Memahami Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah seni memotivasi sekelompok orang untuk bertindak untuk mencapai tujuan bersama  . Dalam pengaturan bisnis, ini bisa berarti mengarahkan pekerja dan kolega dengan strategi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Apa Itu Kepemimpinan?

Kepemimpinan menangkap esensi dari kemampuan dan kesiapan untuk menginspirasi orang lain. Kepemimpinan yang efektif didasarkan pada gagasan — baik orisinal maupun pinjaman — yang dikomunikasikan secara efektif kepada orang lain dengan cara yang cukup melibatkan mereka untuk bertindak sesuai keinginan pemimpin.

Seorang pemimpin menginspirasi orang lain untuk bertindak sekaligus mengarahkan cara mereka bertindak. Mereka harus cukup menarik bagi orang lain untuk mengikuti perintah mereka, dan mereka harus memiliki keterampilan berpikir kritis untuk mengetahui cara terbaik menggunakan sumber daya yang ada di organisasi.

Bagaimana Kepemimpinan Bekerja?

Dalam bisnis, kepemimpinan dikaitkan dengan kinerja, dan definisi kepemimpinan apa pun harus memperhitungkannya. Oleh karena itu, meskipun kepemimpinan tidak secara intrinsik terkait dengan keuntungan, mereka yang dipandang sebagai pemimpin yang efektif dalam konteks perusahaan adalah orang-orang yang meningkatkan laba perusahaan.

Jika seorang individu dalam peran kepemimpinan tidak memenuhi ekspektasi keuntungan yang ditetapkan oleh dewan, manajemen yang lebih tinggi, atau pemegang saham, mereka dapat diberhentikan.

Meskipun ada orang yang secara alami diberkahi dengan lebih banyak kemampuan kepemimpinan daripada yang lain,  setiap orang dapat belajar menjadi seorang pemimpin dengan meningkatkan keterampilan tertentu. Sejarah penuh dengan orang-orang yang, meskipun tidak memiliki pengalaman kepemimpinan sebelumnya, telah melangkah ke depan dalam krisis dan membujuk orang lain untuk mengikuti tindakan yang mereka sarankan. Mereka memiliki sifat dan kualitas yang membantu mereka melangkah ke peran kepemimpinan.

Kepemimpinan vs. Manajemen

Kepemimpinan vs. Manajemen
KepemimpinanPengelolaan
Mungkin atau mungkin bukan seorang manajerMungkin atau mungkin tidak menjadi pemimpin
Harus menginspirasi pengikutMungkin atau mungkin tidak menginspirasi orang-orang di bawah mereka
Menekankan inovasiMenekankan rasionalitas dan kontrol
Mungkin tidak peduli dengan pelestarian struktur yang adaBerusaha untuk bekerja di dalam dan melestarikan struktur perusahaan yang ada
Biasanya beroperasi dengan kemandirian relatifBiasanya tautan dalam rantai komando perusahaan
Mungkin kurang peduli dengan masalah interpersonalMungkin lebih mementingkan masalah interpersonal

Istilah kepemimpinan dan manajemen cenderung digunakan secara bergantian, tetapi keduanya tidak sama. Kepemimpinan membutuhkan sifat yang melampaui tugas manajemen. Baik pemimpin maupun manajer harus mengelola sumber daya yang mereka miliki, tetapi kepemimpinan sejati membutuhkan lebih banyak. Misalnya, manajer mungkin atau mungkin tidak digambarkan sebagai inspirasi oleh orang-orang yang bekerja di bawah mereka, tetapi seorang pemimpin harus menginspirasi mereka yang mengikutinya.

Konsep yang disebutkan di sini adalah umum dan tidak membahas setiap jenis pemimpin atau manajer. Banyak manajer adalah pemimpin dan sebaliknya — tetapi tidak semuanya.

Perbedaan lain antara pemimpin dan manajer adalah bahwa para pemimpin menekankan inovasi di atas segalanya. Sementara seorang manajer berusaha untuk menginspirasi timnya untuk memenuhi tujuan sambil mengikuti aturan perusahaan, seorang pemimpin mungkin lebih peduli dengan menetapkan dan mencapai tujuan yang luhur — bahkan dengan mengorbankan struktur perusahaan yang ada. Ketika seorang pekerja memiliki ide baru yang radikal tentang bagaimana menangani suatu masalah, seorang pemimpin cenderung mendorong orang tersebut untuk mengejar ide tersebut.

Manajer mungkin lebih cenderung mempertahankan struktur yang ada karena mereka sendiri beroperasi dalam struktur itu. Mereka mungkin memiliki atasan di atas mereka, sehingga mereka memiliki lebih sedikit kebebasan untuk melanggar peraturan dalam mengejar tujuan yang luhur. Pemimpin, di sisi lain, sering beroperasi secara mandiri. Itu memungkinkan mereka untuk mentolerir kekacauan yang lebih besar, selama mereka percaya itu akan sepadan pada akhirnya.

Namun, pengabdian pemimpin pada inovasi terkadang memiliki konsekuensi. Kekacauan dan lingkungan kerja bertekanan tinggi dapat menciptakan masalah interpersonal. Ketika masalah seperti itu muncul, seorang manajer lebih cenderung melihatnya sebagai tugas mereka untuk memuluskan masalah di antara karyawan. Para pemimpin terkadang bisa begitu terfokus pada pencapaian tujuan yang luhur sehingga mereka membiarkan masalah interpersonal dan kesejahteraan karyawan jatuh ke pinggir jalan.

  • Kepemimpinan adalah seni memotivasi sekelompok orang untuk bertindak untuk mencapai tujuan bersama.
  • Organisasi mengacu pada personel tingkat atas dalam struktur manajemen mereka sebagai kepemimpinan.
  • Untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam bisnis, Anda harus memiliki sifat yang melampaui tugas manajemen.
  • Keterampilan kepemimpinan dapat dipelajari dan pemimpin dapat berkembang.
  • Seseorang dapat dirujuk secara bergantian sebagai "pemimpin" dan "manajer", meskipun kedua istilah tersebut tidak selalu sama.

Sumber : 

Definisi & Contoh Kepemimpinan