Diskusi DNA

Struktur DNA

Struktur DNA

by Nadjelika Syafa -
Number of replies: 2
Picture of Biologi C

Selamat pagi Bu Ardhea dan teman-teman, saya Nadjelika Syafa Riyanti dengan NIM H0921087 izin bertanya, mengapa struktur DNA double helix antiparalel?

In reply to Nadjelika Syafa

Re: Struktur DNA

by Ummu Fathonah -
Picture of Biologi C
saya Ummu Fathonah dengan NIM H0921089 izin menjawab pertanyaan dari lika.
Struktur DNA Double helix yang bersifat antiparalel memungkinkan terjadinya setiap untai pada DNA bisa menjadi template dalam proses replikasi DNA. Hal ini karena DNA parental dan DNA anakan hasil dari replikasi bersifat sama sehingga informasi genetik terkonservasi dari generasi ke generasi. Arah polinukleotida DNA dapat berdasarkan pada ikatan fosfodiester antar nukleotida. Pada punggung gula fosfat DNA, gugus fosfat terhubung dengan atom carbon 3' dari molekul gula deoksiribosa dan kemudian pada atom carbon 5'. Dua ujung dari rantai polinukleotida berbeda, pada ujung yang satu yang tidak berikatan dengan nukleotida adalah ujung 5' , dan pada ujung lain yang tidak berikatan dengan nukleotida disebut dengan ujung 3'. Pada DNA arah replikasi 3' ke 5' , dimana pada DNA double helix tersebut ujung 5' akan berikatan dengan ujung 3' pada untai berikutnya. Hal itu yang menyebabkan DNA disebut double helix antiparalel.
In reply to Nadjelika Syafa

Re: Struktur DNA

by Sola Gratia Bagani -
Picture of Biologi C
saya Sola Gratia Bagani dengan NIM H0921081 izin menjawab. DNA double helix bersifat antiparalel karena memiliki ikatan rantai gula-fosfat yang kedua rantainya berlawanan arah. Satu rantai DNA memiliki arah ikatan rantai gula-fosfat 3' ke 5' dan yang kedua dari 5' ke 3'.