Selamat pagi teman-teman mahasiswa semuanya semoga dalam keadaan sehat dan baik selalu.
Minggu ini di pertemuan ke 9, kita akan memulai kegiatan pembeljaaran selanjutnya dengan diskusi kelompok dan paparan hasil diskusi kelompok. Oleh karena itu dalam kesempaan minggu ini kelas akan dibagi menjadi 8 kelompok (anggota silahkan di musyawarahkan dengan teman-teman sekelas) yang akan mendiskusikan teman/topik dibawah ini:
KELOMPOK 1 & 2
Untuk memahami Pancasila secara utuh dan mengetahui landasan-landasan dalam pendidikan Pancasila, Anda diharapkan dapat mencari informasi dari berbagai sumber tentang:
- Ketentuan undang-undang yang mengatur tentang pendidikan Pancasila lengkap dengan bunyinya,
- Fenomena sosial yang menunjukkan urgensi penyelenggaraan mata kuliah pendidikan Pancasila di perguruan tinggi.
Tugas selanjutnya, yaitu Anda melakukan survei terbatas kepada mahasiswa tentang tingkat pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa di kalangan mahasiswa dan tentang persepsi mahasiswa mengenai tingkat kesadaran nilai-nilai Pancasila para elit politik, pengusaha, dan warga negara, khususnya generasi muda dewasa ini! Hasil survei tersebut kemudian diserahkan kepada dosen dan didiskusikan di kelas Anda.
KELOMPOK 3 & 4
Untuk memahami dinamika proses perumusan dan pengesahan Pancasila sebagai dasar negara, Anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber tentang:
- Latar belakang sikap beberapa pihak dalam masyarakat yang menolak Pancasila sebagai dasar negara.
- Alasan banyak pihak yang tetap ingin mempertahan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
- Kemukakan pendapat dan penilaian Anda tentang perbedaan pandangan tersebut.
- Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi perbedaan tersebut?
Tugas selanjutnya yaitu, Anda dapat melakukan survei terbatas untuk menjajagi pengetahuan mahasiswa tentang sejarah terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara.
KELOMPOK 5 & 6
Untuk memahami Pancasila sebagai ideologi negara, Anda dipersilakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang:
- Berbagai konsep dan pengertian dan karakter tentang ideologi besar dunia, khususnya tentang ideologi tertutup dan ideologi terbuka.
- Pancasila sebagai ideologi, termasuk bersifat tertutup atau terbuka, berikan argumen Anda.
- Berbagai kasus yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba dan yang mengancam eksistensi Pancasila.
- Berbagai kasus yang terkait dengan terorisme yang mengancam eksitensi ideologi Pancasila.
- Berbagai kasus yang terkait dengan korupsi di Indonesia yang mengancam eksistensi ideologi Pancasila.
- Berbagai kasus kesadaran pajak warga Negara yang mengancam eksistensi ideologi Pancasila.
Anda juga dipersilakan untuk mendiskusikan faktor-faktor yang mengancam keutuhan nasional bangsa Indonesia, sekaligus memperlihatkan peran ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia.
KELOMPOK 7 & 8
Untuk memahami Pancasila sebagai sistem filsafat, Anda dipersilakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang:
- Berbagai konsep dan pengertian kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat di Indonesia yang terkait dengan sikap inklusif, toleran, dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya.
- Berbagai kasus yang terkait dengan pengembangan karakter Pancasilais, seperti jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, dan cinta damai di lingkungan Anda.
- Contoh tentang keputusan yang diambil berdasar pada prinsip musyawarah dan mufakat di lingkungan sekitar Anda.
- Berbagai konsep dan pengertian yang terkait dengan pemahaman atas hakikat sila-sila Pancasila dan bagaimana pengaktualisasian nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap dan berperilaku masyarakat?