Mata kuliah Perencanaan Kegiatan Pembelajaran PAUD akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai konsep perangkat perencanaan pembelajaran (Program Tahunan, Program Semester, RPPM, RPPH, Media Pembelajaran, Assessmen pembelajaran, dan Bahan Ajar) di PAUD dan Membuat perencanaan pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa prinsip-prinsip sikap mental wirausaha, keterampilan kreativitas
dan inovasi, manajemen usaha, negosiasi dan etika bisnis.

Mata kuliah ini mengkaji aspek teoretis dan praktis dalam lingkup Manajemen Peserta didik, Manajemen Pendidik dan Tenaga kependidikan, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Humas dan Promosi, Pendirian PAUD, Akreditasi, Tata Kelola Administrasi Berbasis IT, Manajemen Keuangan Lembaga PAUD, Sekolah Penggerak, Sekolah Ramah Anak, Program Mitigasi Bencana

Matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa prinsip-prinsip sikap mental wirausaha, ketrampilan kreativitas dan inovasi, manajemen usaha,negosiasi dan etika bisnis

Matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa prinsip-prinsip sikap mental wirausaha, ketrampilan kreativitas dan inovasi, manajemen usaha,negosiasi dan etika bisnis

Mata kuliah ini berisi teori dan praktek mengenai bagaimana memahami social dan emosional anak usia dini dan melayani dengan tepat melalui kajian-kajian dalam teori-teori perkembangan dan hasil-hasil penelitian. Melayani anak-anak yang sehat dan yang berkebutuhan tertentu menjadi topik yang didiskusian dan menjadi referensi riset untuk mengetahui lebih lanjut tentang perubahan-perubahan yang terjadi. Mata kuliah ini juga menakankan bagaimana dinamika perkembangan anak usia dini agar mereka mampu beradaptasi dan mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang layak untuk bertemu dengan dunia sosial


Mata kuliah ini berisi teori dan praktek mengenai bagaimana memahami social dan emosional anak usia dini dan melayani dengan tepat melalui kajian-kajian dalam teori-teori perkembangan dan hasil-hasil penelitian. Melayani anak-anak yang sehat dan yang berkebutuhan tertentu menjadi topik yang didiskusian dan menjadi referensi riset untuk mengetahui lebih lanjut tentang perubahan-perubahan yang terjadi. Mata kuliah ini juga menakankan bagaimana dinamika perkembangan anak usia dini agar mereka mampu beradaptasi dan mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang layak untuk bertemu dengan dunia sosial


Mata kuliah ini membahas tentang latar belakang pendidikan inklusi di Indonesia, anak berkebutuhan khusus (ABK) (identifikasi, asesmen,kebutuhan-kebutuhan, dan layanan untuk ABK), pendidikan ABK, serta pendidikan inklusi untuk anak usia dini (PAUD Inklusi) yang meliputi sumber daya manusia; pengembangan kurikulum pendidikan inklusi; rencana pembelajaran individu; pengembangan kegiatan pembelajaran pendidikan inklusi;  asesmen perkembangan dan pembelajaran pendidikan inklusi; dan kemitraan

 


Mata kuliah ini membahas tentang latar belakang pendidikan inklusi di Indonesia, anak berkebutuhan khusus (ABK) (identifikasi, asesmen,kebutuhan-kebutuhan, dan layanan untuk ABK), pendidikan ABK, serta pendidikan inklusi untuk anak usia dini (PAUD Inklusi) yang meliputi sumber daya manusia; pengembangan kurikulum pendidikan inklusi; rencana pembelajaran individu; pengembangan kegiatan pembelajaran pendidikan inklusi;  asesmen perkembangan dan pembelajaran pendidikan inklusi; dan kemitraan

 


Mata Kuliah Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini melqtih mahasiswa mengembangkan kemampuan menjadi manajer yang profesional dalam menyelenggarakan PAUD, maka materi ini akan membekali mahasiswa meliputi; Konsep Dasar Manajemen Lembaga PAUD, Manajemen Pendirian Lebaga PAUD, Manajemen Pemasaran Lembaga PAUD,  Manajemen Kurikulum PAUD, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Deskripsi Tugasnya, Manajemen Peserta Didik PAUD dengan menggunakan beberapa pendekatan, Manajemen Sarana dan Prasarana PAUD, Penyusunan Proposal Pendirian Lembaga PAUD, Media-media Promosi Lembaga PAUD, Mendesain Lingkungan PAUD, Manajemen hasil (Product), Keluaran (output), Lulusan (Outcome) PAUD,  Manajemen Pengawasan di PAUD

pada mata kuliah komposisi tari ini tujuan yang akan dicapai adalah mahasiswa menguasai tari anak usia dini

Manajemen Lembaga PAUD Mempelajari bagaimana mengelola berbagai macam ruang lingkup yang ada di Lembaga PAUD yang meliputi ; Kurikulum PAUD, Pendidik dan tenaga Kependidikan PAUD, Peserta Didik PAUD, Sarana dan Prasarana PAUD, Pendanaan PAUD, Kemitraan serta bagaimana melakukan ijin pendirian PAUD.

Pada Mata kuliah SEMINAR PAUD (TINJAUAN PUSTAKA), Mahasiswa diberikan materi tentang dasar kajian pustaka PAUD, masalah-masalah PAUD di lapangan, menyusun rencana penelitian, memilih metode penelitian, mampu menyusun artikel, dan mempublikasikan artikelnya ke dalam seminar ataupun jurnal

Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti ceramah, diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik membuat rencana penelitian dan memilih metode penelitian yang sesuai.
publication

Mahasiswa mampu menjelaskan, mengembangkan, merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi inovasi model2 pembelajaran AUD dalam pembelajaran dan penelitian di PAUD

Mata kuliah ini berisi teori dan praktek mengenai bagaimana memahami social dan emosional anak usia dini dan melayani dengan tepat melalui kajian-kajian dalam teori-teori perkembangan dan  hasil-hasil penelitian. Melayani anak-anak yang sehat dan yang berkebutuhan tertentu menjadi topik yang didiskusian dan menjadi referensi riset untuk mengetahui lebih lanjut tentang perubahan-perubahan yang terjadi. Mata kuliah ini juga menakankan bagaimana dinamika perkembangan anak usia dini agar mereka mampu beradaptasi dan mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang layak untuk bertemu dengan dunia sosial


Mata kuliah ini membahas tentang kreativitas tari anak, komposisi tari dan berbagai macam metode penciptaan tari untuk anak usia dini, tata teknik pentas, managemen seni pertunjukan sederhana, penulisan dance script, tata rias dan busana tari AUD, property tari, dan mempersiapkan pagelaran tari anak usia dini.

Mata kuliah ini melaksanakan kajian secara teoretis dan praktis dalam ruang lingkup  (1) hakikat evaluasi pembelajaran; (2) Teknik penilaian pembelajaran AUD; (3) Menyusun instrumen penilaian; dan (4) Implikasi evaluasi pembelajaran PAUD.


Mata kuliah berisi tentang perangkat pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini

KEWIRAUSAHAAN PG-PAUD