Diskusi hasil pengamatan vidio

Kebutuhan Dasar Manusia

Kebutuhan Dasar Manusia

by Ifada Auliana Riski -
Number of replies: 0
KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

Kebutuhan dan keinginan seringkali disamakan artinya, padahal kebutuhan dan keinginan memiliki pengertian yang berbeda.
  • Keinginanan adalah sesuatu yang kita ingin miliki  atau yang ingin kita capai , namun jika tidak tercapai tidak menyebabkan terganggunya kelangsungan hidup kita.
  • Kebutuhan adalah sesuatu yang mutlak harus dipenuhi, jika tidak maka akan mengganggu kualitas hidup kita atau bahkan bisa mengancam hidup kita
Kebutuhan manusia ada bermacam-macam diantaranya :
  1. Kebutuhan primer = Kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar manusia dapat hidup layak, kebutuhan ini juga biasa disebut kebutuhan alamiah. Kebutuhan primer merupakan tuntutan secara alamiah yang harus dipenuhi. Yang termasuk kebutuhan primer : Makanan dan minuman, rumah, pakaian, pendidikan, kesehatan dan lainnya.
  2. Kebutuhan Sekunder = Kebutuhan ini muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Setelah kebutuhan primer terpenuhi orang akan cenderung memenuhi kebutuhan sekunder untuk meningkatkan kenyaman hidupnya.Pemenuhan kebutuhan ini sejalan dengan kebudayaan (culture) tempat seseorang hidup atau tinggal. Kebutuhan sekunder sebenarnya tidak begitu penting untuk diwujudkan karena tanpa pemenuhan kebutuhan sekunder manusia dapat tetap hidup Contoh kebutuhan sekunder : radio, televisi, buku, alat tulis dan sebagainya.
  3. Kebutuhan Tersier = Kebutuhan ini muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, kebutuhan ini bisa disebut kebutuhan kemewahan. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan  yang hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang memiliki ekonomi biaya tinggi atau orang-orang kaya. Pemenuhan kebutuhan ini lebih bersifat untuk menjaga prestise seseorang di tengah masyarakat.  contoh kebutuhan terseier : mobil jaguar, berlian, wisata ke hawai dan sebagainya.
Batas antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier setiap orang tidak sama, tergantung kedudukan dan strata ekonomi  orang tersebut dalam masyarakat. 
Bagi wanita pedesaan berlian masih merupakan kebutuhan tersier atau kemewahan, tetapi bagi artis berlian merupakan kebutuhan primer untuk menunjang penampilannya.

Ukuran mewah ini bersifat relatif, yang artinya suatu barang pada suatu waktu atau tempat mungkin tergolong mewah, sedangkan pada suatu waktu atau tempat lain mungkin tidak termasuk barang mewah. Contohnya : rumah mewah, mobil mewah, berlibur ke luar negeri.