Mata kuliah ini mengkaji aspek teoritis dan praktiks dalam lingkup hakikat kurikulum, sejarah kurikulum PAUD di Indonesia, pengembangan kurikulum PAUD, pendekatan dan model-model kurikulum, kurikulum internasional, sumber dan media serta penataan lingkungan bermain, pengembangan kegiatan di PAUD, dan evaluasi program/ kurikulum.

Mata kuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis dalam ruang lingkup Teori Belajar dan Pembelajaran, Pendekatan Belajar dan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran PAUD, Strategi dan Metode Pembelajaran PAUD, Sumber dan Media Pembelajaran, Hakikat Inovasi Pembelajaran, Menemukan Ide Inovasi Pembelajaran, Merancang Inovasi Pembelajaran di PAUD.

Mata kuliah ini mengkaji aspek teoretis dan praktis dalam lingkup Manajemen Peserta didik, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Humas dan Promosi, Pendirian PAUD, Akreditasi, Tata Kelola Administrasi Berbasis IT, Manajemen Keuangan Lembaga PAUD, Sekolah Penggerak, Sekolah Ramah Anak, Program Mitigasi Bencana

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip sikap guru profesional yang mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik dan juga diajakan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal

Belajar tentang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada dasarnya adalah belajar tentang keindonesiaan, belajar untuk menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan, dan mencintai tanah air Indonesia. Oleh karena itu, seorang sarjana atau profesional sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang terdidik perlu memahami tentang Indonesia, memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air Indonesia. Dengan demikian, ia menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang demokratis.


Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar tumbuh kembang anak usia 4-6 tahun, tugas perkembangan anak usia 4-6 tahun pada setiap aspek perkembangan, asesmen perkembangan pada setiap aspek perkembangan, masalah-masalah yang terjadi dalam tumbuh kembang anak usia 4-6 tahun, abnormalitas dan anak berkebuthan khusus, optimalisasi tumbuuh kembang anak usia 4-6 tahun, serta hasil-hasil riset terkait dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun

Pada mata kuliah Profesi Kependidikan ini mahasiswa akan mendapatkan ilmu tentang (1) Cakupan profesi kependidikan; konsep organisasi profesi kependidikan; tugas dan pelaksanaan profesi guru PAUD; konsep peranan guru PAUD dalam administrasi pendidikan; (2) Kultur Sekolah; Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial dan Kompetensi Paedagogik; serta Kompetensi Profesional; (3) Pengalaman magang dalam bentuk Peer Teaching; dan (4) Melaksanakan observasi ke lembaga PAUD.

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang tata bahasa (grammar/kaidah) bahasa Inggris yang berlaku dan pola-pola cara berkomunikasi yang tepat dalam berbagai konteks / situasi, yaitu greeting &introducing oneself, present tense, present continous tense, past tense, present perfect tense, future tense, Offering and Accepting Apology, W-H Questions, Suggesting  Advising someone to do something, Passive sentence, Compound Sentence, Expressing  and enquiring about agreement and disagreementComplex Sentence dan comparative and superlative sentence. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek membuat dan menggunakan grammar dan pola-pola cara berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang tata bahasa (grammar/kaidah) bahasa Inggris yang berlaku dan pola-pola cara berkomunikasi yang tepat dalam berbagai konteks / situasi, yaitu greeting &introducing oneself, present tense, present continous tense, past tense, present perfect tense, future tense, Offering and Accepting Apology, W-H Questions, Suggesting  Advising someone to do something, Passive sentence, Compound Sentence, Expressing  and enquiring about agreement and disagreementComplex Sentence, dan comparative and superlative sentence. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek membuat dan menggunakan grammar dan pola-pola cara berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


Mata kuliah ini membahas mengenai; berbagai konsep: pengertian, profesi dengan bukan profesi, mengapa profesi kependidikan diperlukan, cakupan profesi kependidikan, organisasi profesi kependidikan, tugas dan peran guru PAUD, Kultur Sekolah; Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial dan Kompetensi Paedagogik; serta Kompetensi Profesional


Mahasiswa diajarkan tentang tata bahasa (grammar/kaidah) bahasa Inggris yang berlaku dan pola-pola cara berkomunikasi yang tepat dalam berbagai konteks / situasi, yaitu greeting &introducing oneself, present tense, present continous tense, past tense, present perfect tense, future tense, Offering and Accepting Apology, W-H Questions, Suggesting  Advising someone to do something, Passive sentence, Compound Sentence, Expressing  and enquiring about agreement and disagreement, dan Complex Sentence. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek membuat dan menggunakan grammar dan pola-pola cara berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

 


mata kuliah  pengembangan & penyusunan program pembelajaran konsep matematika dan sains untuk anak usia dini

Mata kuliah ini berisi teori dan penerapannya untuk mengembangkan nilai, agama dan moral  anak usia dini. Hal-hal yang menjadi pembahasan berhubungan dengan perkembangan NAM dan pembentukan karakter anak agar mereka mempunyai bekal yang cukup didalam mengahadapi berbagai situasi didalam perjelanan kehidupannya. Pada dasarnya pengemb.nilai, agama dan moral anak usia dini memberikan pemahaman mengenai dinamika kehidupan anak untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan secara lebih matang dan eksis di tengah-tengah masyarakat dengan dilandandasi modal kekuatan dalam diri yang kuat dan tangguh, karena itu mata kuliah ini memberikan alternatif solusinya



Selamat datang di MK Profesi Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Semester 2. 

Mata kuliah ini membahas mengenai; pengertian, profesi dengan bukan profesi, mengapa profesi kependidikan diperlukan, mengidentifikasi dan menguraikan cakupan profesi kependidikan, mengenali organisasi profesi kependidikan, tugas dan peran guru PAUD dalam hubungannya dengan struktur dan organisasi PAUD, tugas dan peran guru PAUD dalam hubungannya dengan supervisi, rancangan dan manajemen PAUD, mengenali lembaga organisasi PAUD melalui observasi, wawancara, dan pengamatan dilapangan yang meliputi : Kultur Sekolah; Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial dan Kompetensi Paedagogik; serta Kompetensi Profesional

PENDIDIKAN JASMANI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PG-PAUD

Mata kuliah ini membahas tentang teori dan praktek yang berhubungan dengan perilaku manusia.