikan karena kandungan kolesterolnya. Ikan layur tergolong ikan yang rendah kolesterol serta mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengoptimalkan produksi kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat.
13. Menambah Stamina Tubuh
Kandungan vitamin B kompleks yang terkandung dalam ikan layur cukup tinggi dan salah satu manfaat vitamin B untuk tubuh adalah dapat membantu meningkatkan stamina dan energi.
14. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
Mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh yang artinya semua fungsi tubuh bekerja secara optimal.
15. Baik untuk Kesehatan Otak
Semua ikan laut mengandung manfaat omega 3 untuk kesehatan yang tentunya baik sekali untuk mengoptimalkan fungsi otak serta sistem saraf.

4. Semangka
Berikut ini profil kandungan gizi semangka untuk setiap 100 gram:
Kalori: 30
Air: 91%
Protein: 0,6 gram
Karbohidrat: 7,6 gram
Gula: 6,2 gram
Serat: 0,4 gram
Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat dalam buah semangka
Untuk setiap 100 gram, buah semangka bisa mengantongi karbohidrat total hingga 12 gram.Kandungan karbohidrat dalam semangka utamanya terdiri atas gula-gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Indeks glikemik dari semangka juga relatif tinggi, yakni memiliki rentang 72-80. Karena memiliki indeks glikemik yang tinggi, konsumsi semangka harus dilakukan dengan bijak dan tak bisa berlebihan. Untuk setiap 100 gram buah semangka, serat yang didapatkan berkisar hanya 0,4 gram.

Kandungan vitamin dalam semangka, Beberapa vitamin utama yang dikandung semangka, yaitu:
1. Vitamin C
Untuk setiap 154 gram buah semangka, vitamin C yang akan Anda dapatkan yakni sekitar 12,5 miligram.Vitamin C memainkan peran penting untuk tubuh, mulai dari menjaga sistem imun hingga menjaga kesehatan kulit.
2. Vitamin B9
Kandungan gizi semangka yang tak bisa dilewatkan lainnya yakni vitamin B9 atau folat. Untuk setiap 154 gramnya, buah semangka mengandung vitamin B9 sekitar 4,6 mikrogram.

Mineral dalam buah semangka, semangka juga mengandung nutrisi mikro lain berupa mineral diantaranya :
1. Kalium
Kalium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Untuk setiap 154 gram buah semangka,  kalium yang bisa kita dapatkan yakni sekitar 172 miligram.
2. Magnesium
Setiap 154 gram buah semangka mengandung magnesium hingga 15,4 miligram. Mineral ini berperan dalam berbagai aktivitas di dalam tubuh, mulai fungsi saraf, fungsi otot, hingga  fungsi imun.
3. Kalsium
Untuk setiap 154 gram buah ini, kalsium yang terkandung yakni sekitar 10,8 miligram.Kalsium menjadi mineral penting untuk kesehatan gigi dan tulang, di samping juga terlibat dalam kontraksi otot.
4. Fosfor
Fosfor berfungsi dalam penggunaan karbohidrat dan lemak, serta pembuatan protein untuk untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel dan jaringan tubuh.Setiap 154 gram buah semangka mengandung sedikit fosfor, yakni 16,9 miligram.

Senyawa tumbuhan dalam buah semangka :
1. Likopen
Likopen merupakan senyawa yang memiliki kekuatan antioksidan dan termasuk dalam golongan karotenoid. Bahkan, semangka disebutkan menjadi sumber likopen yang lebih baik dibandingkan tomat.Likopen yang kita konsumsi dapat berubah menjadi vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan mata.
2. Beta-karoten
Beta-karoten juga mirip dengan likopen, yang menjadi senyawa karotenoid dengan efek antioksidan. Beta-karoten pun menjadi provitamin A seperti likopen, sehingga konsumsinya penting untuk menjaga kesehatan mata.
3. Citrulline
Citrulline dan arginine berperan penting dalam sintesis nitrit oksida, senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Arginine juga diperlukan untuk fungsi berbagai organ dan sistem, seperti paru-paru, ginjal, hati, sistem imun, dan sistem reproduksi.
In reply to Nurul Shofiatin Zuhro

Re: Analisis Kandungan Gizi

by Reni Dwi Septiani -
KELOMPOK 2

1. Khusnul Khotimah
2. Oktavia Kasari
3. Putri Oktaviani
4. Reni Dwi S
5. Vera Risqi
6. Yu'thika 'Ilmi R

Pada makanan berikut, analisislah kandungan zat gizi makro dan mikronya secara berkelompok.

*NASI*

Nasi putih:
*Zat gizi makro* : Karbohidrat, Protein, lemak.
*Zat gizi mikro* : vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, fosfor, selenium, mangan, magnesium.

Informasi Gizi ukuran 100 gram (g) :

•Energi540 kj
129 kkal
•Lemak0,28g
•Lemak Jenuh0,076g
•Lemak tak Jenuh Ganda 0,075g
•Lemak tak Jenuh Tunggal 0,087g
•Kolesterol 0mg
•Protein 2,66g
•Karbohidrat 27,9g
•Serat 0,4g
•Gula 0,05g
•Sodium 365mg
•Kalium 35mg

*SAYUR LODEH*

Dari hasil penelitian, dalam 100 gram sayur lodeh mengandung gizi dengan perincian:

•Energi: 240 kilokalori
•Protein: 9,08 gram
•Karbohidrat: 30,65 gram
•Lemak: 12,45 gram
•Kalsium: 135 miligram
•Fosfor: 184 miligram
•Zat besi: 4,26 miligram

Selain itu, dalam satu porsi per takaran 100 gram sayur lodeh terdapat:
•Vitamin A: 1465 IU
•Vitamin B1: 0,14 miligram
•Vitamin C: 29 miligram

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Sayur Lodeh :

-Nama Bahan Makanan : Sayur Lodeh
-Banyaknya Sayur Lodeh yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
-Bagian Sayur Lodeh yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
-Jumlah Kandungan Energi Sayur Lodeh = 240 kkal
-Jumlah Kandungan Protein Sayur Lodeh = 9,08 gr
-Jumlah Kandungan Lemak Sayur Lodeh = 12,45 gr
-Jumlah Kandungan Karbohidrat Sayur Lodeh = 30,65 gr
-Jumlah Kandungan Kalsium Sayur Lodeh = 135 mg
-Jumlah Kandungan Fosfor Sayur Lodeh = 184 mg
-Jumlah Kandungan Zat Besi Sayur Lodeh = 4,26 mg
-Jumlah Kandungan Vitamin A Sayur Lodeh = 1465 IU
-Jumlah Kandungan Vitamin B1 Sayur Lodeh = 0,14 mg
-Jumlah Kandungan Vitamin C Sayur Lodeh = 29 mg

Resep sayur lodeh
Bahan :
-200 gram nangka muda, dipotong-potong
-300 gram labu siam, dipotong-potong
-8 buah kacang panjang, dipotong-potong
-1 buah terong, dibelah dua bagian, dipotong-potong
-100 gram daun melinjo muda
-3 buah cabai hijau besar, diiris bulat
-2 lembar daun salam
-3 cm lengkuas, dimemarkan
-2 sendok makan garam
-2 sendok teh gula merah sisir
-2.000 ml santan dari
-1 butir kelapa

Bumbu halus:
-8 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-3 butir kemiri, sangrai
-1/2 sendok teh terasi goreng
-2 cm kencur
-1/2 sendok teh ketumbar



*IKAN LAYUR*

Zat Gizi Makro :
•Protein,
SLemak, dan
•Karohidrat

Zat Gizi Mikro :
•Fosfor dan
•Zat Besi

*SEMANGKA*

Kandungan gizi semangka per 100 gram :
•Kalori (kcal) 30
•Jumlah Lemak 0.2 g
•Lemak jenuh 0 g
•Lemak tak jenuh ganda 0.1 g
•Lemak tak jenuh tunggal 0 g
•Kolesterol 0 mg
•Natrium 1 mg
•Kalium 112 mg
•Jumlah Karbohidrat 8 g
•Serat pangan 0.4 g
•Gula 6 g
•Protein 0.6 g
•Vitamin A 569 IU
•Vitamin C 8.1 mg
•Kalsium 7 mg
•Zat besi 0.2 mg
•Vitamin D 0 IU
•Vitamin B6 0 mg
•Vitamin B12 0 µg
•Magnesium 10 mg
In reply to Nurul Shofiatin Zuhro

Re: Analisis Kandungan Gizi

by Tsali Tsatul Mukarromah -
KELOMPOK 4:
1. Kholishoh Nur A
2. Miftaakhul faalah I
3. Ratna Muslihah
4. Riska Indrias w
5. Tsali Tsatul M

1. Nasi putih
Nasi merupakan sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia. Dalam satu porsi nasi putih seukuran mangkok (180 gram), setidaknya terkandung 50 gram karbohidrat. Kadar tinggi karbohidrat dalam nasi putih lebih banyak terdiri dari gula dan pati, ketimbang serat.

Selain karbohidrat, nutirisi lain yang terkandung dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium. Karbohidrat di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian akan diserap dan masuk ke aliran darah. Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama bagi otak.

Vitamin B1 (tiamin), untuk membantu metabolisme karbohidrat.

Magnesium, sebagai komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.

Mangan, untuk membantu kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di dalam tubuh.

2. Sayur lodeh
Bahan Dasar
- 300 gram putren / jagung muda
- 10 batang kacang panjang
- Buah labu siam
- Buah tahu
- Lembar daun kunyit
- Jagung
- Kacang
- Santan
Kandungan dalam sayur lodeh Seluruh bahan yang ada bernilai gizi tinggi karena mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Sebagai contoh, terong kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kacang panjang merupakan sumber protein yang mengandung asam folat, serta labu kuning mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Kemudian, dalam pengolahannya ditambahkan santan yang memiliki kandungan lemak yang bagus bagi tubuh.

3. Ikan Layur
Kandungan gizi Ikan Layur:
Komposisi (kandungan) gizi per 100 gram "ikan layur, segar", dengan BDD = 49 % (Berat Dapat Dimakan), seperti berikut ini (urut abjad/huruf).
Abu (Ash) : 0,5 gram
◉ Air (Water) : 80,1 gram
◉ Besi (Fe), Ferrum, Iron : 2,2 miligram
◉ Energi (Energy) : 82 Kalori
◉ Fosfor (P), Phosphorus : 229 miligram
◉ Kalsium (Ca), Calcium : 48 miligram
◉ Karbohidrat (CHO) : 0,4 gram
◉ Lemak (Fat) : 1,0 gram
◉ Protein : 18,0 gram
◉ Retinol (vit A), C20H30O : 4 mikrogram
◉ Tiamina (vitamin B1) : 0,04 miligram

Manfaat :
a. Meningkatkan Hemoglobin (HB)
Kekurangan haemoglobin dapat berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi. Ikan layur dapat membantu meningkatkan haemoglobin atau HB.
b. Dapat Mencegah Penyakti Lupus
Penyakit lupus merupakan salah satu kondisi yang disebabkan karena penyakit auto imun. Mengkonsumsi ikan layur dipercaya dapat membantu memperbaiki auto imun.
c. Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh Baik Bagi Kesehatan
Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan layur sangat baik untuk kesehatan selain baik untuk jantung juga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis lainnya seperti aterosklerosis.
d. Mengoptimalkan Produksi Hormon Serotonin
Hormone serotonin memiliki fungsi yang penting bagi tubuh salah satunya berfungsi sebagai neurotransmitter yang dapat mengatur mood atau suasana hati.
e. Mengandung Anti Inflamasi
Ikan layur juga mengandung anti inflamasi yang artinya dapat mencegah terjadinya peradangan dan kondisi-kondisi yang muncul akibat adanya peradangan.
f. Mengatasi Hipotensi
Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi yang artinya darah rendah. Ikan layur mengandung zat besi dimana manfaat zat besi yang utama adalah dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah untuk mengatasi hipotensi.
g. Mencegah Anoreksia
Anoreksia merupakan penyakit fisik dan psikologi dimana penderitanya tidak pernah merasa lapar dan fobia dengan tubuh gemuk. Jika dibiarkan kondisi ini akan menyebabkan penderitanya menjadi kurus karena kekurangan gizi. Menurut penelitian mengkonsumsi ikan layur dapat membantu mengatasi gejala ini.
h. Baik untuk Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan mungkin sistem yang bekerja paling berat pada tubuh karena harus mengolah makanan, memilah nutrisi untuk diserap tubuh jadi fungsinya harus optimal dan ikan layur mengandung zat yang dapat mendetok usus sehingga dapat berfungsi dengan baik.
i. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Nutrisi ikan layur yang lengkap ternyata juga sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
j. Mengandung Protein Tinggi
Manfaat protein sangat baik untuk meningkatkan massa otot dan ikan layur mengandung protein yang cukup tinggi.
k. Mengurangi Risiko Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan orang yang menderita diabetes harus melakukan diet yang sangat ketat. Ikan layur merupakan salah satu jenis ikan yang tergolong aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
l. Rendah Kolesterol
Banyak orang menghindari mengkonsumsi ikan karena kandungan kolesterolnya. Ikan layur tergolong ikan yang rendah kolesterol serta mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengoptimalkan produksi kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat.
m. Menambah Stamina Tubuh
Kandungan vitamin B kompleks yang terkandung dalam ikan layur cukup tinggi dan salah satu manfaat vitamin B untuk tubuh adalah dapat membantu meningkatkan stamina dan energi.
n. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
Mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh yang artinya semua fungsi tubuh bekerja secara optimal.
o. Baik untuk Kesehatan Otak
Semua ikan laut mengandung manfaat omega 3 untuk kesehatan yang tentunya baik sekali untuk mengoptimalkan fungsi otak serta sistem saraf.
p. Direkomendasikan Untuk Anak-anak Masa Pertumbuhan
Manfaat ikan bagi kesehatan sangatlah banyak terutama bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Ikan layur yang kaya nutrisi serta memiliki rasa yang enak pasti disukai oleh anak-anak.

4.Semangka
Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram semangka dikutip dari Departemen Pertanian AS (USDA).

Kalori: 30
Air: 91 persen
Protein: 0,6 gram
Karbohidrat: 7,6 gram
Gula: 6,2 gram
Serat: 0,4 gram
Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat
Karbohidrat dalam semangka adalah gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Semangka juga mengandung sedikit serat.

Serat
Semangka bukanlah sumber serat yang baik. Buah berwarna merah ini hanya menyediakan 0,4 gram serat dalam 100 gram buah.

Vitamin dan mineral
Semangka merupakan sumber vitamin yang baik. Buah ini mengandung vitamin A, B6, dan C. Tak hanya vitamin, semangka juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh seperti kalium dan tembaga.Kalium merupakan mineral penting untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung.

Senyawa lain
Semangka juga mengandung berbagai senyawa lain yang baik untuk tubuh. Senyawa-senyawa tersebut berupa antioksidan dan asam amino. Beberapa senyawa tersebut di antaranya:

Sitrulin
Sitrulin adalah asam amino berharga yang diubah menjadi asam amino arginin. Asam amino ini meningkatkan aliran darah, yang mengarah pada kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi. Dalam sebuah penelitian di Texas A and M University menunjukkan asam amino ini dapat membantu memperbaiki keluhan disfungsi ereksi.

Likopen
Semangka adalah sumber likopen segar yang paling terkenal. Senyawa ini bertanggung jawab atas warna merah dalam buah semangka.
Likopen sendiri telah dikaitkan dengan kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan pencegahan kanker prostat.Senyawa ini juga merupakan antioksidan kuat yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi.
Untuk memaksimalkan asupan likopen, perlu memilih semangka yang matang sepenuhnya. Pasalnya, semakin merah semangka semakin tinggi kadar likopennya.
In reply to Nurul Shofiatin Zuhro

Re: Analisis Kandungan Gizi

by Lidia Natalia -
Nama Anggota Kelompok 1 :
Lidia Natalia
Nandhi Azhari
Niken Suci
Primaeshella Indah
Rosalia Dina
Widya Dwi


1. Kandungan yang terdapat pada nasi putih:
Zat Makro : Karbohidrat (yang terdiri dari gula dan pati), protein, lemak, kalori, fosfor (mineral yang membentuk sebagian dari alat gerak), selenium, mangan (untuk membantu kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di dalam tubuh) dan magnesium (sebagai komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot).
Zat Mikro : Vitamin B1 tiamin (untuk membantu metabolisme karbohidrat), Vitamin B2, B3, B6, dan zat besi.
2. sayur lodeh mengandung gizi dengan perincian:
Energi: 240 kilokalori
Protein: 9,08 gram
Karbohidrat: 30,65 gram
Lemak: 12,45 gram
Kalsium: 135 miligram
Fosfor: 184 miligram
Zat besi: 4,26 miligram
Selain itu, dalam satu porsi per takaran 100 gram sayur lodeh terdapat:
Vitamin A: 1465 IU
Vitamin B1: 0,14 miligram
Vitamin C: 29 miligram
3. Manfaat & Kandungan Gizi Ikan Layur :
Meningkatkan Hemoglobin (HB)
Kekurangan haemoglobin dapat berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi. Ikan layur dapat membantu meningkatkan haemoglobin atau HB.
Dapat Mencegah Penyakti Lupus
Penyakit lupus merupakan salah satu kondisi yang disebabkan karena penyakit auto imun. Mengkonsumsi ikan layur dipercaya dapat membantu memperbaiki auto imun.
Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh Baik Bagi Kesehatan
Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan layur sangat baik untuk kesehatan selain baik untuk jantung juga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis lainnya seperti aterosklerosis.
Mengoptimalkan Produksi Hormon Serotonin
Hormone serotonin memiliki fungsi yang penting bagi tubuh salah satunya berfungsi sebagai neurotransmitter yang dapat mengatur mood atau suasana hati.
Mengandung Anti Inflamasi
Ikan layur juga mengandung anti inflamasi yang artinya dapat mencegah terjadinya peradangan dan kondisi-kondisi yang muncul akibat adanya peradangan.
4. Berikut ini kandungan gizi semangka
Kalori: 30
Air: 91%
Protein: 0,6 gram
Karbohidrat: 7,6 gram
Gula: 6,2 gram
Serat: 0,4 gram
Lemak: 0,2 gram
Beberapa vitamin utama yang dikandung semangka, yaitu:
vitamin C : 12,5 miligram.
Vitamin B9(folat) : 4,6 mikrogram
Beberapa mineral utama dalam semangka :
Kalium : 172 miligram
Magnesium : 15,4 miligram
Kalsium : 10,8 miligram
Fosfor : 16,9 miligram