Diskusi hasil pengamatan vidio

Hasil Pengamatan Vidio Pembelajaran

Hasil Pengamatan Vidio Pembelajaran

by Fidya Ika Pangesti -
Number of replies: 0

Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

 

Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang berbeda

Keinginan merupakan sesuatu yang ingin kita miliki dan ingin kita capai, namun jika tidak tercapai tidak menyebabkan terganggunya kelagsungan hidup kita

Kebutuhan merupakan sesuatu yang mutlak yang harus dipenuhi, jika tidak akan mengganggu kualitas hidup seseorang. Kebutuhan dapat terpenuhi jika manusia bekerja keras.

Kebutuhan digolongkan menjadi 3 :

Kebutuhan Primer : merupakan kebutuhan utama, kebutuhan primer merupakan tuntutan kebutuhan yang harus dipenuhi. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi manusia tidak bisa melangsungkan kehidupannya. Contoh kebutuhan primer : rumah, pakaian, makanan, pendidikan, kesehatan

Kebutuhan Sekunder : merupakan kebutuhan pelengkap, kebutuhan ini muncul ketika kebutuhan primer telah terpenuhi. Setelah seseorang memenuhi kebutuhan primer maka orang tersebut akan memenuhi kebutuhan sekundernya untuk kenyamanan hidupnya. Kebutuhan ini sebenarnya tidak begitu penting untuk diwujudkan, karena tanpa pemenuhan kebutuhan ini manusia juga masih tetap hidup. Contoh kebutuhan sekunder : radio, televisi, buku.

Kebutuhan Tersier :  merupakan kebutuhan ketiga atau kebutuhan mewah, kebutuhan ini muncul setelah kebutuhan primer dan tersier terpenuhi. Kebutuhan ini juga dapat disebut kebutuhan kemewahan. Kebutuhan ini hanya dapat dipenuhi oleh orang orang yang memiliki perokonomian tinggi. Contoh  kebutuhan tersier : mobil mewah, liburan.

Kebutuhan primer, sekunder, dan tersier setiap orang berbeda beda, tergantung kedudukan dan strata ekonomi dalam masyarakat.