Mata kuliah ini berisi tentang pemahaman konsep dasar konseling multibudya, keanekaragaman budaya, kompetensi yang dimiliki konselor multibudaya, isu-isu etik dalam konseling multibudaya, penerapan konseling multibudaya dalam berbagai setting kehidupan dan perspektif konseling multibudaya di era milenial dan revolusi industry 4.0.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan konseling dengan pendekatan postmodern.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, mampu merefleksi keterampilan konseling postmodern yang telah dimiliki melalui proses refleksi diri (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan terampil melakukan analisis terhadap video konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif, menyusun skenario (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif; terampil mempraktikkan dua pendekatan konseling dalam paradigma konstruktivisme/ postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif pada jenjang pendidikan formal baik dalam setting konseling sebaya maupun konseling dengan kasus riil; terampil melakukan observasi dan evaluasi jalannya peer (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif (hard skills); terampil menampilkan unjuk kerja melalui penyusunan video konseling dan manual book pelaksanaan konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif secara berkelompok sebagai tugas proyek akhir matakuliah.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang memfokuskan pada pelaksanaan bimbingan dan konseling di jenjang pendidikan SMP. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang : (1) Langkah-langkah penyusunan instrumen asesmen kebutuhan (neeed assessment) BK; (2) langkah menghimpun data asesmen kebutuhan di SMP beserta analisis dan interpretasinya; (3)


Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang langkah-langkah nmempraktikkan strategi layanan bimbingan kelompok. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menunjukkan kreativitas dan inovasi, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami langkah-langkah pelaksanaan bimbingan kelompok, menjelaskan perangkat layanan yang harus disiapkan untuk dapat mengoptimalkan bimbingan kelompok, mampu mempraktikkan langkah melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik : (1) diskusi kelompok bebas, (2) diskusi kelomppok tugas, (3) problem based learning, (4) role playing psikodrama, (5) role playing sosiodrama,(6) teknik

permainan simulasi, (7) teknik play therapy, dan (8) teknik homeroom.

Matakuliah Konseling Traumatik merupakan matakuliah yang mempelajari pengalaman-pengalaman krisis dan traumatik serta proses pemberian bantuan pada individu dengan krisis dan traumatik melalui serangkaian teknik konseling


Mata kuliah seminar masalah Bimbingan dan Konseling merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah berbasis kebutuhan dan permasalahan individu atau kelompok pada bidang ilmu Bimbingan dan Konseling.


Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu : menganalisis cara-cara yang bisa digunakan untuk melaksanakan asesmen kebutuhan (need asssessment) BK di SMA, mengidentifikasi data hasil asesmen kebutuhan BK, mahasiswa mampu memahami  prinsip penyusunan perangkat BK antara lian : RPL BK dan media BK, mahasiswa mampu mempersiapkan scenario pelaksanaan layanan dasar di jenjang SMA, mahasiswa mampu mempraktikkan pelaksanaan strategi layanan dasar di jenjang SMA.

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami langkah-langkah pelaksanaan bimbingan kelompok, menjelaskan perangkat layanan yang harus disiapkan untuk dapat mengoptimalkan bimbingan kelompok, mampu mempraktikkan langkah melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik : (1) diskusi kelompok bebas, (2) diskusi kelomppok tugas, (3) problem based learning, (4) role playing psikodrama, (5) role playing sosiodrama,(6) teknik permainan simulasi, (7) teknik play therapy, dan (8) teknik homeroom.

Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMA; memahami prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMA; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMA meliputi (1) Perencanaan : Persiapan / planning dan Perancangan / Designing; (2) pelaksanaan; (3) Evaluasi, pelaporan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMA.


Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMA; memahami prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMA; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMA meliputi (1) Perencanaan : Persiapan / planning dan Perancangan / Designing; (2) pelaksanaan; (3) Evaluasi, pelaporan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMA.


Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari perencanaan kegiatan konseling kelompok yang kreatif dan inovatif; internalisasi dan praktik peran pemimpin dalam konseling kelompok; strategi membentuk kohesivitas pada tahap awal pelaksanaan konseling kelompok; serta penerapan prosedur dan teknik konseling sebagai upaya memecahkan masalah siswa

Mata kuliah ini berisi tentang pemahaman konsep dasar konseling multibudya, keanekaragaman budaya, kompetensi yang dimiliki konselor multibudaya, isu-isu etik dalam konseling multibudaya, penerapan konseling multibudaya dalam berbagai setting kehidupan dan perspektif konseling multibudaya di era milenial dan revolusi industry 4.0..

Matakuliah Konseling Traumatik merupakan matakuliah yang mempelajari pengalaman-pengalaman krisis dan traumatik serta proses pemberian bantuan pada individu dengan krisis dan traumatik melalui serangkaian teknik konseling

 


Mata kuliah seminar usulan skripsi merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan skripsi FKIP UNS


Pada mata kuliah ini dibahas tentang konsep dasar media BK, prinsip, fungsi dan hakikat penggunaan media dalam BK, jenis-Jenis media dalam BK, proses pemilihan media untuk layanan BK, media dalam pelaksanaan (need-assessment, bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individual maupun kelompok, dan dukungan sistem), serta analisis kajian riset tentang penggunaan media dan membuat desain media BK.

Mata kuliah seminar usulan skripsi merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah.

Mata kuliah ini membahas mengenai Studi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling..

Melalui Mata Kuliah Pengembangan Pribadi Konselor Mahasiswa Bimbingan dan Konseling akan dapat memahami dan menguasai konsep : pengembangan pribadi konselor, memahami karakteristik pribadi konselor penyembuh (terapeutik), nilai-nilai kepribadian yang harus dimiliki konselor, mengetahui kriteria konselor multikultural yang efektif, tantangan  yang harus dihadapi konselor pemula; serta memahami karakteristik menjadi konselor professional abad 21.

Pada perkuliahan ini mahasiswa akan mempelajari tentang alur perencanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok yang logis, sistematis, kreatif, dan inovatif berdasarkan analisis kebutuhan atau standar kompetensi kemandirian peserta didik; menyusun perangkat, media, dan alat evaluasi; mempraktikkan beberapa pendekatan bimbingan kelompok; serta mengevaluasi hasil layanan bimbingan kelompok yang telah dilaksanakan.

Matakuliah ini membahas bagaimana peran bimbingan dan konseling di luar sekolah. Mulai merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pelatihan pengembangan diri bagi siswa atau masyarakat umum di luat sekolah.

Mata kuliah seminar usulan skripsi merupakan matakuliah yang mempelajari cara menyusun karya ilmiah (skripsi) dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan skripsi FKIP UNS


Pada mata kuliah ini mahasiswa akan berlatih untuk mendesain pelaksanaan konseling kelompok, mempraktikkan konseling kelompok secara tepat mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Mahasiswa juga berlatih untuk mengimplementasikan beberapa pendekatan konseling dalam praktik konseling kelompok di sekolah

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan konseling dengan pendekatan postmodern.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, mampu merefleksi keterampilan konseling postmodern yang telah dimiliki melalui proses refleksi diri (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan terampil melakukan analisis terhadap video konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif, menyusun skenario (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif; terampil mempraktikkan dua pendekatan konseling dalam paradigma konstruktivisme/ postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif pada jenjang pendidikan formal baik dalam setting konseling sebaya maupun konseling dengan kasus riil; terampil melakukan observasi dan evaluasi jalannya peer (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif (hard skills); terampil menampilkan unjuk kerja melalui penyusunan video konseling dan manual book pelaksanaan konseling postmodern: (Solution Focused Brief Counseling/ SFBC) dan konseling naratif secara berkelompok sebagai tugas proyek akhir matakuliah.