Mata
kuliah ini berisi tentang pemahaman konsep dasar konseling multibudya,
keanekaragaman budaya, kompetensi yang dimiliki konselor multibudaya, isu-isu
etik dalam konseling multibudaya, penerapan konseling multibudaya dalam
berbagai setting kehidupan dan perspektif konseling multibudaya di era milenial
dan revolusi industry 4.0.
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan konseling dengan pendekatan postmodern. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, mampu merefleksi keterampilan konseling postmodern yang telah dimiliki melalui proses refleksi diri (soft skills).
Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan terampil melakukan analisis terhadap video konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif, menyusun skenario (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif; terampil mempraktikkan dua pendekatan konseling dalam paradigma konstruktivisme/ postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif pada jenjang pendidikan formal baik dalam setting konseling sebaya maupun konseling dengan kasus riil; terampil melakukan observasi dan evaluasi jalannya peer (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif (hard skills); terampil menampilkan unjuk kerja melalui penyusunan video konseling dan manual book pelaksanaan konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif secara berkelompok sebagai tugas proyek akhir matakuliah.
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang memfokuskan pada pelaksanaan bimbingan dan konseling di jenjang pendidikan SMP. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang : (1) Langkah-langkah penyusunan instrumen asesmen kebutuhan (neeed assessment) BK; (2) langkah menghimpun data asesmen kebutuhan di SMP beserta analisis dan interpretasinya; (3)
- Course creator: Adi Dewantoro
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang langkah-langkah nmempraktikkan strategi layanan bimbingan kelompok. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menunjukkan kreativitas dan inovasi, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami langkah-langkah pelaksanaan bimbingan kelompok, menjelaskan perangkat layanan yang harus disiapkan untuk dapat mengoptimalkan bimbingan kelompok, mampu mempraktikkan langkah melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik : (1) diskusi kelompok bebas, (2) diskusi kelomppok tugas, (3) problem based learning, (4) role playing psikodrama, (5) role playing sosiodrama,(6) teknik
permainan simulasi, (7) teknik play therapy, dan (8) teknik homeroom.- Course creator: Ribut Purwaningrum
Matakuliah Konseling Traumatik merupakan matakuliah yang mempelajari pengalaman-pengalaman krisis dan traumatik serta proses pemberian bantuan pada individu dengan krisis dan traumatik melalui serangkaian teknik konseling
- Course creator: Adi Dewantoro
Mata kuliah seminar masalah Bimbingan dan Konseling merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah berbasis kebutuhan dan permasalahan individu atau kelompok pada bidang ilmu Bimbingan dan Konseling.
- Course creator: Agus Tri Susilo
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu : menganalisis cara-cara yang bisa
digunakan untuk melaksanakan asesmen kebutuhan (need asssessment) BK di SMA, mengidentifikasi
data hasil asesmen kebutuhan BK, mahasiswa mampu memahami prinsip penyusunan
perangkat BK antara lian : RPL BK dan media BK, mahasiswa mampu mempersiapkan scenario pelaksanaan
layanan dasar di jenjang SMA, mahasiswa mampu mempraktikkan pelaksanaan strategi layanan dasar di jenjang SMA.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Melalui
matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami
langkah-langkah pelaksanaan bimbingan kelompok, menjelaskan perangkat layanan yang harus disiapkan untuk dapat
mengoptimalkan bimbingan kelompok, mampu mempraktikkan
langkah melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik : (1) diskusi
kelompok bebas, (2) diskusi kelomppok tugas, (3) problem based learning, (4) role playing psikodrama, (5) role
playing sosiodrama,(6) teknik permainan simulasi, (7) teknik play therapy, dan
(8) teknik homeroom.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMA; memahami prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMA; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMA meliputi (1) Perencanaan : Persiapan / planning dan Perancangan / Designing; (2) pelaksanaan; (3) Evaluasi, pelaporan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMA. |
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMA; memahami prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMA; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMA meliputi (1) Perencanaan : Persiapan / planning dan Perancangan / Designing; (2) pelaksanaan; (3) Evaluasi, pelaporan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMA. |
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari perencanaan kegiatan konseling kelompok yang kreatif dan inovatif; internalisasi dan praktik peran pemimpin dalam konseling kelompok; strategi membentuk kohesivitas pada tahap awal pelaksanaan konseling kelompok; serta penerapan prosedur dan teknik konseling sebagai upaya memecahkan masalah siswa
Mata
kuliah ini berisi tentang pemahaman konsep dasar konseling multibudya,
keanekaragaman budaya, kompetensi yang dimiliki konselor multibudaya, isu-isu
etik dalam konseling multibudaya, penerapan konseling multibudaya dalam
berbagai setting kehidupan dan perspektif konseling multibudaya di era milenial
dan revolusi industry 4.0..
- Course creator: Prof. Dr. Asrowi, M.Pd
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Matakuliah Konseling Traumatik merupakan matakuliah yang mempelajari pengalaman-pengalaman krisis dan traumatik serta proses pemberian bantuan pada individu dengan krisis dan traumatik melalui serangkaian teknik konseling
|
- Course creator: Adi Dewantoro
Mata kuliah seminar usulan skripsi merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan skripsi FKIP UNS
- Course creator: Adi Dewantoro
Pada mata kuliah ini
dibahas tentang konsep dasar media BK, prinsip,
fungsi dan hakikat penggunaan media dalam BK, jenis-Jenis media dalam
BK, proses pemilihan media untuk layanan BK, media
dalam pelaksanaan (need-assessment, bimbingan klasikal, bimbingan
kelompok, konseling individual maupun kelompok, dan dukungan sistem), serta
analisis kajian riset
tentang penggunaan media dan
membuat desain media BK.
- Course creator: Agus Tri Susilo
Mata
kuliah seminar usulan skripsi merupakan matakuliah yang mempelajari cara
menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman
penulisan karya ilmiah.
- Course creator: Agus Tri Susilo
Mata kuliah ini membahas mengenai Studi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling..
- Course creator: Citra Tectona Suryawati
- Course creator: wagimin wagimin
Melalui Mata Kuliah Pengembangan Pribadi Konselor Mahasiswa Bimbingan dan Konseling akan dapat memahami dan menguasai konsep : pengembangan pribadi konselor, memahami karakteristik pribadi konselor penyembuh (terapeutik), nilai-nilai kepribadian yang harus dimiliki konselor, mengetahui kriteria konselor multikultural yang efektif, tantangan yang harus dihadapi konselor pemula; serta memahami karakteristik menjadi konselor professional abad 21.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: wagimin wagimin
Pada
perkuliahan ini mahasiswa akan mempelajari tentang alur perencanaan kegiatan
layanan bimbingan kelompok yang logis, sistematis, kreatif, dan inovatif
berdasarkan analisis kebutuhan atau standar kompetensi kemandirian peserta
didik; menyusun perangkat, media, dan alat evaluasi; mempraktikkan beberapa
pendekatan bimbingan kelompok; serta mengevaluasi hasil layanan bimbingan
kelompok yang telah dilaksanakan.
- Course creator: rian rokhmad hidayat
Matakuliah ini membahas bagaimana peran bimbingan dan konseling di luar sekolah. Mulai merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pelatihan pengembangan diri bagi siswa atau masyarakat umum di luat sekolah.
- Course creator: rian rokhmad hidayat
Mata kuliah seminar usulan skripsi merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan skripsi FKIP UNS
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan berlatih untuk mendesain pelaksanaan konseling kelompok, mempraktikkan konseling kelompok secara tepat mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Mahasiswa juga berlatih untuk mengimplementasikan beberapa pendekatan konseling dalam praktik konseling kelompok di sekolah
- Course creator: Ulya Makhmudah
Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan konseling dengan pendekatan postmodern. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, mampu merefleksi keterampilan konseling postmodern yang telah dimiliki melalui proses refleksi diri (soft skills).
Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan terampil melakukan analisis terhadap video konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif, menyusun skenario (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif; terampil mempraktikkan dua pendekatan konseling dalam paradigma konstruktivisme/ postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif pada jenjang pendidikan formal baik dalam setting konseling sebaya maupun konseling dengan kasus riil; terampil melakukan observasi dan evaluasi jalannya peer (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif (hard skills); terampil menampilkan unjuk kerja melalui penyusunan video konseling dan manual book pelaksanaan konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif secara berkelompok sebagai tugas proyek akhir matakuliah.
- Course creator: edy legowo
- Course creator: Ribut Purwaningrum