Topic outline

  • Grafik Fungsi Trigonometri

    Grafik Fungsi Trigonometri

    Mata Pelajaran : Matematika 

    Kelas : X 

    Jurusan : TBSM ( Teknik Bisnis Sepeda Motor )

    SMK N 1 Puhpelem Kab. Wonogiri

    Lulus Budiarto

    HP. 085259537000

    email : lulusbudiartoo@gmail.com

    Kompetensi Inti

    KI 1

    :

    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

    KI 2

    :

    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, melanjutkan, pembiasaan, dan pengkondisian secara bertahap serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam

    serta dalam menempatkan diri cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

    KI 3

    :

    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan membahas tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan kajian matematika pada tingkat, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia

    kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

    KI 4

    :

    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian ' Matematika`. kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang sesuai dengan standar kompetensi kerja. keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. keterampilan mempersepsi, kesiapan, belajar, berlatih, gerak mahir, menjadikan gerak alam dalam ranah spesifik terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah, serta

    mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung



    Kompetensi Dasar

    KD pada KI Pengetahuan

    3.11       Melihat perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri KD pada KI Keterampilan

    4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri


    Indikator Pencapaian Kompetensi

    1        Indikator KD pada KI Pengetahuan

    3.11.1.    Memahami langkah-langkah menentukan grafik fungsi sinus trigonometri dengan menggunakan tabel

    3.11.2.  Menentukan grafik fungsi trigomometri sinus dengan menggunakan tabel

    3.11.3.  Memahami langkah-langkah menentukan grafik fungsi cosinus trigonometri dengan menggunakan tabel

    3.11.4.  Menentukan grafik fungsi cosinus trigomometri dengan menggunakan tabel

    3.11.5.  Memahami langkah-langkah menentukan fungsi tangen trigonometri dengan menggunakan tabel

    3.11.6.  Menentukan grafik fungsi tangen trigomometri dengan menggunakan lingkaran satuan

    2        Indikator KD pada KI Keterampilan

    4.11.1.  Menggambar grafik fungsi sinus trigonometri

    4.11.2.  Menggambar grafik fungsi cosinus trigonometri.

    4.11.3.  Menggambar grafik fungsi tangen trigonometri


    Tujuan Pembelajaran

    Melalui pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan platform Daring Google meet, Google form maupun whatsApp , Spada , berbantukan LKPD dan power point peserta didik dapat:

    1.         Menentukan langkah-langkah dalam membuat grafik fungsi cosinus trigonometri dengan menggunakan tabel

    2.         Menentukan nilai maksimum, nilai minimum, amplitudo, dan periode grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan tabel dan grafik fungsi kosinus

    3.         Dapat mengembangkan sikap disiplin, percaya diri, dan menghargai.


    Sumber belajar 

    o    Kasmina & Toali. 2013. Matematika untuk SMK dan MAK Kelas X Jakarta: Erlangga.

    o    Tezar Arnenda.2021. Matematika 1b untuk SMK/MAK.Graha Pustaka .


    Prosedur Penilaian

    Nilai = Σ 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉 / 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒎𝒂𝒌𝒔𝒊𝒎𝒂𝒍

    Instrumen Penilaian Ketrampilan

    Rubrik penskoran :

    Aspek Penilaian

    Rubrik penskoran:

    A. Ketepatan grafik

    Skor 4: maks, min, amplitudo, & periodenya dilukiskan dengan tepat

    Skor 3: terdapat beberapa nilai maks, min, amplitudo, atau periode yang dilukiskan dengan kurang tepat

    Skor 2: sebagian besar nilai maks, min, amplitudo, atau periodenya dilukiskan dengan kurang tepat

    Skor 1: lukisan salah

    B. Kemulusan grafik

    Skor 4 : kurva mulus pada grafik yang dilukis dengan baik

    Skor 3 : kurva mulus pada dengan baik Skor 2 : kurva mulus pada grafikkan dengan baik Skor 1 : grafik tidak dilukiskan dengan grafik mulus,

    misalnya dengan garis lurus

    C. Grafik kerapian

    Skor 4: sangat rapi Skor 3: rapi

    Skor 2: cukup rapi Skor 1: kurang rapi






  • Peta Konsep

    Pengantar Materi,

    • MATERI

      Lampiran 1. Materi Bahan Ajar : http://shorturl.at/hxNOZ

      • PPT

        Lampiran 2 .Materi PPT : http://shorturl.at/fwHVW

        • LKPD

          Lampiran 3 LKPD :  http://shorturl.at/fDEQ1

          • INSTRUMEN PENILAIAN

            Lampiran 4. Instrumen Penilaian :  http://shorturl.at/bdmI1

            • Referensi materi dari sumber lain

              Berikut referensi pendalaman materi dari sumber lain :

              1. 

              2.