Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum penciri nasional yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pancasila dalam kajian historis, sebagai dasar negara, ideologi nasional, pancasila sebgaimsistem filsafat, pancasila sebagai sistim etika dan pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu

gambar biokimiaBiokimia adalah mata kuliah wajib program studi yang mengkaji: konsep metabolisme, struktur karbohidrat, protein, lipid, asam nukleat dan enzim serta metabolismenya  pada tumbuhan dan hewan.

Mata kuliah ini mengembangkan pemahaman, keterampilan dan kemampuan bernalar mahasiswa melalui penjelasan, diskusi, presentasi, observasi, interpretasi, identifikasi, membuat dendrogram dan tugas-tugas dinataranya membaca, merangkum, mengoleksi dan membuat herbarium, menggambar, membuat laboran praktikum dari Spermatophyta terpilih.


Mata Kuliah Mikroteknik merupakan mata kuliah wajib yang diberikan dalam 2 SKS meliputi minimal 14 kali tatap muka teoritis disertai praktikum terintegrasi dan 2 kali evaluasi terukur. Praktek yang diberikan dimaksudkan untuk mendukung penguasaan konsep seperti yang dijabarkan pada kompetensi dasar. Pengenalan terhadap jenis- jenis teknik pembuatan preparat segar maupun awetan, pengenalan terhadap alat,bahan, keselamatan laboratorium. Selain itu mahasiswa dibekali skill untuk penguasaan materi dan pembuatan sediaan secara mikroskopis termasuk dasar dan landasan menggunakan teknik tertentu. Mahasiswa juga diarahkan untuk mampu menganalisis kendala dan dan kerusakan dalam pembuatan preparat, yang terakir materi ini memberikan pemahaman dan pembacaan hasil dari pembuatan preparat. Output yang diharapkan adalah pemanfaatan hasil percobaan sebagai sumber belajar biologi untuk sekolah.

Matakuliah KKV diberikan di semester tiga, sebagai prasyarat untuk mengambil  KKV harus sudah lulus matakuliah klasifikasi dan keanekaragaman invertebrata. Kuliah diberikan dalam 16 kali pertemuan termasuk didalamnya UTS dan UAS.  Matkul KKV menjelaskan tentang keanekaragaman hewan-hewan vertebrata dan prinsip-prinsip dasar klasifikasi hewan vertebrata, dasar-dasar tatanama hewan vertebrata, aspek taksonomi dan berbagai wujud penerapan tatanama pada hewan vertebrata. Dengan mempelajari KKV mahasiswa secara umum dapat menjelaskan beberapa hal penting berkaitan dengan hewan vertebrata ditinjau dari aspek keanekaragaman dan klasifikasinya

1.  Menguasai prinsip, konsep dan teori dalam kajian dan pengembangan kurikulum biologi di  sekolah menengah atas

2.  Memahami Prinsip, konsep dan teori dalam manajemen pendidikan

3.  Menguasai prinsip, konsep dan teori terkait dengan profesi guru

4.  Menguasai prinsip, konsep dan teori dalam dasar-dasar kependidikan 


Mata kuliah Anatomi Hewan  merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS pada semester III. Bobot mata kuliah ini adalah 3 SKS,  meliputi minimal 14 kali tatap muka teoritis disertai praktek (baik berjalan secara terpisah ataupun terintegrasi). Praktek yang diberikan dimaksudkan untuk mendukung penguasaan konsep seperti yang dijabarkan pada kompetensi dasar. Materi perkuliahan yang diberikan tentang struktur berbagai sistem yang menyusun tubuh vertebrata dan membandingkan antar kelompok taksa (masing-masing kelas vertebrata).


Mata kuliah Biostatistik adalah mata kuliah yang akan mengajarkan kepada mahasiswa prinsip- prinsip penerapan statistika inferensial sebagai kelanjutan dari MK Dasar-Dasar Statistika. Diawali dengan memahami penelitian-penelitian dalam bidang biologi, mempelajari ragam permasalahan yang diangkat dalam bidang biologi, penyusunan hipotesis, menentukan galat, penentuan populasi dan sampel, penentuan variabel, pengolahan data dan analisisnya meliputi uji hipotesis, uji anova, uji lanjut, regresi, korelasi, dan uji korelasional


Mata kuliah Biostatistik adalah mata kuliah yang akan mengajarkan kepada mahasiswa prinsip-prinsip penerapan statistika inferensial sebagai kelanjutan dari MK Dasar-Dasar Statistika. Diawali dengan memahami penelitian-penelitian dalam bidang biologi, mempelajari ragam permasalahan yang diangkat dalam bidang biologi, penyusunan hipotesis, menentukan galat, penentuan populasi dan sampel, penentuan variabel, pengolahan data dan analisisnya meliputi uji hipotesis, uji anova, uji lanjut, regresi, korelasi, dan uji korelasional.

Mata Kuliah Keanekaragaman dan Klasifikasi Vertebrata merupakan mata kuliah wajib yang diberikan dalam 3 SKS meliputi minimal 14 kali tatap muka teoritis disertai praktek (baik berjalan secara terpisah ataupun terintegrasi). Praktek yang diberikan dimaksudkan untuk mendukung penguasaan konsep seperti yang dijabarkan pada kompetensi dasar. Materi perkuliahan yang diberikan menyangkut fakta  keanekaragaman vertebrata menurut periodisasi waktu, karakteristik masing-masing takson dan karakter penting identifikasi, klasifikasi masing-masing takson, dan konsep-konsep yang berhubungan dengan informasi biologi takson yang bersangkutan

Mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai struktur anatomi dan fungsi organ-organ yang membangun tubuh hewan Vertebrata serta perbandingan struktur antar taksa dalam Penelitian dan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah

Mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai struktur anatomi dan fungsi organ-organ yang membangun tubuh hewan Vertebrata serta perbandingan struktur antar taksa dalam Penelitian dan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah


Mata kuliah ini mengembangkan pemahaman, keterampilan dan kemampuan bernalar mahasiswa melalui penjelasan, diskusi, presentasi, observasi, interpretasi, identifikasi, membuat dendrogram dan tugas-tugas dinataranya membaca, merangkum, mengoleksi dan membuat herbarium, menggambar, membuat laboran praktikum dari Spermatophyta terpilih.

Mata kuliah ini mengembangkan pemahaman, keterampilan dan kemampuan bernalar mahasiswa
melalui penjelasan, diskusi, presentasi, observasi, interpretasi, identifikasi, membuat dendrogram dan
tugas-tugas dinataranya membaca, merangkum, mengoleksi dan membuat herbarium, menggambar,
dan melakukan penelitian biodiversitas tumbuhan. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan teori
tentang perkembangan taksonomi, dasar pemberlakuan klasifikasi berdasar filgenetik pada tumbuhan
(APG I, APG II, APG III, dan APG IV), Cara menentukan ciri dan sifat ciri, pengetahuan pengumpulan
data taksonomi, penentuan ciri spesiifik pada takson tumbuhan, menganalisis data hasil eksplorasi dan
eksperimen dengan softwere taksonomi, merencanakan eksplorasi dan eksperimen keanekaragaman
dan mengkomunikasikan secara lesan dan tertulis dengan kaidah ilmiah

Classroom Management(Strategi untuk menjamin lingkungan belajar yang harmonis dan produktif untuk mencegah terjadinya disrupsi pada proses pembelajaran)

Classroom Organization(Cara guru membangun interaksi dan aktivitas dalam kelas untuk mendukung pembelajaran, termasuk pengaturan komunikasi, relationship, waktu dan fasilitas fisik di kelas)

Behaviour Management(Penerapan strategi tertentu untuk secara positif mengelola perilaku individu dan kelompok yang mendorong dan mendukung kegiatan akademik, perilaku dan interaksi sosial untuk semua siswa)

Pada akhir mata kuliah, mahasiswa mampu:
- Merencanakan organsisasi kelas yang mengoptimalkan sumber dan media belajar (komputer, buku, dokumen, referensi, media belajar, dll), sehingga efektif dan efisien dalam penggunaan dan pemeliharaan

- Mengelola data kemajuan siswa secara elektronik, secara individu dan klasikal

- Mendesain organsisasi fisik kelas (furniture, area) untuk memudahkan transisi, keamanan, traffic flow

- Membuat prosedur dan aturan kelas untuk mempromosikan lingkungan kelas yang positif, efektif, dan efisien

- Menyusun skedul kelas, manajemen waktu, pengelompokan, strategi pembelajaran, dll

- Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan affective domain-based theoretecal model, untuk mengelola suasana emosional kelas, psiko-sosial kelas dan siswa, motivasi siswa, sosial skill, self-responsibility skills, dan inter-relationship skills

-Menganalisis situasi kelas dengan menerapkan legal, ethical, dan profesionalitas

-Mengamati, menganalisis, dan mendokumentasikan perilaku siswa