Pada mata kuliah ini, mahasiswa difasilitasi untuk belajar mengembangkan kejujuran, mandiri, menetapkan target puncak, respect dalam proses perkuliahan dan dalam proses memberikan layanan konseling kepada klien/masyarakat; memahami hakikat manusia dari sudut pandangan aliran/ teori konseling, menguasai keterampilan dasar interview konseling, dan terampil memberikan layanan bantuan kepada klien dan masyarakat dengan mengaplikasikan teknik konsleing traits and factor dan terapi berfokus solusi. Penciptaan pengalaman belajar melalui kuliah, diskusi, penugasan-penugasan, dan praktik simulasi dan atau riil mengaplikasikan teknik konseling dan pemberian umpanbalik, serta melakukan evalusi formatif dan sumatif diharapkan kompetensi tersebut dapat dikuasai oleh setiap mahasiswa yang mengkuti perkuliahan ini.

Mata Kuliah ini secara umum membahas mengenai prinsip, teori dan peran kepemimpinan dalam organisasi dan masyarakat serta beberapa pendekatan dalam kepemimpinan organisasi

Mahasiswa mampu menguraikan prinsipdan konsep dasar pelatihan serta mampu mengimplementasikan untuk keperluan keilmuan atau pengembangan minat

Membahas mengenai konsep dan teori analisis jabatan yang berguna dalam pengembangan kinerja organisasi yang efektif dan efisien

Mata kuliah ini mengajarkan tentang prinsip dasar, proses dan prosedur modifikasi perilaku berdasar teori psikologi. Mahasiswa belajar untuk berlatih melakukan asesmen perilaku dan memahami berbagai teknik dalam modifikasi perilaku untuk mengubah perilaku individu. Sehingga diharapkan mahasiswa mampu menyusun rancangan program modifikasi perilaku sesuai dengan problem yang dihadapi individu. 


Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai tata cara menyusun laporan penelitian/ skripsi.


Mata kuliah deteksi dini perkembangan anak mempelajari konsep dasar, metode deteksi dan deteksi dini perkembangan anak yang meliputi deteksi perkembangan motorik, bahasa/bicara, sosial dan intelegensi serta bagaimana menilai perkembangan anak dengan Denver.


Tujuan mata kuliah ini adalah: Mahasiswa mampu mengadministrasikan dan melakukan skoring metode pengukuran kepribadian khususnya tes proyektif, antara lain grafis (BAUM, DAP, HTP, Wartegg), Rorschach, TAT, Beder Gestalt, dan SSCT

Mata kuliah psikologi belajar mempelajari tentang konsep psikologi belajar, asesmen belajar, penelitian dalam psikologi belajar, factor-faktor belajar, serta teori belajar yaitu behaviorisme, kognitif dan konstruktivisme.