Kuis 1.

1.      Suatu industri  memisahkan campuran a dan b menggunakan distilasi. Umpan menara distilasi 1 berisi 50% A dan 50% B (% berat). Diinginkan distilat (hasil atas) menara distilasi 1 berisi 90% A.  Sedangkan bottom (hasil bawah menara distilasi) 1 ini dicampur dengan fluida yang berisi 30% A dan 70% B.   Campuran tersebut diumpankan ke manara distilasi 2, sehingga diperoleh distilat berisi 60% B.  Jika kecepatan umpan distilasi 1 adalah 100kg/j, distilat menara distilasi 1 adalah 49 kg/j, fluida yang dicampur dengan botom distilasi 1 adalah 30 kg/j, serta distilat menara distilasi 2 adalah 30 kg/j, tentukan semua kecepatan arus dan komposisi arus lainnya.

 

2. Adhesive cair, yang digunakan untuk merekatkan papan berlaminasi, terdiri atas campuran polimer dan pelarutnya.  Pemasok adhesive mendapat pesanan berupa 3000 kg adhesive yang berisi 13% polimer (%berat).  Pemasok memiliki stok :

- 500 kg adhesive 10%.

- Larutan 20% adhesive yang sangat melimpah.

- Pelarut murni.

      jika pemasok ingin menggunakan semua stok yang ada, tentukan kebutuhan masing-masing larutan ( adhesive 10% digunakan semua).

 

3.  Pemekatan larutan gula di suatu pabrik gula dijalankan dalam 2 langkah. Pertama, larutan gula 10% diumpankan ke evaporator 1 yang menghasilkan larutan gula 18%.  Larutan hasil evaporator 1 ini diumpankan ke evaporator 2 sehingga dihasilkan larutan gula 50%. Tentukan :

a.      Laju air yang teruapkan dari masing-masing evaporator.

b.      Laju larutan yang diumpankan ke evaporator 2.

c.      Laju produk yang dihasilkan.