Mata kuliah ini akan di ampu oleh TIM Dosen yang terdiri dari:

Image result for Dr. Sri Yamtinah, M.Pd

Dr. Sri Yamtinah, M.Pd
&


Dr. Sudiyanto, M.Pd

email:  soeddie.fkipuns@gmail.com

Nomor Handphone : 081329006755


Mata kuliah ini bertujuan mengantarkan mahasiswa menguasai ketrampilan untuk mengembangkan asesmen pembelajaran sejarah melalui metode diskusi, latihan, penggunaan software, melakukan analisis, melaksanakan asesmen dan presentasi hasil serta memahami tentang evaluasi program dan dapat melakukan evaluasi program pada salah satu program pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa perlu mengkaji enam topik penting


Materi kuliah pada tengah semester pertama berupa konsep-konsep dasar pengembangan kurikulum. Mahasiswa  secara bergiliran menjadi penyaji yang harus menulis makalah lebih kurang 3 halaman, digandakan sebanyak peserta. Buku teks utama hendaknya dipakai sebagai acuan, tetapi mahasiswa diwajibkan menggunakan referansi tambahan.. Pada tengah semester kedua, mahasiswa mengkaji materi sejarah pada kurikulum yang pernah diberlakukan di Indonesia menggunakan konsep teori yang dipelajari pada tengah semester pertama. Mahasiswa  secara bergiliran menjadi penyaji yang harus menulis makalah lebih kurang 3 halaman, digandakan sebanyak peserta. Pada akhir diskusi, dosen akan memberi tambahan materi atau simpulan.


Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan teori-teori sosial dalam penelitian dan penulisan sejarah, termasuk di dalamnya tentang model-model dan metode, konsep-konsep dalam sosiologi, antropologi, ilmu politik, kebudayaan, dan ekonomi, serta teori dan perubahan sosial.


Cakupan mata kuliah mencakup pengertian, prosedur pembuatan proposal dan seminar, mengembangkan gagasan dan ide secara ilmiah dalam bentuk tulisan (proposal) sesuai peraturan akademik yang berlaku, dan secara lisan (seminar)


Melalui serangkaian perkuliahan tatap muka, penugasan dan diskusi mahasiswa diajak untuk memeiliki pengetahuan luas dan komprehensif, nalar kritis, dan pola pikir yang sistematis, empiris serta logis tentang tentang konsep dasar paradigma pendidikan IPS, menguasai dan mengembangkan proses pembelajaran sesuai hakekat fungsi, tujuan, kurikulum, pendidikan IPS


Melalui serangkaian perkuliahan tatap muka, penugasan dan diskusi mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai isu-isu kontemporer di Indonesia dan dunia