Diskusi DNA

Kromosom

Kromosom

by Mutiah Chairunnisa -
Number of replies: 2
Picture of Biologi B

Saya Mutiah Chairunnisa NIM H0921057 izin bertanya. Kromosom itu memiliki berbagai varian bentuk, lalu apakah bentuk tersebut mempengaruhi kerja/fungsi dari masing-masing kromosom tersebut?


In reply to Mutiah Chairunnisa

Re: Kromosom

by Kusuma Mahatma Putri -
Picture of Biologi B
Permisi bu, saya Kusuma Mahatma Putri dengan NIM H0921041 izin menjawab pertanyaan dari Mutiah Chairunnisa. Dari sumber yang saya baca, variasi dari bentuk kromosom tidak mempengaruhi kerja atau fungsi dari kromosom tersebut. Kromosom akan kehilangan fungsinya apabila terjadi keabnormalan kromosom. Keabnormalan kromosom dapat terjadi apabila kromosom mengalami perubahan struktur akibat penyebab tertentu, misalnya radiasi atau terjadi masalah pada saat proses pembelahan meiosis.
In reply to Mutiah Chairunnisa

Re: Kromosom

by Nashwa Nasha Kamila -
Picture of Biologi B
Saya Nashwa Nasha Kamila dengan NIM H0921061 izin menjawab pertanyaan dari Tiah. Menurut saya, bentuk kromosom yang berbeda tidak mempengaruhi kerja/fungsi dari kromosom karena perbedaan bentuk krommosom disebabkan akrena letak sentromer pada yang berbeda-beda. Selama kromosom tersebut masih mempunyai seluruh bagian-bagiannya (strukturnya masih lengkap) meskipun berbeda beda bentuknya, kromosom tetap berfungsi sama dengan kromosom yang lain.