Diskusi hasil pengamatan vidio

Tugas PDD tentang Kebutuhan Rahmat Tri Raharjo_K5419067_Kelas C

Tugas PDD tentang Kebutuhan Rahmat Tri Raharjo_K5419067_Kelas C

by Rahmat Tri Raharjo -
Number of replies: 0

Keinginan adalah sesuatu yang ingin dicapai atau miliki, namun apabila tidak tercapai tidak mengganggu kelangsungan hidup.

Kebutuhan adalah sesuatu hal mutlak yang harus dipenuhi, jika tidak akan mengganggu dan mengancam kualitas hidup manusia. Kebutuhan digunakan dan dimiliki manusia untuk kehidupan sehari - hari berupa sesuatu untuk mempertahankan hidup di masyarakat yang akan terpenuhi dengan usah dan kerja keras.

Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaannya:

1. Primer (Kebutuhan Alamiah) berasal dari bahasa lati "primus" artinya pertama. Kebutuhan yang,harus dipenuhi pertama kali atau sebagai kebutuhan dasar agar dapat hidup layak. Contohnya makanan dan minuman, rumah, pakaian, pendidikan, kesehatan dan lainnya demi kelangsungan hidup manusia. JIka tak terpenuhi, maka manusia sulit melangsungkan hidup dan mewujudkan jati diri sesuai kodratnya.

2. Sekunder (Kebutuhan Pelengkap/Kultural) berasal dari bahasa latin "Sekondus" artinya kedua. Kebutuhan setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Pemenuhan kebutuhan ini sejalan dengan tingkat kebudyaan masyarakat dan tempat manusia hidup. Contohnya, TV, radio, alat tulis dan buku. Pada makhluk sosial yang berbudaya mempunyai kebutuhan yang berkembang dengan tuntutan kepuasan yang diinginkan, tidak begitu penting untuk diwujudkan. 

3.  Tersier ( Kebutuhan Luks/ Mewah) berasal dari kata "Tertius" artinya Ketiga. Contohnya Mobil, berlian, Wista ke Hawai. Kebutuhan ini hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yaitu orang dengan ekonomi tinggi atau orang kaya. Bersifat menjaga prestise orang di tengah masyarakat.

Batasan antar kebutuhan tidaklah sama anat manusia.