Discussion on the result of reading activity. POST YOUR ANSWERS HERE!

Tourism Promotion Text

Tourism Promotion Text

by Lilis Setyowati -
Number of replies: 1

Nama : Lilis Setyowati

NIM : B0317026


Saat menerjemahkan brosur, hal penting yang harus diperhatikan yaitu pemilihan diksi dan aspek budaya. Brosur menggunakan bahasa persuasif supaya orang-orang tertarik untuk mengunjungi suatu destinasi wisata atau membeli produk yang di tawarkan. Bahasa tersebut menggunakan kata atau kalimat yang singkat, padat , dan jelas namun secara implisit mengandung sebuah ajakan. Biasanya untuk menerjemahkan suatu kata dalam brosur menggunaka subjek "we" atau "you" karena ditujukan untuk semua orang. Selain itu juga menggunakan kata sifat yang mengandung emosional untuk para pembaca dan menggunakan kata imperatif untuk menarik atau mengajak. Sedangkan untuk menerjemahkan kalimat dalam brosur biasanya menggunakan kalimat yang mudah dipahami saat membaca langsung kalimat tersebut, terkadang ada kalimat kalimat tanpa subjek dalam kalimat tanya, bahkan ada juga ada yang menggunakan frasa untuk mengungkapkan apa yang diinginkan oleh penulis.  Kalimat pada brosur biasanya juga menggunakan majas supaya lebih indah sehingga pembaca tertarik. Pengulangan kata dalam satu kalimat juga digunakan untuk menekankan dan menguatkan pesan yang ingin disampaikan sehingga pembaca merasa percaya dan yakin dengan apa yang teah ditawarkan. Penerjemah juga harus mengetahui teknik untuk menerjemahkan sebuah sejarah atau suatu budaya tertentu menggunakan bahasa ..sehingga tidak bertele-tele. Teknik tersebut seperti repetisi, amplifikasi, dan menggunakan bahasa yang fleksibel. 

Tantangan penerjemah untuk menerjemahkan brosur dengan konteks budaya indonesia ke budaya barat yaitu harus mempelajari dan mengetahui budaya, perilaku masyarakat barat karena budaya beda akan berpengaruh pada gaya bahasa yang digunakan. Dengan mempelajari hal tersebut penerjemah akan mengetahui bagaimana konsep kebutuhan dan motivasi mereka untuk bepergian sehingga penerjemah akan menggunakan gaya bahasa mereka bukan dengan gaya bahasa orang indonesia. Komunikasi dan gaya bahasa yang baik tentu akan berpengaruh kepada mereka untuk mengunjungi destinasi yang ditawarkan.

In reply to Lilis Setyowati

Re: Tourism Promotion Text

by Ardianna Nuraeni -

Jawaban Anda bagus, mampu menunjukkan pemahaman tentang isi artikel. 

Nilai: 80