Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan penerapan  teori belajar, model-model pembelajaran terkini, menganalisis keunggulan dan kelemahan model pembelajaran serta melakukan modifikasi model pembelajaran berdasarkan kelemahan-kelemahannya

1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan konsep-konsep Teori belajar, dan pendekatan pembelajaranMatematika
2. Mahasiswa mampu menganalisis kelemahan model Pembelajaran beberapa Model Pembelajaran Kooperatif dan melakukan modifikasi berdasarkan kelemahan yang ditemukan
3. Mahasiswa mampu menganalisis kelemahan model pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan melakukan modifikasi
berdasarkan kelemahan yang ditemukan.
4. Mahasiswa mampu menganalisis kelemahan model pembelajaran
Discovery/Inquiry Learning dan melakukan modifikasi berdasarkan kelemahan yang ditemukan.
5. Mahasiswa mampu menganalisis kelemahan model pembelajaran Project Based Learning dan melakukan modifikasi berdasarkan kelemahan yang ditemukan


Mata kuliah ini yang  memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai konsep dan teori statistika. Secara garis besar, topik-topik yang diberikan adalah : konsep ruang probabilitas dan variabel random, distribusi variabel random baik untuk kasus univariat maupun multivariat, ekspektasi matematika, distribusi khusus, dan distribusi fungsi variabel random.

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan penerapan  tentang teori belajar, Pendekatan Belajar, model-model pembelajaran  yang dikembangkan dari hasil-hasil penelitian. Mata kuliah ini juga memberikan pengalaman dalam menganalisis model pembelajaran dan melalukan ivovasi berdasarkan kelemahan ataupun tujuan pembelajaran yang dirumuskan

Mata kuliah Teori Grup mempelajari tentang sistem matematika dengan satu operasi biner dan sifat-sifatnya. Materi yang dibahas mencakup grupoid, grup, subgrup, subgrup normal, grup siklik, grup permutasi, dan homorfisma grup.

Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai prinsip-prinsip penelitian kuantitatif, penyusunan instrumen, penelitian eksperimental, penelitian kausal komparatif, dan penelitian korelasional serta tata cara penyusunan proposal dan laporan penelitian.

Mata kuliah Teori Grup mempelajari tentang sistem matematika dengan satu operasi biner dan sifat-sifatnya. Materi yang dibahas mencakup operasi, grupoid, grup, subgrup, subgrup normal, grup siklik, grup permutasi, dan homorfisma grup

Mata Kuliah ini berisikan Sistem bilangan real, sifat aljabar, sifat urutan dan sifat kelengkapan. Barisan bilangan real, barisan konvergen, barisan bagian, barisan Cauchy. Limit fungsi bernilai real, Fungsi kontinu bernilai real, sifat-sifat fungsi kontinu, kontinu seragam, Fungsi kontinu pada interval, fungsi monoton, fungsi dengan variasi terbatas

Mata kuliah ini berisikan Sistem bilangan real, sifat aljabar, sifat urutan dan sifat kelengkapan. Barisan bilangan real, barisan konvergen, barisan bagian, barisan Cauchy. Limit fungsi bernilai real, Fungsi kontinu bernilai real, sifat-sifat fungsi kontinu, kontinu seragam, Fungsi kontinu pada interval, fungsi monoton, fungsi dengan variasi terbatas

Mata kuliah Perencanaan  Pembelajaran Matematika bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan membuat perangkat desain pembelajaran berdasar pada pelaksanaan kurikulum 2013 berdasar unsur-unsur  pembelajaran yang inovatif,  berbasis HOTS  serta mengintegrasikan TPACK di dalamnya.dengan bimbingan guru mitra dan pengampu.


Mata kuliah ini yang  memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai konsep dan teori statistika. Secara garis besar, topik-topik yang diberikan adalah : konsep ruang probabilitas dan variabel random, distribusi variabel random baik untuk kasus univariat maupun multivariat, ekspektasi matematika, distribusi khusus dan distribusi fungsi variabel random.

Mata kuliah Teori Grup mempelajari tentang sistem matematika dengan satu operasi biner dan sifat-sifatnya. Materi yang dibahas mencakup grupoid, grup, subgrup, subgrup normal, grup siklik, grup permutasi, dan homorfisma grup.

Mata kuliah persamaan diferensial merupakan mata kuliah yang mempelajari bagaimana menentukan penyelesaian / solusi dari berbagai jenis persamaaan diferensial biasa beserta MNA nya dan juga sistem persamaan diferensial biasa. Topik pembicaraan mulai dari pengenalan berbagai jenis persamaan diferensial biasa, persamaan diferensial biasa tingkat 1, persamaan diferensial biasa tingkat 2 atau lebih, dan sistem persamaan diferensial biasa.


Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan penerapan  tentang teori belajar, Pendekatan Belajar, model-model pembelajaran  kooperatif dan setrategi belajar.

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan penerapan  tentang teori belajar, Pendekatan Belajar, model-model pembelajaran  kooperatif, dan Setrategi Belajar

Mata kuliah persamaan diferensial merupakan mata kuliah yang mempelajari bagaimana menentukan penyelesaian / solusi dari berbagai jenis persamaaan diferensial biasa beserta MNA nya dan juga sistem persamaan diferensial biasa. Topik pembicaraan mulai dari pengenalan berbagai jenis persamaan diferensial biasa, persamaan diferensial biasa tingkat 1, persamaan diferensial biasa tingkat 2 atau lebih, dan sistem persamaan diferensial biasa.


Mata kuliah Perencanaan  Pembelajaran Matematika bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan membuat perangkat desain pembelajaran berdasar pada pelaksanaan kurikulum 2013 di Revisi berdasar unsur-unsur  pembelajaran yang inovatif,  berbasis HOTS  serta mengintegrasikan TPACK di dalamnya.dengan bimbingan guru mitra dan pengampu

Mata kuliah Perencanaan  Pembelajaran Matematika bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan membuat perangkat desain pembelajaran yang inovatif berbasis HOTS serta memuat unsur-unsur TPACK berdasar pada pelaksanaan kurikulum 2013 dengan bimbingan guru mitra dan pengampu


Mata kuliah ini memberikan  pemahaman kepada mahasiswa agar mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran matematika di sekolah yang dapat diteliti dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Selain itu, mahasiswa dituntut dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan matematika sebagai hasil akhir dari perkuliahan ini. 

Lingkup bahasan mata  kuliah ini meliputi konsep dasar penelitian pendidikan, paradigma penelitian, masalah-masalah pembelajaran matematika, etika penelitian, penelitian eksperimental, penelitian kausal komparatif, penelitian korelasional, teknik penulisan skripsi, dan teknik publikasi ilmiah dalam jurnal dan seminar. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat merancang satu proposal penelitian kuantitatif dalam pendidikan matematika.


Sistem bilangan real, sifat aljabar, sifat urutan dan sifat kelengkapan. Barisan bilangan real, barisan konvergen, barisan bagian, barisan Cauchy. Limit fungsi bernilai real, Fungsi kontinu bernilai real, sifat-sifat fungsi kontinu, kontinu seragam, Fungsi kontinu pada interval, fungsi monoton, fungsi dengan variasi terbatas