Mata kuliah ini memberikan pemahaman konseptual tentang struktur dan fungsi perilaku individu dalam kelompok dan organisasi. Pusat bahas mata kuliah ini adalah berbagai pengaruh perilaku (level individu, kelompok, maupun organisasi) terhadap kinerja. Pembahasan ditekankan pada pemahaman konsep dan aplikasinya pada pembahasan kasus. Topik-topik yang tercakup diantaranya adalah: sikap, kepribadian, persepsi, motivasi, kelompok, komunikasi, kepemimpinan, power & politik, budaya dan pengembangan organisasi.


Akuntansi manajemen adalah proses mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menyiapkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi yang digunakan oleh manajemen untuk melakukan perencanaan, pengambilan keputusan, pengendalian, dan penilaian kinerja dalam organisasi. Mata kuliah ini membahas mengenai pertimbangan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan manajemen secara internal. Hal ini meliputi pertimbangan harga jual, berpapa unit yang harus diproduksi, break event point, analisis cost, volume, dan profit, keputusan investasi modal, analisis segmen, serta penilaian kinerja. Oleh karena itu, dibutuhkan penyediaan informasi oleh akuntan manajemen. Penggunaan informasi tersebut dilakukan oleh manajer tingkat bawah sampai tingkat atas.


Budaya Organisasi

Mata Kuliah ini mepelajari tentang Perdagangan Internasional dan segala Aktivitasnya

pemasaran 3 yang dimaksud disini adalah seminar pemasaran yang bermuara pada pembuatan proposal pemasaran yang siap untuk diseminarkan.