Enrolment options
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa
berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran
bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta
bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik
karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil
pembelajaran (assessment for learning)
dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap
awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan
keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement),
penilaian (assessment), dan evaluasi
program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya.
Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik
tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran.
Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan
keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran
bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup
hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam
pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa
Inggris (listening, speaking, reading,
writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu
mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa
Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai
fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan
diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan,
penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai
aktivitas perkuliahan.
- Course creator: Sumardi Sumardi