Tugas

Kenampakan, kesegaran dan cara handling di Hypermart Solo Square

Kenampakan, kesegaran dan cara handling di Hypermart Solo Square

by Sarah Putri Salgo -
Number of replies: 0

Gambar 1.1 Kepala ayam        Gambar 1. 2 Jeroan ayam

.      ,

Gambar 1.3 Daging giling   Gambar 1.4 Sosis ayam

Analisa :

* Kesegaran daging yang dipotong oleh butcher di Hypermart Solo Square tergolong kedalam daging ayam yang segar dan warnanya tidak pucat. Daging ayam disimpan dalam etalase yang telah di atur suhunya. Namun, pada saat pemotongan daging butcher tidak menggunakan perlengkapan seperti sarung tangan ataupun apron.  Pada kemasan wrap juga tidak ditemukan adanya kotoran/rambut yang masuk kedalamnya. Mereka juga menyediakan daging yang sudah digiling, namun pada tahap pengolahannya masih sama tidak menggunakan APD yang lengkap. Proses pengolahan daging ayam memerlukan pengamatan lebih untuk bahaya dan keamanan produk dari bahan makanan tersebut.

* Pada pangan olahan ayam juga terlihat warnanya sudah pucat karena sudah 2 bulan tidak dicurah/ tanggal curah terakhir 22 Juli. Meskipun harganya lebih murah dari yang kemasan namun keadannya juga harus lebih diperhatikan.

Saran: Pada saat proses pemotongan, sortasi, dan pengemasan agar menggunakan APD guna mencegah kontaminasi. Dan pada produk olahan curah agar rutin utk diganti.

Sumber:

Rachmawati, E., Titik, S., & Lina, M. (2021). PENERAPAN HACCP PADA PENGOLAHAN DAGING AYAM DI INSTALASI GIZI RSUP dr SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN. JURNALSOCIA AKADEMIKA, 7(02).