MANUSIA DAN HISTORISITASNYA MENURUT MARTIN HEIDEGGER
MANUSIA DAN HISTORISITASNYA
MENURUT MARTIN HEIDEGGER
Oleh: Sindung Tjahyadi1
Abstract
Heidegger viewed “freedom” and “transcendence”
(retrospective consciousness) as the element that determines “the
way of human existence” and also the human understanding of
“history” radically. Philosophy of history is the main point of
Heidegger’s philosophy. It is showed by his most fundamental
concept of “temporality”. Heidegger so far developed the basic
characteristic of relationship of “Being” (reality) and “time”
(horizon) as a dialectical relationship. Because of his “poetic”
nuance, Heidegger often makes someone confused for his called for
“Being” as a “person”, e.g., it as “the giver of blessing”.
Heidegger brings to the “true” understanding that all philosophical
inquiries start and end in the understanding of human being.
Keywords: the way of being, being, history, human being
A. Pendahuluan
Martin Heidegger lahir pada tanggal 26 September 1889 di
sebuah kota kecil Messkirch (Bertens, 1981: 141). Keluarganya
merupakan keluarga sederhana, dan ayahnya bekerja sebagai koster
pada Gereja Katolik Santo Martinus di kota kecil tersebut. Ia
menjalani sekolah menengah di Konstanz dan Freiburg im
Breisgrau. Pada tahun 1909 ia masuk Fakultas Teologi di
Universitas Freiburg, walau tidak bertahan lama. Setelah empat
semester ia beralih perhatian dan mengarahkan diri kepada studi
filsafat dan mengikuti kuliah tentang ilmu alam dan ilmu
kemanusiaan.
Heidegger memperoleh gelar "doktor filsafat" pada tahun
1913 dengan desertasi tentang "Die Lehre vom Urteil im
Psycologismus" (Ajaran tentang Putusan dalam Psikologisme). Dua
tahun kemudian, ia mempertahankan "Habilitationsschrift"-nya
yang berjudul "Die Kategorein und Bedeutungslehere des Duns
Scotus" (Ajaran Duns Scotus tentang Kategori dan Makna), yang
1 Dosen Fakultas Filsafat UGM.
- 16 November 2021, 6:15 PM