Analisis Literasi Geospasial merupakan mata kuliah penciri di Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNS yang memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kemampuan analisis informasi Geospasial sebagai dasar untuk menyajikan data terkait keruangan di muka bumi, kemampuan berpikir spasial melalui pendekatan keruangan geografi, analisis komplek wilayah dan kelingkungan, serta representasi konsep geospasial serta penerapannya dalam pembelajaran geografi

Mata kuliah ini mendeskripsikan Pengertian dan artipenting daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, Dasar Hukum Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup, Konsep Dasar dan pendekatan penetuan Daya Dukung dan DayaTampung Lingkungan Hidup, Metode perhitungn Daya Dukung dan DayaTampung Lingkungan Hidup, Daya Dukung Sumber Daya Laahan dan Sumber Daya Air, Daya Dukung Lahan menurut Fungsi Kawasan, Menyusun Daya Dukung Sumber Daya Lahan dan Sumber Daya Air.

Mata kuliah Pengantar AMDAL memberikan pemahaman tentang KLHS dan proses penyusunan dokumen AMDAL



Mata kuliah Geografi Sumber Daya Alam mendeskripsikan ruang lingkup kajian sumber daya alam dalam perspektif geografi, pengertian sumber daya alam, kedudukan geografi dalam pemanfaatan sumber daya alam, asas mengenai sumber daya alam, pengelompokan sumber daya alam, air, lahan, hutan dan mineral sebagai sumber daya alam dalam perspektif geografi.


Konsep-konsep PTK, Karakteristik, Posisi dan Manfaat PTK, Keterbatasan PTK,  Persyaratan PTK, Identifikasi masalah pembelajaran, Rencana perbaikan pembelajaran Tahapan/siklus PTK, Menyusun Proposal PTK.  Konsep Penelitian eksperimen, Karakteristik, Perbedaan, Tahapan eksperimen, Kekuatan dan kelemahan, kritik Eksperimen, Desain, Analisis Data, Menyusun Proposal Penelitian Eksperimen dalam Pembelajaran. Konsep Karakteristik, Perbedaan, Tahapan R & D, Kekuatan dan kelemahan, kritik R & D, Desain, Analisis Data, Menyusun Proposal Penelitian Riset & Pengembangan

M

SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH 

KULIAH KERJA LAPANGAN  II

SN

Mampu melakukan kajian, pengukuran dan analisis aspek geosfer (litosfer, pedosfer, hidrosfer, biosfer dan anthrofosfer)

1.      Pembatasan DAS

2.      Pembuatan Satuan Lahan

3.      Penentuan Fungsi Kawasan

4.      Penentuan Kemampuan Lahan

5.      Potensi Longsor dan Erosi Tanah

6.      Potensi Hidrologi

7.      Potensi Ekonomi

8.      Potensi Sumberdaya Manusia.



Tujuan dari matakuliah ini adalah Mahasiswa dapat memetakan negara Negara maju dan dan Negara berkembang dan menganalisis potens iutama negara-negara tersebut serta menganalisis hubungan dalam kancah internasional maupun dengan Indonesia yang didukung dengan kemajuan teknologi spasial

 


Mahasiswa mampu menguasai ruang lingkup geografi kepariwisataan yang digunakan untuk pemetaan potensi, pemetaan destinasi-destinasi wisata di seluruh Indonesia beserta unsur-unsur yang saling terkait dalam sebuah sistem


Mata kuliah ini mendeskripsikan prinsip-prinsip perencanaan pengembangan wilayah, sistem perencanaan Pembangunan Nasional, Prosedur Perencanaan Pembangunan Rencana Tata ruang  dan inovasi penerapan dalam proses pembelajaran geografi yang dilaksanakan oleh guru. Guru harus mampu menjadi menjelaskan prinsip-prinsip perencanaan wilayah.  Mata kuliah ini mendeskripsikan bagaimana guru mampu untuk menejelaskan sistem perencanaan pembangunan dan proseduru penyusuanan penyusunan RTR karena pada dasarnya perencanaan wilayah itu dinamis mengikuti perkembangan pembangunan. Merupakan mata kuliah wajib dengan menganalisis strategi dan dampak pengembangan wilayah berdasarkan potensi wilayah.

Mata kuliah ini mendeskripsikan teori dan praktek pengembangan multimedia pembelajaran berbasis teknologi informasi komputer


Mata Kuliah Geografi Bencana mempelajari tentang kajian epistemologis, teoritis, pemodelan, dan praktik analisis dan risiko bencana dalam perspektif geografi.