SAYA  SUGIYANTO BERSAMA BP. Dr. M. GAMAL RINDARJONO, M.Si

MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG 

DALAM PERKULIAHAN GEOGRAFI PENDUDUK DI S2 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNS 


Melalui diskusi, penugasan dan presentasi, matakuliah ini menelaah persebaran penduduk,  dan dinamikanya berdasarkan faktor-faktor geografi dan nongeografi yang membuat persebaran penduduk di permukaan bumi tidak merata.



Mata kuliah ini akan megkaji baik secara teoretis maupuk praktis empirik dari berbagai jenis metode penelitian pembelajaran: metode penelitian eksperimen, metode penelitian tindakan kelas, metode penelitian riset dan pengembangan dan metode penelitian sesudah kejadian, serta penyusunan instrumen penelitian dan menerapkannya ke dalam peneltian tesis. Perkuliahan ini dilakukan dengan perkuiliahan pengkajian teoretis (ceramah dan diskusi); kaijian prkatis empirik (presentase penelitian skripsi mahasiswa) dan diakhiri dengan penugasan dan presentase proposal penelitian secara individu.

Melalui mata kuliah statistika terapan ini mahasiswa memeroleh pengalaman belajar tentang 

konsep  dasar dan penerapan analisis korelasi (korelasi dan regresi dan analisis jalur) dan analisis komparasi (one-way anova, two-way anova dan multi-way anova & manova) serta  penerapan statistical software  terutama MINITAB dan SPSS untuk menganalisis data hasil penelitian kemudian menginterpretasikan hasil analisis tersebut dengan baik dan benar untuk keperluan  penelitian kuantitatif.

Aplikasi Perencanaan Wilayah merupakan mata kuliah yang menelaah tentang konsep, ruang lingkup, pendekatan, penyerasian perencanaan wilayah.


Ekologi Terapan merupakan mata kuliah lanjutan yang menelaah tentang terapan konsep dan komponen ekologi.

Kuliah ini berisi materi tentang latar belakang, perkembangan, dan penerapan Geografi Sosial dalam tataran teoretis, metodologis, dan praxis.

Mata Kuliah Hidroklimatologi Terapan merupakan perpaduan antara hidrologi dan klimatologi terapan, memuat  permasalahan-permasalahan serta upaya pengelolaan sumberdaya air, cuaca dan iklim.

Mata Kuliah Metode Penelitian megkaji baik secara teoritis maupun praktis empirik dari berbagai jenis metode penelitian pembelajaran, metode penelitian eksperimen, metode penelitian tindakan kelas, metode penelitian riset dan pengembangan, dan metode penelitian sesudah kejadian, serta penyusunan instrumen penelitian dan menerapkannya ke dalam peneltian tesis.