Michelangelo

Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni ( Italia:  [mikelandʒelo di lodoviːko ˌbwɔnarrɔːti Simoni] ; 6 Maret 1475 - 18 Februari 1564), dikenal hanya sebagai Michelangelo ( bahasa Inggris: ˌ aɪ əl æ dʒ ə  , ˌ ɪ k -/ [1] ), adalah seorang pematung, pelukis, arsitek, dan penyair Italia dari Renaisans Tinggi yang lahir di Republik Florence , yang memberikan pengaruh yang tak tertandingi pada perkembangan seni Barat. Keserbagunaan artistiknya sangat tinggi sehingga ia sering dianggap sebagai penantang gelar pria Renaisans yang tipikal , bersama dengan saingannya dan sezamannya, Leonardo da Vinci . [2] Beberapa sarjana telah menggambarkan Michelangelo sebagai seniman terbesar seusianya dan bahkan sebagai seniman terbesar sepanjang masa. [3] [4]

Sejumlah karya seni lukis , patung, dan arsitektur Michelangelo termasuk yang paling terkenal. [2] Outputnya di bidang ini luar biasa; mengingat banyaknya korespondensi, sketsa, dan kenang-kenangan yang masih ada, dia adalah seniman terbaik abad ke-16 yang terdokumentasi. Dia memahat dua karyanya yang paling terkenal, Pietà dan David , sebelum usia tiga puluh tahun. Meskipun berpendapat rendah tentang lukisan, ia juga menciptakan dua lukisan dinding paling berpengaruh dalam sejarah seni Barat: adegan dari Kejadian di langit - langit Kapel Sistine di Roma, dan Penghakiman Terakhir di dinding altarnya. Desain nyaPerpustakaan Laurentian memelopori arsitektur Mannerist . [5] Pada usia 74, ia menggantikan Antonio da Sangallo Muda sebagai arsitek Basilika Santo Petrus . Dia mengubah rencananya sehingga ujung barat selesai dengan desainnya, seperti kubahnya, dengan beberapa modifikasi, setelah kematiannya.

Michelangelo adalah seniman Barat pertama yang biografinya diterbitkan saat dia masih hidup. [2] Faktanya, dua biografi diterbitkan selama masa hidupnya. Salah satunya, oleh Giorgio Vasari , mengusulkan agar karya Michelangelo melampaui karya seniman mana pun yang hidup atau mati, dan "tertinggi bukan hanya dalam satu seni saja tetapi dalam ketiganya". [6]

Dalam masa hidupnya, Michelangelo sering disebut Il Divino ("yang ilahi"). [7] sezaman-Nya sering dikagumi nya terribilità kemampuan -Tinjauan untuk menanamkan rasa kagum. Upaya seniman berikutnya untuk meniru gaya [8] Michelangelo yang sangat pribadi menghasilkan Mannerisme , gerakan besar berikutnya dalam seni Barat setelah High Renaissance.

Kehidupan awal, 1475–1488

Michelangelo lahir pada 6 Maret 1475 [a] di Caprese , yang sekarang dikenal sebagai Caprese Michelangelo, sebuah kota kecil yang terletak di Valtiberina, [9] dekat Arezzo , Tuscany . [10] Selama beberapa generasi, keluarganya menjadi bankir skala kecil di Florence ; tetapi bank itu gagal, dan ayahnya, Ludovico di Leonardo Buonarroti Simoni, sempat menduduki jabatan pemerintah di Caprese, tempat lahirnya Michelangelo. [2] Pada saat kelahiran Michelangelo, ayahnya adalah administrator yudisial kota dan podestà atau administrator lokal Chiusi della Verna. Ibu Michelangelo adalah Francesca di Neri del Miniato di Siena. [11] Buonarrotis mengklaim sebagai keturunan dari Countess Mathilde dari Canossa —sebuah klaim yang masih belum terbukti, tetapi diyakini oleh Michelangelo. [12]

Beberapa bulan setelah kelahiran Michelangelo, keluarganya kembali ke Florence, tempat ia dibesarkan. Selama ibunya sakit berkepanjangan, dan setelah kematiannya pada tahun 1481 (ketika dia berusia enam tahun), Michelangelo tinggal bersama seorang pengasuh dan suaminya, seorang pemotong batu, di kota Settignano , di mana ayahnya memiliki sebuah tambang marmer dan sebuah tanah pertanian. [11] Di sana ia mendapatkan cintanya pada marmer. Seperti kutipan Giorgio Vasari :

Jika ada kebaikan dalam diri saya, itu karena saya lahir di atmosfer halus negara Arezzo Anda. Seiring dengan susu perawat saya, saya menerima keahlian menangani pahat dan palu, yang dengannya saya membuat gambar saya. [10]

Magang, 1488-1492

The Madonna dari Tangga (1490-1492), pekerjaan awal dikenal Michelangelo di marmer

Sebagai seorang anak muda, Michelangelo dikirim ke Florence untuk belajar tata bahasa di bawah Humanis Francesco da Urbino. [10] [13] [b] Namun, ia tidak menunjukkan minat pada sekolahnya, lebih memilih untuk menyalin lukisan dari gereja dan mencari perusahaan pelukis lain. [13]

Kota Florence pada waktu itu adalah pusat seni dan pembelajaran terbesar di Italia. [14] Seni disponsori oleh Signoria (dewan kota), serikat pedagang, dan pelindung kaya seperti Medici dan rekan perbankan mereka. [15] The Renaissance , pembaruan Klasik beasiswa dan seni, memiliki berbunga pertama di Florence. [14] Pada awal abad ke-15, arsitek Filippo Brunelleschi , setelah mempelajari sisa-sisa bangunan Klasik di Roma, telah menciptakan dua gereja, San Lorenzo's dan Santo Spirito , yang mewujudkan ajaran Klasik. [16] PematungLorenzo Ghiberti telah bekerja selama lima puluh tahun untuk menciptakan pintu perunggu Baptistry , yang digambarkan Michelangelo sebagai "Gerbang Surga". [17] Relung eksterior Gereja Orsanmichele berisi galeri karya pematung Florence yang paling terkenal: Donatello , Ghiberti, Andrea del Verrocchio , dan Nanni di Banco . [15] Interior gereja-gereja tua ditutupi dengan lukisan dinding (kebanyakan di Abad Pertengahan Akhir, tetapi juga dalam gaya Renaisans Awal), dimulai oleh Giotto dan dilanjutkan oleh Masaccio di Kapel Brancacci, keduanya karya Michelangelo dipelajari dan disalin dalam gambar. [18]

Selama masa kecil Michelangelo, sebuah tim pelukis telah dipanggil dari Florence ke Vatikan untuk menghiasi dinding Kapel Sistina . Di antaranya adalah Domenico Ghirlandaio , seorang master lukisan fresco, perspektif, gambar figur dan potret yang memiliki bengkel terbesar di Florence. [15] Pada 1488, pada usia 13, Michelangelo magang ke Ghirlandaio. [19] Tahun berikutnya, ayahnya membujuk Ghirlandaio untuk membayar Michelangelo sebagai seorang seniman, yang langka untuk seseorang dari empat belas. [20] Ketika pada tahun 1489, Lorenzo de' Medici , penguasa de facto Florence, meminta Ghirlandaio untuk dua murid terbaiknya, Ghirlandaio mengirim Michelangelo dan Francesco Granacci .[21]

Dari 1490 hingga 1492, Michelangelo menghadiri Akademi Platonis , sebuah akademi Humanis yang didirikan oleh Medici. Di sana, karya dan pandangannya dipengaruhi oleh banyak filsuf dan penulis paling terkemuka saat itu, termasuk Marsilio Ficino , Pico della Mirandola, dan Poliziano . [22] Pada saat ini, Michelangelo memahat relief Madonna of the Steps (1490–1492) dan Battle of the Centaur (1491–1492), [18] yang terakhir berdasarkan tema yang disarankan oleh Poliziano dan ditugaskan oleh Lorenzo de' Medici . [23] Michelangelo bekerja untuk sementara waktu dengan pematung Bertoldo di Giovanni. Ketika dia berusia tujuh belas tahun, murid lain, Pietro Torrigiano , memukul hidungnya, menyebabkan cacat yang mencolok dalam potret Michelangelo. [24]

Bologna, Florence dan Roma, 1492–1499

Piet , Basilika Santo Petrus (1498–99)

Kematian Lorenzo de' Medici pada 8 April 1492 membawa pembalikan keadaan Michelangelo. [25] Michelangelo meninggalkan keamanan istana Medici dan kembali ke rumah ayahnya. Pada bulan-bulan berikutnya ia mengukir Salib kayu polikrom (1493), sebagai hadiah kepada pemimpin gereja Santo Spirito di Florentine, yang memungkinkannya untuk melakukan beberapa studi anatomi mayat dari rumah sakit gereja. [26] Ini adalah yang pertama dari beberapa contoh selama karirnya bahwa Michelangelo belajar anatomi dengan membedah mayat. [27] [28]

Antara 1493 dan 1494 ia membeli sebongkah marmer, dan mengukir patung Hercules yang lebih besar dari aslinya , yang dikirim ke Prancis dan kemudian menghilang sekitar abad ke-18. [23] [c] Pada tanggal 20 Januari 1494, setelah hujan salju lebat, pewaris Lorenzo, Piero de Medici , menugaskan patung salju, dan Michelangelo kembali memasuki istana Medici. [29]

Pada tahun yang sama, Medici diusir dari Florence sebagai akibat dari kebangkitan Savonarola . Michelangelo meninggalkan kota sebelum akhir pergolakan politik, pindah ke Venesia dan kemudian ke Bologna . [25] Di Bologna, ia ditugaskan untuk mengukir beberapa figur kecil terakhir untuk penyelesaian Kuil St. Dominikus , di gereja yang didedikasikan untuk santo itu. Saat ini Michelangelo mempelajari relief kokoh yang diukir oleh Jacopo della Quercia di sekitar portal utama Basilika St Petronius , termasuk panel The Creation of Eve , yang komposisinya akan muncul kembali di langit-langit Kapel Sistina.[30] Menjelang akhir tahun 1495, situasi politik di Florence lebih tenang; kota, yang sebelumnya di bawah ancaman Prancis, tidak lagi dalam bahaya karena Charles VIII telah menderita kekalahan. Michelangelo kembali ke Florence tetapi tidak menerima komisi dari pemerintah kota baru di bawah Savonarola. [31] Dia kembali bekerja di Medici. [32] Selama setengah tahun yang dia habiskan di Florence, dia mengerjakan dua patung kecil, seorang anak St. John the Baptist dan Cupid yang sedang tidur . Menurut Condivi, Lorenzo di Pierfrancesco de' Medici , untuk siapa Michelangelo telah memahat St. John the Baptist, meminta Michelangelo "memperbaikinya sehingga tampak seolah-olah telah dikubur" sehingga dia dapat "mengirimnya ke Roma ... menyebarkannya sebagai] sebuah karya kuno dan ... menjualnya jauh lebih baik." Baik Lorenzo dan Michelangelo tanpa disadari ditipu oleh seorang perantara. Kardinal Raffaele Riario , kepada siapa Lorenzo telah menjualnya, menemukan bahwa itu adalah penipuan, tetapi sangat terkesan dengan kualitas patung itu sehingga dia mengundang seniman itu ke Roma. [33] [d] Keberhasilan nyata dalam menjual patungnya ke luar negeri serta situasi Florentine yang konservatif mungkin telah mendorong Michelangelo untuk menerima undangan prelatus itu. [32] Michelangelo tiba di Roma pada 25 Juni 1496 [34]pada usia 21 tahun. Pada tanggal 4 Juli di tahun yang sama, ia mulai mengerjakan sebuah komisi untuk Kardinal Riario, sebuah patung dewa anggur Romawi Bacchus yang berukuran lebih besar . Setelah selesai, pekerjaan itu ditolak oleh kardinal, dan kemudian dimasukkan ke dalam koleksi bankir Jacopo Galli, untuk kebunnya.

Pada November 1497, duta besar Prancis untuk Tahta Suci, Kardinal Jean de Bilhères-Lagraulas , menugaskannya untuk mengukir Pietà , sebuah patung yang menunjukkan Perawan Maria berduka atas tubuh Yesus. Subjek, yang bukan merupakan bagian dari narasi Alkitab tentang Penyaliban, adalah umum dalam patung religius Abad Pertengahan Eropa Utara dan akan sangat akrab dengan Kardinal. [35] Kontrak tersebut disepakati pada bulan Agustus tahun berikutnya. Michelangelo berusia 24 tahun pada saat penyelesaiannya. [35]Itu segera dianggap sebagai salah satu mahakarya seni pahat terbesar di dunia, "pengungkapan semua potensi dan kekuatan seni patung". Pendapat kontemporer diringkas oleh Vasari: "Tentu saja merupakan keajaiban bahwa sebongkah batu tak berbentuk dapat direduksi menjadi kesempurnaan yang hampir tidak dapat diciptakan oleh alam dalam daging." [36] Sekarang terletak di Basilika Santo Petrus .

Firenze, 1499–1505

Artikel utama: David (Michelangelo)
The Patung Daud , diselesaikan oleh Michelangelo pada 1504, adalah salah satu karya yang paling terkenal dari Renaissance.

Michelangelo kembali ke Florence pada 1499. Republik berubah setelah jatuhnya pemimpinnya, pendeta anti-Renaisans Girolamo Savonarola , yang dieksekusi pada 1498, dan kebangkitan gonfaloniere Piero Soderini . Michelangelo diminta oleh konsul Guild of Wool untuk menyelesaikan proyek yang belum selesai yang dimulai 40 tahun sebelumnya oleh Agostino di Duccio : patung marmer Carrara raksasa yang menggambarkan David sebagai simbol kebebasan Florentine untuk ditempatkan di atap pelana Katedral Florence . [37] Michelangelo menanggapi dengan menyelesaikan karyanya yang paling terkenal, patung David, pada tahun 1504. Karya agung itu secara definitif mengukuhkan keunggulannya sebagai pematung dengan keterampilan teknis yang luar biasa dan kekuatan imajinasi simbolis. Sebuah tim konsultan, termasuk Botticelli , Leonardo da Vinci , Filippino Lippi , Pietro Perugino , Lorenzo di Credi , Antonio dan Giuliano da Sangallo , Andrea della Robbia , Cosimo Rosselli , Davide Ghirlandaio , Piero di Cosimo , Andrea Sansovino dan teman baik Michelangelo Francesco Granacci, dipanggil bersama untuk memutuskan penempatannya, akhirnya Piazza della Signoria, di depan Palazzo Vecchio . Sekarang berdiri di Academia sementara replika menempati tempatnya di alun-alun. [38] Pada periode yang sama menempatkan David , Michelangelo mungkin telah terlibat dalam pembuatan profil pahatan pada fasad Palazzo Vecchio yang dikenal sebagai Importuno di Michelangelo . Hipotesis [39] tentang kemungkinan keterlibatan Michelangelo dalam pembuatan profil didasarkan pada kemiripan yang kuat dari yang terakhir dengan profil yang digambar oleh seniman, yang berasal dari awal abad ke-16, sekarang disimpan di Louvre .[40]

Dengan selesainya Daud datanglah tugas lain. Pada awal 1504 Leonardo da Vinci telah ditugaskan untuk melukis Pertempuran Anghiari di ruang dewan Palazzo Vecchio, menggambarkan pertempuran antara Florence dan Milan pada 1440. Michelangelo kemudian ditugaskan untuk melukis Pertempuran Cascina . Kedua lukisan itu sangat berbeda: Leonardo menggambarkan tentara yang bertempur di atas kuda, sementara Michelangelo memiliki tentara yang disergap saat mereka mandi di sungai. Tidak ada pekerjaan yang selesai dan keduanya hilang selamanya ketika ruangan itu diperbaharui. Kedua karya tersebut sangat dikagumi, dan salinannya tetap ada, karya Leonardo telah disalin oleh Rubens dan karya Michelangelo olehBastiano da Sangallo . [41]

Juga selama periode ini, Michelangelo ditugaskan oleh Angelo Doni untuk melukis " Keluarga Suci " sebagai hadiah untuk istrinya, Maddalena Strozzi. Itu dikenal sebagai Doni Tondo dan tergantung di Galeri Uffizi dalam bingkai aslinya yang megah, yang mungkin telah dirancang oleh Michelangelo. [42] [43] Ia juga mungkin melukis Madonna dan Anak dengan Yohanes Pembaptis , yang dikenal sebagai Madonna Manchester dan sekarang di Galeri Nasional , London. [44]

Makam Julius II, 1505-1545

Artikel utama: Makam Paus Julius II
Makam Julius II , 1505-1545

Pada tahun 1505 Michelangelo diundang kembali ke Roma oleh Paus Julius II yang baru terpilih dan ditugaskan untuk membangun makam Paus , yang mencakup empat puluh patung dan selesai dalam lima tahun. [45] Di bawah perlindungan paus, Michelangelo mengalami gangguan terus-menerus pada pekerjaannya di makam untuk menyelesaikan banyak tugas lainnya. Meskipun Michelangelo bekerja di makam selama 40 tahun, itu tidak pernah selesai untuk kepuasannya. [45] Hal ini terletak di Gereja San Pietro di Vincoli di Roma dan paling terkenal dengan tokoh sentral Musa , selesai pada tahun 1516. [46] Dari patung-patung lain yang ditujukan untuk makam, dua, yang dikenal sebagaiBudak Pemberontak dan Budak Sekarat , sekarang ada di Louvre . [45]

Langit-langit Kapel Sistina, 1505-1512

Michelangelo melukis langit-langit Kapel Sistina ; pekerjaan memakan waktu sekitar empat tahun untuk menyelesaikan (1508-1512)
Perbandingan antara sketsa sketsa arsitektur langit-langit Sistine karya Michelangelo (Archivio Buonarroti, XIII, 175v) dan pemandangan dari bawah langit-langit. Perbandingan oleh Adriano Marinazzo (2013). [47] [48]

Selama periode yang sama, Michelangelo melukis langit-langit Kapel Sistina, [49] yang membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk menyelesaikannya (1508-1512). [46] Menurut catatan Condivi, Bramante , yang sedang mengerjakan pembangunan Basilika Santo Petrus , membenci komisi Michelangelo untuk makam paus dan meyakinkan paus untuk menugaskannya di media yang tidak dikenalnya, agar ia dapat gagal dalam tugas. [50] Michelangelo awalnya ditugaskan untuk melukis Dua Belas Rasul pada liontin segitiga yang menopang langit-langit, dan untuk menutupi bagian tengah langit-langit dengan ornamen. [51]Michelangelo membujuk Paus Julius II untuk memberinya kebebasan dan mengusulkan skema yang berbeda dan lebih kompleks, [47] [48] mewakili Penciptaan , Kejatuhan Manusia , Janji Keselamatan melalui para nabi, dan silsilah Kristus . Karya tersebut merupakan bagian dari skema dekorasi yang lebih besar di dalam kapel yang mewakili banyak doktrin Gereja Katolik. [51]

Komposisi membentang lebih dari 500 meter persegi langit-langit [52] dan berisi lebih dari 300 angka. [51] Di tengahnya terdapat sembilan episode dari Kitab Kejadian , dibagi menjadi tiga kelompok: ciptaan Tuhan di bumi; ciptaan Tuhan atas umat manusia dan kejatuhan mereka dari kasih karunia Tuhan; dan terakhir, keadaan kemanusiaan yang diwakili oleh Nuh dan keluarganya. Pada liontin yang menopang langit-langit dicat dua belas pria dan wanita yang menubuatkan kedatangan Yesus, tujuh nabi Israel, dan lima Sibyl , wanita kenabian dari dunia Klasik. [51] Di antara lukisan paling terkenal di langit-langit adalah The Creation of Adam ,Adam dan Hawa di Taman Eden , Air Bah , Nabi Yeremia , dan Sibyl Cumaean .

Florence di bawah Paus Medici, 1513 – awal 1534

Pada tahun 1513, Paus Julius II meninggal dan digantikan oleh Paus Leo X , putra kedua Lorenzo de' Medici. [46] Dari tahun 1513 hingga 1516 Paus Leo berhubungan baik dengan kerabat Paus Julius yang masih hidup, sehingga mendorong Michelangelo untuk melanjutkan pekerjaan di makam Julius, tetapi keluarga tersebut menjadi musuh lagi pada tahun 1516 ketika Paus Leo mencoba merebut Kadipaten Urbino dari keponakan Julius Francesco Maria I della Rovere . [53] Paus Leo kemudian meminta Michelangelo berhenti mengerjakan makam tersebut, dan menugaskannya untuk merekonstruksi fasad Basilika San Lorenzo di Florencedan menghiasinya dengan patung. Dia menghabiskan tiga tahun membuat gambar dan model untuk fasad, serta mencoba membuka tambang marmer baru di Pietrasanta khusus untuk proyek tersebut. Pada tahun 1520 pekerjaan itu tiba-tiba dibatalkan oleh pelanggannya yang kekurangan keuangan sebelum kemajuan nyata dibuat. Basilika tidak memiliki fasad sampai hari ini. [54]

Pada tahun 1520, Medici kembali ke Michelangelo dengan proposal besar lainnya, kali ini untuk sebuah kapel pemakaman keluarga di Basilika San Lorenzo. [46] Untuk anak cucu, proyek ini, yang menduduki artis selama sebagian besar tahun 1520-an dan 1530-an, lebih direalisasikan sepenuhnya. Michelangelo menggunakan kebijaksanaannya sendiri untuk membuat komposisi Kapel Medici , yang menampung makam besar dua anggota keluarga Medici yang lebih muda, Giuliano, Adipati Nemours, dan Lorenzo, keponakannya. Ini juga berfungsi untuk memperingati pendahulu mereka yang lebih terkenal, Lorenzo the Magnificent dan saudaranya Giuliano, yang dimakamkan di dekatnya. Makam menampilkan patung dua Medici dan tokoh alegoris yang mewakili Malam dan Siang , danSenja dan Fajar . Kapel ini juga berisi Medici Madonna karya Michelangelo. [55] Pada tahun 1976 sebuah koridor tersembunyi ditemukan dengan gambar-gambar di dinding yang berhubungan dengan kapel itu sendiri. [56] [57]

Paus Leo X meninggal pada tahun 1521 dan digantikan sebentar oleh Adrian VI yang keras , dan kemudian oleh sepupunya Giulio Medici sebagai Paus Klemens VII . [58] Pada tahun 1524 Michelangelo menerima komisi arsitektur dari Paus Medici untuk Perpustakaan Laurentian di Gereja San Lorenzo. [46] Ia mendesain interior perpustakaan itu sendiri dan ruang depan, sebuah bangunan yang menggunakan bentuk arsitektur dengan efek dinamis yang dipandang sebagai cikal bakal arsitektur Barok . Itu diserahkan kepada asisten untuk menafsirkan rencananya dan melakukan konstruksi. Perpustakaan tidak dibuka sampai tahun 1571, dan ruang depan tetap tidak lengkap sampai tahun 1904. [59]

Pada tahun 1527, warga Florentine, didorong oleh pemecatan Roma , membuang Medici dan memulihkan republik. Pengepungan kota terjadi, dan Michelangelo pergi membantu Florence tercinta dengan mengerjakan benteng kota dari tahun 1528 hingga 1529. Kota itu jatuh pada tahun 1530, dan Medici dikembalikan ke kekuasaan. [46]Michelangelo tidak disukai oleh Alessandro Medici muda, yang telah dilantik sebagai Duke of Florence pertama. Khawatir akan hidupnya, ia melarikan diri ke Roma, meninggalkan asisten untuk menyelesaikan kapel Medici dan Perpustakaan Laurentian. Terlepas dari dukungan Michelangelo terhadap republik dan perlawanan terhadap aturan Medici, dia disambut oleh Paus Clement, yang mengembalikan tunjangan yang sebelumnya dia berikan kepada artis itu dan membuat kontrak baru dengannya atas makam Paus Julius. [60]

Roma, 1534–1546

Di Roma, Michelangelo tinggal di dekat gereja Santa Maria di Loreto . Pada saat inilah dia bertemu dengan penyair Vittoria Colonna , marchioness dari Pescara , yang menjadi salah satu teman terdekatnya sampai kematiannya pada tahun 1547. [61]

Sesaat sebelum kematiannya pada tahun 1534, Paus Clement VII menugaskan Michelangelo untuk melukis lukisan The Last Judgment di dinding altar Kapel Sistina. Penggantinya, Paus Paulus III , berperan penting dalam melihat bahwa Michelangelo memulai dan menyelesaikan proyek, yang dikerjakannya dari tahun 1534 hingga Oktober 1541. [46] Lukisan itu menggambarkan Kedatangan Kedua Kristus dan Penghakimannya atas jiwa-jiwa. Michelangelo mengabaikan konvensi artistik yang biasa dalam menggambarkan Yesus, menunjukkan dia sebagai sosok besar, berotot, muda, berjanggut dan telanjang. [62] Ia dikelilingi oleh orang-orang kudus, di antaranya Santo Bartholomewmemegang kulit terkulai terkulai, menyandang rupa Michelangelo. Orang mati bangkit dari kubur mereka, untuk diasingkan ke Surga atau Neraka. [62]

Setelah selesai, penggambaran Kristus dan Perawan Maria telanjang dianggap asusila, dan Kardinal Carafa dan Monsignor Sernini ( duta Mantua ) berkampanye agar lukisan itu dihapus atau disensor, tetapi Paus menolak. Pada Konsili Trente , sesaat sebelum kematian Michelangelo pada tahun 1564, diputuskan untuk mengaburkan alat kelamin dan Daniele da Volterra , seorang murid Michelangelo, ditugaskan untuk membuat perubahan. [63] Sebuah salinan uncensored asli, oleh Marcello Venusti , adalah di Capodimonte Museum of Naples . [64]

Michelangelo mengerjakan sejumlah proyek arsitektur saat ini. Mereka termasuk desain untuk Bukit Capitoline dengan piazza trapesium yang menampilkan patung perunggu kuno Marcus Aurelius . Dia mendesain lantai atas Palazzo Farnese dan interior Gereja Santa Maria degli Angeli , di mana dia mengubah interior berkubah dari pemandian Romawi Kuno. Karya arsitektur lainnya termasuk San Giovanni dei Fiorentini , Kapel Sforza (Capella Sforza) di Basilica di Santa Maria Maggiore dan Porta Pia . [65]

Basilika Santo Petrus, 1546–1564

Saat masih mengerjakan Penghakiman Terakhir , Michelangelo menerima komisi lain untuk Vatikan. Ini untuk lukisan dua lukisan dinding besar di Cappella Paolina yang menggambarkan peristiwa penting dalam kehidupan dua orang suci terpenting Roma, Pertobatan Santo Paulus dan Penyaliban Santo Petrus . Seperti Penghakiman Terakhir , kedua karya ini adalah komposisi kompleks yang mengandung banyak tokoh. [66] Mereka selesai pada tahun 1550. Pada tahun yang sama, Giorgio Vasari menerbitkan Vita- nya , termasuk biografi Michelangelo. [67]

Pada tahun 1546, Michelangelo diangkat sebagai arsitek Basilika Santo Petrus , Roma. [46] Proses penggantian basilika Konstantinus dari abad ke-4 telah berlangsung selama lima puluh tahun dan pada tahun 1506 fondasi telah diletakkan pada rencana Bramante. Arsitek berturut-turut telah mengerjakannya, tetapi hanya sedikit kemajuan yang dicapai. Michelangelo dibujuk untuk mengambil alih proyek tersebut. Dia kembali ke konsep Bramante, dan mengembangkan idenya untuk gereja yang direncanakan secara terpusat, memperkuat struktur baik secara fisik maupun visual. [68] Kubahnya, tidak selesai sampai setelah kematiannya, telah disebut oleh Banister Fletcher , "ciptaan terbesar dari Renaisans". [69]

Saat konstruksi sedang berlangsung di St Peter's, ada kekhawatiran bahwa Michelangelo akan meninggal sebelum kubah itu selesai. Namun, begitu pembangunan dimulai di bagian bawah kubah, cincin pendukung, penyelesaian desain tidak dapat dihindari.

Pada tanggal 7 Desember 2007, sketsa kapur merah untuk kubah Basilika Santo Petrus, mungkin yang terakhir dibuat oleh Michelangelo sebelum kematiannya, ditemukan di arsip Vatikan. Ini sangat jarang, karena dia menghancurkan desainnya di kemudian hari. Sketsa tersebut adalah sebagian denah untuk salah satu kolom radial dari kubah gendang Santo Petrus. [70]

Kehidupan pribadi

Michelangelo, ditarik dari pandangan oleh Francisco de Holanda pada akhir 1530-an.

Iman

Michelangelo adalah seorang Katolik yang taat yang imannya diperdalam di akhir hidupnya. [71] Puisinya mencakup baris penutup berikut dari apa yang dikenal sebagai puisi 285 (ditulis tahun 1554); "Baik lukisan maupun patung tidak akan bisa lagi menenangkan jiwaku, sekarang beralih ke cinta ilahi yang membuka tangan-Nya di kayu salib untuk membawa kita masuk." [72] [73]

kebiasaan pribadi

Michelangelo sangat berhati-hati dalam kehidupan pribadinya, dan pernah memberi tahu muridnya, Ascanio Condivi : "Betapapun kayanya saya, saya selalu hidup seperti orang miskin." [74] Condivi mengatakan dia acuh tak acuh terhadap makanan dan minuman, makan "lebih karena kebutuhan daripada kesenangan" [74] dan bahwa dia "sering tidur dengan pakaian dan ... sepatu botnya." [74] Penulis biografinya Paolo Giovio mengatakan, "Sifatnya sangat kasar dan tidak sopan sehingga kebiasaan rumah tangganya sangat jorok, dan membuat semua murid yang mengikutinya kehilangan keturunan." [75] Ini, bagaimanapun, mungkin tidak mempengaruhi dia, karena dia pada dasarnya adalah orang yang menyendiri dan melankolis, bizzarro e fantastico, seorang pria yang "menarik diri dari kelompok manusia." [76]

Hubungan dan puisi

Mustahil untuk mengetahui dengan pasti apakah Michelangelo memiliki hubungan fisik ( Condivi menganggapnya sebagai "kesucian seperti biarawan"); [77] spekulasi tentang seksualitasnya berakar pada puisinya. [78] Dia menulis lebih dari tiga ratus soneta dan madrigals . Urutan terpanjang, menampilkan perasaan romantis yang mendalam, ditulis kepada Tommaso dei Cavalieri ( c.  1509–1587 ), yang berusia 23 tahun ketika Michelangelo bertemu dengannya pada tahun 1532, pada usia 57 tahun. Ini membentuk urutan puisi besar pertama dalam bahasa modern mana pun yang ditujukan oleh satu orang kepada orang lain; mereka mendahului 50 tahun Shakespeare 's soneta untuk pemuda yang adil:

Saya merasa seperti dinyalakan oleh api, wajah yang dingin
Itu membakar saya dari jauh dan membuat dirinya tetap dingin;
Sebuah kekuatan yang saya rasakan dua lengan yang indah untuk diisi
Yang tanpa gerak menggerakkan setiap keseimbangan.

— (Michael Sullivan, terjemahan)

Cavalieri menjawab: "Aku bersumpah untuk membalas cintamu. Tidak pernah aku mencintai seorang pria lebih dari aku mencintaimu, tidak pernah aku menginginkan sebuah persahabatan lebih dari yang kuharapkan untukmu." Cavalieri tetap setia kepada Michelangelo sampai kematiannya. [79]

Pada tahun 1542, Michelangelo bertemu Cecchino dei Bracci yang meninggal hanya setahun kemudian, menginspirasi Michelangelo untuk menulis 48 epigram pemakaman . Beberapa objek kasih sayang Michelangelo, dan subjek puisinya, mengambil keuntungan darinya: model Febo di Poggio meminta uang sebagai tanggapan atas puisi cinta, dan model kedua, Gherardo Perini , mencuri darinya tanpa malu-malu. [79]

Apa yang oleh beberapa orang ditafsirkan sebagai sifat puisi yang tampaknya homoerotik telah menjadi sumber ketidaknyamanan bagi generasi selanjutnya. Cucu laki-laki Michelangelo , Michelangelo Buonarroti yang Muda , menerbitkan puisi-puisi tersebut pada tahun 1623 dengan jenis kelamin kata ganti yang diubah, [80] dan baru setelah John Addington Symonds menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1893, jenis kelamin asli dipulihkan. Di zaman modern beberapa sarjana bersikeras bahwa, meskipun pemulihan kata ganti, mereka mewakili "pembayangan ulang tanpa emosi dan elegan dari dialog Platonis, di mana puisi erotis dilihat sebagai ekspresi kepekaan yang halus". [79]

Di akhir hidupnya, Michelangelo memupuk cinta platonis yang besar untuk penyair dan janda bangsawan Vittoria Colonna , yang dia temui di Roma pada tahun 1536 atau 1538 dan yang berusia akhir empat puluhan pada saat itu. Mereka menulis soneta untuk satu sama lain dan berhubungan secara teratur sampai dia meninggal. Soneta ini sebagian besar berhubungan dengan masalah spiritual yang menyibukkan mereka. [81] Condivi ingat ucapan Michelangelo bahwa satu-satunya penyesalan dalam hidup adalah bahwa dia tidak mencium wajah janda itu dengan cara yang sama seperti saat dia memegang tangannya. [61]

Perseteruan dengan artis lain

Dalam sebuah surat dari akhir tahun 1542, Michelangelo menyalahkan ketegangan antara Julius II dan dirinya sendiri yang mana? ] pada kecemburuan Bramante dan Raphael , mengatakan yang terakhir, "semua yang dia miliki dalam seni, dia dapatkan dari saya". Menurut Gian Paolo Lomazzo , Michelangelo dan Raphael bertemu sekali: yang pertama sendirian, sedangkan yang terakhir ditemani oleh beberapa orang lain. Michelangelo berkomentar bahwa dia pikir dia telah bertemu dengan kepala polisi dengan kumpulan seperti itu, dan Raphael menjawab bahwa dia pikir dia telah bertemu dengan seorang algojo, karena mereka biasa berjalan sendirian. [82]

Pekerjaan

Madonna dan Anak

The Madonna dari langkah-langkah adalah awal kerja diketahui Michelangelo di marmer. Ini diukir dalam relief dangkal, teknik yang sering digunakan oleh pematung ahli dari awal abad ke-15, Donatello, dan lainnya seperti Desiderio da Settignano . [83] Sementara Madonna di profil, aspek termudah untuk relief dangkal, anak menampilkan gerakan memutar yang menjadi karakteristik karya Michelangelo. The Taddei Tondo dari 1502 menunjukkan Kristus Anak ketakutan oleh Bullfinch , simbol Penyaliban. [42] Bentuk hidup anak itu kemudian diadaptasi oleh Raphael di Bridgewater Madonna . The Bruges Madonnapada saat penciptaannya, tidak seperti patung-patung lain yang menggambarkan Perawan dengan bangga mempersembahkan putranya. Di sini, Anak Kristus, yang ditahan oleh genggaman tangan ibunya, akan melangkah ke dunia. [84] The Doni Tondo , yang menggambarkan Keluarga Kudus , memiliki unsur-unsur dari ketiga karya sebelumnya: dekorasi tokoh di latar belakang memiliki penampilan rendah lega, sedangkan melingkar bentuk bentuk dan dinamis echo Taddeo Tondo. Gerakan memutar yang hadir di Bruges Madonna ditekankan dalam lukisan itu. Lukisan itu menandai bentuk, gerakan, dan warna yang akan digunakan Michelangelo di langit-langit Kapel Sistina. [42]

Sosok laki-laki

Malaikat yang berlutut adalah karya awal, salah satu dari beberapa karya Michelangelo sebagai bagian dari skema dekoratif besar untuk Arca di San Domenico di gereja yang didedikasikan untuk santo itu di Bologna. Beberapa seniman lain telah mengerjakan skema tersebut, dimulai dengan Nicola Pisano pada abad ke-13. Pada akhir abad ke-15, proyek ini dikelola oleh Niccolò dell'Arca . Malaikat yang memegang kandil, oleh Niccolò, sudah berada di tempatnya. [85]Meskipun kedua malaikat membentuk pasangan, ada kontras yang besar antara dua karya, yang menggambarkan seorang anak halus dengan rambut mengalir mengenakan jubah Gotik dengan lipatan dalam, dan Michelangelo menggambarkan seorang pemuda yang kuat dan berotot dengan sayap elang, berpakaian pakaian gaya Klasik. Segala sesuatu tentang malaikat Michelangelo itu dinamis. [86] Bacchus karya Michelangelo adalah sebuah komisi dengan subjek tertentu, Dewa Anggur yang masih muda . Patung itu memiliki semua atribut tradisional, karangan bunga anggur, secangkir anggur, dan rusa, tetapi Michelangelo menyerap suasana realitas ke dalam subjek, menggambarkannya dengan mata buram, kandung kemih bengkak, dan sikap yang menunjukkan bahwa dia tidak stabil. kaki. [85]Meskipun karya ini jelas-jelas terinspirasi oleh patung Klasik, karya ini inovatif karena gerakannya yang berputar dan kualitas tiga dimensi yang kuat, yang mendorong penonton untuk melihatnya dari setiap sudut. [87]

Dalam apa yang disebut Dying Slave , Michelangelo sekali lagi menggunakan sosok dengan contrapposto bertanda untuk menunjukkan keadaan manusia tertentu, dalam hal ini bangun dari tidur. Dengan Budak Pemberontak , itu adalah salah satu dari dua tokoh sebelumnya untuk Makam Paus Julius II , sekarang di Louvre, yang dibawa pematung ke keadaan hampir selesai. [88] Kedua karya ini memiliki pengaruh besar pada seni pahat di kemudian hari, melalui Rodin yang mempelajarinya di Louvre . [89] The Atlas Slave adalah salah satu tokoh kemudian untuk makam Paus Julius'. Karya-karya tersebut, yang secara kolektif dikenal sebagai The Captives, masing-masing menunjukkan sosok yang berjuang untuk membebaskan diri, seolah-olah dari ikatan batu tempat ia bersarang. Karya-karya tersebut memberikan wawasan unik tentang metode pahatan yang digunakan Michelangelo dan caranya mengungkapkan apa yang dia rasakan di dalam batu. [90]

  • Malaikat oleh Michelangelo, karya awal (1494–95)

  •  
  • Bacchus oleh Michelangelo, karya awal (1496–1497)

  •  
  •  
  • Budak Atlas (1530-1534)

Langit-langit Kapel Sistina

Langit-langit Kapel Sistina dicat antara tahun 1508 dan 1512. [46] Langit-langitnya adalah kubah barel datar yang ditopang oleh dua belas liontin segitiga yang menjulang dari antara jendela kapel. Tugas tersebut, seperti yang direncanakan oleh Paus Julius II , adalah untuk menghiasi liontin dengan tokoh-tokoh dari dua belas rasul. [91] Michelangelo, yang enggan untuk mengambil pekerjaan itu, membujuk Paus untuk memberinya kebebasan dalam komposisi. [92] Skema dekorasi yang dihasilkan membuat kagum orang-orang sezamannya dan telah mengilhami seniman lain sejak saat itu. [93] Skema ini terdiri dari sembilan panel yang menggambarkan episode dari Kitab Kejadian, diatur dalam bingkai arsitektur. Pada pendentives, Michelangelo menggantikan Rasul diusulkan dengan Nabi dan Sibyls yang menggembar-gemborkan kedatangan Mesias . [92]

Plafon Kapel Sistina (1508-1512)

Michelangelo mulai melukis dengan episode-episode selanjutnya dalam narasi, gambar-gambar termasuk detail lokasi dan kelompok tokoh, Pemabuk Nuh menjadi yang pertama dari kelompok ini. [92] Dalam komposisi selanjutnya, dicat setelah perancah awal telah dihapus, Michelangelo membuat angka lebih besar. [92] Salah satu gambar utama, The Creation of Adam adalah salah satu karya paling terkenal dan paling banyak direproduksi dalam sejarah seni. Panel terakhir, yang menunjukkan Pemisahan Cahaya dari Kegelapan adalah yang terluas dalam gaya dan dicat dalam satu hari. Sebagai model Sang Pencipta, Michelangelo telah menggambarkan dirinya dalam aksi melukis langit-langit. [92]

  • Kemabukan Nuh

  •  
  • Banjir (detail)

  •  
  •  
  • Hari Pertama Penciptaan

Sebagai pendukung adegan-adegan yang lebih kecil, Michelangelo melukis dua puluh pemuda yang secara beragam ditafsirkan sebagai malaikat, sebagai renungan, atau hanya sebagai hiasan. Michelangelo menyebut mereka sebagai "ignudi". [94] Sosok yang direproduksi dapat dilihat dalam konteks gambar di atas tentang Pemisahan Cahaya dari Kegelapan . Dalam proses pengecatan langit-langit, Michelangelo membuat studi untuk tokoh-tokoh yang berbeda, di mana beberapa, seperti The Libyan Sibyl telah bertahan, menunjukkan perawatan yang dilakukan oleh Michelangelo secara rinci seperti tangan dan kaki. [95] Nabi Yeremia , merenungkan kejatuhan Yerusalem, adalah gambaran dari seniman itu sendiri.

  • Studi untuk The Libyan Sibyl

  •  
  • Sibyl Libya (1511)

  •  
  • Nabi Yeremia (1511)

  •  
  • ignudo

Komposisi gambar

Relief Michelangelo tentang Pertempuran Centaur , dibuat saat ia masih muda yang terkait dengan Akademi Medici, [96] adalah relief yang luar biasa rumit karena menunjukkan sejumlah besar tokoh yang terlibat dalam perjuangan yang penuh semangat. Kekacauan figur yang rumit seperti itu jarang terjadi dalam seni Florentine, di mana biasanya hanya ditemukan dalam gambar yang menunjukkan Pembantaian Orang-Orang Tak Bersalah atau Siksaan Neraka. Perlakuan relief, di mana beberapa tokoh dengan berani memproyeksikan, mungkin menunjukkan keakraban Michelangelo dengan relief sarkofagus Romawi dari koleksi Lorenzo Medici, dan panel marmer serupa yang dibuat oleh Nicola dan Giovanni Pisano, dan dengan komposisi figuratif di Pintu Baptis Ghiberti . rujukan? ]

Komposisi Pertempuran Cascina diketahui secara keseluruhan hanya dari salinan, [97] karena kartun aslinya, menurut Vasari, sangat dikagumi sehingga memburuk dan akhirnya hancur berkeping-keping. [98] Ini mencerminkan kelegaan sebelumnya dalam energi dan keragaman sosok, [99] dengan banyak postur berbeda, dan banyak yang dilihat dari belakang, saat mereka berbalik ke arah musuh yang mendekat dan bersiap untuk pertempuran. rujukan? ]

Dalam The Last Judgment dikatakan bahwa Michelangelo mendapat inspirasi dari lukisan dinding karya Melozzo da Forlì di Santi Apostoli Roma . Melozzo telah menggambarkan sosok dari sudut yang berbeda, seolah-olah mereka mengambang di Surga dan dilihat dari bawah. Sosok Kristus yang agung dari Melozzo, dengan jubah yang tertiup angin, menunjukkan tingkat pemendekan dari sosok yang juga pernah digunakan oleh Andrea Mantegna , tetapi tidak biasa dalam lukisan dinding pelukis Florentine. Dalam Penghakiman Terakhir Michelangelo memiliki kesempatan untuk menggambarkan, pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, tokoh-tokoh dalam aksi naik ke surga atau jatuh dan diseret ke bawah. rujukan? ]

Dalam dua lukisan dinding Kapel Pauline, Penyaliban Santo Petrus dan Pertobatan Saulus , Michelangelo telah menggunakan berbagai kelompok tokoh untuk menyampaikan narasi yang kompleks. Dalam Penyaliban Petrus, para prajurit sibuk dengan tugas mereka masing-masing untuk menggali lubang tiang dan mengangkat salib sementara berbagai orang melihat dan mendiskusikan peristiwa itu. Sekelompok wanita yang ketakutan berkerumun di latar depan, sementara kelompok Kristen lainnya dipimpin oleh seorang pria jangkung untuk menyaksikan peristiwa tersebut. Di latar depan kanan, Michelangelo berjalan keluar dari lukisan dengan ekspresi kecewa. rujukan? ]

Arsitektur

Komisi arsitektur Michelangelo termasuk sejumlah yang tidak direalisasikan, terutama fasad untuk Gereja San Lorenzo Brunelleschi di Florence, di mana Michelangelo memiliki model kayu yang dibangun, tetapi tetap sampai hari ini batu bata kasar yang belum selesai. Di gereja yang sama, Giulio de' Medici (kemudian Paus Klemens VII) menugaskannya untuk merancang Kapel Medici dan makam Giuliano dan Lorenzo Medici. [100] Paus Clement juga menugaskan Perpustakaan Laurentian, di mana Michelangelo juga merancang ruang depan yang luar biasa dengan kolom-kolom tersembunyi ke dalam relung, dan tangga yang tampak keluar dari perpustakaan seperti aliran lava, menurut Nikolaus Pevsner , ".. . mengungkapkan Mannerisme dalam bentuk arsitekturnya yang paling luhur."[101]

Pada 1546 Michelangelo menghasilkan desain ovoid yang sangat kompleks untuk trotoar Campidoglio dan mulai merancang lantai atas untuk Istana Farnese . Pada tahun 1547 ia mengambil pekerjaan menyelesaikan Basilika Santo Petrus, mulai desain oleh Bramante, dan dengan beberapa desain menengah oleh beberapa arsitek. Michelangelo kembali ke desain Bramante, mempertahankan bentuk dan konsep dasar dengan menyederhanakan dan memperkuat desain untuk menciptakan keseluruhan yang lebih dinamis dan menyatu. [102] Meskipun ukiran akhir abad ke-16 menggambarkan kubah memiliki profil setengah bola, kubah model Michelangelo agak bulat telur dan produk akhir, seperti yang diselesaikan oleh Giacomo della Porta , lebih dari itu. [102]

  • Ruang depan Perpustakaan Laurentian memiliki fitur Mannerist yang menantang tatanan Klasik gereja Brunelleschi yang berdekatan.

  •  
  • Desain ulang Michelangelo dari Capitoline Hill kuno termasuk trotoar spiral yang kompleks dengan bintang di tengahnya.

  •  
  • Desain Michelangelo untuk St Peter's sangat besar dan berisi, dengan sudut di antara lengan apsidal Salib Yunani diisi oleh proyeksi persegi.

  •  
  • Eksterior dikelilingi oleh susunan pilaster raksasa yang mendukung cornice terus menerus. Empat kubah kecil mengelompok di sekitar kubah.

Tahun-tahun terakhir

Di usia tuanya, Michelangelo menciptakan sejumlah Piets di mana ia tampaknya merenungkan kematian. Mereka digembar-gemborkan oleh Kemenangan , mungkin dibuat untuk makam Paus Julius II tetapi dibiarkan belum selesai. Dalam kelompok ini, pemenang muda mengatasi sosok berkerudung yang lebih tua, dengan ciri-ciri Michelangelo.

The Pietà dari Vittoria Colonna adalah gambar kapur dari jenis digambarkan sebagai "gambar presentasi", karena mereka mungkin diberikan sebagai hadiah oleh seorang seniman, dan belum tentu studi terhadap sebuah karya dicat. Dalam gambar ini, tangan Maria yang terangkat dan tangan yang terangkat menunjukkan peran kenabiannya. Aspek frontal mengingatkan pada fresco Masaccio tentang Tritunggal Mahakudus di Basilika Santa Maria Novella , Florence.

Dalam Florentine Piet , Michelangelo kembali menggambarkan dirinya, kali ini sebagai Nikodemus yang sudah tua menurunkan tubuh Yesus dari salib ke dalam pelukan Maria ibunya dan Maria Magdalena. Michelangelo menghancurkan lengan kiri dan kaki sosok Yesus. Muridnya Tiberio Calcagni memperbaiki lengan dan mengebor lubang untuk memperbaiki kaki pengganti yang kemudian tidak dipasang. Ia juga menggarap sosok Maria Magdalena. [103] [104]

Patung terakhir yang dikerjakan Michelangelo (enam hari sebelum kematiannya), Rondanini Pietà tidak akan pernah bisa diselesaikan karena Michelangelo mengukirnya sampai tidak ada cukup batu. Kaki dan lengan yang terlepas tetap dari tahap pekerjaan sebelumnya. Karena tetap, patung itu memiliki kualitas abstrak, sesuai dengan konsep patung abad ke-20. [105] [106]

Michelangelo meninggal di Roma pada tahun 1564, pada usia 88 (tiga minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-89). Jenazahnya dibawa dari Roma untuk dimakamkan di Basilika Santa Croce , memenuhi permintaan terakhir sang maestro untuk dimakamkan di Florence tercinta . [107]

Pewaris Michelangelo, Lionardo Buonarroti, menugaskan Giorgio Vasari untuk merancang dan membangun Makam Michelangelo, sebuah proyek monumental yang menelan biaya 770 scudi , dan membutuhkan waktu lebih dari 14 tahun untuk menyelesaikannya. [108] Marmer untuk makam dipasok oleh Cosimo I de' Medici , Adipati Tuscany yang juga menyelenggarakan pemakaman kenegaraan untuk menghormati Michelangelo di Florence. [108]

  • Potret diri seniman sebagai Nikodemus

  •  
  • Patung Kemenangan (1534), Palazzo Vecchio, Florence

  •  
  • The Pietà dari Vittoria Colonna (c. 1540)

  •  
  • The Rondanini Pietà (1552-1564)

Dalam budaya populer

Film

Warisan

Makam Michelangelo (1578) oleh Giorgio Vasari di Basilika Santa Croce, Florence .

Michelangelo, bersama Leonardo da Vinci dan Raphael, adalah salah satu dari tiga raksasa Renaisans Tinggi Florentine . Meskipun nama mereka sering disebut bersama, Michelangelo lebih muda dari Leonardo pada 23 tahun, dan lebih tua dari Raphael oleh delapan. Karena sifatnya yang tertutup, dia tidak banyak berhubungan dengan salah satu artis dan hidup lebih lama dari keduanya selama lebih dari empat puluh tahun. Michelangelo mengambil beberapa siswa patung. Dia mempekerjakan Francesco Granacci , yang merupakan sesama murid di Akademi Medici, dan menjadi salah satu dari beberapa asisten di langit-langit Kapel Sistina. [51]Michelangelo tampaknya telah menggunakan asisten terutama untuk tugas-tugas yang lebih manual dalam mempersiapkan permukaan dan menggiling warna. Meskipun demikian, karya-karyanya memiliki pengaruh besar pada pelukis, pematung dan arsitek untuk banyak generasi yang akan datang.

Sementara David karya Michelangelo adalah pria telanjang paling terkenal sepanjang masa dan sekarang menghiasi kota-kota di seluruh dunia, beberapa karyanya yang lain mungkin memiliki dampak yang lebih besar pada jalannya seni. Bentuk memutar dan ketegangan dari Victory , Bruges Madonna dan Medici Madonna membuat mereka menjadi pelopor seni Mannerist . Raksasa yang belum selesai untuk makam Paus Julius II memiliki efek mendalam pada pematung akhir abad ke-19 dan ke-20 seperti Rodin dan Henry Moore .

Serambi Michelangelo di Perpustakaan Laurentian adalah salah satu bangunan paling awal yang menggunakan bentuk-bentuk Klasik dengan cara yang plastis dan ekspresif. Kualitas dinamis ini kemudian menemukan ekspresi utamanya di St Peter's yang direncanakan secara terpusat oleh Michelangelo, dengan tatanan raksasanya , cornice yang beriak dan kubah runcingnya yang meluncur ke atas. Kubah St Peter's mempengaruhi pembangunan gereja selama berabad-abad, termasuk Sant'Andrea della Valle di Roma dan Katedral St Paul , London, serta kubah sipil di banyak gedung publik dan ibu kota negara bagian di seluruh Amerika.

Seniman yang secara langsung dipengaruhi oleh Michelangelo termasuk Raphael, yang perlakuan monumentalnya terhadap sosok di Sekolah Athena dan Pengusiran Heliodorus dari Kuil berutang banyak kepada Michelangelo, dan yang lukisan dinding Yesaya di Sant'Agostino sangat mirip dengan nabi-nabi guru yang lebih tua. [116] Seniman lain, seperti Pontormo , menggambar bentuk-bentuk Penghakiman Terakhir yang menggeliat dan lukisan dinding Capella Paolina. [117]

Langit-langit Kapel Sistina adalah karya keagungan yang belum pernah ada sebelumnya, baik karena bentuk arsitekturnya, yang ditiru oleh banyak pelukis langit-langit Barok , dan juga karena kekayaan penemuannya dalam mempelajari angka. Vasari menulis:

Karya itu telah terbukti menjadi mercusuar sejati bagi seni kita, manfaat yang tak ternilai bagi semua pelukis, memulihkan cahaya ke dunia yang selama berabad-abad telah jatuh ke dalam kegelapan. Memang, para pelukis tidak perlu lagi mencari penemuan baru, sikap baru, figur berpakaian, cara berekspresi yang segar, aransemen yang berbeda, atau subjek yang luhur, karena karya ini mengandung segala kesempurnaan yang mungkin ada di bawah judul-judul itu. [98]

Lihat juga

Catatan kaki

A. ^ Ayah Michelangelo menandai tanggal sebagai 6 Maret 1474 dalam gaya Florentine ab Incarnatione . Namun, dalam cara Romawi, ab Nativitate , itu adalah tahun 1475.
B. ^ Sumber tidak setuju tentang berapa usia Michelangelo ketika dia berangkat ke sekolah. De Tolnay menulis bahwa saat itu berusia sepuluh tahun, sementara Sedgwick mencatat dalam terjemahannya tentang Condivi bahwa Michelangelo berusia tujuh tahun.
C. ^ Keluarga Strozzi memperoleh patung Hercules . Filippo Strozzi menjualnya kepada Francis I pada tahun 1529. Pada tahun 1594, Henry IV memasangnya di Jardin d'Estang di Fontainebleau di mana ia menghilang pada tahun 1713 ketika Jardin d'Estange dihancurkan.
D. ^ Vasari tidak menyebutkan episode ini dan Paolo Giovio 's Life of Michelangelo menunjukkan bahwa Michelangelo mencoba untuk melewati patung off sebagai antik sendiri.

Referensi

  1. Wells, John (3 April 2008). Kamus Pengucapan Longman (edisi ke-3). Pearson Longman. ISBN 978-1-4058-8118-0.
  2. Melompat ke:d MichelangelodiEncyclopædia Britannica
  3. ^ Symonds, John (9 Januari 2019). Kehidupan Michelangelo . BukuRix. ISBN 9783736804630 – melalui Google Buku.
  4. ^ Vasari, Giorgio (14 Agustus 2008). Kehidupan Para Seniman . Pers Universitas Oxford. ISBN 9780199537198 – melalui Google Buku.
  5. ^ Hughes, A., & Elam, C. (2003). "Michelangelo". Oxford Seni Daring . Diakses pada 14 April 2018, dari http://www.oxfordartonline.com
  6. ^ Smithers, Tamara. 2016. Michelangelo di Milenium Baru: Percakapan tentang Praktik Artistik, Perlindungan dan Kekristenan . Boston: Brill. P. vii. ISBN 978-90-04-31362-0 . 
  7. ^ Emison, Patricia. Sebuah (2004). Menciptakan "Artis Ilahi": dari Dante hingga Michelangelo . brilian. ISBN 978-90-04-13709-7.
  8. ^ Seni dan Ilusi, EH Gombrich, ISBN 978-0-691-07000-1 
  9. ^ Unione Montana dei Comuni della Valtiberina Toscana , www.cm-valtiberina.toscana.it
  10. Melompat ke:c J. de Tolnay,Pemuda Michelangelo, hal. 11
  11. Melompat ke:b C. Clément,Michelangelo, hal. 5
  12. ^ A. Condivi, Kehidupan Michelangelo , hal. 5
  13. Melompat ke:b A. Condivi,Kehidupan Michelangelo, hal. 9
  14. Melompat ke:b Coughlan, Robert; (1978),Dunia Michelangelo, Waktu-Hidup; hlm. 14–15
  15. Melompat ke:c Coughlan, hlm. 35–40
  16. ^ Giovanni Fanelli, (1980) Brunelleschi , Becocci Firenze, hlm. 3–10
  17. ^ H. Gardner, hal. 408
  18. Melompat ke:b Coughlan, hlm. 28–32
  19. ^ R. Liebert, Michelangelo: A Psychoanalytic Study of his Life and Images , hal. 59
  20. ^ C. Clément, Michelangelo , hal. 7
  21. ^ C. Clément, Michelangelo , hal. 9
  22. ^ J. de Tolnay, Pemuda Michelangelo , hlm. 18–19
  23. Melompat ke:b A. Condivi,Kehidupan Michelangelo, hal. 15
  24. ^ Coughlan, hal. 42
  25. Melompat ke:b J. de Tolnay,Pemuda Michelangelo, hlm. 20–21
  26. ^ A. Condivi, Kehidupan Michelangelo , hal. 17
  27. ^ Laurenzo, Domenico (2012). Seni dan Anatomi di Renaissance Italia: Gambar dari Revolusi Ilmiah . Museum Seni Metropolitan. P. 15. ISBN 1588394565 . 
  28. ^ Zeybek, A.; zkan, M. (Agustus 2019). "Michelangelo dan Anatomi". Anatomi: Jurnal Internasional Anatomi Eksperimental & Klinis . 13 (Tambahan 2): S199.
  29. ^ Coughlan, Robert (1966). Dunia Michelangelo: 1475–1564 . dkk. Buku Waktu-Hidup. P. 67 .
  30. ^ Bartz dan König, hal. 54
  31. ^ Miles Unger, Michelangelo: a Life in Six Masterpieces , ch. 1
  32. Melompat ke:b J. de Tolnay,Pemuda Michelangelo, hlm. 24–25
  33. ^ A. Condivi, The Life of Michelangelo , hlm. 19–20
  34. ^ J. de Tolnay, Pemuda Michelangelo , hlm. 26–28
  35. Melompat ke:b Hirst and Dunkerton hlm. 47–55
  36. ^ Vasari, Kehidupan para pelukis: Michelangelo
  37. ^ Paoletti dan Radke, hlm. 387–89
  38. ^ Goldscheider, hal. 10
  39. ^ Marinazzo, Adriano (2020). "Una nuova kemungkinan attribuzione a Michelangelo. Il Volto Misterioso" . Seni dan Berkas . 379 : 76–81.
  40. "Avant Banksy et Invader, Michel-Ange pionnier du seni jalanan dans les rues de Florence" . LEFIGARO (dalam bahasa Prancis) Diakses pada 11 April 2021 .
  41. ^ Paoletti dan Radke, hlm. 392–93
  42. Melompat ke:c Goldscheider, hal. 11
  43. ^ Hirst dan Dunkerton, hal. 127
  44. ^ Hirst and Dunkerton, hlm. 83–105, 336–46
  45. Melompat ke:c Goldscheider, hlm. 14–16
  46. Melompat ke:i Bartz dan König, hal. 134
  47. Melompat ke:b Marinazzo, Adriano (2013). "Ipotesi su un disegno michelangiolesco del foglio XIII, 175 v, dell'Archivio Buonarroti"Komentar d'arte52–53: 108–110.
  48. Melompat ke:b Crow, Kelly (11 Januari 2014). "Ditemukan? Sketsa Sistine Michelangelo"Jurnal Wall StreetISSN0099-9660Diakses pada 1 Maret 2021. 
  49. ^ Marinazzo, Adriano (2018). "La Tomba di Giulio II e l'architettura dipinta della volta della Sistina" . Seni dan Berkas . 357 : 46–51. ISSN 0394-0179 . 
  50. ^ Coughlan, hal. 112
  51. Melompat ke:e Goldscheider, hlm. 12–14
  52. ^ Bartz dan König, hal. 43
  53. ^ Miles Unger, Michelangelo: a Life in Six Masterpieces , ch. 5
  54. ^ Coughlan, hlm. 135–36
  55. ^ Goldscheider, hlm. 17–18
  56. ^ Peter Barenboim, Sergey Shiyan, Michelangelo: Misteri Kapel Medici , SLOVO, Moskow, 2006 . ISBN 5-85050-825-2 
  57. ^ Peter Barenboim, "Michelangelo Drawings – Key to the Medici Chapel Interpretation", Moskow, Letny Sad, 2006, ISBN 5-98856-016-4 
  58. ^ Coughlan, hlm. 151–52
  59. ^ Bartz dan König, hal. 87
  60. ^ Coughlan, hlm. 159–61
  61. Melompat ke:b A. Condivi (ed. Hellmut Wohl),Kehidupan Michelangelo, hal. 103, Phaidon, 1976.
  62. Melompat ke:b Bartz dan König, hlm. 100–02
  63. ^ Bartz dan König, hlm. 102, 109
  64. ^ Goldscheider, hlm. 19–20
  65. ^ Goldscheider, hlm. 8, 21, 22
  66. ^ Bartz dan Kŏnig, hal. 16
  67. ^ Ilan Rachum, The Renaissance, an Illustrated Encyclopedia , Octopus (1979) ISBN 0-7064-0857-8 
  68. ^ Gardner, hlm. 480–81
  69. ^ Banister Fletcher, edisi ke-17. P. 719
  70. "Michelangelo 'sketsa terakhir' ditemukan" . Berita BBC . 7 Desember 2007 Diakses pada 9 Februari 2009 .
  71. "Penyaliban oleh Michelangelo, lukisan dengan kapur hitam" . Museum Inggris . Diarsipkan dari versi asli pada 15 Oktober 2015 Diakses tanggal 24 Oktober 2018 .
  72. "Michelangelo, Puisi Terpilih" (PDF) . Universitas Kolombia . P. 20 Diakses tanggal 24 Oktober 2018 .
  73. "Puisi Michelangelo" . Galeri Michelangelo . Diterjemahkan oleh Longfellow, HW Studio of the South Diakses tanggal 24 Oktober 2018 .
  74. Melompat ke:c Condivi,Kehidupan Michelangelo, hal. 106.
  75. ^ Paola Barocchi (ed.) Scritti d'arte del cinquecento , Milan, 1971; jilid Aku p. 10.
  76. ^ Kondivi, hal. 102.
  77. ^ Hughes, Anthony, "Michelangelo", hal. 326. Phaidon, 1997.
  78. ^ Scigliano, Eric: "Michelangelo's Mountain; The Quest for Perfection in the Marble Quarries of Carrara" Diarsipkan 30 Juni 2009 di Wayback Machine , Simon and Schuster, 2005. Diakses tanggal 27 Januari 2007
  79. Melompat ke:c Hughes, Anthony: "Michelangelo", hal. 326. Phaidon, 1997.
  80. ^ Rictor Norton, "Mitos Homoseksual Modern", hal. 143. Cassell, 1997.
  81. ^ Vittoria Colonna, Soneta untuk Michelangelo. A Bilingual Edition diedit dan diterjemahkan oleh Abigail Brundin, The University of Chicago Press 2005. ISBN 0-226-11392-2 , hlm. 29. 
  82. Salmi, Mario ; Becherucci, Luisa; Marabottini, Alessandro; Tempesti, Anna Forlani; Marchini, Giuseppe; Becatti, Giovanni ; Castagnoli, Ferdinando ; Golzio, Vincenzo (1969). Karya Lengkap Raphael . New York: Reynal and Co., William Morrow and Company . hal.587, 610.
  83. ^ Bartz dan König, hal. 8
  84. ^ Bartz dan König, hal. 22
  85. Melompat ke:b Goldscheider, hal. 9
  86. ^ Hirst dan Dunkerton, hlm. 20–21
  87. ^ Bartz dan König, hlm. 26–27
  88. ^ Bartz dan König, hlm. 62–63
  89. ^ Yvon Taillandier, Rodin , New York: Crown Trade Paperbacks, (1977) ISBN 0-517-88378-3 
  90. ^ Coughlan, hlm. 166–67
  91. ^ Goldscieder hal. 12
  92. Melompat ke:e Paoletti dan Radke, hlm. 402–03
  93. ^ Vasari, dkk.
  94. ^ Bartz dan König
  95. ^ Batuk
  96. ^ J. de Tolnay, Pemuda Michelangelo , hal. 18
  97. ^ Goldscheider, hal. 8
  98. Melompat ke:b Giorgio Vasari,Kehidupan Seniman: Michelangelo
  99. ^ J. de Tolnay, Pemuda Michelangelo , hal. 135
  100. ^ Goldscheider
  101. ^ Nikolaus Pevsner, Garis Besar Arsitektur Eropa , Pelican, 1964
  102. Melompat ke:b Gardner
  103. ^ Maiorino, Giancarlo, 1990. Pikiran Cornukopian dan Kesatuan Seni Barok . Pers Negara Bagian Penn. P. 28. ISBN 0-271-00679-X . 
  104. ^ Di Cagno, Gabriella. 2008. Michelangelo . Oliver Pers. P. 58. ISBN 1-934545-01-5 . 
  105. ^ Tolnay, Charles de. 1960. Michelangelo.: V, Periode Terakhir: Penghakiman Terakhir.Lukisan dinding Kapel Pauline. Pietas Princeton Terakhir: Princeton Univ. Tekan. P. 154.OCLC 491820830 . 
  106. ^ Crispina, Enrica. 2001. Michelangelo . Firenze: Giunti. P. 117. ISBN 88-09-02274-2 . 
  107. ^ Coughlan, hal. 179
  108. Melompat ke:b "Makam Michelangelo: lima fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui"Florentina12 Oktober 2017Diakses pada 20 Mei 2021.
  109. "Vita di Michelangelo" . imdb.com Diakses pada 29 November 2019 .
  110. ^ Batu, Irving (1961). Penderitaan dan Ekstasi: Sebuah Novel Biografi Michelangelo . ISBN 0451171357.
  111. ^ Ken Tucker (15 Maret 1991). "Sebuah Musim Raksasa (1991)" . Hiburan Mingguan . Diakses tanggal 11 Juli 2014 .
  112. ^ Hal Erickson (2014). "Sebuah Musim Raksasa (1991)" . Departemen Film & TV The New York Times . Diarsipkan dari versi asli pada 16 Juli 2014 Diakses tanggal 11 Juli2014 .
  113. ^ VV.AA. (Maret 1994). Berbagai Ulasan Televisi, 1991-1992 . Taylor & Francis, 1994. ISBN 0824037960.
  114. "Michelangelo - Tak Berujung" . filmitalia.org Diakses pada 29 November 2019 .
  115. "Il Peccato, 2019" (dalam bahasa Rusia). kinopoisk.ru Diakses pada 29 November2019 .
  116. ^ Ettlinger, Leopold David, dan Helen S. Ettlinger. 1987. Rafael . Oxford: Phaidon. hlm. 91, 102, 122. ISBN 0-7148-2303-1 . 
  117. ^ Acidini Luchinat, Cristina. 2002. Medici, Michelangelo, dan Seni Florence Akhir Renaissance . New Haven: Yale University Press bekerja sama dengan Institut Seni Detroit. P. 96. ISBN 0-300-09495-7 . 

Sumber

  • Bartz, Gabriele; Eberhard König (1998). Michelangelo . Könemann. ISBN 978-3-8290-0253-0.
  • Clement, Charles (1892). Michelangelo. Universitas Harvard: S. Low, Marston, Searle, & Rivington, ltd.: London. michelangelo.
  • Condivi, Ascanio ; Alice Sedgewick (1553). Kehidupan Michelangelo . Pers Universitas Negeri Pennsylvania. ISBN 978-0-271-01853-9.
  • Goldscheider, Ludwig (1953). Michelangelo: Lukisan, Patung, Arsitektur . Phaidon.
  • Goldscheider, Ludwig (1953). Michelangelo: Gambar . Phaidon.
  • Gardner, Helen ; Fred S. Kleiner, Christin J. Mamiya, Seni Gardner Sepanjang Zaman . Thomson Wadsworth, (2004) ISBN 0-15-505090-7 . 
  • Hirst, Michael dan Jill Dunkerton. (1994) Michelangelo Muda: Seniman di Roma 1496–1501 . London: Publikasi Galeri Nasional, ISBN 1-85709-066-7 
  • Liebert, Robert (1983). Michelangelo: Studi Psikoanalitik tentang Kehidupan dan Gambarnya . New Haven dan London: Yale University Press. ISBN 978-0-300-02793-8.
  • Paoletti, John T. dan Radke, Gary M., (2005) Seni di Renaissance Italia , Laurence King, ISBN 1-85669-439-9 
  • Tolnay, Charles (1947). Pemuda Michelangelo . Princeton, NJ: Pers Universitas Princeton.

Bacaan lebih lanjut

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Michelangelo