Diskusi hasil pengamatan vidio

Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

by Anita Purnamaningrum -
Number of replies: 0

Keinginan adalah sesuatu yang kita ingin miliki atau ingin kita capai, yang mana apabila tidak tercapai tidak menyebabkan terganggunya kelangsungan hidup kita. Sedangkan kebutuhan merupakan sesuatu yang mutlak harus dipenuhi, apabila tidak dapat terpenuhi maka dapat mengganggu kualitas hidup kita bahkan mengancam hiduo kita.

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kebutuhan yang dimaksud adalah  sesuatu yang harus dicari untuk mempertahankan hidupnya di masyarakat dengan bekerja keras untuk dapat mewujudkannya.

Macam kebutuhan manusia berdasarkan intensitas kegunaannya yaitu :

a)       Primer (Kebutuhan dasar)

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar mausia dapat hidup layak. Disebut juga kebutuhan alamiah, yaitu merupakan tuntutan secara alamiah yang harus dipenuhi. Manusia harus memenuhi kebutuhan dasarnya seperti makanan dan minuman, pakaian, rumah, pendidikan, kesehatan dan lainnya untuk melangsungkan kehidupannya. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi maka manusia akan sulit untuk melangsungkan kehidupan dan mewujudkan jati diri sesuai dengan kodratnya.

b)      Sekunder (Kebutuhan Perlengkapan)

Muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer. Orang yang telah dapat memiliki rumah secara otomatis akan membutuhkan perabot untuk melengkapi rumahnya, jadi perabot rumah tangga bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder. Pemenuhan kebutuhan ini sejalan dengan tingkat kultur setempat. Contoh kebutuhan sekunder lainnya yaitu buku, televise, radio dan  lainnya. Kebutuhan sekunder tidak wajib untuk diwujudkan, karena tanpa mewujudkannya manusia masih dapat melangsungkan kehidupannya.

c)       Tersier  (Kebutuhan Mewah)

Kebutuhan ini muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan tersier dapat disebut juga kebutuhan kemewahan, misalnya mobil Lamborgini, liburan ke luar negeri, berlian dan lain-lain. Hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang memiliki ekonomi biaya tinggi atau orang kaya. Pemenuhan kebutuan ini lebih untuk menjaga prestise seseorang di tengah masyarakat

 

Kebutuhan primer, sekunder, dan tersier setiap manusia untuk setiap orang tidaklah sama tergantung kedudukan dan strata ekonominya dalam masyarakat.