Evaluasi Pembelajaran Geografi

Pentingnya Evaluasi Pembelajaran dalam Pendidikan - Kompasiana.com


Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Geografi mempelajari tentang : 1. Pengertian, fungsi dan cirri-ciri serta Tabel spesifikasi 2. Menghitung Validitas,Reliabilitas,indek kesukaran,daya beda dan Analisis butir soal 3. Penilaian Berbasis Kelas dan penilaian HOT

Pengelolaan Kelas Digital merupakan mata kuliah penciri FKIP UNS yang memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kompetensi mengajar dengan membekali mahasiswa dengan pengetahuan,  keterampilan, sikap, nilai, pengalaman, dan literasi digital baik secara mandiri dan kerja kelompok dengan kerangka TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge)

Mata Kuliah ini mempelajari tentang metode penelitian dan penyusunan proposal penelitian geografi.


Mata Kuliah ini untuk mencapai kompetensi pemahaman mengenai konsep dasar pendidikan inklusi, karakteristik kompetensi dan tugas guru sekolah inklusif, strategi pengelolaan kelas dan lingkungan belajar dalam pendidikan inklusi, modifikasi dan adaptasi kurikulum serta desain pembelajaran dalam sekolah inklusi, asesmen dalam pendidikan inklusi, perencanaan pendidikan individual Anak Berkebutuhan Khusus, interaksi sosial, pengelolaan perilaku, dan pembinaan komunikasi fungsional Anak Berkebutuhan Khusus. Sistem kolaborasi dalam pendidikan inklusif, bekerjasama dengan orang tua dalam pendidikan inklusif.

Mata kuliah ini mengkaji karakteristik materi pembelajaran geografi di SMA dan mengidentifikasi jenis-jenis media pembelajaran yang relevan, baik untuk daring, luring, maupun hybrid.

Mahasiswa diajarkan prinsip-prinsip sikap guru profesional yang mampu mendidik,  mengajar,  membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai,  mengevaluasi  peserta  didik  dan juga diajakan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.

Assalamu'alaikum wr wb

Mata kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester IV di Pendidikan Geografi FKIP UNS. Addapun mata kuliah ini terdiri dari 16 kali pertemuan yang terdiri dari kegiatan perkuliahan, penugasan, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester sebanyak 2 sks. Mata kuliah ini mendeskripsikan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis fenomena-fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat dan dianalisis dalam pembelajaran IPS terpadu.

Wassalamu'alaikum wr wb


Oceanografi adalah mata kuliah yang mendeskripsikan pengertian oceanografi, Perkembangan oceanografi, Hidrodinamika laut, landas kontinen, bentuk topografi dasar laut, kondisi oceanografi yang berpengaruh terhadap sumber daya, persebaran arus laut di dunia, ekosistem mangrove, ekosistem terumbu karang, ekosistem estuaria dan ekosistem padang lamun.


Assalamualaikum wr wb

Perencanaan Pembelajaran Geografi (PPG) merupakan salah satu mata kuliah wajib di Pendidikan Geografi yang ditukan kepada mahasiswa Semester 4. Adapun matakuliah ini terdiri dari 2 SKS dengan 16 pertemuan dengan kegiatan perkuliahan, penugasan UTS dan UAS.

Terimakasih

Wassalamu’alaikum wr wb


Mata Kuliah ini untuk mencapai kompetensi pemahaman mengenai konsep dasar pendidikan inklusi, karakteristik kompetensi dan tugas guru sekolah inklusif, strategi pengelolaan kelas dan lingkungan belajar dalam pendidikan inklusi, modifikasi dan adaptasi kurikulum serta desain pembelajaran dalam sekolah inklusi, asesmen dalam pendidikan inklusi, perencanaan pendidikan individual Anak Berkebutuhan Khusus, interaksi sosial, pengelolaan perilaku, dan pembinaan komunikasi fungsional Anak Berkebutuhan Khusus. Sistem kolaborasi dalam pendidikan inklusif, bekerjasama dengan orang tua dalam pendidikan inklusif

Mata kuliah ini mendeskripsikan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis fenomena-fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat dan dianalisis dalam pembelajaran IPS terpadu.


Mata kuliah ini mendeskripsikan mengenai kajian permukiman sebagai obyek material dalam bidang geografi serta menggunakan pendekatan geografi dalam menganalisis permasalahan permukiman di Indonesia, sehingga akhir dari perkuliahan ini mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan permukiman serta menganalisis perkembangan permukiman disuatu wilayah dengan menggunakan teknologi informasi geospasial.

Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi merupakan matakuliah wajib bagi Mahasiswa Pendidikan Geografi Semester 4 (Empat) dengan bobot mata kuliah 2 sks. Capaian mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi adalah mahasiswa mampu merancang, membuat dan mampu mengevaluasi hasil rancangan perencanaan pembelajaran yang didesain. Adapun bahan kajian dalam amata kuliah ini adalah :

1. Kurikulum, Silabus, SK dan KD

2. Model-Model Instructional

3. Konsep, Karakteristik, Masalah dan Manfaat Perencanaan PEmbelajaran

4. Prinsip, Komponen, Format dan Penilaian RPP

Mata kuliah ini mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan inovasi penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran geografi yang dilaksanakan oleh guru. Guru harus mampu menjadi pengembang kurikulum, tidak hanya sebagai pengguna (user) kurikulum saja. Mata kuliah ini mendeskripsikan bagaimana guru mampu untuk menerima perubahan kurikulum karena pada intinya kurikulum itu dinamis mengikuti perkembangan jaman.


Mata Kuliah ini mempelajari tentang metode penelitian dan penyusunan proposal penelitian geografi.