Mata kuliah Teknologi Pengolahan Pangan membahas tentang berbagai hasil pengolahan produk pertanian, serta ilmu dan teknologi prosesnya.


Pokok bahasan pada mata kuliah ini yaitu ruang lingkup teknologi produksi benih, prosesing benih, pengujian benih dan sertifikasi benih

Mata kuliah membahas tentang pengolahan berbagai produk pertanian, serta ilmu dan teknologi prosesnya menjadi produk pangan yang berkualitas


Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup Teknologi Benih; Mata kuliah ini membahas produksi benih, pemanenan benih, pengeringan benih, pengemasan benih, penyimpanan benih, pengujian benih dan sertifikasi benih.

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai definisi kepribadian, unsur dan faktor pembentuk kepribadian, memahami arti penting pengembangan kepribadian, menjelaskan dan memahami konsep diri dan pengembangannya, memahami dan menjelaskan pengembangan diri dan bagaimana pengembangan rasa percaya diri, memahami kecerdasan emosi,  memahami dan melakukan self assessment serta menyusun rencana pengembangan karir. Selain memperoleh teori, mahasiswa juga diberikan pengetahuan dan ketrampilan melalui praktik berkaitan dengan etika serta komunikasi untuk pengembangan diri. Pengetahuan dan praktik tersebut meliputi :  cara berkomunikasi dan berkenalan, ekspresi suara, etika duduk dan berdiri, melaksanakan etiket tata laku/berjalan, etiket berbusana dan table manner serta pengetahuan dan praktik memelihara aturan sopan santun dalam pergaulan.


Komunikasi organisasi mempelajari tentang teori yang mendasari dalam sebuah komunikasi organisasi termasuk budaya organisasi, komunikasi verbal dan non verbal dalam sebuah komunikasi organisasi,  konflik yang terjadi dalam organisasi serta pengukuran evaluasi kinerja dalam komunikasi organisasi


Mata kuliah komunikasi bisnis merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 5, dan ini merupakan mata kuliah yang akan memberikan kepada mahasiswa sehingga mampu menganalisis tentang definisi komunikasi bisnis, komunikasi bisnis lintas budaya, desain pesan bisnis, opini publik, public relation dalam pemerintahan dan public relation dalam organisasi profit. 

Mata kuliah komunikasi bisnis merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 5, dan ini merupakan mata kuliah yang akan memberikan pemahaman
kepada mahasiswa sehingga mampu menganalisis tentang definisi komunikasi bisnis, Komunikasi bisnis lintas budaya, desain pesan bisnis, opini public, PR dalam
pemerintah dan PR dalam organisasi profit

Secara umum mata kuliah ini membhas tentang teori-teoti perubahan sosial dalam kaitannya dengan pembangunan. Secara rinci materi yang akan diberikan dalam kuliah ini adalah : Pengertian Perubahan Sosial dan Kebudayaan, Perspektif Teoritis tentang Perubahan,  Mekanisme perubahan, Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial, Faktor-Faktor Penyebab dan Proses Perubahan Sosial, Pertumbuhan Penduduk dan Perubahan Sosial, serta Pembangunan dan Perubahan Sosial.

Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar terhadap mahasiswa sehingga mampu menjelaskan konsep-konsep yang terkait pengembangan masyarakat (pengertian, filosofi, prinsip, ruang lingkup, metode dan teknik, langkah-langkah, dan tema), dapat menjelaskan implementasi pengembangan masyarakat pada saat ini; dan dapat menyusun proposal pengembangan masyarakat; serta mempunyai sikap positif dalam pengembangan masyarakat.


Komunikasi Bisnis adalah mata kuliah yang bertujuan memberikan pemahaman, keyakinan akan teori dan praktek komunikasi bisnis. Mahasiswa akan belajar tentang perencanaan komunikasi bisnis, desain pesan bisnis, integrated marketing dan komunikasi, fungsi public relations, opini publik, PR advertising, GPR dan PR.

Kompetensi Desain Pesan Bisnis, Integrating Marketing Communications, Public Relations

Mata kuliah statistik ilmu sosial ini mempelajari: Bagaimana mahasiswa mampu  melakukan analisis  sekumpulan data dengan menggunakan statistic non parametrik, menginterpretasikan dan  menyimpulkannya