Mata kuliah ini menyajikan materi yang berkenaan dengan konsep, makna, tujuan, fungsi, prinsip dan teknik bimbingan dan konseling, bentuk-bentuk layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan konseling, layanan penempatan, serta layanan evaluasi dan tindak lanjut, serta peran guru PAUD sebagai pembimbing.

Mata kuliah ini berisi teori dan penerapannya untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini. Hal-hal yang menjadi pembahasan inti adalah mengenai hakikat kecerdasan majemuk, jenis-jenis kecerdasan anak usia dini dan pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran yang disesuakan dengan hasil penelitan yang mutakhir. Pada dasarnya kecerdasan majemuk anak usia dini mudah dikembangkan, karena itu mata kuliah ini memberikan alternatif solusinya.

Mata kuliah ini membahas tentang  (1) hakikat belajar mengajar (2) hakikat pembelajaran; (3) teori belajar; (3) konsep pendekatan,model, strategi, metode pembelajaran; (4) hakikat strategi pembelajaran; (5) implikasi strategi pembelajaran AUD.

Dalam pembelajaran ini mahasiswa diajarkan tentang hakikat media pembelajaran; menggunakan media berbasis TIK yang sudah ada untuk pembelajaran AUD (explee, scratchjr, scratch 2.0, aplikasi pembelajaran online, ppt, prezi, dan editing video); menciptakan konsep media pembelajaran untuk Anak Usia Dini berbasis TIK (explee, scratchjr, scratch 2.0, aplikasi pembelajaran online, ppt, prezi, dan editing video); dan menerapkan konsep media pembelajaran untuk Anak Usia Dini berbasis TIK ke dalam pembelajaran.

Mahasiswa diajarkan tentang konsep dasar parenting, hakikat tentang pola asuh, pengasuhan positif, co-parenting, spiritual parenting, parenting lintas budaya (dalam dan luar negeri), parenting untuk anak generasi alpha dan parenting di masa pandemic. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, meliputi: webmeeting, diskusi, dan praktik menyusun program parenting di abad-21.

Mata kuliah ini berisi teori dan penerapannya untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini. Hal-hal yang menjadi pembahasan inti adalah mengenai hakikat kecerdasan majemuk, jenis-jenis kecerdasan anak usia dini dan pengembangan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran yang disesuakan dengan hasil penelitan yang mutakhir. Pada dasarnya kecerdasan majemuk anak usia dini mudah dikembangkan, karena itu mata kuliah ini memberikan alternatif solusinya.

Mata kuliah ini menyajikan materi yang berkenaan dengan konsep, makna, tujuan, fungsi, prinsip dan teknik bimbingan dan konseling, bentuk-bentuk layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan konseling, layanan penempatan, serta layanan evaluasi dan tindak lanjut, serta peran guru PAUD sebagai pembimbing. 


Mata kuliah ini membahas tentang peranan statistik dalam penelitian, pengelolaan dan analisis data,pengujian hipotesis, dan pengambilan keputusan, interpretasidalam pemecahan masalah pendidikan.


Dalam Mata Kuliah ini, Mahasiswa mempelajari tentang pelafalan kosakata tematik bahasa Inggris untuk AUD  secara benar berdasarkan Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, konsep dan praktek tentang pembelajaran bahasa Inggris di PAUD dengan berbagai metode pembelajaran, konsep dan praktek pembuatan perangkat pembelajaran bahasa Inggris di PAUD serta praktek micro teaching pembelajaran bahasa inggris di PAUD dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat tersebut. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek pelafalan, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktek micro teaching pembelajaran bahasa Inggris di PAUD.


parenting

Matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang konsep dasar parenting, hakikat tentang pola asuh, pengasuhan positif, co-parenting, spiritual parenting, parenting lintas budaya (dalam dan luar negeri), parenting untuk anak generasi alpha dan parenting di masa pandemic. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, meliputi: webmeeting, diskusi, dan praktik menyusun program parenting di abad-21.


parenting aud 5b

Matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang konsep dasar parenting, hakikat tentang pola asuh, pengasuhan positif, co-parenting, spiritual parenting, parenting lintas budaya (dalam dan luar negeri), parenting untuk anak generasi alpha dan parenting di masa pandemic. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, meliputi: webmeeting, diskusi, dan praktik menyusun program parenting di abad-21.


parenting anak usia dini

Matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang konsep dasar parenting, hakikat tentang pola asuh, pengasuhan positif, co-parenting, spiritual parenting, parenting lintas budaya (dalam dan luar negeri), parenting untuk anak generasi alpha dan parenting di masa pandemic. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, meliputi: webmeeting, diskusi, dan praktik menyusun program parenting di abad-21.


Dalam mata kuliah ini Mahasiswa mempelajari tentang pelafalan kosakata tematik bahasa Inggris untuk AUD  secara benar berdasarkan Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, konsep dan praktek tentang pembelajaran bahasa Inggris di PAUD dengan berbagai metode pembelajaran, konsep dan praktek pembuatan perangkat pembelajaran bahasa Inggris di PAUD serta praktek micro teaching pembelajaran bahasa inggris di PAUD dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat tersebut. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek pelafalan, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktek micro teaching pembelajaran bahasa Inggris di PAUD.

Mata kuliah ini menyajikan materi yang berkenaan dengan konsep, makna, tujuan, fungsi, prinsip dan teknik bimbingan dan konseling, bentuk-bentuk layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan konseling, layanan penempatan, serta layanan evaluasi dan tindak lanjut, serta peran guru PAUD sebagai pembimbing

Mata kuliah ini akan membahas mengenai konsep keluarga, pembentukan keluarga, praktik pengasuhan oleh orang tua (parenting), pendidikan nilai dalam keluarga, mengasuh anak pada masing-masing tahap perkembangan, pengasuhan dalam berbagai situasi kehidupan, serta perlindungan terhadap anak

pengembangan media pembelajaran berbasis TIKMata Kuliah ini berisi hakikat media pembelajaran; menggunakan media berbasis TIK yang sudah ada untuk pembelajaran AUD (explee, scratchjr, scratch 2.0, ppt, prezi, dan editing video); menciptakan konsep media pembelajaran untuk Anak Usia Dini berbasis TIK  (explee, scratchjr, scratch 2.0, ppt, prezi, dan editing video); dan menerapkan konsep media pembelajaran untuk Anak Usia Dini berbasis TIK ke dalam pembelajaran.


Mata Kuliah ini membahas jenis-jenis penelitian dalam bidang PAUD serta langkah-langkah sistematis dalam melaksanakan penelitian, dimulai dari menemukan masalah, melakukan studi pendahuluan, menentukan rumusan masalah, menyusun kajian teori, mengemukakan hipotesis, menentukan jenis pendekatan, mengumpulkan data, melakukan analisis data, dan menyusun laporan penelitian.

Mata kuliah ini mengkaji berbagai konsep dasar statistika (pengertian, kegunaan dan ruang lingkup statistik, penyajian data, ukuran kecenderungan sentral dan variabilitasnya) dan berbagai uji terkait (Khususnya Uji Komparasi dan Uji Korelasi) yang relevan dengan kegiatan penelitian bidang anak usia dini.

Mata Kuliah ini  membahas jenis-jenis penelitian dalam bidang PAUD serta langkah-langkah sistematis dalam melaksanakan penelitian, dimulai dari menemukan masalah, melakukan studi pendahuluan, menentukan rumusan masalah, menyusun kajian teori, mengemukakan hipotesis, menentukan jenis pendekatan, mengumpulkan data, melakukan analisis data, dan menyusun laporan penelitian.

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran PAUD berbasis TIK ini akan membahas tentang pembuatan media pembelajaran anak usia dini yang berbasis TIK. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan belajar membuat media belajar untuk anak usia dini menggunakan powerpoint, prezi, pembuatan video animasi, dan pembuatan scratch.

Mahasiswa menjelaskan  hakikat media pembelajaran; menggunakan media berbasis TIK yang sudah ada untuk pembelajaran AUD (ppt, prezi, editing video, scratch); menciptakan konsep media pembelajaran untuk Anak Usia Dini berbasis TIK dengan memasukkan STEAM; dan menerapkan konsep media pembelajaran untuk Anak Usia Dini berbasis TIK ke dalam aplikasi.