Diskusi hasil pengamatan vidio

Febriana Zulfah_K5419026

Febriana Zulfah_K5419026

by Febriana Zulfah -
Number of replies: 0
Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik

NAMA                             : Febriana Zulfah

NIM/KELAS                   : K5419026/Kelas A

MATKUL                                    : Perkembangan Peserta Didik

DOSEN PENGAMPU    : Lintang Ronggowulan, S.Pd., M.Pd.

FAK/ANGKATAN         : FKIP/2019

Rangkuman Vidio tentang kebutuhan manusia.

Keinginan adalah sesuatu yang ingin kita miliki atau kita capai. Namun jika tidak terpenuhi tidak akan mengganggu kehidupan kita. Berbeda dengan kebutuhan, kebutuhan adalah sesuatu yang wajib kita penuhi, namun ketika tidak terpenuhi akan mengganggu kualitas hidup kita. Kebutuhan harus terpenuhi demi mempertahankan hidup di masyarakat. Kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya:

1.      Kebutuhan primer/dasar/alamiah

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar manusia dapat hidup layak. Contoh : Makanan, minuman, rumah, pendidikan, kesehatan dsb. Jika kebutuhan ini tidak mampu terpenuhi maka manusia akan sulit untuk melangsungkan dan mempertahankan kehidupannya.

2.      Kebutuhan sekunder

Kebutuhan ini muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi untuk meningkatkan kenyamanan hidup. Kebutuhan ini sebenarnya tidak terlalu penting, dimana ketika kebutuhan ini belum bisa terpenuhi tidak akan mempengaruhi kualitas hidup kita.

3.      Kebutuhan tersier

Kebutuhan ini ada setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan  tersier hanya bisa dipenuhi oleh sebagian orang saja atau mereka yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi.

 

Bisa diambil kesimpulan jika ketiga kebutuhan ini berbeda pada setiap individu karena bergantung pada strata, tingkat perekonomian, serta  tingkat pendidikan.