Saya Christian DA izin menambahkan apa yang telah disampaikan oleh saudara Faizun. Ketika Guru ingin mengembangkan indikator pencapaian kompetensi guru harus menganalisis Kompetensi Inti (KI)dan Kompetensi Dasar (KD) terlebih dahulu, dengan cara melihat Kata Kerja Operasional (KKO) sesuai dengan ranahnya baik Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor. KKO yang ada pada KD hanya sebagai penanda bahwa kompetensi tersebut adalah Kompetensi minimal yang harus dicapai oleh siswa. Untuk itu, dalam mengembangkan indikator guru harus mencapai kompetensi yang lebih tinggi dari kompetensi minimalnya, dengan cara menyinkronkan antara tingkat kompetensi (pemahaman, proses, penerapan) dengan jenis indikator (kunci, pendukung, kompleks).
3.2 Diskusi pertemuan ke-3
Indikator Pencapaian Kompetensi
The due date for posting to this forum was Wednesday, 16 March 2022, 11:59 PM.