Diskusi DNA

Perbedaan Jumlah Kromosom

Perbedaan Jumlah Kromosom

by Rachmah Nareshwari Fauziah Bafadhal -
Number of replies: 2
Picture of Biologi B

Selamat siang Ibu dan teman-teman semua, perkenalkan saya Rachmah Nareshwari F.B. dengan NIM H0921068. Izin bertanya, mengapa setiap makhluk hidup memiliki jumlah kromosom yang berbeda? Apa yang menjadi faktor utama penyebab perbedaan jumlah kromosom pada makhluk hidup? Terima kasih sebelumnya.

In reply to Rachmah Nareshwari Fauziah Bafadhal

Re: Perbedaan Jumlah Kromosom

by Muhammad Zulfan Hawari -
Picture of Biologi B
Semua makhluk hidup eukariotik memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda. pada sel tubuh atau sel somatis jumlah kromosom umumnya selalu genap karena sel tubuh selalu berpasangan. Jumlah kromosom sel somatis tersebut terdiri atas 2 set kromosom (diploid,2n), dari induk jantan dan induk betina. Pada sel gamet atau sel kelamin seperti sel telur dan dan sel sperma hanya memiliki setengah dari jumlah kromosom sel tubuh. Pada manusia dari semenjak diciptakan memiliki jumlah kromosom sel somatis 46 sel telur atau sel sperma hanya memiliki 23 kromosom. Adanya fertilisasi mengembalikan jumlah kromosom sel tubuh menjadi 46. Begitu pula pada hewan, kromosom sudah ada semenjak diciptakan lalu dengan fertilisasi akan mengembalikan jumlah kromosom itu pada jumlah yang sama.
In reply to Rachmah Nareshwari Fauziah Bafadhal

Re: Perbedaan Jumlah Kromosom

by Muhammad Fadhlillah Ibn Rachmadi -
Picture of Biologi B
Izin Menjawab, setiap makhluk hidup memiliki kromosom yang berbeda karena terjadinya kesalahan pada saat pembelahan sel atau terjadinya fusi pada kromosom. perlu diketahui sebelumnya bahwa jumlah kromosom tidak menentukan seberapa kompleks atau unik suatu spesies atau makhluk hidup, namun yang menentukan adalah apa yang dikodekan oleh DNA pada Kromosom. permulaan dimulai dari Last universal common ancestor (LUCA) atau nenek moyang pertama dari semua makhluk hidup, lalu terjadi berbagai mutasi dan adaptasi sehingga tercipta variasi kode DNA dan muncul berbagai spesies makhluk hidup. dapat terjadi kesalahan ketika pembelahan sel atau fusi sel pada suatu spesies makhluk hidup yang mempengaruhi jumlah kromosom, dan jumlah tersebut akan diturunkan pada anaknya. hal ini yang menyebabkan terjadinya perbedaan jumlah kromosom pada spesies makhluk hidup. mungkin suatu saat akan dapat berubah lagi, tidak ada yang tahu.

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5LXEQIyOYto
http://scienceline.ucsb.edu/getkey.php?key=415
https://www.reddit.com/r/explainlikeimfive/comments/5uuywo/eli5_why_do_different_species_have_different/