Diskusi Fermentasi Tape Kelas B

Diskusi 1

Re: Diskusi 1

by Muhammad lsmail Aqimuddin -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020b

1. Mikroba yang berperan dalam fermentasi tape antara lain adalah genus Aspergillus, Saccharomyces dan Acetobacter . Beberapa mikrobanya antara lain Saccharomyces cereviseae, Rhizopus oryzae, Endomycopsis burtonii, Mucor sp., Candida utilis, Saccharomyces fibuligera, Pediococcus.

2. Proses pembuatan tape diawali dengan penyiapan bahan baku. Pada pembuatan tape ketan, beras ketan tidak boleh bercampur dengan beras biasa. Lalu beras ketan direndam semalam untuk menimbulkan faktor kritis. Pada pembuatan tape singkong, umur singkong yang optimal adalah 10 bulan. Kemudian singkong dikupas kulitnya. Setelah dikupas singkong dicuci dengan air mengalir agar bersih dan terhindar dari kontaminan. Proses selanjutnya yaitu pemasakan yang dilakukan dengan pengukusan untuk melunakkan umbi dan agar enzim mikroba dapat berkerja dengan baik. Setelah itu dilakukan proses pendinginan untuk menurunkan suhu. Selanjutnya dilakukan inokulasi (pemasukan) starter. Setelah itu dilakukan pengemasan (bisa dilakukan sebelum/sesudah fermentasi). Selanjutnya dilakukan proses inkubasi pada suhu 28-30°C selama 48 jam.

3. Acetobacter aceti berperan untuk mengubah alkohol menjadi asalam saetat dan menyebabkan rasa menjdi masam pada tape yang dihasilkan. Mikroba Saccharomyces  dan Cabdida yang menyebabkan tape berubah menjadi alkoholik.