Grafik Fungsi Trigonometri
Grafik Fungsi Trigonometri
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : X
Jurusan : TBSM ( Teknik Bisnis Sepeda Motor )
SMK N 1 Puhpelem Kab. Wonogiri
Lulus Budiarto
HP. 085259537000
email : lulusbudiartoo@gmail.com
Kompetensi Inti
KI 1 |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, melanjutkan, pembiasaan, dan pengkondisian secara bertahap serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
KI 3 |
: |
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan membahas tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan kajian matematika pada tingkat, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional |
KI 4 |
: |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian ' Matematika`. kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang sesuai dengan standar kompetensi kerja. keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. keterampilan mempersepsi, kesiapan, belajar, berlatih, gerak mahir, menjadikan gerak alam dalam ranah spesifik terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
Kompetensi Dasar
KD pada KI Pengetahuan
3.11 Melihat perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri KD pada KI Keterampilan
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
Indikator Pencapaian Kompetensi
1 Indikator KD pada KI Pengetahuan
3.11.1. Memahami langkah-langkah menentukan grafik fungsi sinus trigonometri dengan menggunakan tabel
3.11.2. Menentukan grafik fungsi trigomometri sinus dengan menggunakan tabel
3.11.3. Memahami langkah-langkah menentukan grafik fungsi cosinus trigonometri dengan menggunakan tabel
3.11.4. Menentukan grafik fungsi cosinus trigomometri dengan menggunakan tabel
3.11.5. Memahami langkah-langkah menentukan fungsi tangen trigonometri dengan menggunakan tabel
3.11.6. Menentukan grafik fungsi tangen trigomometri dengan menggunakan lingkaran satuan
2 Indikator KD pada KI Keterampilan
4.11.1. Menggambar grafik fungsi sinus trigonometri
4.11.2. Menggambar grafik fungsi cosinus trigonometri.
4.11.3. Menggambar grafik fungsi tangen trigonometri
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan platform Daring Google meet, Google form maupun whatsApp , Spada , berbantukan LKPD dan power point peserta didik dapat:
1. Menentukan langkah-langkah dalam membuat grafik fungsi cosinus trigonometri dengan menggunakan tabel
2. Menentukan nilai maksimum, nilai minimum, amplitudo, dan periode grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan tabel dan grafik fungsi kosinus
3. Dapat mengembangkan sikap disiplin, percaya diri, dan menghargai.
Sumber belajar
o Kasmina & Toali. 2013. Matematika untuk SMK dan MAK Kelas X Jakarta: Erlangga.
o Tezar Arnenda.2021. Matematika 1b untuk SMK/MAK.Graha Pustaka .
Prosedur Penilaian
Nilai = Σ 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉 / 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒎𝒂𝒌𝒔𝒊𝒎𝒂𝒍
Instrumen Penilaian Ketrampilan
Rubrik penskoran :
Aspek Penilaian |
Rubrik penskoran: |
A. Ketepatan grafik |
Skor 4: maks, min, amplitudo, & periodenya dilukiskan dengan tepat Skor 3: terdapat beberapa nilai maks, min, amplitudo, atau periode yang dilukiskan dengan kurang tepat Skor 2: sebagian besar nilai maks, min, amplitudo, atau periodenya dilukiskan dengan kurang tepat Skor 1: lukisan salah |
B. Kemulusan grafik |
Skor 4 : kurva mulus pada grafik yang dilukis dengan baik Skor 3 : kurva mulus pada dengan baik Skor 2 : kurva mulus pada grafikkan dengan baik Skor 1 : grafik tidak dilukiskan dengan grafik mulus, misalnya dengan garis lurus |
C. Grafik kerapian |
Skor 4: sangat rapi Skor 3: rapi Skor 2: cukup rapi Skor 1: kurang rapi |
- Perkenalkan Saya Lulus Budiarto,senang bertemu dengan anak-anak di pembelajaran Grafik Fungsi Trigonometri.
- Link RPP : https://if.fm/1Cw