Diskusi DNA

DNA Polimerase

Re: DNA Polimerase

by Sola Gratia Bagani -
Number of replies: 0
Picture of Biologi C
saya Sola Gratia Bagani dengan NIM H0921081 izin menjawab. DNA polimerase memiliki peran utama yaitu mensintesis untaian DNA yang baru, selain itu juga terlibat dalam mengoreksi kesalahan nukleotida yang ditambahkan dalam proses proofreading. dengan proses :
1. Sintesis untai DNA baru-DNA polimerase
menambah nukleotida komplementer untuk kedua untai terkemuka dan tertinggal dalam arah 3' ke 5'. Dalam proses tersebut membutuhkan primer RNA untuk inisiasi proses. DNA polimerasse mulai menambahkan nukleotida komplementer ke untai cetakan dari 3' end primer.
2. Memeriksa kembali nukleotida yang masuk
pasangan nukleotida komplementer yang benar dengan nukelotida baru yang masuk dalam rantai yang sedang tumbuh. Sebelum membentuk ikatan fosfodiester, DNA polimerase mengecek ulang pasangan nukleotida
3. Exonucleolytic proofreading
beberapa nukleotida yang salah dapat ditambahkan ke rantai tumbuh. segera setelah penambahan nukleotida tersebut, subunit katalik DNA polimerase terpisah dengan 3' hingga 5' aktivitas eksonuklease mencerna nukleotida pasangan yang salah dari untai yang tumbuh dan mensintesis kembali nukleotida yang benar.