Topic outline
Topic 1. Pendahuluan
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 31-08-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” (Ethno-environment) dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021-introduction”; atau dapat pula via WA group. Untuk kuliah selanjutnya iA akan menggunakan spada disamping notifikasi via WAG.
Tema kuliah: Pendahuluan (Introduction)
Buku ajar (dalam format PDF):
1. Kopnina H, Shoreman-Ouimet E (eds.). 2017. Handbook of Environmental Anthropology. Rouledge, New York. pp. 3-9. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1NVIDClK_ZBUtfFr1eR2FAdtL-Qf5Ih8Z/view?usp=sharing
2. Anderson N, Pearsall D, Hunn E, Turner N (eds.). 2011. Ethnobiology. Wiley-Blackwell, Hoboken, New Jersey. pp. 1-14. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1A02hi9lBgPSVu6epmnwUgSMLO5SXU7aV/view?usp=sharing
3. Albuquerque UP, Romeu R, Alves N (eds.). Introduction to Ethnobiology. Springer, Cham. pp. 15-18. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1f4bTPCTd1BBiN1SdG2kwM4TzMlXH-bqf/view?usp=sharing
Materi Power Point Presentation (PPT) dapat diunduh di sini: https://drive.google.com/file/d/1O8TvIrKWQsaSY6nkr0kUMXwMpuDDUPJc/view?usp=sharing
Materi Video dpat diunduh di sini:
Video 01- Ethnoecology. https://drive.google.com/file/d/1MYvwroSgXYVfh2TaKyy-mVT4B01pCSdc/view?usp=sharing
Video 02- What is ETHNOECOLOGY. https://drive.google.com/file/d/1QlWvWiHtzvLnEb3_gy2fHhXXQn3ZAjOs/view?usp=sharing
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Hari ini tidak ada kuis.
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), pakai sarung tangan (bila memungkinkan), jangan sering memegang muka, dan rajin cuci tangan dengan sabun.
zoom pendidikan 29 is inviting you to a scheduled Zoom meeting.
Topic: Kuliah Etnografi Lingkungan
Time: Aug 31, 2021 07:30 AM Jakarta
Join Zoom Meeting
https://zoom.us/j/95211562835?pwd=WVRKc0VxSVQ1WlRuQnFlM29rTUNKZz09
Meeting ID: 952 1156 2835
Passcode: 709898
Topic 2. Pengetahuan Ekologi Tradisional
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 07-09-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” (Environmental Ethnography) dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021-Pengetahuan Ekologi Tradisional”; atau dapat pula via WA group.
Tema kuliah: Pengetahuan Ekologi Tradisional (Traditional Ecological Knowledge/Native Indigenous Science)
Buku ajar (dalam format PDF):
1. Cajete G. 2018. Native Science and Sustaining Indigenous Communities. In: Nelson MK, Shilling D. (eds.). Traditional Ecological Knowledge: Learning from Indigenous Practices for Environmental Sustainability. Cambridge University Press, London. pp. 15-26. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1ivffbRkEfY8XFt5eNUGHzo0cTJFwjOdf/view?usp=sharing
2. Albuquerque UP, Alves RRN (eds.). 2016. Introduction to Ethnobiology. Springer, Cham. Pp. 3-18. https://drive.google.com/file/d/1tTzEmQ3seVQZfIZWTusqxG45B0VAP_qz/view?usp=sharing
Materi Power Point Presentation (PPT) dapat diunduh di sini: https://docs.google.com/presentation/d/1gD-35fVJRyyY5KgsKfpDaskwa80Ko3Hy/edit?usp=sharing&ouid=117118833439294951618&rtpof=true&sd=true
Materi Video dapat diunduh di sini:
1. Video 01- The case to recognise Indigenous knowledge as science. https://drive.google.com/file/d/1K2osp3a-ry8LpJNMtcUOdkd8zqPaHogB/view?usp=sharing
2. Video 02- Traditional Ecological Knowledge. https://drive.google.com/file/d/11V58acetUXb2-wbNk12JUWatS_-eCM_j/view?usp=sharing
Materi artikel dapat diunduh di sini:
1. Artikel 01-Sparkes LL, Piercey DW. 2015. Indigenous Ways of Knowing and Western Science. CÉGEP Vanier College. https://drive.google.com/file/d/1-mX2AfU90TJA6ONDwR3IQm7A_lRphhLK/view?usp=sharing
2. Artikel 02- Mazzocchi F. 2006. Western science and traditional knowledge. EMBO reports 7 (5): 463-466. https://drive.google.com/file/d/1Quj0n0i11ILKUFEb_2cwGNaxxQk2Yw2A/view?usp=sharing
Jawablah pertanyaan di bawah:
Jawaban dikumpulkan paling lambat 10 September 2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek: “Kuis-02-TEK-2021– nama_mahasiswa_NIM”)
1. Jelaskan arti/pengertian “traditional ecological knowledge”.
2. Jelaskan perbedaan etnobiologi dan etnoekologi (Pengetahuan Ekologi Tradisional)
3. Jelaskan mengapa “indigenous knowledge” dapat diakui sebagai sains.
4. Jelaskan perbedaan “indigenous knowledge” dan ilmu pengetahuan modern (Western science).
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), rajin cuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan.
Topic 3
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 14-09-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” (Environmental Ethnography) dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021-Traditional Resource and Environmental Management”; atau dapat pula via WA group.
Tema kuliah: Sumberdaya Tradisional dan Manajemen Lingkungan (Traditional Resource and Environmental Management)
Buku ajar (dalam format PDF):
Fowler CS, Lepofsky D. 2011. Traditional Resource and Environmental Management. In: Anderson E, Pearsall D, Hunn E, Turner N. (eds.) Ethnobiology. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey. pp. 285-304. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1dsZAobAUPABj9DAHnNc4N-K-MnAc07T6/view?usp=sharing
Materi Power Point Presentation (PPT) dapat diunduh di sini: https://drive.google.com/file/d/1KmrtpXQhmEcwuBigBAqT61UWQYX-ljci/view?usp=sharing
Materi Video dapat diunduh di sini:
1. Video 01-Resource Management and Traditional Ecological Knowledge. https://drive.google.com/file/d/1Q3SL-GWnb4GSFoRkQF_uVNs_0N_WRiNQ/view?usp=sharing
2. Video 02-Local Traditional Resource Knowledge. https://drive.google.com/file/d/1MR1vZf9tsXVoI-KhWi4MlgM8LJZzDq0K/view?usp=sharing
3. Video 03- Life in a vibrant satoyama forest. https://drive.google.com/file/d/1X4aKHue1iK9m_tifJelAwwEvwzQGn6GL/view?usp=sharing
Materi artikel dapat diunduh di sini:
1. Artikel 01-The Past, Present, and Future of Traditional Resource and Environmental Management. https://drive.google.com/file/d/1rz2Stj48HEOoFRV-sAUK4VhrIh7Jv-dI/view?usp=sharing
2. Artikel 02-Biodiversity conservation strategy in a native perspective; case study of shifting cultivation at the Dayaks of Kalimantan. https://drive.google.com/file/d/1r68lmzjwibM0_iBJbllAmpdpqAGNF5Is/view?usp=sharing
Jawablah pertanyaan di bawah:
Jawaban dikumpulkan paling lambat 17-09-2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek: “Kuis-03-TEK-2021 – nama_mahasiswa_NIM”)
1. Apa yang dimaksud dengan “Sumberdaya Tradisional dan Manajemen Lingkungan”
2. Jelaskan praktik-praktik yang banyak dilakukan dalam pengelolaan lingkungan berdasarkan sumberdaya/pengetahuan tradisional
3. Jelaskan yang dilakukan masyarakat Aborigin Australia dan Satoyama Jepang dalam manajemen lingkungan berdasarkan sumberdaya/pengetahuan tradisional.
4. Jelaskan manajemen lingkungan yang dilakukan Suku Dayak di Pulau Kalimantan.
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), jauhi kerumunan, dan rajin cuci tangan dengan sabun.
Topic: Kuliah Etnografi Lingkungan #3
Time: Sep 14, 2021 07:30 AM Jakarta
Join Zoom Meeting
https://zoom.us/j/97013270049?pwd=S0pIL0pKV2V5Q0RQaXRQMXlKc1JhZz09
Meeting ID: 970 1327 0049
Passcode: 183794
Topic 4. Etnobiologi Perkotaan
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 21-09-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” (Environmental Ethnography) dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021- Urban Ethnobiology”; atau dapat pula via WA group.
Tema kuliah: Etnobiologi Perkotaan (Urban Ethnobiology)
Buku ajar (dalam format PDF):
1. Albuquerque UP, Romeu R, Alves N (eds.). Introduction to Ethnobiology. Springer, Cham. pp. 33-45. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1f4bTPCTd1BBiN1SdG2kwM4TzMlXH-bqf/view?usp=sharing
Materi Power Point Presentation (PPT) dapat diunduh di sini: https://docs.google.com/presentation/d/1_QsZdZyiKjVWdvVHATDND5iP9G1vqmvU/edit?usp=sharing&ouid=117118833439294951618&rtpof=true&sd=true
Materi Video dapat diunduh di sini:
1. Video v04a-The Importance of Biocultural Diversity. https://drive.google.com/file/d/1SPPL4-60SnQ4mVljwNc1oKA6_psLkveD/view?usp=sharing
Materi artikel dapat diunduh di sini:
1. Artikel a04a-Ethnobiology in the city embracing the urban ecological moment. https://drive.google.com/file/d/1I__T8xdFO5HXQhxMz4oHg2HBsmoxKx1S/view?usp=sharing
2. Artikel a04b-Urban Socio-biodiversity Ethnoecology of Cities. https://drive.google.com/file/d/1YVao7wQZZOM-aQl3QUHF75GHZbsxrRgG/view?usp=sharing
3. Artikel a04c-The concept of hybridization and its contribution to urban ethnobiology. https://drive.google.com/file/d/1oVvyM2Ze8q6Yd1TYQs28o81i9qUDCzBN/view?usp=sharing
4. Artikel a04d-Advancing urban ethnopharmacology: a modern concept of sustainability, conservation and cross-cultural adaptations of medicinal plant lore in the urban environment. https://drive.google.com/file/d/1R2XW2Er0S2bXKB0y7MeY9xgwdI5Ushn5/view?usp=sharing
5. Artikel a04e-Medicinal plants in cultures of Afro-descendant communities in Brazil, Europe and Africa. https://drive.google.com/file/d/1SX-xqIycSiEbmcaGXjeF8k3io9SWRigQ/view?usp=sharing
Jawablah pertanyaan di bawah:
Jawaban dikumpulkan paling lambat 24-09-2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek: “Kuis-04-TEK-2021 – nama_mahasiswa_NIM”)
1. Apa yang dimaksud dengan “urban ethnobiology” dan “diaspora ethnobiology”
2. Jelaskan tentang konsep hibridisasi budaya dalam pembentukan kearifan tradisional (pengetahuan ekologi tradisional) di kerkotaan (urban ethnoecology).
3. Jelaskan mengapa keragaman budaya mempengaruhi pengetahuan ekologi tradisional.
4. Jelaskan pengaruh diaspora terhadap pengetahuan ekologi tradisional (misalnya studi kasus keturunan Afrika yang tinggal di Afrika, Eropa dan Brazil).
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), jauhi kerumunan, batasi mobilisasi, dan rajin cuci tangan dengan sabun.
Topic 5. Pendekatan Etnoekologi dalam Kajian Etnomedisin/Etnofarmakologi
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 28-09-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021-Ethnomedicine”; atau dapat pula via WA group. Bahan kuliah dapat pula diperiksa di spada.
Tema kuliah: Pendekatan Etnoekologi dalam Kajian Etnomedisin/Etnofarmakologi (Ethnoecological Approaches to Integrating Theory and Method in Ethnomedical/Ethnopharmacological Research)
Buku ajar (dalam format PDF):
Anderson EN, Pearsall D, Hunn E, Turner N (eds.). 2011. Ethnobiology. John Wiley & Sons, New York. pp. 232-247. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1MN9cPqwxTTB6WeP3USjo09_vmOexNSSm/view?usp=sharing
Materi PPT dapat diunduh di sini:
1. 01-Traditional_Medicine https://drive.google.com/file/d/1b0dUnc4ImuzxTqDVHBYyTDgKCay7LArb/view?usp=sharing
2. 02-Medicinal Plants. https://drive.google.com/file/d/1eqr6yuQVvkv-rQ8D5pxRtX9rIIeSC6GT/view?usp=sharing
3. 03-Ethnoecological Approaches to Integrating Theory and Method in Ethnomedical Research. https://docs.google.com/presentation/d/1BXb-7Wpk7EetRY0JpITYFg-ZPedCDPlE/edit?usp=sharing&ouid=117118833439294951618&rtpof=true&sd=true
Materi Video dapat diunduh di sini:
1. Video 01-What is ETHNOMEDICINE. https://drive.google.com/file/d/1z26kpWnAY75zU-UgarF-g_cXty25Yb1d/view?usp=sharing
2. Video 02-Ethnopharmacology. https://drive.google.com/file/d/1dFsVV4rTWpbLzMl3pN2-riKlyjavmqNY/view?usp=sharing
Materi artikel dapat diunduh di sini:
1. Artikel 01-Ethnobotanical Approaches of Traditional Medicine Studies Some Experiences From Asia. https://drive.google.com/file/d/1U9nzEUX87SCjeictKSuueG1l2Ths0lu_/view?usp=sharing
2. Artikel 02-A comprehensive review on ethnomedicine, phytochemistry, pharmacology, and toxicity of Tephrosia purpurea (L.) Pers. https://drive.google.com/file/d/1fxcyhuv13CiSHYSDeCNsC9AHJJOBSflv/view?usp=sharing
3. Artikel 03- Ethnomedical and Ethnopharmacological Study of Plants Used For Potential Treatments of Diabetes and Arterial Hypertension by Indigenous. https://drive.google.com/file/d/1Ij4VFWrzLJ7xkW3ufZQvnDnadAUHCNXg/view?usp=sharing
Jawablah pertanyaan di bawah:
Jawaban dikumpulkan paling lambat 01-10-2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek: “Kuis-05-TEK-2021 – nama_mahasiswa_NIM”)
1. Apakah pengobatan tradisional itu?
2. Apakah perbedaan etnomedisin dan etnofarmakologi?
3. Beberapa perusahaan jamu di Jawa Tengah lebih memilih empon-empon (e.g. jahe emprit) yang ditanam di lokasi tertentu (Wonogiri dan sekitarnya). Jelaskan faktor-faktor ekologi dan genetika yang mempengaruhi kandungan kimia dalam tumbuhan.
4. Jelaskanlah bagaimana kajian etnomedisin dan etnofarmakologi dapat mendukung pengobatan diabetes dan hipertensi.
5. Jelaskanlah tahapan-tahapan yang diperlukan dalam kajian obat tradisional melalui kombinasi pendekatan etnografi dan ekologi.
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), hindari kerumunan, kurangi mobilitas, dan rajin cuci tangan dengan sabun.
Topic 6. Sistem Tradisional untuk Pangan dan Gizi
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 05-10-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” (Environmental Ethnography) dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021-Traditional food”; atau dapat pula via WA group. Bahan kuliah dapat pula diperiksa di spada.
Tema kuliah: Sistem Tradisional untuk Pangan dan Gizi (Traditional Food and Nutrition Systems)
Buku ajar (dalam format PDF):
1. Albuquerque UP, Alves RRN (eds.). 2016. Introduction to Ethnobiology. Springer International Publishing, Switzerland. pp. 137-142. https://drive.google.com/file/d/1gvDjhFIUpS7RriVWxHyfNS6QIJUOhhd3/view?usp=sharing
2. Anderson EN, Pearsall D, Hunn E, Turner N (eds.). 2011. Ethnobiology. John Wiley & Sons, New York.pp. 249-266. Silahkan unduh disini: https://drive.google.com/file/d/1MN9cPqwxTTB6WeP3USjo09_vmOexNSSm/view?usp=sharing
Materi PPT dapat diunduh di sini:
1. TEK-07a-Food Plants. https://docs.google.com/presentation/d/11ef6JtQzriXnylZl_M_w9HNpXbxVroTU/edit?usp=sharing&ouid=117118833439294951618&rtpof=true&sd=true
2. TEK-07b-Assessments of Indigenous Peoples’ Traditional Food and Nutrition Systems. https://drive.google.com/file/d/1P97ZICVd0VCNKXahcIOJ9S6FsIP6WPaS/view?usp=sharing
Materi video dapat diunduh di sini:
1. Video 01-Indigenous Peoples and Food Security. https://drive.google.com/file/d/1lr3DYNlaBP-dxfgdn-OSZksuE7aQndAF/view?usp=sharing
2. Video 02-Indigenous Peoples_ The Guardian of Indonesian Forest. https://drive.google.com/file/d/1zUUFnC1_Zq6W5m9lLVw78YiMIhpGQb4V/view?usp=sharing
Materi artikel dapat diunduh di sini:
1. Artikel 01-Dietary change and traditional food systems of indigenous peoples. https://drive.google.com/file/d/1b3lJhU8B1NWb553_RteOcd0oiEHJZOPJ/view?usp=sharing
2. Artikel 02-Indigenous Nutrition Using Traditional Food Knowledge to Solve Contemporary Health Problems. https://drive.google.com/file/d/16Czkc_mk0zGbTmm73IV7f_ylJYsI9W1C/view?usp=sharing
Jawablah pertanyaan di bawah:
Jawaban dikumpulkan paling lambat 08-10-2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek: “Kuis-06-TEK-2021 – nama_mahasiswa_NIM”)
1. Apakah yang dimaksud dengan “pangan tradisional” and “keamanan pangan”.
2. Mengapa keamanan pangan masyarakat asli (indigenous people) menjadi perhatian banyak pihak.
3. Jelaskan mengapa system pangan tradisional dapat menjadi solusi masalah-masalah kesehatan kontemporer (misalnya diabetes, kangker, darah tinggi, jantung koroner, dll).
4. Jelaskanlah perubahan pola pangan masyarakat asli terhadap keberlanjutan sistem pangan tradisional.
5. Jelaskanlah dampak pembukaan hutan di Indonesia terhadap keamanan pangan masyarakat asli.
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), hindari kerumunan, kurangi mobilitas, dan rajin cuci tangan dengan sabun.
===================
Tautan zoom akan disampaikan menyusul..
Topic 7. Jasa Lingkungan
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Hari ini, 12-10-2021, perkuliahan “Etnografi Lingkungan” (Environmental Ethnography) dilakukan secara online. Mahasiswa diminta untuk mempelajari bahan di bawah, bila ada pertanyaan dapat dikirimkan via email ke volatileoils@gmail.com dengan subyek “TEK2021-ecosystem services”; atau dapat pula via WA group.
Tema kuliah: Jasa Lingkungan (Ecosystem Services)
Tautan kuliah dapat diperoleh di sini:
Buku ajar (dalam format PDF):
1. Furusawa T. 2016. Living with Biodiversity in an Island Ecosystem Cultural Adaptation in the Solomon Islands. Springer Science+Business Media, Singapore. pp. 77-94.
2. Torri AMC, Herrmann TM. Bridges Between Tradition and Innovation in Ethnomedicine Fostering Local Development Through Community Based Enterprises - in India. Springer, Dordrecht. pp. 43-84.
Materi PPT dapat diunduh di sini: https://drive.google.com/drive/folders/19SAv2bfKjWYsMexB6Vv_H9SVa_w8i95p?usp=sharing
1. TEK-07a-Plant Resources as Ecosystems Services.pptx
2. TEK-07c-Traditional Ethnobiological Knowledge and Bioprospecting.
Materi video dapat diunduh di sini:
1. vid07a- Indigenous peoples and environmental services.
Materi artikel dapat diunduh di sini:
1. art07a-Indigenous uses of wild and tended plant biodiversity maintain ecosystem services in agricultural landscapes of the Terai Plains of Nepal.
2. Art07b-Ecosystem Services and Food Security: Economic Perspectives on Environmental Sustainability.
Jawablah pertanyaan di bawah:
Jawaban dikumpulkan paling lambat 15-10-2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek: “Kuis-07-TEK-2021 – nama_mahasiswa_NIM”)
1. Jelaskan jasa lingkungan (ecosystem services) yang dapat diperoleh dari tumbuhan bagi masyarakat tradisional (studi kasus di Kepulauan Salomon).
2. Jelaskan bioprospecting yang dapat diperoleh dari pengetahuan ekologi tradisional (kearifan tradisional).
3. Jelaskanlah jasa lingkungan yang diperoleh dari lanskap pertanian.
4. Jelaskanlah hubungan jasa lingkungan dan keamanan pangan.
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain (2m), hindari kerumunan, kurangi mobilitas, dan rajin cuci tangan dengan sabun.
===================
Topic: Kuliah Etnografi Lingkungan #7
Time: Oct 12, 2021 07:30 AM Jakarta
Join Zoom Meeting
https://zoom.us/j/95135689918?pwd=d0x0M2VrZnZjQ3VEMEsrYWRPdWt4dz09
Meeting ID: 951 3568 9918
Passcode: 965443
Topic 8. UTS & Tugas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam
PROGRAM STUDI ILMU LINGKUNGAN
Jl. Ir. Urip Sumoharjo, Surakarta
UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata kuliah: Etnografi Lingkungan
Dosen: Ahmad Dwi Setyawan, M.Si.
Hari, tanggal: Selasa, 19 Oktober 2021
Waktu: 2x24 jam
Sifat: Buku terbuka
Petunjuk:
1. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan benar.
2. Jawaban ditulis tangan, untuk gambar diperbolehkan mengkopi.
3. Jawaban discan dalam format PDF (bukan image) dan disatukan dalam satu berkas file.
4. Jawaban dikumpulkan paling lambat Kamis, 21 Oktober 2021, jam 14.00 wib. (dikirimkan ke volatileoils@gmail.com; dengan subyek dan nama file: “UTS-TEK-2021-NIM-nama_mahasiswa”)
1. a. Jelaskan ruang lingkup kajian “Etnografi Lingkungan”.
b. Jelaskan arti/pengertian “traditional ecological knowledge” dan “local wisdom”
c. Apakah yang dimaksud dengan “indigenous people”
2. a. Jelaskan praktik-praktik yang banyak dilakukan dalam pengelolaan lingkungan berdasarkan sumberdaya/pengetahuan tradisional
b. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Sumberdaya Tradisional dan Manajemen Lingkungan”
c. Jelaskan manajemen lingkungan yang dilakukan Suku Dayak di Pulau Kalimantan.
3. a. Jelaskan tentang konsep hibridisasi budaya dalam pembentukan kearifan tradisional (pengetahuan ekologi tradisional) di kerkotaan (urban ethnoecology).
b. Jelaskan mengapa keragaman budaya mempengaruhi pengetahuan ekologi tradisional.
c. Jelaskan pengaruh diaspora terhadap pengetahuan ekologi tradisional (misalnya studi kasus keturunan Afrika yang tinggal di Afrika, Eropa dan Brazil).
4. a. Jelaskanlah bagaimana kajian etnomedisin dan etnofarmakologi dapat mendukung pengobatan diabetes dan hipertensi.
b. Jelaskanlah tahapan-tahapan yang diperlukan dalam kajian obat tradisional melalui kombinasi pendekatan etnografi dan ekologi.
c. Jelaskan faktor-faktor ekologi dan genetika yang mempengaruhi kandungan kimia dalam tumbuhan obat.
5. a. Jelaskan mengapa system pangan tradisional dapat menjadi solusi masalah-masalah kesehatan kontemporer (misalnya diabetes, kangker, darah tinggi, jantung koroner, dll).
b. Jelaskanlah perubahan pola pangan masyarakat asli terhadap keberlanjutan sistem pangan tradisional.
c. Jelaskanlah dampak pembukaan hutan di Indonesia terhadap keamanan pangan masyarakat asli.
6. a. Jelaskan bioprospecting yang dapat diperoleh dari pengetahuan ekologi tradisional (kearifan tradisional).
b. Jelaskanlah jasa lingkungan yang diperoleh dari lanskap pertanian.
c. Jelaskanlah hubungan jasa lingkungan dan keamanan pangan.
===
Selamat bekerja
============
Dear Mahasiswa,
Assalamu’alaikum,
Berikut ini disampaikan tugas perkuliahan “ETNOGRAFI LINGKUNGAN” (Ethno-environment).
Mahasiswa diminta untuk menulis artikel ilmiah dengan ketentuan berikut:
1. Buatlah naskah hasil penelitian lapangan.
2. Tema naskah merujuk pada daftar naskah terlampir
3. Panjang naskah dari Pendahuluan hingga Kesimpulan adalah sekitar 3000 kata (diluar: Gambar dan Tabel, judul, Daftar Pustaka).
4. Daftar Pustaka yang disitasi minimal 20 pustaka, diharapkan agar 80% Pustaka berasal dari jurnal ilmiah yang terbit dalam 10 tahun terakhir.
5. Naskah dikerjakan secara kelompok, setiap kelompok terdiri dari 2-3 mahasiswa.
6. Satu kelompok dapat mengerjakan nomor tema yang sama kelompok lain, sepanjang berbeda subyek/lokasinya (untuk itu harap berkoordinasi dengan ketua/penanggungjawab kelas).
7. Naskah sebaliknya dapat ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.
8. Tatacara penulisan naskah merujuk pada “Pedoman untuk Penulisan” (Guidance for Authors) terlampir.
9. Naskah dikirimkan paling lambat tanggal 23 November 2021 ke volatileoils@gmail.com. Setelah naskah diperiksa akan dimintakan revisi. Pengumpulan revisi naskah paling lambat tanggal 7 Desember 2021.
10. Judul dan nama file naskah dinamai dengan ketentuan berikut: “TEK-2021-Judul_naskah_saudara”
Wassalam,
Ahmad DS
Note:
· Jaga selalu kesehatan; bila keluar rumah pastikan selalu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, menghibdari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan rajin mencuci tangan dengan sabun.
Lampiran: Daftar tema naskah
No.
Tema/No. contoh naskah
A.
Pengetahuan tradisional dalam bidang manajeman sumberdaya alam dan lansekap
28, 37, 39, 40, 52, 62, 68,
B.
Pengetahuan tradisional dalam bidang pemanfaatan sumberdaya secara berkelanjutan
02, 03, 15, 20, 32, 33, 41, 42, 44, 45, 46, 47, 48, 55, 57, 58, 69, 70,
C.
Pengetahuan tradisional dalam bidang kesehatan
04, 05, 07, 08, 16, 17, 18, 21, 23, 29, 54, 56, 64, 71
D.
Pengetahuan tradisional dalam bidang pangan
10, 19, 22, 24, 25, 34, 53, 65, 67,
E.
Pengetahuan tradisional dalam bidang pertanian
12, 30, 31, 35,
F.
Pengetahuan tradisional dalam bidang perumahan/peralatan
60
G.
Pengetahuan tradisional dalam bidang ekonomi
11, 14, 43, 63,
H.
Pengetahuan tradisional dalam bidang social-budaya
01, 26, 49, 59,
I.
Pengetahuan tradisional dalam bidang Perubahan Iklim Global
13,
*) Judul naskah dapat berbeda dengan tema di atas, sepanjang dalam ruanng lingkup tema tersebut. **) Contoh naskah dapat diunduh di sini: https://drive.google.com/drive/folders/1s9U15SeZIs6dlHJnhmMWUSzuyduA2eAs?usp=sharing