Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci [b] (15 April 1452 – 2 Mei 1519) adalah seorang polymath Italia dari High Renaissance yang aktif sebagai pelukis, juru gambar , insinyur, ilmuwan, ahli teori, pematung dan arsitek. [3] Sementara ketenarannya pada awalnya bertumpu pada prestasinya sebagai pelukis, ia juga menjadi terkenal karena buku catatannya , di mana ia membuat gambar dan catatan tentang berbagai mata pelajaran, termasuk anatomi, astronomi, botani, kartografi, lukisan, dan paleontologi . Kejeniusan Leonardo melambangkan cita-cita humanis Renaisans , [4] dan karya kolektifnyamenulis kontribusi untuk generasi seniman selanjutnya yang hanya cocok dengan karya kontemporernya yang lebih muda, Michelangelo . [3] [4]

Lahir di luar nikah dari seorang notaris yang sukses dan seorang wanita kelas bawah di, atau dekat, Vinci , ia dididik di Florence oleh pelukis dan pematung terkenal Italia Andrea del Verrocchio . Dia memulai karirnya di kota, tetapi kemudian menghabiskan banyak waktu untuk melayani Ludovico Sforza di Milan. Kemudian, ia bekerja di Florence dan Milan lagi, serta sebentar di Roma , sambil menarik banyak pengikut dan siswa. Atas undangan Fransiskus I , ia menghabiskan tiga tahun terakhirnya di Prancis, di mana ia meninggal pada tahun 1519. Sejak kematiannya, belum pernah ada waktu di mana prestasinya, minatnya yang beragam, kehidupan pribadinya, dan pemikiran empiris telah gagal untuk membangkitkan minat dan kekaguman, [3] [4] membuatnya menjadi senama dan subjek dalam budaya .

Leonardo adalah salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni dan sering dianggap sebagai pendiri High Renaissance. [3] Meskipun memiliki banyak karya yang hilang dan kurang dari 25 yang dikaitkan dengan karya-karya besar — termasuk banyak karya yang belum selesai — ia menciptakan beberapa lukisan paling berpengaruh dalam seni Barat . [3] Nya magnum opus , yang Mona Lisa , yang terbaik adalah karyanya dikenal dan sering dianggap sebagai lukisan paling terkenal di dunia. The Last Supper adalah lukisan religi yang paling banyak direproduksi sepanjang masa dan gambar Vitruvian Man -nya juga dianggap sebagaiikon budaya . Pada tahun 2017, Salvator Mundi , yang sebagian atau seluruhnya dikaitkan dengan Leonardo, [5] dijual di lelang seharga US$450,3 juta , membuat rekor baru untuk lukisan termahal yang pernah dijual di lelang publik.

Dipuji karena kecerdikan teknologinya , ia mengonsep mesin terbang, sejenis kendaraan tempur lapis baja , tenaga surya terkonsentrasi, mesin tambahan, [6] dan lambung ganda. Relatif sedikit dari desainnya yang dibangun atau bahkan layak selama masa hidupnya, karena pendekatan ilmiah modern untuk metalurgi dan teknik hanya dalam masa pertumbuhan selama Renaissance . Beberapa penemuannya yang lebih kecil, bagaimanapun, memasuki dunia manufaktur tanpa diketahui, seperti penggulung gelendong otomatis dan mesin untuk menguji kekuatan tarik kawat. Dia membuat penemuan substansial dalam anatomi , teknik sipil , hidrodinamika , geologioptik , dan tribologi , tetapi dia tidak mempublikasikan temuannya dan mereka memiliki sedikit atau tidak ada pengaruh langsung pada sains berikutnya. [7]

Kehidupan awal (1452–1472)

Kelahiran dan latar belakang

Foto bangunan dari batu kasar dengan jendela kecil, dikelilingi oleh pohon zaitun
Kemungkinan tempat kelahiran dan rumah masa kecil Leonardo di Anchiano , Vinci , Italia

Leonardo da Vinci, [b] dengan tepat bernama Leonardo di ser Piero da Vinci (Leonardo, putra ser Piero dari Vinci), [8] [9] [c] lahir pada 15 April 1452 di, atau dekat, bukit Tuscan kota Vinci ; Florence adalah 20 mil jauhnya. [10] [11] [d] Ia lahir di luar nikah untuk Ser Piero da Vinci  [ fr ] (Ser Piero di Antonio di Ser Piero di Ser Guido da Vinci; 1426-1504), [15] Florentine notaris hukum , [10] dan Caterina  [ itu ]( c.  1434 – 1494), dari kelas bawah. [16] [17] Masih belum pasti di mana Leonardo dilahirkan; catatan tradisional, dari tradisi lisan lokal yang dicatat oleh sejarawan Emanuele Repetti , [18] adalah bahwa ia lahir di Anchiano , sebuah dusun pedesaan yang akan menawarkan privasi yang cukup untuk kelahiran tidak sah, meskipun masih mungkin ia lahir di sebuah rumah di Florence yang hampir pasti dimiliki Ser Piero. [19] [a]Kedua orang tua Leonardo menikah secara terpisah setahun setelah kelahirannya. Caterina—yang kemudian muncul dalam catatan Leonardo hanya sebagai "Caterina" atau "Catelina"—biasanya diidentifikasi sebagai Caterina Buti del Vacca yang menikah dengan seniman lokal Antonio di Piero Buti del Vacca, dijuluki "L'Accattabriga" ("yang suka bertengkar "). [16] [18] Teori lain telah diajukan, terutama sejarawan seni Martin Kemp , yang mengusulkan Caterina di Meo Lippi, seorang yatim piatu yang menikah dengan bantuan Ser Piero dan keluarganya. [20] [e] [f] Ser Piero menikah dengan Albiera Amadori—telah bertunanganpadanya tahun sebelumnya—dan setelah kematiannya pada tahun 1462, ia melanjutkan untuk memiliki tiga pernikahan berikutnya. [18] [23] [g] Dari semua pernikahan, Leonardo akhirnya memiliki 12 saudara tiri yang jauh lebih muda dari dia (yang terakhir lahir ketika Leonardo berusia 40 tahun) dan dengan siapa dia memiliki kontak yang sangat sedikit. [H]

Sangat sedikit yang diketahui tentang masa kanak-kanak Leonardo dan banyak yang diselimuti mitos, sebagian karena biografinya dalam Lives of the Most Excellent Painters, Sculptors, and Architects (1550) dari sejarawan seni abad ke-16 Giorgio Vasari . [26] [27] Catatan pajak menunjukkan bahwa setidaknya pada tahun 1457 ia tinggal di rumah kakek dari pihak ayah, Antonio da Vinci, [10] tetapi ada kemungkinan bahwa ia menghabiskan tahun-tahun sebelumnya dalam perawatan ibunya di Vinci , baik Anchiano atau Campo Zeppi di paroki San Pantaleone. [28] [29] Ia diduga dekat dengan pamannya, Francesco da Vinci, [3]tapi ayahnya kemungkinan besar berada di Florence hampir sepanjang waktu. [10] Ser Piero, yang merupakan keturunan dari garis panjang notaris, mendirikan kediaman resmi di Florence setidaknya pada tahun 1469 dan memimpin karier yang sukses. [10] Terlepas dari sejarah keluarganya, Leonardo hanya menerima pendidikan dasar dan informal dalam menulis, membaca dan matematika ( bahasa daerah ), mungkin karena bakat seninya dikenali sejak dini, sehingga keluarganya memutuskan untuk memusatkan perhatian mereka di sana. [10]

Di kemudian hari, Leonardo mencatat ingatannya yang paling awal, sekarang di Codex Atlanticus . [30] Saat menulis tentang burung yang terbang, ia mengingat saat masih bayi ketika layang - layang datang ke tempat lahirnya dan membuka mulutnya dengan ekornya; komentator masih memperdebatkan apakah anekdot itu adalah memori yang sebenarnya atau fantasi. [31]

Bengkel Verrocchio

Lukisan yang menunjukkan Yesus, telanjang kecuali kain pinggang, berdiri di sungai dangkal di lanskap berbatu, sementara di sebelah kanan, Yohanes Pembaptis, yang dapat dikenali dari salib yang ia pikul, menumpahkan air di atas kepala Yesus.  Dua malaikat berlutut di sebelah kiri.  Di atas Yesus adalah tangan Tuhan, dan seekor merpati turun
Pembaptisan Kristus (1472–1475) oleh Verrocchio dan Leonardo, Galeri Uffizi

Pada pertengahan 1460-an, keluarga Leonardo pindah ke Florence, yang pada saat itu merupakan pusat pemikiran dan budaya Humanis Kristen . [32] Sekitar usia 14, [24] ia menjadi garzone (studio boy) di bengkel Andrea del Verrocchio , yang merupakan pelukis dan pematung Florentine terkemuka pada masanya. [32] Ini adalah tentang waktu kematian master Verrocchio, pematung besar Donatello . [i] Leonardo menjadi magang pada usia 17 dan tetap dalam pelatihan selama tujuh tahun. [34] Pelukis terkenal lainnya yang magang di bengkel atau terkait dengannya termasuk Ghirlandaio ,Perugino , Botticelli , dan Lorenzo di Credi . [35] [36] Leonardo mendapat pelatihan teoretis dan berbagai keterampilan teknis, [37] termasuk penyusunan, kimia, metalurgi, pengerjaan logam, pengecoran plester, pengerjaan kulit, mekanik, dan pengerjaan kayu, serta seni keterampilan menggambar, melukis, memahat, dan membuat model. [38] [j]

Leonardo sezaman dengan Botticelli, Ghirlandaio dan Perugino, yang semuanya sedikit lebih tua darinya. [39] Ia akan bertemu mereka di bengkel Verrocchio atau di Akademi Plato dari Medici . [35] Florence dihias oleh karya seniman seperti Masaccio sezaman dengan Donatello , yang lukisan dinding figuratifnya dipenuhi dengan realisme dan emosi, dan Ghiberti , yang Gerbang Surganya , berkilauan dengan daun emas , menampilkan seni menggabungkan komposisi figur kompleks dengan detail latar belakang arsitektur. Piero della Francesca telah membuat studi rinci tentangperspektif , [40] dan merupakan pelukis pertama yang membuat studi ilmiah tentang cahaya. Studi-studi ini dan risalah Leon Battista Alberti , De pictura , memiliki efek mendalam pada seniman muda dan khususnya pada pengamatan dan karya seni Leonardo sendiri. [33] [41]

Sebagian besar lukisan di bengkel Verrocchio dikerjakan oleh asistennya. Menurut Vasari, Leonardo berkolaborasi dengan Verrocchio dalam karyanya The Baptism of Christ , melukis malaikat muda yang memegang jubah Yesus dengan cara yang jauh lebih unggul dari tuannya sehingga Verrocchio meletakkan kuasnya dan tidak pernah melukis lagi, [‡ 1] meskipun ini diyakini sebagai cerita apokrif. [13] Pemeriksaan dekat mengungkapkan area pekerjaan yang telah dicat atau disentuh di atas tempera , menggunakan teknik cat minyak baru , termasuk lanskap, bebatuan yang terlihat melalui aliran gunung cokelat, dan banyak dari sosok Yesus , menjadi saksi tangan Leonardo. [42]Leonardo mungkin telah menjadi model untuk dua karya Verrocchio: patung perunggu David di Bargello , dan Archangel Raphael di Tobias and the Angel . [13]

Vasari menceritakan kisah Leonardo sebagai seorang pria yang sangat muda: seorang petani lokal membuat dirinya sendiri perisai bundar dan meminta Ser Piero melukisnya untuknya. Leonardo, yang terinspirasi oleh kisah Medusa , menanggapinya dengan lukisan monster yang menyemburkan api yang begitu mengerikan sehingga ayahnya membeli perisai yang berbeda untuk diberikan kepada petani dan menjualnya kepada seorang pedagang seni Florentine seharga 100 dukat , yang pada gilirannya menjualnya. itu ke Duke of Milan . [‡ 2]

Periode Florentine Pertama (1472–c. 1482)

Pemujaan Orang Majus c.  1478–1482 , [d 1] Uffizi , Florence

Pada 1472, pada usia 20 tahun, Leonardo memenuhi syarat sebagai master di Persekutuan Saint Luke , serikat seniman dan dokter kedokteran, [k] tetapi bahkan setelah ayahnya mengaturnya di bengkelnya sendiri, keterikatannya dengan Verrocchio sedemikian rupa sehingga dia terus berkolaborasi dan tinggal bersamanya. [35] [43] Karya kuno Leonardo yang paling awal diketahui adalah gambar dengan pena dan tinta tahun 1473 dari lembah Arno . [36] [44] [l] Menurut Vasari, Leonardo muda adalah orang pertama yang menyarankan agar sungai Arno menjadi saluran yang dapat dilayari antara Florence dan Pisa . [45]

Pada Januari 1478, Leonardo menerima komisi independen untuk melukis altar untuk Kapel St. Bernard di Palazzo Vecchio , [46] indikasi kemerdekaannya dari studio Verrocchio. Seorang penulis biografi awal anonim, yang dikenal sebagai Anonimo Gaddiano , mengklaim bahwa pada 1480 Leonardo tinggal bersama Medici dan sering bekerja di taman Piazza San Marco, Florence , di mana akademi seniman, penyair, dan filsuf Neoplatonik yang diselenggarakan oleh Medici bertemu. [13] [m] Pada bulan Maret 1481, ia menerima komisi dari para biarawan San Donato di Scopeto untuk Pemujaan Orang Majus . [47]Tak satu pun dari komisi awal ini diselesaikan, ditinggalkan ketika Leonardo pergi untuk menawarkan jasanya kepada Adipati Milan Ludovico Sforza . Leonardo menulis surat kepada Sforza yang menggambarkan beragam hal yang bisa dia capai di bidang teknik dan desain senjata, dan menyebutkan bahwa dia bisa melukis. [36] [48] Dia membawa serta alat musik petik perak —baik kecapi maupun kecapi —dalam bentuk kepala kuda. [48]

Dengan Alberti, Leonardo mengunjungi rumah Medici dan melalui mereka mengenal para filsuf Humanis yang lebih tua di antaranya Marsiglio Ficino , pendukung Neoplatonisme ; Cristoforo Landino , penulis komentar tentang tulisan-tulisan Klasik, dan John Argyropoulos , guru bahasa Yunani dan penerjemah Aristoteles adalah yang terkemuka. Juga terkait dengan Akademi Platonis Medici adalah kontemporer Leonardo, penyair muda yang brilian dan filsuf Pico della Mirandola . [39] [41] [49] Pada tahun 1482, Leonardo dikirim sebagai duta besar oleh Lorenzo de' Medici ke Ludovico il Moro , yang memerintahMilan antara 1479 dan 1499. [39] [13]

Periode Milan pertama (c. 1482–1499)

Perawan Batu , c.  1483–1493 , [d 2] Versi Louvre

Leonardo bekerja di Milan dari 1482 sampai 1499. Dia ditugaskan untuk melukis Perawan Batu untuk Persaudaraan Dikandung Tanpa Noda dan Perjamuan Terakhir untuk biara Santa Maria delle Grazie . [50] Pada musim semi 1485, Leonardo melakukan perjalanan ke Hongaria atas nama Sforza untuk bertemu raja Matthias Corvinus , dan ditugaskan olehnya untuk melukis Madonna . [51] Leonardo dipekerjakan di banyak proyek lain untuk Sforza, termasuk persiapan kendaraan hias dan kontes untuk acara-acara khusus, menggambar dan model kayu untuk kompetisi merancang kubah untukKatedral Milan (yang ia tarik), [52] dan model monumen berkuda besar untuk pendahulu Ludovico, Francesco Sforza . Ini akan melampaui ukuran hanya dua patung berkuda besar dari Renaisans, Donatello 's Gattamelata di Padua dan Verrocchio's Bartolomeo Colleoni di Venesia, dan dikenal sebagai Gran Cavallo . [36] Leonardo menyelesaikan model untuk kuda dan membuat rencana rinci untuk casting , [36] tetapi pada bulan November 1494, Ludovico memberikan perunggu kepada saudara iparnya untuk digunakan sebagai meriam untuk mempertahankan kota dariCharles VIII dari Prancis . [36]

Salaì , atau Il Salaino ("Si Kecil Yang Tidak Bersih," yaitu, iblis), memasuki rumah tangga Leonardo pada tahun 1490 sebagai asisten. Setelah hanya satu tahun, Leonardo membuat daftar pelanggarannya, menyebutnya "pencuri, pembohong, keras kepala, dan pelahap," setelah dia kabur dengan uang dan barang berharga setidaknya lima kali dan menghabiskan banyak uang untuk pakaian. [53] Namun demikian, Leonardo memperlakukannya dengan sangat memanjakan, dan ia tetap tinggal di rumah Leonardo selama tiga puluh tahun berikutnya. [54] Salaì mengeksekusi sejumlah lukisan atas nama Andrea Salaì, tetapi meskipun Vasari mengklaim bahwa Leonardo "mengajarinya banyak hal tentang melukis", [‡ 3] karyanya umumnya dianggap kurang artistik dibandingkan karya-karya Leonardo lainnya. murid,Marco d'Oggiono dan Boltraffio .

Periode Florentine Kedua (1500–1508)

Ketika Ludovico Sforza digulingkan oleh Prancis pada tahun 1500, Leonardo melarikan diri dari Milan ke Venesia , ditemani oleh asistennya Salaì dan temannya, ahli matematika Luca Pacioli . [56] Di Venesia, Leonardo dipekerjakan sebagai arsitek dan insinyur militer, merancang metode untuk mempertahankan kota dari serangan angkatan laut. [35] Sekembalinya ke Florence pada tahun 1500, ia dan keluarganya adalah tamu dari para biarawan Servite di biara Santissima Annunziata dan diberi bengkel di mana, menurut Vasari, Leonardo membuat kartun The Virgin and Child dengan St. Anne dan St. Yohanes Pembaptis, sebuah karya yang sangat dikagumi sehingga "pria [dan] wanita, tua dan muda" berbondong-bondong untuk melihatnya "seolah-olah mereka pergi ke festival yang khidmat." [‡ 3] [n]

Di Cesena pada tahun 1502, Leonardo memasuki layanan Cesare Borgia , putra Paus Alexander VI , bertindak sebagai arsitek dan insinyur militer dan bepergian ke seluruh Italia dengan pelindungnya. [56] Leonardo membuat peta benteng Cesare Borgia, sebuah rencana kota Imola untuk memenangkan perlindungannya. Setelah melihatnya, Cesare mempekerjakan Leonardo sebagai kepala insinyur dan arsitek militernya . Belakangan di tahun itu, Leonardo menghasilkan peta lain untuk pelindungnya, salah satu Lembah Chiana, Tuscany, untuk memberi pelindungnya hamparan tanah yang lebih baik dan posisi strategis yang lebih besar. Dia membuat peta ini bersama dengan proyeknya yang lain untuk membangun bendungan dari laut ke Florence, untuk memungkinkan pasokan air untuk menopang kanal selama semua musim.

Leonardo telah meninggalkan layanan Borgia dan kembali ke Florence pada awal 1503, [58] di mana ia bergabung kembali dengan Persekutuan Saint Luke pada 18 Oktober tahun itu. Pada bulan yang sama, Leonardo mulai mengerjakan potret Lisa del Giocondo , model untuk Mona Lisa , [59] [60] yang akan terus ia kerjakan sampai usia senjanya. Pada Januari 1504, ia menjadi bagian dari komite yang dibentuk untuk merekomendasikan di mana patung Daud karya Michelangelo harus ditempatkan. [61] Dia kemudian menghabiskan dua tahun di Florence merancang dan melukis mural Pertempuran Anghiari untuk Signoria, [56]dengan Michelangelo merancang karya pendampingnya, The Battle of Cascina . [Hai]

Pada 1506, Leonardo dipanggil ke Milan oleh Charles II d'Amboise , penjabat gubernur Prancis di kota tersebut. [64] Di sana, Leonardo mengambil murid lain, Pangeran Francesco Melzi , putra seorang bangsawan Lombardia , yang dianggap sebagai murid favoritnya. [35] The Council of Florence berharap Leonardo untuk kembali segera untuk menyelesaikan Pertempuran Anghiari , tapi ia diberi cuti atas perintah Louis XII , yang dianggap komisioning seniman untuk membuat beberapa potret. [64] Leonardo mungkin telah memulai proyek untuk sosok berkuda d'Amboise; [65] model lilin bertahan dan, jika asli, adalah satu-satunya contoh patung Leonardo yang masih ada. Leonardo dinyatakan bebas untuk mengejar kepentingan ilmiahnya. [64] Banyak murid Leonardo yang paling terkemuka mengenal atau bekerja dengannya di Milan, [35] termasuk Bernardino Luini , Giovanni Antonio Boltraffio , dan Marco d'Oggiono . Pada tahun 1507, Leonardo berada di Florence untuk menyelesaikan perselisihan dengan saudara-saudaranya mengenai harta warisan ayahnya, yang telah meninggal pada tahun 1504.

Periode Milan kedua (1508-1513)

Pada 1508, Leonardo kembali ke Milan, tinggal di rumahnya sendiri di Porta Orientale di paroki Santa Babila. [66]

Pada tahun 1512, Leonardo sedang mengerjakan rencana untuk monumen berkuda untuk Gian Giacomo Trivulzio , tetapi ini dicegah oleh invasi konfederasi pasukan Swiss, Spanyol dan Venesia, yang mengusir Prancis dari Milan. Leonardo tinggal di kota, menghabiskan beberapa bulan pada tahun 1513 di vila Vaprio d'Adda Medici . [67]

Roma dan Prancis (1513-1519)

Banjir apokaliptik yang digambar dengan kapur hitam oleh Leonardo menjelang akhir hidupnya (bagian dari seri 10, dipasangkan dengan deskripsi tertulis di buku catatannya) [68]

Pada bulan Maret 1513, putra Lorenzo de' Medici, Giovanni, mengambil alih kepausan (sebagai Leo X); Leonardo pergi ke Roma pada bulan September itu, di mana ia diterima oleh saudara paus, Giuliano . [67] Dari September 1513 hingga 1516, Leonardo menghabiskan sebagian besar waktunya tinggal di Belvedere Courtyard di Istana Apostolik , di mana Michelangelo dan Raphael sama-sama aktif. [66] Leonardo diberi tunjangan 33 dukat sebulan, dan menurut Vasari, menghiasi kadal dengan sisik yang dicelupkan ke dalam air raksa . [69]Paus memberinya komisi melukis dengan subjek yang tidak diketahui, tetapi membatalkannya ketika sang seniman mulai mengembangkan jenis pernis baru . [69] [p] Leonardo jatuh sakit, yang mungkin merupakan serangan pertama dari beberapa pukulan yang menyebabkan kematiannya. [69] Ia berlatih botani di Taman Kota Vatikan , dan ditugaskan untuk membuat rencana pengeringan Rawa Pontine yang diusulkan oleh paus . [70] Dia juga membedah mayat , membuat catatan untuk risalah tentang pita suara ; [71] ini dia berikan kepada seorang pejabat dengan harapan mendapatkan kembali dukungan paus, tetapi tidak berhasil.[69]

Pada Oktober 1515, Raja Francis I dari Prancis merebut kembali Milan. [47] Leonardo hadir pada pertemuan 19 Desember Francis I dan Leo X, yang berlangsung di Bologna. [35] [72] [73] Pada tahun 1516, Leonardo memasuki dinas Francis, diberi penggunaan rumah bangsawan Clos Lucé , dekat kediaman raja di kerajaan Château d'Amboise . Karena sering dikunjungi oleh Francis, ia menggambar rencana untuk sebuah kota kastil besar yang ingin didirikan raja di Romorantin , dan membuat singa mekanis, yang selama kontes berjalan menuju raja dan—setelah dipukul dengan tongkat—membuka dadanya untuk mengungkapkan sekelompok bunga lili. [74] [‡ 3][q] Leonardo selama ini ditemani oleh teman dan muridnya Francesco Melzi, dan didukung oleh pensiunan sebesar 10.000  scudi . [66] Pada titik tertentu, Melzi menggambar potret Leonardo ; satu - satunya orang lain yang diketahui dari masa hidupnya adalah sketsa oleh asisten tak dikenal di belakang salah satu studi Leonardo ( c.  1517 ) [76] dan gambar oleh Giovanni Ambrogio Figino menggambarkan Leonardo tua dengan lengan kanannya diredakan oleh kain. [77] [r] Yang terakhir, selain catatan kunjungan Louis d'Aragon Oktober 1517, [s]menegaskan laporan tangan kanan Leonardo menjadi lumpuh pada usia 65, [80] yang mungkin menunjukkan mengapa ia meninggalkan karya seperti Mona Lisa yang belum selesai. [78] [81] [82] Dia terus bekerja pada kapasitas tertentu sampai akhirnya jatuh sakit dan terbaring di tempat tidur selama beberapa bulan. [80]

Kematian

Gambar Château d'Amboise ( c.  1518 ) yang dikaitkan dengan Francesco Melzi

Leonardo meninggal di Clos Lucé pada 2 Mei 1519 pada usia 67 tahun, kemungkinan karena stroke. [83] [82] [84] Francis I telah menjadi teman dekat. Vasari menggambarkan Leonardo sebagai meratap di ranjang kematiannya, penuh pertobatan, bahwa "dia telah tersinggung terhadap Tuhan dan manusia dengan gagal untuk mempraktekkan seni seperti yang seharusnya dia lakukan." [85] Vasari menyatakan bahwa di hari-hari terakhirnya, Leonardo mengirim seorang imam untuk membuat pengakuannya dan menerima Sakramen Suci . [‡ 4] Vasari juga mencatat bahwa raja memegang kepala Leonardo di lengannya saat ia meninggal, meskipun cerita ini mungkin legenda daripada fakta. [t] [u]Sesuai dengan wasiatnya, enam puluh pengemis membawa lancip mengikuti peti mati Leonardo. [49] [v] Melzi adalah pewaris dan pelaksana utama, menerima, serta uang, lukisan, peralatan, perpustakaan, dan barang pribadi Leonardo. Murid dan teman lama Leonardo lainnya, Salaì, dan pelayannya Baptista de Vilanis, masing-masing menerima setengah dari kebun anggur Leonardo . [87] Saudara-saudaranya menerima tanah, dan wanita pelayannya menerima jubah berlapis bulu. Pada 12 Agustus 1519, jenazah Leonardo dikebumikan di Gereja Collegiate Saint Florentin di Château d'Amboise. [88]

Salaì memiliki Mona Lisa pada saat kematiannya pada tahun 1524, dan dalam wasiatnya itu dinilai pada 505 lira, penilaian yang sangat tinggi untuk potret panel kecil. [89] Sekitar 20 tahun setelah kematian Leonardo, Francis dilaporkan oleh pandai emas dan pematung Benvenuto Cellini mengatakan: "Tidak pernah ada orang lain yang lahir di dunia yang tahu sebanyak Leonardo, tidak begitu banyak tentang lukisan, patung dan arsitektur. , karena dia adalah seorang filsuf yang sangat hebat." [90]

Kehidupan pribadi

Santo Yohanes Pembaptis c.  1507–1516 , [d 3] Louvre. Leonardo diperkirakan telah menggunakan Salaì sebagai model.

Terlepas dari ribuan halaman yang ditinggalkan Leonardo di buku catatan dan manuskrip, dia jarang mengacu pada kehidupan pribadinya. [2]

Dalam masa hidup Leonardo, kekuatan penemuannya yang luar biasa, "keindahan fisik yang luar biasa" dan "rahmat yang tak terbatas", seperti yang dijelaskan oleh Vasari , [‡ 5] serta semua aspek lain dalam hidupnya, menarik keingintahuan orang lain. Salah satu aspek tersebut adalah kecintaannya pada hewan, kemungkinan termasuk vegetarianisme dan menurut Vasari, kebiasaan membeli burung yang dikurung dan melepaskannya. [91] [‡ 6]

Leonardo memiliki banyak teman yang sekarang terkenal baik di bidangnya maupun karena signifikansi historisnya. Mereka termasuk ahli matematika Luca Pacioli , [92] dengan siapa dia berkolaborasi pada buku Divina Proporsione pada 1490-an. Leonardo tampaknya tidak memiliki hubungan dekat dengan wanita kecuali persahabatannya dengan Cecilia Gallerani dan dua saudara perempuan Este, Beatrice dan Isabella . [93] Saat dalam perjalanan yang membawanya melalui Mantua , ia menggambar potret Isabella yang tampaknya telah digunakan untuk membuat potret yang dilukis, sekarang hilang. [35]

Di luar persahabatan, Leonardo merahasiakan kehidupan pribadinya. Seksualitasnya telah menjadi subjek sindiran, analisis, dan spekulasi. Tren ini dimulai pada pertengahan abad ke-16 dan dihidupkan kembali pada abad ke-19 dan ke-20, terutama oleh Sigmund Freud dalam karyanya Leonardo da Vinci, A Memory of His Childhood . [94] Hubungan paling intim Leonardo mungkin dengan murid-muridnya Salaì dan Melzi. Melzi, menulis untuk memberi tahu saudara-saudara Leonardo tentang kematiannya, menggambarkan perasaan Leonardo terhadap murid-muridnya sebagai cinta dan gairah. Telah diklaim sejak abad ke-16 bahwa hubungan ini bersifat seksual atau erotis. Catatan pengadilan tahun 1476, ketika dia berusia dua puluh empat tahun, menunjukkan bahwa Leonardo dan tiga pemuda lainnya didakwa melakukan sodomi dalam sebuah insiden yang melibatkan seorang pelacur pria terkenal. Tuduhan dibatalkan karena kurangnya bukti, dan ada spekulasi bahwa karena salah satu terdakwa, Lionardo de Tornabuoni, terkait dengan Lorenzo de' Medici, keluarga menggunakan pengaruhnya untuk mengamankan pemecatan. [95] Sejak tanggal itu banyak yang telah ditulis tentang dugaan homoseksualitasnya [96] dan perannya dalam seninya, khususnya dalamandrogini dan erotisme diwujudkan dalam Santo Yohanes Pembaptis dan Bacchus dan lebih eksplisit dalam sejumlah gambar erotis. [97]

Lukisan

Terlepas dari kesadaran dan kekaguman Leonardo baru-baru ini sebagai ilmuwan dan penemu, selama empat ratus tahun, ketenarannya bertumpu pada prestasinya sebagai pelukis. Beberapa karya yang diautentikasi atau dikaitkan dengannya telah dianggap sebagai salah satu karya agung. Lukisan-lukisan ini terkenal dengan berbagai kualitas yang telah banyak ditiru oleh mahasiswa dan dibahas panjang lebar oleh para penikmat dan kritikus. Pada 1490-an Leonardo sudah digambarkan sebagai pelukis "Ilahi". [98]

Di antara kualitas yang membuat karya Leonardo unik adalah teknik inovatifnya untuk meletakkan cat; pengetahuan rinci tentang anatomi, cahaya, botani dan geologi; minatnya pada fisiognomi dan cara manusia mencatat emosi dalam ekspresi dan gerak tubuh; penggunaan inovatif bentuk manusia dalam komposisi kiasan; dan penggunaan gradasi nada yang halus. Semua kualitas ini menyatu dalam karya lukisnya yang paling terkenal, Mona Lisa , Perjamuan Terakhir , dan Perawan Batu . [99]

Karya awal

Pengumuman c.  1472–1476 , [w 4] Uffizi , dianggap sebagai karya lengkap Leonardo yang paling awal

Leonardo pertama kali mendapat perhatian untuk karyanya tentang Pembaptisan Kristus , yang dilukis bersama dengan Verrocchio. Dua lukisan lain muncul dari masanya di bengkel Verrocchio, keduanya adalah Annunciations . Salah satunya berukuran kecil, panjangnya 59 sentimeter (23 inci) dan tinggi 14 cm (5,5 inci). Ini adalah " predella " untuk pergi di dasar komposisi yang lebih besar, sebuah lukisan oleh Lorenzo di Credi dari mana ia telah menjadi terpisah. Yang lainnya adalah karya yang jauh lebih besar, panjangnya 217 cm (85 in). [100] Dalam kedua Annunciations, Leonardo menggunakan pengaturan formal, seperti dua gambar terkenal oleh Fra Angelico dari subjek yang sama, dari Perawan Mariaduduk atau berlutut di sebelah kanan gambar, didekati dari kiri oleh seorang malaikat dalam profil, dengan pakaian yang mengalir, sayap terangkat dan membawa bunga bakung. Meskipun sebelumnya dikaitkan dengan Ghirlandaio, karya yang lebih besar sekarang umumnya dikaitkan dengan Leonardo. [101]

Dalam lukisan yang lebih kecil, Maria mengalihkan pandangannya dan melipat tangannya dalam gerakan yang melambangkan penyerahan diri pada kehendak Tuhan. Maria tidak tunduk, bagaimanapun, dalam bagian yang lebih besar. Gadis itu, yang disela dalam bacaannya oleh utusan yang tak terduga ini, meletakkan jarinya di dalam Alkitab untuk menandai tempat itu dan mengangkat tangannya sebagai isyarat formal untuk menyapa atau memberi kejutan. [33] Wanita muda yang tenang ini tampaknya menerima perannya sebagai Bunda Allah , bukan dengan pasrah tetapi dengan percaya diri. Dalam lukisan ini, Leonardo muda menampilkan wajah humanis Perawan Maria, mengakui peran manusia dalam inkarnasi Tuhan.

Lukisan tahun 1480-an

Lukisan yang belum selesai dari Saint Jerome di Wilderness c.  1480–1490 , [ h 5] Vatikan

Pada 1480-an, Leonardo menerima dua komisi yang sangat penting dan memulai pekerjaan lain yang sangat penting dalam hal komposisi. Dua dari tiga tidak pernah selesai, dan yang ketiga memakan waktu sangat lama sehingga harus melalui negosiasi panjang untuk penyelesaian dan pembayaran.

Salah satu lukisan ini adalah Saint Jerome in the Wilderness , yang dikaitkan Bortolon dengan masa sulit kehidupan Leonardo, sebagaimana dibuktikan dalam buku hariannya: "Saya pikir saya sedang belajar untuk hidup; saya hanya belajar untuk mati." [35] Meskipun lukisannya baru saja dimulai, komposisinya dapat dilihat dan sangat tidak biasa. [w] Jerome , sebagai peniten , menempati bagian tengah gambar, diatur sedikit diagonal dan dilihat agak dari atas. Bentuk berlututnya mengambil bentuk trapesium, dengan satu tangan direntangkan ke tepi luar lukisan dan pandangannya melihat ke arah yang berlawanan. J. Wasserman menunjukkan hubungan antara lukisan ini dan studi anatomi Leonardo. [102]Di latar depan membentangkan simbolnya, seekor singa besar yang tubuh dan ekornya membentuk spiral ganda melintasi dasar ruang gambar. Fitur luar biasa lainnya adalah lanskap samar bebatuan terjal di mana sosok itu menjadi siluet.

Tampilan berani dari komposisi figur, elemen lanskap dan drama pribadi juga muncul dalam mahakarya besar yang belum selesai, Adoration of the Magi , sebuah komisi dari Monks of San Donato a Scopeto. Ini adalah komposisi yang kompleks, sekitar 250 x 250 sentimeter. Leonardo melakukan banyak gambar dan studi persiapan, termasuk yang terperinci dalam perspektif linier dari arsitektur klasik yang hancur yang merupakan bagian dari latar belakang. Pada 1482 Leonardo pergi ke Milan atas perintah Lorenzo de' Medici untuk memenangkan hati Ludovico il Moro, dan lukisan itu ditinggalkan. [13]

Wanita dengan Ermine , c.  1489–1491 , [ h 6] Museum Czartoryski , Kraków , Polandia

Karya penting ketiga pada periode ini adalah Virgin of the Rocks , yang ditugaskan di Milan untuk Confraternity of the Immaculate Conception. Lukisan itu, yang akan dikerjakan dengan bantuan saudara-saudara de Predis , akan mengisi sebuah altar besar yang kompleks . [103] Leonardo memilih untuk melukiskan momen apokrif dari masa bayi Kristus ketika bayi Yohanes Pembaptis , dalam perlindungan seorang malaikat, bertemu dengan Keluarga Kudus di jalan menuju Mesir. Lukisan itu menunjukkan keindahan yang menakutkan saat sosok anggun berlutut dalam pemujaan di sekitar bayi Kristus di lanskap liar batu berjatuhan dan air yang berputar. [104] Meskipun lukisannya cukup besar, sekitar 200x120 sentimeter, itu tidak serumit lukisan yang dipesan oleh para biarawan St Donato, hanya memiliki empat angka daripada sekitar lima puluh dan lanskap berbatu daripada detail arsitektur. Lukisan itu akhirnya selesai; sebenarnya, dua versi lukisan itu selesai: satu tetap di kapel Persaudaraan, sementara Leonardo membawa yang lain ke Prancis. Brothers tidak mendapatkan lukisan mereka, bagaimanapun, atau de Predis pembayaran mereka, sampai abad berikutnya. [36] [56]

Potret Leonardo yang paling luar biasa pada periode ini adalah Lady with an Ermine , yang dianggap sebagai Cecilia Gallerani ( c.  1483–1490 ), kekasih Ludovico Sforza. [105] [106] Lukisan ini dicirikan oleh pose sosok dengan kepala menghadap ke sudut yang sangat berbeda dengan batang tubuh, tidak biasa pada tanggal ketika banyak potret masih kaku di profil. Cerpelai dengan jelas membawa makna simbolis, berkaitan dengan pengasuh, atau dengan Ludovico yang termasuk dalam Ordo Ermine yang bergengsi . [105]

Lukisan tahun 1490-an

Perjamuan Terakhir , [d 7] Biara Santa Maria delle Grazie , Milan, Italia ( c.  1492–1498 )

Lukisan Leonardo yang paling terkenal pada tahun 1490-an adalah The Last Supper , ditugaskan untuk ruang makan Biara Santa Maria della Grazie di Milan. Ini mewakili perjamuan terakhir yang dibagikan oleh Yesus dengan murid-muridnya sebelum penangkapan dan kematiannya, dan menunjukkan saat ketika Yesus baru saja mengatakan "salah satu dari kamu akan mengkhianati Aku", dan ketakutan yang disebabkan oleh pernyataan ini. [36]

Penulis Matteo Bandello mengamati Leonardo di tempat kerja dan menulis bahwa beberapa hari dia akan melukis dari fajar hingga senja tanpa berhenti untuk makan dan kemudian tidak melukis selama tiga atau empat hari sekaligus. [107] Ini di luar pemahaman prior biara, yang memburunya sampai Leonardo meminta Ludovico untuk campur tangan. Vasari menggambarkan bagaimana Leonardo, yang terganggu dengan kemampuannya untuk menggambarkan wajah Kristus dan pengkhianat Yudas , mengatakan kepada sang duke bahwa dia mungkin diwajibkan untuk menggunakan prior sebagai modelnya. [‡ 7]

Lukisan itu diakui sebagai mahakarya desain dan karakterisasi, [‡ 8] tetapi rusak dengan cepat, sehingga dalam seratus tahun digambarkan oleh seorang penonton sebagai "hancur total." [108] Leonardo, alih-alih menggunakan teknik fresco yang andal, telah menggunakan tempera di atas tanah yang sebagian besar gesso , sehingga permukaannya mudah berjamur dan mengelupas. [109] Meskipun demikian, lukisan itu tetap menjadi salah satu karya seni yang paling banyak direproduksi; salinan yang tak terhitung jumlahnya telah dibuat dalam berbagai media.

Tercatat bahwa pada tahun 1492, Leonardo, dengan asistennya melukis Sala delle Asse di Kastil Sforza di Milan, dengan trompe-l'œil yang menggambarkan pepohonan, dengan labirin daun dan simpul yang rumit di langit-langit. [110]

Lukisan abad ke-16

Mona Lisa atau La Gioconda c.  1503–1516 , [ h 8] Louvre , Paris

Pada tahun 1505 Leonardo ditugaskan untuk melukis Pertempuran Anghiari di Salone dei Cinquecento (Aula Lima Ratus) di Palazzo Vecchio , Florence. Leonardo merancang komposisi dinamis yang menggambarkan empat pria menunggangi kuda perang yang mengamuk terlibat dalam pertempuran untuk memiliki standar, pada Pertempuran Anghiari pada tahun 1440. Michelangelo ditugaskan di dinding yang berlawanan untuk menggambarkan Pertempuran Cascina . Lukisan Leonardo memburuk dengan cepat dan sekarang dikenal dari salinan oleh Rubens . [111]

Di antara karya-karya yang dibuat oleh Leonardo pada abad ke-16 adalah potret kecil yang dikenal sebagai Mona Lisa atau La Gioconda , yang tertawa. Di era sekarang, ini bisa dibilang lukisan paling terkenal di dunia. Ketenarannya terletak, khususnya, pada senyum yang sulit dipahami di wajah wanita itu, kualitasnya yang misterius mungkin karena sudut mulut dan mata yang samar sehingga sifat pasti dari senyum itu tidak dapat ditentukan. Kualitas bayangan yang membuat karya itu terkenal kemudian disebut " sfumato ", atau asap Leonardo. Vasari menulis bahwa senyum itu "sangat menyenangkan sehingga tampak lebih ilahi daripada manusia, dan itu dianggap sebagai hal yang menakjubkan bahwa senyum itu semarak senyum asli yang hidup." [‡ 9]

Ciri lain dari lukisan itu adalah gaun tanpa hiasan, di mana mata dan tangan tidak memiliki persaingan dari detail lainnya; latar belakang lanskap yang dramatis, di mana dunia tampak dalam keadaan berubah-ubah; pewarnaan yang lembut; dan sifat alami dari teknik melukis yang sangat halus, menggunakan minyak yang dioleskan seperti tempera , dan dicampur di permukaan sehingga sapuan kuas tidak dapat dibedakan. [112] Vasari menyatakan bahwa kualitas lukisan itu bahkan akan membuat "master yang paling percaya diri ... putus asa dan putus asa." [‡ 10] Kondisi pelestarian yang sempurna dan fakta bahwa tidak ada tanda perbaikan atau pengecatan berlebih jarang terjadi pada lukisan panel pada tanggal ini. [113]

Dalam lukisan Virgin and Child with St. Anne , komposisinya kembali mengambil tema figur dalam lanskap, yang digambarkan Wasserman sebagai "sangat indah" [114] dan kembali ke gambar St Jerome dengan figur yang diatur miring sudut. Apa yang membuat lukisan ini tidak biasa adalah bahwa ada dua sosok yang dipasang miring. Maria duduk di atas lutut ibunya, St Anne. Dia mencondongkan tubuh ke depan untuk menahan Anak Kristus saat dia bermain kasar dengan seekor domba, tanda pengorbanannya sendiri yang akan datang. [36] Lukisan ini, yang disalin berkali-kali, memengaruhi Michelangelo, Raphael, dan Andrea del Sarto , [115] dan melalui mereka Pontormo dan Correggio. Tren komposisi diadopsi secara khusus oleh pelukis Venesia Tintoretto dan Veronese .

Gambar

Dianggap potret diri Leonardo (c. 1510) di Royal Library of Turin , Italia.

Leonardo adalah seorang juru gambar yang produktif, membuat jurnal penuh sketsa kecil dan gambar rinci merekam segala macam hal yang menarik perhatiannya. Selain jurnal terdapat banyak penelitian untuk lukisan, beberapa di antaranya dapat diidentifikasi sebagai persiapan untuk karya-karya tertentu seperti The Adoration of the Magi , The Virgin of the Rocks dan The Last Supper . [116] Gambarnya yang paling awal adalah Lanskap Lembah Arno , 1473, yang menunjukkan sungai, pegunungan, Kastil Montelupo dan lahan pertanian di luarnya dengan sangat rinci. [35] [116] [x] Beberapa sarjana, termasuk sejarawan seni Ludwig Heydenreich, telah mengutip gambar sebagai lanskap pertama dalam seni, [117] [44] meskipun contoh sebelumnya diketahui. [118] [119]

Di antara gambarnya yang terkenal adalah Vitruvian Man , sebuah studi tentang proporsi tubuh manusia; yang Kepala Malaikat , untuk The Virgin of the Rocks di Louvre ; studi botani Star of Betlehem ; dan sebuah gambar besar (160×100 cm) dengan kapur hitam di atas kertas berwarna The Virgin and Child bersama St. Anne dan St. John the Baptist di National Gallery, London. [116] Gambar ini menggunakan teknik bayangan sfumato yang halus , seperti Mona Lisa . Diperkirakan bahwa Leonardo tidak pernah membuat lukisan darinya, kemiripan yang paling dekat adalah The Virgin and Child dengan St. Annedi Louvre. [120]

Prajurit antik di profil , c.  1472

Gambar menarik lainnya termasuk banyak penelitian yang umumnya disebut sebagai "karikatur" karena, meskipun dibesar-besarkan, tampaknya didasarkan pada pengamatan model hidup. Vasari menceritakan bahwa Leonardo akan mencari wajah-wajah menarik di depan umum untuk digunakan sebagai model untuk beberapa karyanya. [‡ 7] Ada banyak penelitian tentang pria muda yang cantik, sering dikaitkan dengan Salaì, dengan fitur wajah yang langka dan banyak dikagumi, yang disebut "profil Yunani". [y] Wajah-wajah ini sering dikontraskan dengan wajah seorang pejuang. [116]Salaì sering digambarkan dalam kostum kostum. Leonardo diketahui telah merancang set untuk kontes yang mungkin terkait dengan ini. Gambar-gambar lain, yang seringkali sangat teliti, menunjukkan studi tentang gorden. Perkembangan yang nyata dalam kemampuan Leonardo untuk menggambar gorden terjadi pada karya-karya awalnya. Gambar lain yang sering direproduksi adalah sketsa mengerikan yang dibuat oleh Leonardo di Florence pada 1479 yang menunjukkan tubuh Bernardo Baroncelli , digantung sehubungan dengan pembunuhan Giuliano, saudara laki-laki Lorenzo de' Medici, dalam konspirasi Pazzi . [116] Dalam catatannya, Leonardo mencatat warna jubah yang dikenakan Baroncelli saat dia meninggal.

Seperti dua arsitek kontemporer Donato Bramante (yang merancang Belvedere Courtyard) dan Antonio da Sangallo the Elder , Leonardo bereksperimen dengan desain untuk gereja yang direncanakan secara terpusat, beberapa di antaranya muncul dalam jurnalnya, baik sebagai rencana dan pandangan, meskipun tidak ada yang pernah direalisasikan. . [39] [121]

Jurnal dan catatan

Humanisme Renaisans tidak mengakui polaritas yang saling eksklusif antara sains dan seni, dan studi Leonardo dalam sains dan teknik terkadang dianggap sama mengesankan dan inovatifnya dengan karya seninya. [36] Studi-studi ini dicatat dalam 13.000 halaman catatan dan gambar, yang memadukan seni dan filsafat alam (pendahulu ilmu pengetahuan modern). Mereka dibuat dan dipelihara setiap hari sepanjang hidup dan perjalanan Leonardo, saat dia melakukan pengamatan terus-menerus terhadap dunia di sekitarnya. [36]Catatan dan gambar Leonardo menampilkan berbagai macam minat dan keasyikan, beberapa sama biasa saja seperti daftar belanjaan dan orang-orang yang berutang uang kepadanya dan beberapa sama menariknya dengan desain sayap dan sepatu untuk berjalan di atas air. Ada komposisi untuk lukisan, studi detail dan tirai, studi wajah dan emosi, hewan, bayi, pembedahan, studi tanaman, formasi batuan, pusaran air, mesin perang, mesin terbang, dan arsitektur. [36]

Sebuah halaman yang menunjukkan studi Leonardo tentang janin di dalam rahim ( c.  1510 ), Perpustakaan Kerajaan, Kastil Windsor

Buku catatan ini—awalnya kertas-kertas lepas dengan berbagai jenis dan ukuran—sebagian besar dipercayakan kepada murid Leonardo dan pewaris Francesco Melzi setelah kematian sang master. [122] Ini akan diterbitkan, tugas kesulitan luar biasa karena ruang lingkup dan tulisan istimewa Leonardo. [123] Beberapa gambar Leonardo disalin oleh seorang seniman Milan anonim untuk risalah yang direncanakan pada seni c.  1570 . [124] Setelah kematian Melzi pada tahun 1570, koleksi tersebut diberikan kepada putranya, pengacara Orazio, yang awalnya tidak terlalu tertarik pada jurnal. [122] Pada tahun 1587, seorang guru rumah tangga Melzi bernama Lelio Gavardi membawa 13 manuskrip ke Pisa; di sana, arsitek Giovanni Magentamencela Gavardi karena telah mengambil manuskrip secara ilegal dan mengembalikannya ke Orazio. Memiliki lebih banyak karya seperti itu, Orazio menghadiahkan jilid-jilid itu kepada Magenta. Penyebaran berita tentang karya-karya Leonardo yang hilang ini, dan Orazio menemukan tujuh dari 13 manuskrip, yang kemudian ia berikan kepada Pompeo Leoni untuk diterbitkan dalam dua jilid; salah satunya adalah Codex Atlanticus . Enam karya lainnya telah dibagikan kepada beberapa orang lainnya. [125] Setelah kematian Orazio, ahli warisnya menjual sisa barang milik Leonardo, dan dengan demikian mulai menyebar. [126]

Beberapa karya telah menjadi koleksi utama seperti Perpustakaan Kerajaan di Kastil Windsor , Louvre , Biblioteca Nacional de España , Museum Victoria dan Albert , Biblioteca Ambrosiana di Milan, yang menyimpan 12 jilid Codex Atlanticus, dan British Library di London, yang telah menempatkan pilihan dari Codex Arundel (BL Arundel MS 263) secara online. [127] Karya juga telah di Holkham Hall , Metropolitan Museum of Art , dan di tangan pribadi John Nicholas Brown I dan Robert Lehman . [122] TheCodex Leicester adalah satu-satunya karya ilmiah besar milik pribadi Leonardo; itu dimiliki oleh Bill Gates dan ditampilkan setahun sekali di berbagai kota di seluruh dunia.

Sebagian besar tulisan Leonardo berada di kursif bayangan cermin . [44] [128] Karena Leonardo menulis dengan tangan kirinya, mungkin lebih mudah baginya untuk menulis dari kanan ke kiri. [129] [z] Leonardo menggunakan berbagai steno dan simbol, dan menyatakan dalam catatannya bahwa ia bermaksud mempersiapkannya untuk diterbitkan. [128] Dalam banyak kasus, satu topik dibahas secara rinci dalam kata-kata dan gambar pada satu lembar, bersama-sama menyampaikan informasi yang tidak akan hilang jika halaman-halamannya diterbitkan secara tidak berurutan. [132] Mengapa mereka tidak diterbitkan selama masa hidup Leonardo tidak diketahui. [36]

Sains dan penemuan

Rhombicuboctahedron sebagaimana diterbitkan dalam Divina Proporsione karya Pacioli (1509)

Pendekatan Leonardo terhadap sains adalah observasional: dia mencoba memahami suatu fenomena dengan menggambarkan dan menggambarkannya secara sangat rinci dan tidak menekankan eksperimen atau penjelasan teoretis. Karena ia tidak memiliki pendidikan formal dalam bahasa Latin dan matematika, para sarjana kontemporer kebanyakan mengabaikan Leonardo sang ilmuwan, meskipun ia belajar sendiri bahasa Latin. Pengamatannya yang tajam di banyak bidang dicatat, seperti ketika ia menulis "Il sole non si move." ("Matahari tidak bergerak.") [133]

Pada 1490-an ia belajar matematika di bawah Luca Pacioli dan menyiapkan serangkaian gambar benda padat beraturan dalam bentuk kerangka untuk diukir sebagai pelat untuk buku Pacioli Divina Proporsione , diterbitkan pada 1509. [36] Saat tinggal di Milan, ia belajar cahaya dari puncak Monte Rosa . [64] Tulisan ilmiah dalam buku catatannya tentang fosil dianggap berpengaruh pada paleontologi awal . [134]

Isi jurnalnya menunjukkan bahwa dia sedang merencanakan serangkaian risalah tentang berbagai mata pelajaran. Sebuah risalah yang koheren tentang anatomi dikatakan telah diamati selama kunjungan sekretaris Kardinal Louis d'Aragon pada tahun 1517. [135] Aspek karyanya pada studi anatomi, cahaya dan lanskap dikumpulkan untuk diterbitkan oleh Melzi dan akhirnya diterbitkan sebagai A Treatise on Painting di Prancis dan Italia pada 1651 dan Jerman pada 1724, [136] dengan ukiran berdasarkan gambar oleh pelukis Klasik Nicolas Poussin . [4]Menurut Arasse, risalah, yang di Prancis masuk ke 62 edisi dalam lima puluh tahun, menyebabkan Leonardo dilihat sebagai "pendahulu pemikiran akademis Prancis tentang seni." [36]

Sementara eksperimen Leonardo mengikuti metode ilmiah, analisis terbaru dan menyeluruh tentang Leonardo sebagai ilmuwan oleh Fritjof Capra berpendapat bahwa Leonardo adalah jenis ilmuwan yang berbeda secara fundamental dari Galileo , Newton dan ilmuwan lain yang mengikutinya dalam hal itu, sebagai " Manusia Renaisans ", teori dan hipotesisnya mengintegrasikan seni dan khususnya lukisan. [137] [ halaman diperlukan ]

Anatomi dan fisiologi

Studi anatomi lengan ( c.  1510 )

Leonardo mulai studinya di anatomi dari tubuh manusia di bawah magang dari Verrocchio, yang menuntut agar murid-muridnya mengembangkan pengetahuan yang mendalam tentang subjek. [138] Sebagai seorang seniman, ia dengan cepat menjadi ahli anatomi topografi , menggambar banyak studi tentang otot , tendon dan fitur anatomi lain yang terlihat.

Sebagai seniman yang sukses, Leonardo diberi izin untuk membedah mayat manusia di Rumah Sakit Santa Maria Nuova di Florence dan kemudian di rumah sakit di Milan dan Roma. Dari tahun 1510 hingga 1511 ia berkolaborasi dalam studinya dengan dokter Marcantonio della Torre . Leonardo membuat lebih dari 240 gambar detail dan menulis sekitar 13.000 kata untuk risalah tentang anatomi. [139] Hanya sedikit materi tentang anatomi yang diterbitkan dalam Risalah Leonardo tentang lukisan . [123] Selama Melzi memesan materi ke dalam bab-bab untuk publikasi, mereka diperiksa oleh sejumlah ahli anatomi dan seniman, termasuk Vasari, Cellini danAlbrecht Dürer , yang membuat sejumlah gambar dari mereka. [123]

Gambar anatomi Leonardo mencakup banyak studi tentang kerangka manusia dan bagian-bagiannya, serta otot dan urat. Dia mempelajari fungsi mekanik kerangka dan kekuatan otot yang diterapkan padanya dengan cara yang mendahului ilmu biomekanik modern . [140] Dia menggambar jantung dan sistem vaskular , organ seks dan organ internal lainnya, membuat salah satu gambar ilmiah pertama janin dalam kandungan . [116] Gambar dan notasinya jauh lebih maju dari zamannya, dan jika diterbitkan pasti akan memberikan kontribusi besar bagi ilmu kedokteran. [139]

Sketsa fisiologis otak dan tengkorak manusia Leonardo ( c.  1510 )

Leonardo juga mengamati dengan cermat dan mencatat efek usia dan emosi manusia pada fisiologi, mempelajari khususnya efek kemarahan. Dia menggambar banyak sosok yang memiliki kelainan bentuk wajah yang signifikan atau tanda-tanda penyakit. [36] [116] Leonardo juga mempelajari dan menggambar anatomi banyak hewan, membedah sapi, burung, monyet, beruang, dan katak, dan membandingkan struktur anatomi mereka dengan manusia dalam gambarnya. Dia juga membuat sejumlah studi tentang kuda. [116]

Pembedahan Leonardo dan dokumentasi otot, saraf, dan pembuluh darah membantu menggambarkan fisiologi dan mekanika gerakan. Dia berusaha mengidentifikasi sumber 'emosi' dan ekspresinya. Dia merasa sulit untuk menggabungkan sistem dan teori humor tubuh yang berlaku , tetapi akhirnya dia meninggalkan penjelasan fisiologis fungsi tubuh ini. Dia membuat pengamatan bahwa humor tidak terletak di ruang otak atau ventrikel . Dia mendokumentasikan bahwa humor tidak terkandung dalam jantung atau hati, dan bahwa jantunglah yang menentukan sistem peredaran darah. Dia adalah orang pertama yang mendefinisikan aterosklerosis dan sirosis hati. Dia menciptakan model ventrikel serebral dengan menggunakan lilin cair dan membangun aorta kaca untuk mengamati sirkulasi darah melalui katup aorta dengan menggunakan air dan biji rumput untuk mengamati pola aliran. Vesalius menerbitkan karyanya tentang anatomi dan fisiologi di De humani corporis fabrica pada tahun 1543. [141]

Rekayasa dan penemuan

Sebuah desain untuk mesin terbang ( c.  1488 ), pertama kali disajikan dalam Codex tentang Penerbangan Burung .
Sebuah sekrup udara ( c.  1489 ), sugestif dari sebuah helikopter, dari Codex Atlanticus .

Selama hidupnya, Leonardo juga dihargai sebagai seorang insinyur. Dengan pendekatan rasional dan analitis yang sama yang menggerakkannya untuk mewakili tubuh manusia dan untuk menyelidiki anatomi, Leonardo mempelajari dan merancang banyak mesin dan perangkat. Dia menggambar "anatomi" mereka dengan penguasaan yang tak tertandingi, menghasilkan bentuk pertama dari gambar teknis modern, termasuk teknik "tampilan meledak" yang disempurnakan, untuk mewakili komponen internal. Studi dan proyek yang dikumpulkan dalam kodeksnya memenuhi lebih dari 5.000 halaman. [142] Dalam sebuah surat tahun 1482 kepada penguasa Milan Ludovico il Moro, dia menulis bahwa dia bisa membuat segala macam mesin baik untuk perlindungan kota maupun untuk pengepungan. Ketika dia melarikan diri dari Milan ke Venesia pada tahun 1499, dia mendapatkan pekerjaan sebagai seorang insinyur dan merancang sistem barikade yang dapat dipindahkan untuk melindungi kota dari serangan. Pada 1502, ia membuat skema untuk mengalihkan aliran sungai Arno, sebuah proyek yang juga dikerjakan oleh Niccolò Machiavelli . [143] [144] Dia terus merenungkan kanalisasi dataran Lombardy sementara di perusahaan Louis XII [64] dan Loire dan anak-anak sungainya di perusahaan Francis I. [145] Jurnal Leonardo mencakup sejumlah besar penemuan, baik praktis dan tidak praktis. Mereka termasukalat musik , ksatria mekanik , pompa hidrolik, mekanisme engkol reversibel, cangkang mortir bersirip, dan meriam uap . [35] [36]

Gambar Leonardo tentang kereta bersabit dan kendaraan tempur .

Leonardo terpesona oleh fenomena penerbangan untuk sebagian besar hidupnya, menghasilkan banyak penelitian, termasuk Codex tentang Penerbangan Burung ( c.  1505 ), serta rencana untuk beberapa mesin terbang, seperti ornithopter yang mengepak dan mesin dengan rotor heliks . [36] Sebuah film dokumenter 2003 oleh stasiun televisi Inggris Channel Four , berjudul Leonardo's Dream Machines , berbagai desain oleh Leonardo, seperti parasut dan panah raksasa , ditafsirkan dan dibangun. [146] [147] Beberapa dari desain tersebut terbukti berhasil, sementara yang lain bernasib kurang baik saat diuji.

Penelitian yang dilakukan oleh Marc van den Broek mengungkapkan prototipe yang lebih tua untuk lebih dari 100 penemuan yang dianggap berasal dari Leonardo. Kesamaan antara ilustrasi dan gambar Leonardo dari Abad Pertengahan dan dari Yunani Kuno dan Roma, Kekaisaran Cina dan Persia, dan Mesir menunjukkan bahwa sebagian besar penemuan Leonardo telah disusun sebelum masa hidupnya. Inovasi Leonardo adalah menggabungkan fungsi yang berbeda dari draf yang ada dan mengaturnya menjadi adegan yang menggambarkan kegunaannya. Dengan menyusun kembali penemuan teknis, dia menciptakan sesuatu yang baru. [148]

Dalam buku catatannya, Leonardo pertama kali menyatakan 'hukum' gesekan geser pada tahun 1493. [149] Inspirasinya untuk menyelidiki gesekan muncul sebagian dari studinya tentang gerak abadi , yang ia simpulkan dengan benar tidak mungkin. [150] Hasilnya tidak pernah dipublikasikan dan hukum gesekan tidak ditemukan kembali sampai tahun 1699 oleh Guillaume Amontons , dengan nama yang sekarang biasanya dikaitkan. [149] Untuk kontribusi ini, Leonardo dinobatkan sebagai yang pertama dari 23 "Men of Tribology" oleh Duncan Dowson . [151]

Warisan

Patung di luar Uffizi , Florence, oleh Luigi Pampaloni (1791–1847)

Ketenaran Leonardo dalam hidupnya sendiri sedemikian rupa sehingga Raja Prancis membawanya pergi seperti piala, dan diklaim telah mendukungnya di usia tuanya dan memeluknya saat dia meninggal. Ketertarikan pada Leonardo dan karyanya tidak pernah berkurang. Orang banyak masih mengantri untuk melihat karya seninya yang paling terkenal, kaus oblong masih memuat gambarnya yang paling terkenal, dan penulis terus memujinya sebagai seorang jenius sambil berspekulasi tentang kehidupan pribadinya, serta tentang apa yang sebenarnya diyakini oleh orang yang begitu cerdas. [ 36]

Kekaguman berkelanjutan yang diperintahkan Leonardo dari pelukis, kritikus, dan sejarawan tercermin dalam banyak penghargaan tertulis lainnya. Baldassare Castiglione , penulis Il Cortegiano ( The Courtier ), menulis pada tahun 1528: "...Seorang pelukis terhebat di dunia ini memandang rendah seni ini di mana ia tidak ada bandingannya..." [152] sedangkan penulis biografinya dikenal sebagai "Anonimo Gaddiano" menulis, c.  1540 : "Kejeniusannya sangat langka dan universal sehingga dapat dikatakan bahwa alam melakukan keajaiban atas namanya..." [153] Vasari, dalam karyanya Lives of the Artists (1568), membuka babnya tentang Leonardo: [‡ 11]

Dalam peristiwa normal, banyak pria dan wanita dilahirkan dengan bakat luar biasa; tetapi kadang-kadang, dengan cara yang melampaui alam, satu orang secara menakjubkan diberkahi oleh Surga dengan keindahan, anugerah, dan bakat dalam kelimpahan sedemikian rupa sehingga dia meninggalkan orang lain jauh di belakang, semua tindakannya tampak terinspirasi dan memang semua yang dia lakukan jelas-jelas berasal dari Tuhan. daripada dari keterampilan manusia. Semua orang mengakui bahwa ini benar tentang Leonardo da Vinci, seorang seniman dengan kecantikan fisik yang luar biasa, yang menunjukkan keanggunan tak terbatas dalam segala hal yang dia lakukan dan yang mengembangkan kejeniusannya dengan sangat cemerlang sehingga semua masalah yang dia pelajari dia selesaikan dengan mudah.

Abad ke-19 membawa kekaguman khusus untuk kejeniusan Leonardo, menyebabkan Henry Fuseli menulis pada tahun 1801: "Begitulah awal seni modern, ketika Leonardo da Vinci muncul dengan kemegahan yang menjauhkan keunggulan sebelumnya: terdiri dari semua elemen yang membentuk esensi jenius..." [154] Hal ini digaungkan oleh AE Rio yang menulis pada tahun 1861: "Dia menjulang di atas semua seniman lain melalui kekuatan dan kemuliaan bakatnya." [155]

Pada abad ke-19, ruang lingkup buku catatan Leonardo diketahui, serta lukisannya. Hippolyte Taine menulis pada tahun 1866: "Mungkin tidak ada di dunia ini contoh kejeniusan lain yang begitu universal, begitu tidak mampu memenuhi, begitu penuh kerinduan akan yang tak terbatas, begitu halus secara alami, begitu jauh di depan abadnya sendiri dan abad-abad berikutnya. ." [156] Sejarawan seni Bernard Berenson menulis pada tahun 1896: "Leonardo adalah satu-satunya seniman yang dapat dikatakan dengan literal yang sempurna: Tidak ada yang dia sentuh tetapi berubah menjadi sesuatu yang indah abadi. Baik itu penampang tengkorak, struktur rumput liar, atau studi tentang otot, dia, dengan perasaannya terhadap garis dan cahaya dan bayangan, selamanya mengubahnya menjadi nilai-nilai yang mengkomunikasikan kehidupan." [157]

Ketertarikan pada kejeniusan Leonardo terus berlanjut; para ahli mempelajari dan menerjemahkan tulisannya, menganalisis lukisannya menggunakan teknik ilmiah, berdebat tentang atribusi dan mencari karya yang telah direkam tetapi tidak pernah ditemukan. [158] Liana Bortolon, menulis pada tahun 1967, mengatakan: "Karena banyaknya minat yang mendorongnya untuk mengejar setiap bidang pengetahuan...Leonardo dapat dianggap, cukup tepat, sebagai jenius universal par excellence, dan dengan semua nada menggelisahkan yang melekat dalam istilah itu. Manusia hari ini sama tidak nyamannya, dihadapkan dengan seorang jenius, seperti pada abad ke-16. Lima abad telah berlalu, namun kita masih memandang Leonardo dengan kagum." [35] The Elmer Belt Perpustakaan Vinciana adalah koleksi khusus diUniversitas California, Los Angeles . [159]

Museum Leonardo di Vinci , yang menampung banyak koleksi model yang dibangun berdasarkan gambar Leonardo.

Penulis abad kedua puluh satu Walter Isaacson mendasarkan sebagian besar biografinya tentang Leonardo [95] pada ribuan entri buku catatan, mempelajari catatan pribadi, sketsa, notasi anggaran, dan renungan orang yang dianggapnya sebagai inovator terbesar. Isaacson terkejut menemukan sisi "menyenangkan dan menggembirakan" dari Leonardo selain rasa ingin tahunya yang tak terbatas dan kejeniusan kreatifnya. [160]

Pada peringatan 500 tahun kematian Leonardo, Louvre di Paris menyelenggarakan pameran tunggal terbesar karyanya, yang disebut Leonardo , antara November 2019 dan Februari 2020. Pameran ini mencakup lebih dari 100 lukisan, gambar, dan buku catatan. Sebelas lukisan yang diselesaikan Leonardo dalam hidupnya dimasukkan. Lima di antaranya dimiliki oleh Louvre, tetapi Mona Lisa tidak dimasukkan karena sangat diminati oleh pengunjung umum Louvre; itu tetap dipajang di galerinya. Vitruvian Man , bagaimanapun, dipajang setelah pertempuran hukum dengan pemiliknya, Gallerie dell'Accademia di Venesia. Salvator Mundi [aa]juga tidak disertakan karena pemilik Saudi tidak setuju untuk menyewakan pekerjaan tersebut. [163] [164]

The Mona Lisa , dianggap Leonardo magnum opus , sering dianggap sebagai potret paling terkenal yang pernah dibuat. [3] [165] Perjamuan Terakhir adalah lukisan religi yang paling banyak direproduksi sepanjang masa, [166] dan lukisan Vitruvian Man karya Leonardo juga dianggap sebagai ikon budaya . [167]

Lebih dari satu dekade analisis silsilah genetik Leonardo , yang dilakukan oleh Alessandro Vezzosi dan Agnese Sabato, sampai pada kesimpulan pada pertengahan 2021. Ditentukan bahwa artis memiliki 14 kerabat laki-laki yang masih hidup. Pekerjaan itu juga dapat membantu menentukan keaslian sisa-sisa yang dianggap milik Leonardo. [168]

Lokasi peninggalan

Makam di kapel Saint Hubert di Château d'Amboise di mana sebuah plakat menggambarkannya sebagai situs dugaan peninggalan Leonardo.

Sementara Leonardo pasti dimakamkan di gereja perguruan tinggi Saint Florentin di Château d'Amboise pada 12 Agustus 1519, lokasi jenazahnya saat ini tidak jelas. [169] [170] Sebagian besar Château d'Amboise rusak selama Revolusi Prancis , yang menyebabkan pembongkaran gereja pada tahun 1802. [169] Beberapa kuburan dihancurkan dalam proses tersebut, menyebarkan tulang-tulang yang dikebumikan di sana dan dengan demikian meninggalkan keberadaannya sisa-sisa Leonardo dapat diperdebatkan; seorang tukang kebun bahkan mungkin mengubur beberapa di sudut halaman. [169]

Pada tahun 1863, inspektur jenderal seni rupa Arsène Houssaye menerima komisi kekaisaran untuk menggali situs tersebut dan menemukan kerangka yang sebagian lengkap dengan cincin perunggu di satu jari, rambut putih, dan pecahan batu bertuliskan "EO", "AR", " DUS", dan "VINC"—diartikan membentuk "Leonardus Vinci". [88] [169] [171] Tengkorak delapan gigi sesuai dengan seseorang dari sekitar usia yang sesuai dan perisai perak ditemukan di dekat tulang menggambarkan Francis I berjanggut , sesuai dengan penampilan raja selama waktu Leonardo di Prancis. [171]

Houssaye mendalilkan bahwa tengkorak yang luar biasa besar itu merupakan indikator kecerdasan Leonardo; penulis Charles Nicholl menggambarkan ini sebagai " deduksi frenologis yang meragukan ." [169] Pada saat yang sama, Houssaye mencatat beberapa masalah dengan pengamatannya, termasuk bahwa kaki diputar ke arah altar tinggi , sebuah praktik yang umumnya diperuntukkan bagi orang awam , dan bahwa kerangka 1,73 meter (5,7 kaki) tampak terlalu pendek. [171] Sejarawan seni Mary Margaret Heaton menulis pada tahun 1874 bahwa ketinggian akan sesuai untuk Leonardo. [172] Tengkorak itu diduga diserahkan kepada Napoleon IIIsebelum dikembalikan ke Château d'Amboise, di mana mereka dikebumikan kembali di kapel Saint Hubert pada tahun 1874. [171] [173] Sebuah plakat di atas makam menyatakan bahwa isinya hanya dianggap milik Leonardo. [170]

Sejak itu telah berteori bahwa melipat lengan kanan kerangka di atas kepala mungkin sesuai dengan kelumpuhan tangan kanan Leonardo. [77] [83] [171] Pada tahun 2016, diumumkan bahwa tes DNA akan dilakukan untuk menentukan apakah atribusi itu benar. [173] DNA jenazah akan dibandingkan dengan sampel yang dikumpulkan dari karya Leonardo dan keturunan saudara tirinya Domenico; [173] itu juga dapat diurutkan . [174]

Pada 2019, dokumen diterbitkan mengungkapkan bahwa Houssaye telah menyimpan cincin dan seikat rambut. Pada tahun 1925, cicitnya menjual ini kepada seorang kolektor Amerika. Enam puluh tahun kemudian, seorang Amerika lain memperolehnya, yang kemudian dipamerkan di Museum Leonardo di Vinci mulai 2 Mei 2019, peringatan 500 tahun kematian seniman tersebut. [88] [175]

Catatan

Umum
  1. Melompat ke:b LihatNicholl (2005, hlm. 17–20) danBambach (2019, hlm. 24) untuk informasi lebih lanjut tentang perselisihan dan ketidakpastian seputar tempat kelahiran Leonardo yang sebenarnya.
  2. Melompat ke:b Inggris: / ˌ ə n ɑːr oʊ ə v ɪ tʃ i , ˌ  -, ˌ eɪ oʊ - / LEE -ə- NAR -doh də VIN -chee, LEE -oh-, LAY -oh-
  3. ^ Italia:  [leonardo di sɛr pjɛːro da (v) vintʃi] ( mendengarkan )Tentang suara ini Dimasukkannya judul 'ser' (memperpendek Italia Messer atau Messere , judul courtesy diawali dengan nama pertama) menunjukkan bahwa ayah Leonardo adalah seorang pria.
  4. ^ Buku harian kakek dari pihak ayah, Ser Antonio, menyampaikan kisah yang tepat: "Dilahirkan bagi saya seorang cucu, putra Ser Piero  [ fr ] , pada 15 April, hari Sabtu, pada jam ketiga malam." [12] [13] Ser Antonio mencatat Leonardo dibaptis pada hari berikutnya oleh Piero di Bartolomeo di paroki dari Santa Croce  [ itu ] . [14]
  5. ^ Lihat Nicholl (2005 , hlm. 26–30) untuk informasi lebih lanjut tentang ibunda Leonardo dan Antonio di Piero Buti del Vacca.
  6. ^ Ada anggapan bahwa Caterina mungkin adalah budak dari Timur Tengah "atau setidaknya, dari Mediterania" atau bahkan keturunan Cina. Menurut kritikus seni Alessandro Vezzosi , kepala Museum Leonardo di Vinci , ada bukti bahwa Piero memiliki seorang budak bernama Caterina. [21]Rekonstruksi salah satu sidik jari Leonardo menunjukkan pola yang cocok dengan 60% orang asal Timur Tengah, menunjukkan kemungkinan bahwa Leonardo mungkin memiliki darah Timur Tengah. Klaim ini dibantah oleh Simon Cole, profesor kriminologi, hukum, dan masyarakat di University of California di Irvine: "Anda tidak dapat memprediksi ras seseorang dari insiden semacam ini, terutama jika hanya melihat satu jari". Baru-baru ini, sejarawan Martin Kemp , setelah menggali melalui arsip dan catatan yang diabaikan di Italia, menemukan bukti bahwa ibu Leonardo adalah seorang wanita muda lokal yang diidentifikasi sebagai Caterina di Meo Lippi. [22]
  7. ^ Lihat Kemp & Pallanti (2017 , hlm. 65–66) untuk tabel terperinci tentang pernikahan Ser Piero.
  8. ^ Dia juga tidak pernah menulis tentang ayahnya, kecuali catatan kematiannya di mana dia melebih-lebihkan usianya tiga tahun. [24] Saudara-saudara Leonardo menyebabkan dia kesulitan setelah kematian ayahnya dalam perselisihan tentang warisan mereka. [25]
  9. ^ Pengaruh humanis dari Donatello's David dapat dilihat dalam lukisan-lukisan terakhir Leonardo, khususnya John the Baptist . [33] [32]
  10. ^ "Seni yang beragam" dan keterampilan teknis dari lokakarya Abad Pertengahan dan Renaisans dijelaskan secara rinci dalam teks abad ke-12 On Divers Arts oleh Theophilus Presbyter dan dalam teks awal abad ke-15 Il Libro Dell'arte O Trattato Della Pittui olehCennino Cennini .
  11. ^ Bahwa Leonardo bergabung dengan serikat pada saat ini disimpulkan dari catatan pembayaran yang dilakukan ke Compagnia di San Luca dalam daftar perusahaan, Libro Rosso A, 1472-1520, Accademia di Belle Arti. [13]
  12. ^ Di bagian belakang ia menulis: "Saya, tinggal bersama Anthony, saya bahagia," mungkin mengacu pada ayahnya.
  13. ^ Leonardo kemudian menulis di margin jurnal, "The Medici membuat saya dan Medici menghancurkan saya." [35]
  14. ^ Pada tahun 2005, studio ini ditemukan kembali selama restorasi sebagian bangunan yang ditempati selama 100 tahun oleh Departemen Geografi Militer. [57]
  15. ^ Kedua karya hilang. Seluruh komposisi lukisan Michelangelo diketahui dari salinan oleh Aristotole da Sangallo, 1542. [62] Lukisan Leonardo hanya diketahui dari sketsa persiapan dan beberapa salinan bagian tengah, yang paling terkenal, dan mungkin paling tidak akurat, adalah dengan Peter Paul Rubens . [63]
  16. ^ Paus Leo X dikutip mengatakan, "Orang ini tidak akan pernah mencapai apa pun! Dia memikirkan akhir sebelum awal!" [69]
  17. ^ Tidak diketahui untuk alasan apa singa mekanik itu dibuat, tetapi diyakini telah menyapa raja saat masuk ke Lyon dan mungkin digunakan untuk pembicaraan damai antara raja Prancis dan Paus Leo X di Bologna. Sebuah rekreasi dugaan singa telah dibuat dan dipajang di Museum Bologna. [75]
  18. ^ Diidentifikasi melalui kemiripannya dengan potret diri Leonardo yang diduga [78]
  19. ^ "... Messer Lunardo Vinci [ sic ] ...jenggot abu-abutua lebih dari 70 tahun ... menunjukkan Yang Mulia tiga gambar ... dari siapa, sejak itu ia mengalami kelumpuhan tertentu pada tangan kanan, orang tidak dapat mengharapkan pekerjaan yang lebih baik lagi." [79]
  20. ^ Adegan ini digambarkan dalam lukisan romantis karya Ingres , Ménageot dan seniman Prancis lainnya, serta Angelica Kauffman .
  21. Melompat ke:b Pada hari kematian Leonardo, sebuah dekrit kerajaan dikeluarkan oleh raja diSaint-Germain-en-Laye, perjalanan dua hari dari Clos Lucé. Ini telah diambil sebagai bukti bahwa Raja Francis tidak mungkin hadir di ranjang kematian Leonardo, tetapi dekrit itu tidak ditandatangani oleh raja. [86]
  22. ^ Masing-masing dari enam puluh orang miskin telah diberikan penghargaan sesuai dengan wasiat Leonardo. [49]
  23. ^ Lukisan itu, yang pada abad ke-18 milik Angelica Kauffman , kemudian dipotong. Dua bagian utama ditemukan di toko barang rongsokan dan toko tukang sepatu dan disatukan kembali. [102] Ada kemungkinan bahwa bagian luar komposisi hilang.
  24. ^ Karya ini sekarang ada dalam koleksi Uffizi , Drawing No. 8P.
  25. ^ "Profil Yunani" memiliki garis lurus terus menerus dari dahi ke ujung hidung, batang hidung yang sangat tinggi. Ini adalah fitur dari banyakpatung Yunani Klasik .
  26. ^ Dia juga menggambar dengan tangan kiri, itu menetas stroke "miring ke bawah dari kiri ke-kanan stroke yang alami dari artis kidal". [130] Ia juga terkadang menulis secara konvensional dengan tangan kanannya. [131]
  27. Salvator Mundi , lukisan karya Leonardo yang menggambarkan Yesus memegang bola, terjual dengan rekor dunia US$450,3 juta dilelang Christie's di New York, 15 November 2017. [161] Harga jual tertinggi yang diketahui untuk karya seni apa pun sebelumnya adalah US$300 juta , untuk Willem de Kooning 's Interchange , yang dijual secara pribadi pada bulan September 2015. [162] harga tertinggi sebelumnya dibayar untuk sebuah karya seni di lelang adalah untuk Pablo Picasso ' s Les Femmes d'Alger , yang dijual seharga US $ 179.400.000 pada Mei 2015 di Christie's New York. [162]
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Leonardo_da_Vinci