Pada mata kuliah Telaah Kurikulum PAUD ini, mahasiswa diajarkan tentang (1) hakikat belajar mengajar (2) hakikat pembelajaran; (3) teori belajar; (3) konsep pendekatan, model, strategi, metode pembelajaran; (4) hakikat strategi pembelajaran; (5) implikasi strategi pembelajaran AUD.

Mata kuliah ini membahas terkait hakikat manajemen kelas PAUD, pendekatan pengelolaan kelas PAUD, aplikasi pendekatan pengelolaan kelas, penataan lingkungan main, mengkaji isu dan masalah yang dihadapi di Indonesia.

Mata kuliah ini menyajikan materi yang berkenaan dengan Landasan historis Perkembangan Teknologi PembelajaranPergeseran Istilah Educational Technology ke arah Instructional TechnologyDisain/perancangan Teknologi PembelajaranPengembangan Teknologi Pembelajaran, Pemanfaatan Teknologi PembelajaranPengelolaan Teknologi PembelajaranEvaluasi Teknologi PembelajaranFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Teknologi Pembelajaran, silabus, RPP, kontrak pembelajaran dan media pembelajaranAplikasi dan Prospek Teknologi PembelajaranPenelitian dan Pengembangan Teknologi Pembelajaran

Pada mata kuliah ini, Mahasiswa diajarkan tentang (1) hakikat sumber belajar; (2) hakikat media pembelajaran (definisi media pembelajran, klasifikasi media pembelajaran, karakteristik media pembelajaran, dan manfaat media pembelajaran); (3) pembuatan dan pengembangan media pembelajaran, teknik penggunaan media pembelajaran; (4) konsep bermain dan pembelajaran; (5) hakikat APE (definisi, manfaat, karakteristik, tujuan); (6) pembuatan/menciptakan produk dan pengembangan APE; (7) Implikasi APE dalam pembelajaran AUD


Mata kuliah ini menyajikan materi terkait hakikat belajar dan pembelajaran;  jenis teori belajar;  jenis-jenis strategi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini; konsep  program, pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini;  hakikat strategi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini;  konsep pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (pendekatan DAP dan belajar melalui bermain); Membuat perencanaan pembelajaran, Membuat dan mengimplementasikan strategi pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Dalam mata kuliah ini, Mahasiswa mempelajari tentang konsep dan teori tujuan dan fungsi pengembangan bahasa, teori pemerolehan bahasa, aspek-aspek kemampuan bahasa dan pengembangannya (menyimak, berbicara, membaca dan menulis), pengembangan kemampuan berbahasa pada anak, gangguan dalam perkembangan komunikasi anak, asesmen perkembangan bahasa anak usia dini serta mampu mendesain dan mengatur program untuk mengembangkan bahasa AUD. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik menyusun program untuk mengembangkan bahasa AUD.

Mata kuliah media dan APE AUD akan (1) hakikat sumber belajar; (2) hakikat media pembelajaran; (3) pembuatan dan
pengembangan media pembelajaran, teknik penggunaan media pembelajaran; (4) konsep bermain dan pembelajaran; (5)
hakikat APE; (6) pembuatan/menciptakan produk dan pengembangan APE; (7) Implikasi APE dalam pembelajaran AUD

Mahasiswa akan belajar tentang (1) hakikat belajar mengajar (2) hakikat pembelajaran; (3) teori belajar; (3) konsep pendekatan, model, strategi, metode pembelajaran; (4) hakikat strategi pembelajaran; (5) implikasi strategi pembelajaran AUD.

Dalam mata kuliah ini, Mahasiswa diajarkan tentang konsep dan teori tujuan dan fungsi pengembangan bahasa, teori pemerolehan bahasa, aspek-aspek kemampuan bahasa dan pengembangannya (menyimak, berbicara, membaca dan menulis), pengembangan kemampuan berbahasa pada anak, gangguan dalam perkembangan komunikasi anak, asesmen perkembangan bahasa anak usia dini serta mampu mendesain dan mengatur program untuk mengembangkan bahasa AUD. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik menyusun program untuk mengembangkan bahasa AUD

Dalam mata kuliah ini Mahasiswa mempelajari tentang pelafalan kosakata tematik bahasa Inggris untuk AUD  secara benar berdasarkan Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, konsep dan praktek tentang pembelajaran bahasa Inggris di PAUD dengan berbagai metode pembelajaran, konsep dan praktek pembuatan perangkat pembelajaran bahasa Inggris di PAUD serta praktek micro teaching pembelajaran bahasa inggris di PAUD dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat tersebut. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek pelafalan, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktek micro teaching pembelajaran bahasa Inggris di PAUD.

Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkantentang (1) hakikat belajar mengajar (2) hakikat pembelajaran; (3) teori belajar; (3) konsep pendekatan, model, strategi, metode pembelajaran; (4) hakikat strategi pembelajaran; (5) implikasi strategi pembelajaran AUD.

Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan tentang (1) hakikat belajar mengajar (2) hakikat pembelajaran; (3) teori belajar; (3) konsep pendekatan, model, strategi, metode pembelajaran; (4) hakikat strategi pembelajaran; (5) implikasi strategi pembelajaran AUD.

Mata kuliah manajemen kelas PAUD membahas terkait hakikat manajemen kelas PAUD, pendekatan pengelolaan kelas PAUD, aplikasi pendekatan pengelolaan kelas, penataan lingkungan main, mengkaji isu dan masalah yang dihadapai di Indonesia.

Mata kuliah ini menyajikan materi yang berkenaan dengan Landasan historis Perkembangan Teknologi Pembelajaran, Pergeseran Istilah Educational Technology ke arah Instructional Technology, Disain/perancangan Teknologi Pembelajaran, Pengembangan Teknologi Pembelajaran, Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran, Pengelolaan Teknologi Pembelajaran, Evaluasi Teknologi Pembelajaran, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Teknologi Pembelajaran, silabus, RPP, kontrak pembelajaran dan media pembelajaran, Aplikasi dan Prospek Teknologi Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pembelajaran

Mata kuliah yang menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran;  jenis teori belajar; jenis-jenis strategi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini;  konsep  program, pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini;  hakikat strategi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini;  konsep pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (pendekatan DAP dan belajar melalui bermain); Membuat perencanaan pembelajaran, Membuat dan mengimplementasikan strategi pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

pembelajaran tematikMata kuliah ini menjelaskan tengtang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini; hakikat pembelajaran tematik; kurikulum terpadu/ tematik; menguasai teknik pengembangan tema; dan menggunakan tema di dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Pada mata kuliah Tehnologi Pembelajaran ini mempelajari tentang hakikat dan peran Tehnologi Pembelajaran dalam belajar dan pembelajaran, mendeskripsikan teori belajar dan pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran di PAUD, menjelaskan teori motivasi dalam pembelajaran, menjelaskan pengertian, dasar-dasar dan pola-pola pengembangan kurikulum, menganalisis kompetensi pembelajaran, menyusun silabus, RPP, kontrak pembelajaran dan media pembelajaran, membedakan pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, menjelaskan hakikat media, sumber belajar, dan E-Learning, menjelaskan dasar-dasar evaluasi/asesmen pembelajaran, menyusun evaluasi atau asesmen pembelajaran, mengkaji komunikasi efektif, santun, simpatik, dan empati, mengkaji komunikasi pada kamunitas profesi sendiri, dan mengkaji komunikasi dengan profesi lain.


Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa pada kemapuan menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya untuk kegiatan pembelajaran anak usia dini, dengan capaian pembelajaran khusus:

  1. Mahasiswa mampu menyajikan unsur ritmik musik dalam lagu anak-anak berbirama 2/2, 2/4, 3/4, dan 4/4 sebagai dasar mengembangkan gerak berlagu pada pendidikan anak usia dini.
  2. Mahasisiwa mampu menyajikan unsur melodi dan harmoni musik dalam lagu anak-anak berbirama 2/4, 3/4, dan 4/4 sebagai dasar mengembangkan gerak berlagu pada pendidikan anak usia dini.

 SELAMAT BERAKTIVITAS

Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa pada kemapuan menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya untuk kegiatan pembelajaran anak usia dini, dengan capaian pembelajaran khusus:

  1. Mahasiswa mampu menyajikan unsur ritmik musik dalam lagu anak-anak berbirama 2/2, 2/4, 3/4, dan 4/4 sebagai dasar mengembangkan gerak berlagu pada pendidikan anak usia dini.
  2. Mahasisiwa mampu menyajikan unsur melodi dan harmoni musik dalam lagu anak-anak berbirama 2/4, 3/4, dan 4/4 sebagai dasar mengembangkan gerak berlagu pada pendidikan anak usia dini.

 SELAMAT BERAKTIVITAS

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori tujuan dan fungsi pengembangan bahasa, teori pemerolehan bahasa, aspek-aspek kemampuan bahasa dan pengembangannya (menyimak, berbicara, membaca dan menulis), pengembangan kemampuan berbahasa pada anak, gangguan dalam perkembangan komunikasi anak, asesmen perkembangan bahasa anak usia dini serta mampu mendesain dan mengatur program untuk mengembangkan bahasa AUD. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik menyusun program untuk mengembangkan bahasa AUD.

Matakuliah ini merupakan matakuliah Pembelajaran terpadu/ tematik pada Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, hakikat pembelajaran tematik, kurikulum terpadu/ tematik, teknik pengembangan tema, dan penggunaan tema dalam pembelajaran.


Mata kuliah ini membahas mengenai penerapan ilmu tentang otak (neurosains) dalam bidang pendidikan khususnya penerapan dalam
pembelajaran untuk anak usia dini. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pembejalaran yang tepat untuk anak usia dini berbasis
neurosains, sehingga dapat merancang kegiatan pengembangan sesuai dengan prinsip kerja otak (otak rasional dan otak emosional)

Pendidikan meruakan proses yang akan dialami oleh manusia sepanjang hayat. Pendidikan berasal dari bahasa Yunani yaitu paedagogy yang berasal dari kata paes (anak) dan agogos (menuntun/membimbing). Istilah pendidikan juga tidak bisa terlepas dari istilah belajar. Pendidikan jika dilihat dari sudut pandang hasil merupakan apa yang diperoleh dari belajar yang berupa nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan jika pendidikan dilihat dari proses maka pendidikan merupakan kegiatan yang melibatkan belajar itu sendiri.

Pendidikan dilihat sebagai sebuah ilmu merupakan teori pendidikan dan perenungan tentang pendidikan (Brojonagoro, 1966). Secara luas, llmu pendidikan (paedagogiek) merupakan ilmu yang mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktek pendidikan (Dardiri, 2005)

SELAMAT DATANG DI SPADA PG PAUD FKIP UNS, 

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MERUPAKAN SALAH SATU MATA KULIAH YANG DIBERIKAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEMESTER III. 

PADA MATA KULIAH INI MAHASISWA DIHARAPKAN MAMPU MEMBUAT DAN MENGIMPLEMENTASIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

 

SELAMAT DATANG DI SPADA PG PAUD FKIP UNS, 

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MERUPAKAN SALAH SATU MATA KULIAH YANG DIBERIKAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEMESTER III. 

PADA MATA KULIAH INI MAHASISWA DIHARAPKAN MAMPU MEMBUAT DAN MENGIMPLEMENTASIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI