Topic outline

  • Greetings

    AKUNTANSI PERUSAHAN JASA

    Mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa mempelajari mengenai akuntansi sebagai sistem informasi, persamaan dasar akuntansi, penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa, dan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa.


    Kompetensi Inti:

    KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

    KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

    Kompetensi Dasar :

    3.1 Memahami Konsep Dasar dari Akuntansi Perusahaan Jasa

    3.2 Membuat jurnal umum pada perusahaan jasa

    3.3 Menganalisis dan mengelompokkan jenis transaksi pada perusahaan jasa

    3.4 Menganalisis penyusunan neraca saldo sebagai pembantu dalam membuat laporan keuangan. 

    3.5 Menganalisis transaksi jurnal penyesuaian

    3.6 Menganalisis neraca lajur atau worksheet

    3.7 Menganalisis dan menjelaskan penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa.

    3.8 Menjelaskan jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan perusahaan jasa.

    4.1 Menerapkan Konsep Dasar Akuntansi Perusahaan Jasa pada siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

    4.2 Membuat jurnal umum pada perusahaan jasa.

    4.3 Membuat buku besar dan buku besar pembantu

    4.4 Mencatat transaksi keuangan perusahaan jasa ke dalam neraca saldo. 

    4.5 Membuat ayat jurnal penyesuaian.

    4.6 Menyusun neraca lajur atau worksheet

    4.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa.

    4.8 Menyusun jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan perusahaan jasa.


    ANGGOTA KELOMPOK 


    1. Anugrah Perdana (K7720011)
    2. Bela Triyani (K7720015)
    3. Bernadeta Winda Putri P. (K7720016)
    4. Citra Nailus Sa'ida R. (K7720017)
    5. Danise Yunaini Fenida (K7720019)
    6. Dhea Fitri Jayanti (K7720023)
    7. Dina Fatmawati (K7720024)

    • SILABUS


      Berikut silabus mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa yang akan digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran.

    • Konsep Dasar (Anugrah Perdana/K7720011)

      Pada bab pertama, kelas ini akan membahas seputar Konsep Dasar Akuntansi Perusahaan Jasa.

      Berikut beberapa aktivitas yang dapat diikuti di bab pertama ini.
      1. Daftar Literasi yang dapat dijadikan sebagai referensi

      2. Materi Konsep Dasar Akuntansi Jasa

      3. Membuat RMK Konsep Dasar Akuntansi Jasa

      4. Memberikan pendapat

      5. Diskusi antarsiswa

      6. Mengerjakan kuis

      7. Sesi konsultasi


      Setelah pembelajaran dari Bab 1 ini, diharapkan peserta didik dapat memahami dan menerapkan konsep dasar akuntansi perusahaan jasa dalam mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa.

    • Jurnal Umum (Bernadeta Winda Putri P - K7720016)

      Pada pertemuan kedua ini, Kita akan membahas mengenai Jurnal umum. Melalui kegiatan pembelajaran dengan model problem based learning di harapkan peserta didik  mampu menganalisis dan menyimpulkan informasi / data melalui lembar kerja serta mencatat transaksi kejurnal umum dengan baik dan teliti.

      Selama proses pembelajaran pada materi Jurnal Umum ini, kegiatan-kegiatan yang dapat peserta didik laksanakan adalah:

      1. Membaca materi pembelajaran terkait Jurnal Penutup sesuai Referensi Pembelajaran Jurnal Umum dan Materi Jurnal Umum yang tersedia
      2. Bergabung dalam kelas online pada link google meet tersebut
      3. Setelah membaca materi dan meet teman - teman melakukan diskusi 
      4. Bekerja sama dalam mengerjakan RMK
      5. Mengerjakan Latihan Soal
      6. Mengerjakan kuis

    • Buku Besar (Danise Yunaini Fenida_K7720019)

      Setelah mempelajari Jurnal Umum ,materi selanjutnya yang akan kita bahas adalah penyusunan Buku Besar.Tujuan dari materi kali ini adalah mahasiswa diharapkan mampu mempersiapkan dan menghasilkan laporan keuangan yang bisa dipercaya dan bisa disajikan tepat waktu untuk setiap periode akuntansi.Untuk itu ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan untuk tercapainya tujuan pembelajaran tersebut,diantaranya:

      1. Mempelajarai materi melalui referensi modul yang di rekomendasikan

      2. Melihat penjelasan singkat tentang Buku besar melalui link video yang sudah dibagikan

      3. Mengerjakan Quiz yang sudah diberikan untuk menguji pemahaman awal

      4. Melakukan sesi Question and Answer sesama teman guna menilai keaktifan

      5. Pembahasan materi yang sudah di diskusikan sebelumnya melalui link Google Meet

      6. Mahasiswa diberikan ruang untuk perefleksian diri tentang pemahaman materi yang di dapat.

      7. Mengerjakan penugasan untuk melatih kemampuan

      8. Pembahasan materi akhir

    • Neraca Saldo (Dina Fatmawati/K7720024)

      Pada pertemuan keempat ini, Kita akan membahas mengenai Neraca Saldo. Tujuan dari topik ini adalah Saudara mampu melakukan pencatatan di dalam neraca saldo secara benar dan tepat dengan sumber pencatatan berasal dari saldo akhir tiap-tiap rekening yang berada di buku besar. Adapun beberapa aktivitas pada topik keempat ini yang harus Saudara lakukan selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu. 

      1. Membaca materi pembelajaran terlebih dahulu mengenai neraca saldo, kemudian menyimak video pembelajaran yang berkaitan dengan materi neraca saldo dari link youtube yang telah dilampirkan. 
      2. Mengajukan pertanyaan melalui forum chat, apabila Saudara mengalami kesulitan dalam memahami materi neraca saldo maupun terdapat materi yang perlu diulas kembali. 
      3. Mengerjakan tugas secara mandiri mengenai proses pencatatan transaksi ke dalam neraca saldo. 
      4. Melakukan diskusi bersama mengenai kasus sederhana yang berkaitan dengan neraca saldo. 
      5. Mengerjakan kuis
      6. Pertemuan virtual sebagai penguatan materi serta pemberian umpan balik dari tugas dan kuis yang telah Saudara kerjakan. 

      SELAMAT BELAJAR 

    • Ayat Jurnal Penyesuaian (Bela Triyani - K7720015)

      Pada pertemuan kelima ini, kita akan membahas mengenai Ayat Jurnal Penyesuaian. 

      Tujuan Pembelajaran :

      Melalui blended learning, peserta didik diharapkan mampu mendefinisikan pengertian jurnal penyesuaian dan mendeskripsikan akun-akun jurnal penyesuaian dengan benar dan tepat. Peserta didik diharapkan mampu membuat dan menyajikan jurnal penyesuaian perusahaan jasa dengan cermat dan teliti.

      Kegiatan Pembelajaran:

      Selama proses pembelajaran pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian ini, kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan peserta didik adalah:

      1. Membaca materi pembelajaran terkait Jurnal Penyesuaian sesuai referensi pembelajaran dan modul yang telah disediakan berupa link youtube dan power point
      2. Melakukan diskusi sesama teman pada forum diskusi, saudara boleh mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan teman saudara.
      3. Mengerjakan soal kuis untuk mengetahui pemahaman mengenai materi jurnal penyesuaian.
      4. Setelah itu, saudara diminta bergabung dalam kelas online pada link google meet tersebut untuk membahas diskusi dan kuis yang telah dikerjakan.
      5. Mengerjakan latihan soal.

    • Neraca Lajur

      Selamat datang di Pertemuan 6 pada Topik Neraca Lajur

      Neraca Lajur atau Worksheet berisi informasi yang digunakan dalam menyusun laporan keuangan. Neraca lajur digunakan sebagai alat bantu untuk melihat kondisi keuangan perusahaan. 


      Tujuan Pembelajaran

      Pada pertemuan kali ini, melalui model discovery learning, peserta didik diharapkan mampu mengemukakan pengertian dan kegunaan neraca lajur, memahami bentuk dan isi dari neraca lajur, serta menyusun neraca lajur dengan tepat dan teliti.


      Pelaksanaan Pembelajaran

      Peserta didik dapat mengikuti langkah pembelajaran berikut ini:

      1. Mempelajari materi pembelajaran sesuai referensi yang tersedia pada modul yang telah dibagikan.
      2. Bergabung pada kelas online melalui platform google meet.
      3. Menyampaikan pendapat mengenai neraca lajur pada forum diskusi.
      4. Membuat resume yang berisi semua materi yang telah diberikan pada topik ini.


    • Laporan Keuangan (Dhea Fitri Jayanti - K7720023)

      TOPIK 7 - LAPORAN KEUANGAN

      Tujuan Pembelajaran

      Dengan strategi problem based learning, diharapkan Saudara dapat memahami, mencermati, dan menganalisis tentang laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan laporan arus kas. Laporan keuangan ini dibuat perusahaan setelah membuat neraca lajur (kertas kerja).


      Kegiatan Pembelajaran
      Dengan strategi problem based learning, berikut kegiatan pembelajaran yang akan ditempuh Saudara:
      1. Membaca dan mencermati materi laporan keuangan yang telah tersedia maupun melalui sumber referensi.
      2. Mendiskusikan dan menyatakan pendapat mengenai laporan keuangan yang digunakan perusahaan.
      3. Menyelesaikan kasus laporan keuangan sebuah perusahaan dalam bentuk kuis.
      4. Membuat RMK dan mind map dengan masing-masing kelompok berdiskusi untuk melatih kemampuan analisis masing-masing anggota ketika bekerja secara tim.
    • Jurnal Penutup (Citra Nailus Sa'ida Rahma - K7720017)

      Selamat Datang di Pertemuan 8 pada Materi Jurnal Penutup Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa

      ilustrasi 8.1

      Tujuan Pembelajaran

      Melalui blended learning, peserta didik diharapkan mampu memahami pengertian dan kegunaan jurnal penutup, menyusun jurnal penutup, dan menyusun neraca saldo setelah penutupan dengan cermat dan teliti


      Kegiatan Pembelajaran

      Selama proses pembelajaran pada materi Jurnal Penutup ini, kegiatan-kegiatan yang dapat peserta didik laksanakan adalah:

      1. Membaca materi pembelajaran terkait Jurnal Penutup sesuai referensi pembelajaran pada modul 1 dan modul 2 yang tersedia
      2. Bergabung dalam kelas online pada link google meet yang tersedia
      3. Bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok 
      4. Menyampaikan pertanyaan pada fitur chat seputar materi pembelajaran yang belum dipahami
      5. Mengerjakan quiz
      6. Memberikan feedback atas proses pembelajaran yang telah dilakukan