Konstruktivisme

Konstruktivisme, gerakan artistik dan arsitektur Rusia yang pertama kali dipengaruhi oleh Kubisme dan Futurisme dan umumnya dianggap telah dimulai pada tahun 1913 dengan "lukisan relief"—konstruksi geometris abstrak—dari Vladimir Tatlin. Pematung Rusia ekspatriat Antoine Pevsner dan Naum Gabo bergabung dengan Tatlin dan para pengikutnya di Moskow, dan setelah publikasi Manifesto Realis mereka yang ditulis bersama pada tahun 1920, mereka menjadi juru bicara gerakan tersebut. Dari manifesto itulah nama Constructivism diturunkan; salah satu arahan yang dikandungnya adalah "untuk membangun" seni. Karena kekaguman mereka terhadap mesin dan teknologi, fungsionalisme, dan bahan industri modern seperti plastik, baja, dan kaca, anggota gerakan juga disebut seniman-insinyur.

model skala Monumen Vladimir Tatlin untuk Internasional Ketiga
model skala Monumen Vladimir Tatlin untuk Internasional Ketiga
Model skala 1920 Monument to the Third International karya Vladimir Tatlin oleh Jeremy Dixon, tinggi 32,8 kaki (10 meter), 2011; ditampilkan di halaman Royal Academy London.

Tokoh penting lainnya yang terkait dengan Konstruktivisme adalah Alexander Rodchenko dan El Lissitzky. Oposisi Soviet terhadap radikalisme estetika konstruktivis menghasilkan dispersi kelompok. Tatlin dan Rodchenko tetap berada di Uni Soviet, tetapi Gabo dan Pevsner pergi pertama ke Jerman dan kemudian ke Paris, di mana mereka mempengaruhi kelompok Abstraksi-Creaation dengan teori Konstruktivis, dan kemudian pada 1930-an Gabo menyebarkan Konstruktivisme ke Inggris dan pada 1940-an ke Amerika Serikat. Kombinasi Lissitzky dari Constructivism dan Suprematism mempengaruhi seniman dan arsitek Stijl yang dia temui di Berlin, serta László Moholy-Nagy dari Hungaria, yang merupakan seorang profesor di Bauhaus. Di Dessau dan Chicago, di mana (karena campur tangan Nazi) Bauhaus Baru didirikan pada tahun 1937, Moholy-Nagy menyebarkan prinsip-prinsip Konstruktivis.

Vladimir Tatlin, (lahir 16 Desember [28 Desember Gaya Baru], 1885, KharkovKekaisaran Rusia [sekarang di Ukraina]—meninggal 31 Mei 1953, MoskowRusia, USSR), pelukis, pematung, dan arsitek Ukraina yang dikenang karena visionernya"Monumen untuk Internasional Ketiga" di Moskow, 1920.

Tatlin dididik di Akademi Seni Rupa Moskow, lulus pada tahun 1910. Akhir tahun 1913 ia pergi ke Paris, di mana ia mengunjungi Pablo Picasso, yang reliefnya di lembaran besi, kayu, dan kardus membuat kesan yang mendalam padanya. Kembali ke Moskow, Tatlin menciptakan konstruksi yang dia sebut "lukisan relief," yang dia pamerkan di pameran Futuris yang diadakan di Petrograd (sekarang St. Petersburg) pada bulan Februari 1915. Dia menjadi pemimpin sekelompok seniman Moskow yang mencoba menerapkan teknik teknik untuk konstruksi patung. Ini berkembang menjadi gerakan yang dikenal sebagai Konstruktivisme.

Jenis seni avant-garde ini berlanjut untuk periode singkat setelah Revolusi Rusia tahun 1917, selama waktu itu Tatlin menciptakan karyanya yang paling terkenal—"Monumen untuk Internasional Ketiga," yang merupakan salah satu bangunan pertama yang disusun sepenuhnya dalam istilah abstrak. Itu ditugaskan pada tahun 1919 oleh departemen seni rupa dan dipamerkan dalam bentuk model setinggi 22 kaki (6,7 meter) di pameran Kongres VIII Soviet pada bulan Desember 1920. Desain yang mencolok, itu terdiri dari kerangka besi spiral miring yang mendukung silinder kaca, kerucut kaca, dan kubus kaca, yang masing-masing dapat diputar dengan kecepatan yang berbeda. Interior monumen akan berisi aula untuk kuliah, konferensi, dan kegiatan lainnya. Monumen itu akan menjadi struktur tertinggi di dunia—tinggi lebih dari 1.300 kaki (396 meter)—tetapi tidak pernah dibangun karena ketidaksetujuan pemerintah Soviet terhadap seni nonfiguratif.

Sekitar tahun 1927 Tatlin mulai bereksperimen dengan glider yang menyerupai serangga raksasa. Glider, yang dia sebut Letatlin, tidak pernah terbang, tetapi itu menarik minatnya sepanjang hidupnya di kemudian hari. Setelah 1933 ia bekerja sebagian besar sebagai desainer panggung.

Antoine Pevsner, (lahir 18 Januari 1886, Oryol, Rusia—meninggal 12 April 1962, Paris, Prancis), pematung dan pelukis Prancis kelahiran Rusia yang—seperti saudaranya, Naum Gabo—memajukan gaya Konstruktivis.

Pevsner belajar seni di Rusia di Kiev dan St. Petersburg. Pada tahun 1911 dan 1913 ia mengunjungi Paris, di mana ia dipengaruhi oleh Kubisme; ia kemudian memperkenalkan teknik kubisme penyederhanaan geometris ke dalam lukisannya sendiri. Untuk menghindari melayani di tentara kekaisaran Rusia, pada tahun 1915 ia bergabung dengan saudaranya Naum Gabo di Oslo, Norwegia. Di sana mereka bereksperimen dengan seni yang "mampu memanfaatkan kekosongan dan membebaskan kita dari massa yang kompak." Gabo menciptakan konstruksi abstrak pertamanya, sementara Pevsner terus bekerja dengan pendekatan kubisme untuk lukisan representasional.

Saudara-saudara kembali ke Rusia setelah Revolusi Rusia tahun 1917, dan Pevsner menjadi profesor di sekolah seni rupa Moskow. Selama periode ini, lukisannya menjadi lebih geometris dan abstrak. Pada tahun 1920 saudara-saudara mengeluarkan "Manifesto Realistis" (ditulis oleh Gabo, dan ditandatangani bersama oleh Pevsner), di mana mereka menolak Kubisme dan Futurisme dan berpendapat bahwa seniman harus merangkul elemen ruang dan waktu dengan menggunakan massa yang dibangun (berlawanan dengan pahatan) dan ritme kinetik. Gabo menguraikan gaya yang mirip dengan Konstruktivisme Rusia Vladimir Tatlin, tetapi tanpa desakan gerakan itu bahwa seni menjadi fungsional. Saudara-saudara memposting manifesta di sekitar Moskow, dan itu berfungsi sebagai undangan untuk pameran bersama karya mereka. Terlepas dari pernyataan mereka bahwa seni harus dibangun dan abstrak, Pevsner terus mempertahankan elemen representasi dalam lukisannya.

Pada tahun 1923 Pevsner meninggalkan Rusia dan menetap di Paris, di mana ia mulai menghasilkan patung abstrak dalam mode Konstruktivis yang telah diuraikan Gabo dalam manifestonya tahun 1920. Dalam patung awalnya, seperti Gabo, dia menggunakan seng, kuningan, tembaga, seluloid, dan kayu, tetapi pada tahun 1930-an Pevsner mengembangkan pendekatan unik yang mengandalkan susunan paralel kawat perunggu yang disolder bersama untuk membentuk pelat. Dia kemudian bergabung dengan piring-piri ini untuk membuat bentuk yang rumit dan berbelit-belit menggunakan garis lurus dan melengkung. Pevsner menjadi warga negara Prancis pada tahun 1930, dan dia adalah salah satu pendiri Réalités Nouvelles pada tahun 1946, sebuah kelompok seniman pameran yang berbasis di Paris- yang menyukai abstraksi geometris.

Pevsner berhasil menanamkan gaya Konstruktivisme yang agak impersonal dengan perasaannya sendiri akan bentuk. Pada tahun 1956-57 ia dihormati dengan pameran retrospektif di Museum Nasional Seni Modern di Paris, dan pada tahun 1961 ia dianugerahi Legiun Kehormatan.

Naum Gabo, (lahir 5 Agustus 1890, Bryanansk, Rusia—meninggal 23 Agustus 1977, WaterburyConnecticut, AS), merintis pematung konstruktivis yang menggunakan bahan-bahan seperti kaca, plastik, dan logam dan menciptakan rasa gerakan spasial dalam karyanya.

Gabo belajar kedokteran dan ilmu alam, kemudian filsafat dan sejarah seni, di Universitas Munich di Jerman; dia juga mengambil kelas teknik di Universitas Teknik di Munich. Pada tahun 1913 ia berjalan dari Munich ke Florence dan Venesia, melihat banyak karya seni dan arsitektur di sepanjang jalan. Di awal hidupnya ia mengubah namanya menjadi Gabo untuk membedakan dirinya dari saudaranya Antoine Pevsner, seorang pelukis.

Saat mengunjungi Pevsner di Paris pada tahun 1913-14, Gabo bertemu dengan seniman Alexander Archipenko dan yang lainnya yang terlibat dengan avant-garde. Selama Perang Dunia I dia tinggal bersama Pevsner di Oslo, Norwegia. Di sana, Gabo menghasilkan patung figuratif pertamanya yang dipengaruhi Cubist, dicontohkan oleh Constructed Head No. 2 (1916), yang ia eksekusi dalam seluloid dan logam. Saudara-saudara juga mulai bereksperimen di sepanjang garis Konstruktivis yang ditetapkan oleh sesama Rusia Vladimir Tatlin. Patung konstruktivis seperti yang dipraktikkan oleh Tatlin memiliki implikasi politik yang pasti, tetapi Gabo lebih tertarik pada penggunaan teknologi modern dan bahan industri.

Kembali ke Rusia setelah Revolusi, Gabo dan Pevsner melihat kekuatan politik mengalihkan seni Rusia dari eksplorasi ke propaganda. Pada tahun 1920 kedua bersaudara mengeluarkan "Manifesto Realistis" Konstruktivisme, yang mereka posting dan distribusikan di jalan-jalan Moskow. Di dalamnya mereka menegaskan bahwa seni memiliki nilai dan fungsi independen dari negara, dan bahwa prinsip-prinsip geometris harus menjadi dasar untuk patung. Mereka menganjurkan penggunaan bahan transparan untuk menentukan volume ruang kosong alih-alih massa padat. Pada tahun 1920 Gabo memproduksi Kinetic Composition, sebuah patung yang digerakkan oleh motor yang menunjukkan prinsip-prinsipnya dengan menggabungkan unsur-unsur ruang dan waktu.

Gabo meninggalkan Rusia pada tahun 1922 dan tinggal selama 10 tahun di Berlin, di mana ia bekerja dengan László Moholy-Nagy dan seniman Bauhaus lainnya. Selama tahun 1920-an Gabo terus membuat konstruksi monumental dari kaca, logam, dan plastik. Pada tahun 1932 ia pergi ke Paris, di mana ia bergabung dengan kelompok Abstraksi-Création, sebuah asosiasi seniman yang menganjurkan abstraksi murni. Dia tinggal di Inggris dari tahun 1936 hingga 1946, mempromosikan Konstruktivisme di sana dengan mengedit Lingkaran manifesto kolektif pada tahun 1937 dengan pelukis abstrak Ben Nicholson. Kurva menggantikan sudut dalam konstruksi spasial baru Gabo yang terbuat dari kawat kencang dan benang plastik. Dia pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1946, dan pada tahun 1953-54 dia mengajar di Harvard Graduate School of Architecture. Selama tahun 1950-an Gabo menerima beberapa komisi untuk patung publik, hanya beberapa yang dia selesaikan, seperti monumen peringatan besar untuk toko Bijenkorfdepartment (1954, diresmikan pada tahun 1957) di RotterdamBelanda.

Aleksandr Mikhailovich Rodchenko, (lahir 23 November [5 Desember, Gaya Baru], 1891, St. Petersburg, Rusia—meninggal 3 Desember 1956, Moskow, Rusia), pelukis, pematung, desainer, dan fotografer Rusia yang merupakan pemimpin gerakan Konstruktivis yang berdedikasi.

Rodchenko belajar seni di Sekolah Seni Kazan di Odessa dari tahun 1910 hingga 1914 dan kemudian pergi ke Moskow untuk melanjutkan di Sekolah Seni Industri Imperial Central Stroganov (sekarang Universitas Seni dan Industri Negeri Stroganov Moskow). Pada tahun 1916 ia mulai tinggal bersama senimanVarvaraStepanova, yang telah ia temui di sekolah Kazan dan yang akan menjadi temannya baik dalam seni maupun dalam kehidupan. Pada tahun yang sama Rodchenko bertemu Vladimir Tatlin, yang mengundangnya untuk berpartisipasi dalam pameran seni Futuris "The Store." Rodchenko memasuki lingkaran artistik avant-garde Moskow radikal dan mulai mengambil bagian dalam kehidupan kreatif mereka yang intens.

Dari tahun 1918 hingga 1922 Rodchenko semakin bekerja dalam gaya Konstruktivis: gaya yang benar-benar abstrak, sangat geometris yang ia lukis dengan menggunakan penggaris dan kompas. Pada tahun 1918 Rodchenko mempersembahkan pertunjukan solo di Moskow. Tahun itu ia juga melukis serangkaian lukisan geometris black-on-black sebagai tanggapan atas lukisan White on White yang terkenal dari saingannyaKazimir Malevich. Semangat persaingan dengan generasi pelukis avant-garde yang lebih tua terbukti menjadi stimulus kreatif yang penting bagi Rodchenko. Sebagai kepala kelompok konstruktivis muda, dia terlibat dalam pertempuran sengit untuk "seni industri" atas lukisan kuda-kuda. Pertempuran dimenangkan oleh "seniman industri," di bidang teori (Rodchenko menggantikan Wassily Kandinsky sebagai direktur Institut Budaya Artistik) serta dalam pengajaran dan praktik seni. Pada tahun 1919 Rodchenko mulai membuat konstruksi tiga dimensi dari kayu, logam, dan bahan lainnya, sekali lagi dengan menggunakan bentuk geometris dalam komposisi dinamis; beberapa patung gantung itu, pada dasarnya, adalah ponsel.

Pada tahun 1920-an ia mengambil bentuk seni lainnya, di antaranya fotografi; desain furnitur; desain panggung dan gambar bergerak; dan desain posterbuku, dan tipografi. Dia berkolaborasi dengan penyair Vladimir Mayakovsky pada sejumlah proyek, termasuk buku Mayakovsky Pro eto (1923; "About This"; Eng. trans. That's What), di mana Rodchenko mendesain buku dan membuat montase foto yang menyertainya. Selama tahun 1927 dan 1928 Rodchenko merancang semua 24 sampul untuk seni avant-garde dan publikasi politik kiri Novy LEF ("LEF Baru").

Terpinggirkan sejauh menyangkut seni resmi Soviet—Realisme Sosialis—, Rodchenko memusatkan semua inovasi dan kreativitasnya pada fotografi dan membentuk dengan gayanya yang berbeda catatan fotografi industrialisasi Soviet dan propaganda fotografi. Dia menciptakan gambar berbeda yang menampilkan sudut yang tidak biasa—seringkali miring—dan menunjukkan pengaruh geometris dari latar belakang Konstruktivisnya. Foto-foto seninya dipamerkan, dan karya jurnalis fotonya diterbitkan secara luas selama akhir 1920-an dan awal 30-an. Dia juga mengajar seni dan desain mulai tahun 1920.

Dia kembali melukis pada akhir 1930-an dan menciptakan karya Ekspresionis Abstrak pada 1940-an. Dimulai dengan pengangkatannya pada tahun 1920 dan sepanjang dekade berikutnya, ia juga menjabat sebagai direktur Biro Museum dan Dana Pembelian pemerintah Bolshevik, di mana ia membantu mendirikan museum seni publik di seluruh provinsi Rusia dengan koleksi karya modern dan kontemporer.

El Lissitzky, (lahir 11 November [November 23, Gaya Baru], 1890, Pochinok, dekat Smolensk, Rusia—meninggal 30 Desember 1941, Moskow), pelukis, tipografer, dan desainer Rusia, pelopor seni nonrepresentasional di awal abad ke-20. Inovasinya dalam tipografiperiklanan, dan desain pameran sangat berpengaruh.

Lissitzky menerima pelatihan seni awalnya di Vitebsk (sekarang Vitsyebsk, Belarus), sebuah kota yang akan memainkan peran utama dalam pengembangan avant-garde Rusia. Pada tahun 1903 ia belajar di sekolah seni Yehuda (Yury) Pen, tetapi ia segera berangkat ke Jerman, tidak puas dengan suasana provinsi Vitebsk. Begitu berada di Jerman, ia mendaftar di departemen arsitektur di Technische Hochschule di Darmstadt, di mana ia belajar dari tahun 1909 hingga 1914. Selama periode ini ia juga melakukan perjalanan ke Prancis, Italia, dan Belgia. Ketika Perang Dunia I pecah, dia kembali ke Rusia, menetap di Moskow, dan belajar dari tahun 1915 hingga 1916 di Institut Politeknik Riga (Latvia) (sekarang Universitas Teknik Riga), yang telah dievakuasi ke Moskow. Lissitzky mengambil gelar di bidang teknik dan arsitektur dan mulai bekerja sebagai juru gambar di kantor arsitek.

Minat artistik Lissitzky pada saat itu secara eksklusif berpusat pada tema dan budaya Yahudi. Dia mengambil bagian dalam ekspedisi etnografi Semyon Ansky yang menyelidiki monumen budaya Yahudi di Pale of Settlement, buku-buku Yiddish bergambar (seperti Moyshe Broderzon's Sikhes Khulin [1917; "Profane, or Idle, Chatter"] dan Khad gadye [1919; "One Kid"], lagu seder Paskah yang populer). Ilustrasi untuk buku-buku ini menunjukkan pengaruh Cubo-Futurism, cabang Rusia dari Futurisme Eropa, dan lubki (murah, cetakan populer berwarna tangan).

Pada tahun 1919 Marc Chagall, yang pada saat itu adalah direktur Sekolah Seni Rakyat revolusioner di Vitebsk, mengundang Lissitzky untuk mengajar arsitektur dan grafis di sana. Ketika Kazimir Malevich—seorang pelukis dan pendiri gerakan yang dia sebut Suprematisme, yang menganjurkan supremasi bentuk geometris murni atas representasi—juga mulai mengajar di sana, Chagall dan dia jatuh, dan Chagall pergi, sementara Malevich mengambil alih jabatan direktur. Lissitzky tetap di Vitebsk dan menjadi salah satu siswa dan pengikut utama Malevich.

Sampul El Lissitzky
Sampul El Lissitzky
Sampul katalog oleh El Lissitzky, dengan gaya asimetris Bauhaus.

Ini memicu periode baru yang radikal dalam seni Lissitzky. Dia mulai bekerja dengan nama El Lissitzky dan meninggalkan seni figuratif untuk Suprematisme. Dia membuat desain Suprematist untuk perayaan ulang tahun dua tahun Komite Vitebsk untuk Memerangi Pengangguran, dan dia juga merancang serangkaian poster propaganda, yang paling terkenal adalah Beat the Whites with the Red Wedge (1919–20). Selama periode ini Lissitzky mulai mengerjakan serangkaian lukisan geometris abstrak, yang masing-masing disebut prounakronimnya untuk proyekt utverzhdeniya novogo ("proyek untuk penegasan yang baru"). Karya-karya proun pertama kali ditampilkan di pameran Suprematistcollective Unovis (Utverditeli Novogo Iskusstva, "Affirmers of New Art"). Mereka menggabungkan minat Lissitzky dalam seni grafis, bentuk arsitektur, fotografi, lukisan, dan jenis formal lainnya menjadi seni yang unik dan dinamis. Mereka juga mengisyaratkan pelukan Lissitzky terhadap Konstruktivisme, yang berusaha menggunakan seni abstrak untuk mengekspresikan nilai-nilai sosial yang progresif dan untuk mendorong transformasi masyarakat. Pada musim gugur 1921 Lissitzky menjadi profesor di sekolah seni negeri di Moskow, tetapi ia berangkat ke Berlin pada bulan Desember untuk menjalin kontak budaya dengan seniman Jerman.

Periode Lissitzky di luar negeri (1921-25) sangat kreatif. Dia berpartisipasi dalam produksi serangkaian majalah seni, menerbitkan sejumlah buku, termasuk Suprematichesky skaz pro dva kvadrata v 6-ti postroykakh (1922;Tentang Dua Kotak: Dalam 6 Konstruksi: Kisah Suprematist) dan (dengan Jean Arp) tiga bahasa Die Kunstismen—Les Ismes de l'art—The Isms of Art (1925), dan menjadi anggota kelompok Belanda terkenal De Stijl. Dia juga bertemu dengan seniman-desainer László Moholy-Nagy, yang membantu mengirimkan ide-ide Lissitzky tentang seni ke Eropa barat dan Amerika Serikat melalui pengajarannya di Bauhaus. Sejak saat itu, fotografi bergabung dengan seni grafis sebagai salah satu alat utama Lissitzky. Dengan seringnya perjalanan dan kontak dengan seniman lain, Lissitzky menjadi tokoh transformasional, mencampurkan seni inovatif Eropa dan Rusia dan memajukan pertukaran bentuk dan ide eksperimental.

Pada tahun 1925 Lissitzky kembali ke Moskow. Antara 1925 dan 1928 ia ikut mendirikan sejumlah majalah yang menyebarkan kecenderungan artistik paling progresif di tahun 1920-an. Dia terus menjadi kekuatan inovatif dalam desain buku dan pameran. Dia menciptakan paviliun Soviet untuk sejumlah eksposisi internasional, dan dia berkolaborasi dengan Aleksandr Rodchenko dan seniman avant-garde lainnya di majalah propaganda luar biasa SSSR na stroyke (1930–41; Uni Soviet dalam Konstruksi). Terlepas dari kesehatannya yang buruk dan penolakan yang semakin keras terhadap estetika Modernis oleh pendirian Stalinis, Lissitzky bertahan dalam upaya artistiknya. Dia meninggal karena tuberkulosis sekitar enam bulan setelah invasi Hitler ke Rusia.

Sumber : 

https://www.britannica.com/art/Constructivism-art