Topic outline

  • General

    SELAMAT DATANG DIKELAS ONLINE PANCASILA


    N


    Deskripsi Matakuliah: Mata kuliah Pancasila merupakan mata kuliah wajib umum yang mengkaji hakekat pendidikan Pancasila , Periodesasi perkembangan Pancasila, Pancasila sebagai sumber dan norma hukum ,Pancasila sebagai dasar dan deologi Negara,Pancasila sebagai filsafat dan etika dan Pancasila sebagai pengembangan ilmu.


    CPMK: Menghargai dan Mengamalkan nilai nilai Ketuhanan,kemanusiaan,Persatuan,Kerakyatan dan keadilan berdasarkan pada agama, moral dan etika Mampu berfikir kritis , logis, inovatif ,bermutu dan terukur dalam mengembangkan kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan nilai nilai Pancasila.


    Dosen Pengampu: Widya Noventari

    • PERTEMUAN 1: ORIENTASI MATAKULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

    • PERTEMUAN 3: IDEOLOGI PANCASILA

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan makna dari ideologi melalui tanya jawab.

      2. Mahasiswa dapat menjelaskan ideologi Pancasila melalui tanya jawab.

      3. Mahasiswa mampu menganalisis tantangan apa saja yang mengancam Ideologi Pancasila di Indonesia.

    • PERTEMUAN 4: DISKUSI FILM DOKUMENTER

      g


      Selamat Pagi dan semoga dalam keadaan baik selalu semuanya, Pada kesempatan pertemuan ke-4 ini kita akan mendiskusikan tentang beberapa film dokumenter yang sudah saya siapkan. oleh karena itu saya mintak teman-teman berdiskusi dengan teman kelompok Anda. Ketentuan diskusi kelompok FIlm Dokumenter:

      1. Buatlah kelompok maksimal 4 orang asggota.
      2. Tuliskan Identitas diri kelompok Anda.
      3. Deskripsikan secara singkat isi dari film tersebut, kemudian carilah pesan/nilai apa yang bisa kita petik dari film dokumenter tersebut.
      4. Hasil diskusi kelompok ini dalam bentuk PPT dengan rename: KelompokBerapa?_Nama depan Anggota kelompok (Kelompok1_Angga, Citra,Mela, Agus, Talita)
      5. Batas Akhir pengumpulan tugas kelompok pada hari Rabu, 6 April 2022, Pukul 22.00 WIB.

      Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

    • PERTEMUAN KE -6: ETIKA PANCASILA

      pancasila

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan makna dari etika Pancasila melalui tayangan video dan bahan tayang materi.

      2. Mahasiswa dapat menjelaskan urgensi etika Pancasila bagi mahasiswa.

      3. Mahasiswa mampu menganalisis contoh penyimpangan etik Pancasila dalam kehidupan mahasiswa melalui forum diskusi.


    • PERTEMUAN KE 7: REVITALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DARI MASA KE MASA

      a

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa dapat menjelaskan revitalisasi nilai-nilai Pancasila dari masa ke masa melalui tayangan video dan bahan tayang materi.

      2. Mahasiswa mampu menganalisis strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila melalui forum diskusi.

    • UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

      P


      Semoga dalam keadaan baik selalu semuanya, Pada kesempatan pertemuan ke-8 ini kita akan melaksanakan UTS. Pastikan bahwa Anda mengerjakan dengan sebaik mungkin dan jangan lupa mulailah terlebih dahulu dengan membaca doa. 


      Selamat mengerjakan dan tetap semangat semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.


    • PERTEMUAN KE-9: TEAM BASED PROJECT: PENDIDIKAN PANCASILA

      team

      Selamat pagi teman-teman mahasiswa semuanya semoga dalam keadaan sehat dan baik selalu.


      Minggu ini di pertemuan ke 9, kita akan memulai kegiatan pembeljaaran selanjutnya dengan diskusi kelompok dan paparan hasil diskusi kelompok. Oleh karena itu dalam kesempaan minggu ini kelas akan dibagi menjadi 8 kelompok (anggota silahkan di musyawarahkan dengan teman-teman sekelas) yang akan mendiskusikan teman/topik dibawah ini:


      KELOMPOK 1 & 2

      Untuk memahami Pancasila secara utuh dan mengetahui landasan-landasan dalam pendidikan Pancasila, Anda diharapkan dapat mencari informasi dari berbagai sumber tentang: 

      1. Ketentuan undang-undang yang mengatur tentang pendidikan Pancasila lengkap dengan bunyinya, 
      2. Fenomena sosial yang menunjukkan urgensi penyelenggaraan mata kuliah pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. 

      Tugas selanjutnya, yaitu Anda melakukan survei terbatas kepada mahasiswa tentang tingkat pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa di kalangan mahasiswa dan tentang persepsi mahasiswa mengenai tingkat kesadaran nilai-nilai Pancasila para elit politik, pengusaha, dan warga negara, khususnya generasi muda dewasa ini! Hasil survei tersebut kemudian diserahkan kepada dosen dan didiskusikan di kelas Anda. 



      KELOMPOK 3 & 4

      Untuk memahami dinamika proses perumusan dan pengesahan Pancasila sebagai dasar negara, Anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber tentang: 

      1. Latar belakang sikap beberapa pihak dalam masyarakat yang menolak Pancasila sebagai dasar negara. 
      2. Alasan banyak pihak yang tetap ingin mempertahan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. 
      3. Kemukakan pendapat dan penilaian Anda tentang perbedaan pandangan tersebut. 
      4. Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi perbedaan tersebut? 

      Tugas selanjutnya yaitu, Anda dapat melakukan survei terbatas untuk menjajagi pengetahuan mahasiswa tentang sejarah terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara.



      KELOMPOK 5 & 6

      Untuk memahami Pancasila sebagai ideologi negara, Anda dipersilakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang: 

      1. Berbagai konsep dan pengertian dan karakter tentang ideologi besar dunia, khususnya tentang ideologi tertutup dan ideologi terbuka. 
      2. Pancasila sebagai ideologi, termasuk bersifat tertutup atau terbuka, berikan argumen Anda. 
      3. Berbagai kasus yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba dan yang mengancam eksistensi Pancasila. 
      4. Berbagai kasus yang terkait dengan terorisme yang mengancam eksitensi ideologi Pancasila. 
      5. Berbagai kasus yang terkait dengan korupsi di Indonesia yang mengancam eksistensi ideologi Pancasila. 
      6. Berbagai kasus kesadaran pajak warga Negara yang mengancam eksistensi ideologi Pancasila. 

      Anda juga dipersilakan untuk mendiskusikan faktor-faktor yang mengancam keutuhan nasional bangsa Indonesia, sekaligus memperlihatkan peran ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia. 


      KELOMPOK 7 & 8

      Untuk memahami Pancasila sebagai sistem filsafat, Anda dipersilakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang: 

      1. Berbagai konsep dan pengertian kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat di Indonesia yang terkait dengan sikap inklusif, toleran, dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya. 
      2. Berbagai kasus yang terkait dengan pengembangan karakter Pancasilais, seperti jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, dan cinta damai di lingkungan Anda. 
      3. Contoh tentang keputusan yang diambil berdasar pada prinsip musyawarah dan mufakat di lingkungan sekitar Anda. 
      4. Berbagai konsep dan pengertian yang terkait dengan pemahaman atas hakikat sila-sila Pancasila dan bagaimana pengaktualisasian nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap dan berperilaku masyarakat? 

    • PERTEMUAN KE-10: PROGRES TEAM BASED PROJECT PENDIDIKAN PANCASILA

      a

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pembagian kerja kelompok untuk pembuatan Team Based Project Pendidikan Pancasila.
      2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan kontribusi diri terhadap prooses Team Based Project Pendidikan Pancasila.

    • UJIAN AKHIR SEMESTER

      UAS