Enrolment options

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran (assessment for learning) dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya. Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran. Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa Inggris (listening, speaking, reading, writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan, penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai aktivitas perkuliahan.

Self enrolment (Student)