MANUSIA DAN HISTORISITASNYA MENURUT MARTIN HEIDEGGER

MANUSIA DAN HISTORISITASNYA

MENURUT MARTIN HEIDEGGER

Oleh: Sindung Tjahyadi1

Abstract

Heidegger viewed “freedom” and “transcendence”

(retrospective consciousness) as the element that determines “the

way of human existence” and also the human understanding of

“history” radically. Philosophy of history is the main point of

Heidegger’s philosophy. It is showed by his most fundamental

concept of “temporality”. Heidegger so far developed the basic

characteristic of relationship of “Being” (reality) and “time”

(horizon) as a dialectical relationship. Because of his “poetic” 

nuance, Heidegger often makes someone confused for his called for 

“Being” as a “person”, e.g., it as “the giver of blessing”. 

Heidegger brings to the “true” understanding that all philosophical 

inquiries start and end in the understanding of human being. 

Keywords: the way of being, being, history, human being 

A. Pendahuluan

Martin Heidegger lahir pada tanggal 26 September 1889 di

sebuah kota kecil Messkirch (Bertens, 1981: 141). Keluarganya

merupakan keluarga sederhana, dan ayahnya bekerja sebagai koster 

pada Gereja Katolik Santo Martinus di kota kecil tersebut. Ia 

menjalani sekolah menengah di Konstanz dan Freiburg im

Breisgrau. Pada tahun 1909 ia masuk Fakultas Teologi di

Universitas Freiburg, walau tidak bertahan lama. Setelah empat

semester ia beralih perhatian dan mengarahkan diri kepada studi

filsafat dan mengikuti kuliah tentang ilmu alam dan ilmu

kemanusiaan.

Heidegger memperoleh gelar "doktor filsafat" pada tahun

1913 dengan desertasi tentang "Die Lehre vom Urteil im

Psycologismus" (Ajaran tentang Putusan dalam Psikologisme). Dua

tahun kemudian, ia mempertahankan "Habilitationsschrift"-nya 

yang berjudul "Die Kategorein und Bedeutungslehere des Duns 

Scotus" (Ajaran Duns Scotus tentang Kategori dan Makna), yang

 

1 Dosen Fakultas Filsafat UGM.