Kewarganegaraan A S1 BK

Mata kuliah ini mermbekali mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai capaian pembelajaran yang akan dicapai,, terampil melakukan diagnosa masalah bimbingan dan konseling akademik, terampil memberikan berbagai strategi layanan bimbingan dan konseling akademik, dan terampil melakukan evaluasi dan tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling akademik

Mata kuliah Teori Bimbingan dan Konseling Karier memberikan pengetahuan kepada mahasiswa akan pentingnya bimbingan karier di  sekolah. Mata kuliah ini juga mengajarkan mahasiswa untuk berfikir kritis dan kretaif dalam menyusun program bimbingan dan konseling utamanya pada bidang karier.

Mata Kuliah ini membahas dan mempraktekkan   tentang   keterampilan konseling secara profesional dalam kerangka simulatif. Keterampilan tersebut meliputi Attending, Opening, Acceptance, Restatement, Leading, Reflection of feeling, Clarification, Structuring, Focusing, Interpreting, Confronting, Rejection, Reassurance, Summary, Advice, Silent, dan Termination

Mata kuliah yang mengkaji tentang bimbingan dan konseling spiritual dengan target pencapaian mahasiswa memiliki Mahasiswa memiliki (1)   sikap dan perilaku  ilmiah, mandiri, respect, kerja unggul; (2)menguasai     pengetahuan     tentang     dasar     teori     BK     spiiritual,     merancang, 

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang membahas tentang Perkembangan Peserta Didik SMA (Remaja). Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : konsep dasar perkembangan peserta didik; mendeskripsikan tugas-tugas perkembangan peserta didik di jenjang SMA, menganalisis perkembangan ketrampilan kognitif yang dibutuhkan peserta didik SMA, menganalisis lingkungan pendukung serta penghambat perkembangan peserta didik SMA.


Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang membahas tentang Perkembangan Peserta Didik SMA (Remaja). Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menguasai : konsep dasar perkembangan peserta didik; mendeskripsikan tugas-tugas perkembangan peserta didik di jenjang SMA, menganalisis perkembangan ketrampilan kognitif yang dibutuhkan peserta didik SMA, menganalisis lingkungan pendukung serta penghambat perkembangan peserta didik SMA.

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk berkenalan dengan berbagai teori tes psikologi yang digunakan dalam bidang pendidikan.

Mata kuliah iPerkembangan Peserta Dididk merupakan mata kuliah wajib. Namun demikian mahasiswa dapat memilih jenjang pendidikan sesuai dengan minat masing-masing. Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik SMP memberikan pemahaman terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik termasuk tugas, aspek, ciri dan berbagai permasalahan yang kemungkinan timbul pada usia perkembangan SMP. 

Mahasiswa diharapkan mengenal Pendidikan Menengah dan Kejuruan; memahami Bimbingan dan Konseling pada jenis Pendidikan Menengah dan Kejuruan;mengidentifikasi jabaran tugas perkembangan peserta didik SMK berdasarkan berbagai sumber; menyebutkan dan menganalisis karakteristik dan kompetensi bidang pribadi-sosial, belajar, karier, spiritual dan religiusitas siswa SMK; menganalisis kebutuhan pengembangan diri; menganalisis pemahaman akan bakat, minat dan motivasi, persepsi dan kecenderungan karier lanjutan (studi lanjut atau pekerjaan), perkembangan konsep diri, perkembangan self efficacy, perkembangan kematangan hubungan dengan teman sebaya, pengembangan keterampilan prososial, pengembangan keterampilan belajar, pengembangan pemahaman tentang etika dan kemasyarakatan, pengembangan pemahaman dan analisis kehidupan pranikah peserta didik SMK; dan menelaah jurnal berkaitan dengan perkembangan peserta didik siswa SMK.

Pada mata kuliah ini dibahas tentang konsep dasar, ruang lingkup, hakekat, klasifikasi, karakteristik, identifikaksi, asesmen, prinsip pokok perkembangan, bentuk-bentuk strategi layanan dan merancang intervensi yang tepat bagi karakteristik anak berkebutuhan khusus masing-masing.

Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar bimbingan dan konseling pribadi sosial, cara menyusun asesmen kebutuhan sesuai sasaran layanan, strategi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial, dan cara melaksanakan evaluasi serta tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang beragam teknik komunikasi dalam konseling.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, mampu memecahkan masalah, serta terampil melakukan evaluasi diri terkait kemajuan keterampilan komunikasi dalam konseling (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengenali keterampilan komunikasi dalam konseling (baik eksternal maupun internal), menganalisis penggunaan keterampilan komunikasi dalam konseling melalui contoh dan bahan bacaan, menguasai keterampilan komunikasi konseling melalui latihan terbimbing secara individual maupun kelompok, dan terampil berlatih konseling sederhana menggunakan keterampilan komunikasi yang telah dikuasai (hard skills).

Mahasiswamengkaji konsep dasar statistik inferensial, mengidentifikasi perbedaan statiktik inferensial dan statistik deskriptif yang telah dipelajari disemester sebelumnya; mengkaji klasifikasi statistik; menjelaskan ragam data;  mengkaji jenis-jenis analisis data; menjelaskan ragam uji beda dalam penelitian; mengkaji alur berpikir  penelitian, mendeskripsikan tahapan penelitian, mengkaji pemanfaatan aplikasi SPSS dalam mengolah data, menggunakan aplikasi SPSS dalam analisis data penelitian.

Mata kuliah ini merupakan praktikum dari mata kuliah Teori Bimbingan dan Konseling Akademik yang telah diberikan sebelumnya. Dalam mata kuliah ini mahasiswa mempraktikan komponen layanan dasar bidang akademik yang mencakup layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok.

Dalam matakuliah ini mahasiswa difasilitasi untuk mempelajari teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemantauan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.