Titik dan Garis

Pengertian Titik,Garis,Ruas Garis dan Sudut (Adelia)

Pengertian Titik,Garis,Ruas Garis dan Sudut (Adelia)

by A K7119003 Adelia Trihandayani -
Number of replies: 0

Pengertian Titik

Jika dalam dunia menulis titik menajdi tanda yang digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat, tetapi didalam dunia matematika titik merupakan sesuatu yang memiliki kedudukan. Namun, titik tidak mempunyai ukuran. Memiliki kesamaan seperti didalam dunia menulis, didalam dunia matematika titik yang  juga dipresentasikan dengan sebuah noktah “.”. hanya saja dalam dunia matematika titik yang diberi nama dengan menggunakan huruf kapital misalanya seperti A, B, dan C, D dan yang sebagainya. 

Pengertian Garis

Garis merupakan himpunan titik-titik yang anggotanya terdiri lebih dari satu buah titik. Yang mana titik-titik tersebut berderet ke-2 arah yang saling berlawanan sampai jarak yang jauh tidak terhingga.

Model atau representasi suatu garis misalnya seperti seutas benang atau tali lurus yang  bisa dipanjangkan kedua arah yang berlawanan sampai jauh tidak terhingga.Garis hanya memiliki ukuran panjang. Setiap titik diberi nama menggunakan satu buah huruf kapital, sementara untuk garis diberi nama menggunakan huruf kecil seperti g, h, k,l dan seterusnya, atau dua buah huruf kapital seperti AB, AC, BC, CD, dan seterusnya.

RUAS GARIS adalah sebagian dari garis yang dibatasi oleh dua titik ujung yang berbeda, dan memuat semua titik pada garis di antara ujung-ujungnya. Contoh ruas garis misalnya sisi segitiga atau sisi persegi. Lebih umumnya, ketika titik-titik ujung adalah verteks suatu poligon, maka ruas garis adalah sisi (poligon tersebut); jika mereka merupakan verteks-verteks yang bertetanggaan, atau diagonal. Ketika titik-titik ujung terletak pada sebuah kurva, misalnya lingkaran, maka ruas garis itu disebut tali busur (kurva tersebut).


Sudut dalam geometri adalah besaran rotasisuatu ruas garis dari satu titik pangkalnya ke posisi yang lain. Selain itu, dalam bangun dua dimensi yang beraturan, sudut dapat pula diartikan sebagai ruang antara dua buah ruas garis lurus yang saling berpotongan. Besar sudut pada lingkaran 360°. Untuk mengukur sudut dapat digunakan busur derajat.