RANGKUMAN MATKUL

uAnalisis kebijakan merupakan aktivitas menciptaan pengetahuan tentang (of)  dan dalam (in) atau untuk (for) proses pembuatan kebijakan
uDalam menciptakan pengetahuan tersebut, para analis melakukan investigasi sebab-sebab, konsekuensi-konsekuensi, dan kinerja kebijakan publik beserta program-program yang telah dilaksanakannya

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum penciri nasional yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pancasila dalam kajian historis, sebagai dasar negara, ideologi nasional, sistem filsafat, sistem etika dan dasar pengembangan ilmu. Pembelajaran dilakukan melalui kuliah, penelusuran sumber, diskusi, presentasi dan penugasan.


Etika Administrasi Negara menggambarkan Pancasila sebagai sumber Nilai Luhur,  penerapan HAM dalam Kekuasaan dan Demokrasi,  Kegagalan Pasar perspektif Etika, Lingkungan dan SDA dalam perspektif Etika, Konsekuensi Moral suatu Kebijakan Publik, Korupsi dan dampak negatifnya, Kaidah Transparansi dan Kepentingan Umum, Pertanggungjawaban Birokrasi Publik, dan Kode Etik Birokrat.


Mata kuliah ini membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pola interaksi governance dan terwujudnya pemerintahan yang transparan serta partisipatif


Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar teori sosial politik dan ideologi politik klasik mencakup liberalisme, sosialisme, marxisme, anarkisme, dan ideologi politik kontemporer seperti enviromentalisme dan feminisme serta bagaimana relevansinya dengan fenomena politik dan praktek administrasi negara di indonesia

Statistik diartikan sebagai prosedur, cara-cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, penyajian pengolahan, analisis, penafsiran dan penarikan kesimpulan terhadap data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan dengan mnggunakan asumsi-asumsi tertentu.

Mata kuliah ini mempelajari  tentang  manajemen korporasi,  budaya korporasi (corporate culture) , governansi korporasi (corporate governance), Good Corporate Culture, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, serta interaksi antar stakeholder dan isu-isu dalam mengembangkan  Good Corporate Culture, Good Corporate Governance, dan Corporate Social Responsibility dalam konteks penerapannya pada Perusahaan Negara.


Mata kuliah ini mempelajari  tentang  manajemen korporasi,  budaya korporasi (corporate culture) , governansi korporasi (corporate governance), Good Corporate Culture, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, serta interaksi antar stakeholder dan isu-isu dalam mengembangkan  Good Corporate Culture, Good Corporate Governance, dan Corporate Social Responsibility dalam konteks penerapannya pada Perusahaan Negara.


Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia menggambarkan Sistem dan Lingkup Sistem , Pengertian Administrasi Negara, periodesasi perkembangan SANRI ,perbandingan Sistem Administrasi  Negara,  Sistem Ketatanegaraa , Lembaga-lembaga Negara, Asas pokok Pengorganisasian Aparatur Negara ,dan Ketatalaksanaan Pemerintahan di Indonesia.


Ini adalah fasilitas pembelajaran dari Analisis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif kelas B tahun 2021, yang diampu oleh Rino A Nugroho, Ph.D.

Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengaruh perilaku manusia terhadap kehidupan organisasi dan pengaruh kebijakan organisasi terhadap perilaku manusia dalam rangka meraih efisiensi organisasi. Kajian dilakukan pada perilaku individu dan kelompok dalam organisasi.

Mata kuliah ini membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pola interaksi governance dan terwujudnya pemerintahan yang transparan serta partisipatif.

Kewirausahaan menggambarkan konsep dasar kewirausahaan, urgensi pengembangan dan pendidikan kewirausahaan,sikap mental wirausaha,penerapan kepemimpinan, sumber daya manusia, pengembangan diri, etika bisnis, negosiasi bisnis, dan studi kelayakan usaha.




                                                                                                                                                           

Mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi ini diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai topik-topik riset di bidang Ilmu Komunikasi. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melakukan project riset.

Mata kuliah ini membahas tentang dasar statistik, fungsi dan kegunaan statistik dalam penelitian sosial, membedakan antara statistik deskriptif dan statistik inferensial, serta mempraktekkan olah data menggunakan program SPSS dalam komputer dan mengaplikasikannya dalam penelitian sosial. 


Mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai topik-topik riset di bidang Ilmu Komunikasi. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melakukan project riset.

The Citizenship course is designed for first-year students as part of the compulsory courses that must be taken in the first semester of their study. The course discusses the issue of citizenship, starting from its basic definition as an individual membership status or belonging to the state, also the condition in which citizenship can be understood as a political relationship between one, both as an individual and as part of society, with the state. In this regard, this course will develop a critical understanding of the students on the issue of citizenship and its relations with other related issues such as nationality, nationalism, equality, diversity, and also identity.

Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini, pembelajar akan mampu memahami seluruh konsep-konsep dan langkah-langkah ataupun proses penelitian bidang komunikasi dengan berbagai metode dan pendekatan kuantitatif serta mampu membuat proposal dan mampu melakukan penelitian bidang komunikasi seperti Metode Survei, Metode Eksperimen, Metode Analisis Isi, Riset Agenda Setting, Riset Uses and  Gratifications, Riset Ekologi Media, dan Analisis Jaringan Komunikasi.


Membahas masyarakat sebagai tertib sosial (social order) dari berbagai perspektif, termasuk aspek-aspek pokok , seperti; sosialisasi, interaksi sosial, struktur sosial, kelompok sosial, deviasi dan pengendalian sosial, gerakan sosial, perubahan sosial, masalah-masalah masyarakat kontemporer dan peran sosiologi.


Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai aspek SDM dalam organisasi sektor publik 

Mata Kuliah ini akan membahas tentang konsep dasar manajemen strategis dengan fokus pada aspek formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan berpikir dan membuat keputusan strategik dalam berbagai isu organisasi publik

Manajemen Korporasi Sektor Publik mempelajari  perusahaan negara dikaji dari kultur dan struktur organisasi untuk mencapai tata kelola korporasi yang baik (Good Corporate Governance) dan tanggungjawab sosial korporasi (Corporate Social Responsibility/CSR) dari aspek ekonomi, masyarakat dan lingkungan.


Manajemen Korporasi Sektor Publik mempelajari  perusahaan negara dikaji dari kultur dan struktur organisasi untuk mencapai tata kelola korporasi yang baik (Good Corporate Governance) dan tanggungjawab sosial korporasi (Corporate Social Responsibility/CSR) dari aspek ekonomi, masyarakat dan lingkungan.


Mata Kuliah Administrasi Pembangunan membahas tentang paradigma baru Administrasi Negara dan perkembangannya kearah Studi Administrasi Pembangunan. Kemudian membahas pula tentang Ruang lingkup Administrasi Pembangunan yang meliputi Pembangunan Administrasi dan Administrasi untuk pembangunan. Selanjutnya membicarakan tentang ciri-ciri Administrasi Pembangunan yang membedakan dengan Administrasi Negara. Administrasi Pembanguna  membicarakan piula tentang peranan dan fungsi pemerintah dalam pembangunan, organisasi-organisasi bagi pembangunan dan berbagai aspek yang saling berpengaruh dalam Administrasi Pembangunan.

Ilmu Kealaman Dasar merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNS pada Program Studi Ilmu- ilmu Sosial. Proses belajar mengajar (PBM) dilaksanakan dengan pemahaman materi yang meliputi: 1) Hakekat ilmu pengetahuan alam termasuk di dalamnya tahap-tahap lahirnya ilmu pengetahuan melalui metode ilmiah khususnya. 2) Alam semesta, biosfer dan ekologi. 3) Struktur dan fungsi organisme serta perkembangan organisme. 4)Perkembangan IPA dan Teknologi sampai pada taraf revolusi 4.0 serta dampaknya bagi kehidupan. 5) Penerapan konsep ekologi dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.